Skip to main content

Contoh Soal Ujian Sekolah (US) Bahasa Indonesia SMP Kelas 9 Tahun 2022

Contoh Soal Ujian Sekolah (US) Bahasa Indonesia SMP Kelas 9 Tahun 2022
Berikut ini adalah Contoh Latihan Soal Ujian Sekolah (US) Bahasa Indonesia SMP Kelas 9. Dibagikan dalam format PDF dan pengerjaan online kepada adik - adik sebagai bahan belajar yang dipergunakan untuk persiapan menghadapi US di bulan april Tahun ajaran 2021/2022.

Sebagaimana yang diketahui bahwa, Berdasarkan SE Kementerian Pendidikan di tahun 2022, kebijakan terhadap pelaksanaan Ujian Sekolah di mata pelajaran bahasa indonesia SMP akan diserahkan sepenuhnya kepada satuan pendidikan dan guru terkait. 

Bapak/ibu guru satuan pendidikan bisa menggunakan artikel yang kami bagikan sebagai referensi penyusunan lembar ujian sekolah bahasa indonesia SMP Kurikulum 2013. 

Contoh Soal Ujian Sekolah (US) Bahasa Indonesia SMP Kelas 9 Tahun 2022

Contoh Soal Ujian Sekolah (US) Bahasa Indonesia SMP Kelas 9 Tahun 2022

Jumlah keseluruhannya yaitu 45 butir berbentuk soal pilihan ganda dan uraian (essay). Disesuaikan berdasarkan naskah resmi US Bahasa Indonesia SMP yang dipakai Kemdikbud di tahun - tahun sebelumnya. 

Selanjutnya, Central Pendidikan membagikan Soal Ujian Sekolah US Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP dan Kunci Jawaban Online. dalam dua variasi dengan isi yang berbeda. Salah satunya merupakan lembar ujian yang diujikan siswa di pembelajaran daring tahun kemarin.

File PDF (Lengkap 45 BUTIR) + Prediksi + Jawaban berada dibawah soal online berikut ini

Selamat mengerjakan..

1. Cermati teks iklan berikut!

Bersama Menjaga Lingkungan

Sekolah peduli lingkungan
Dengan mengurangi 
Penggunaan bahan plastik

Mulai 15 Oktober 2018

Maksud iklan pengumuman tersebut adalah ...
A. Menganjurkan guru agar bahan plastik tidak diberikan kepada para siswa.
B. Menjelaskan agenda sekolah mengurangi bahan plastik dengan bahan kertas.
C. Melarang penggunaan bungkus berbahan plastik karena berbahaya bagi lingkungan.
D. Mengimbau warga sekolah untuk peduli lingkungan dengan tidak menggunakan bahan plastik.

2. Cermati teks berikut!
Gerhana bulan adalah fenomena alam ketika bulan terhalang bayangan bumi. Banyak ahli meneliti dan mempelajari proses terjadinya gerhana bulan. Gerhana bulan dapat muncul jika bulan dan matahari saling beroposisi. Namun, tidak semua oposisi ini mengakibatkan gerhana karena bulan memiliki bidang orbit yang miring sebesar 5 derajat terhadap bidang ekliptika.
Perpotongan antara bidang orbit bulan dengan bidang ekliptika akan menghasilkan dua titik yang dikenal dengan „node‟. Terjadinya gerhana bulan adalah ketika bulan beroposisi dengan matahari terhadap node, tepatnya di posisi 16, 5 derajat dari node (di sebelah timur ataupun sebelah barat).
Tidak semua gerhana bulan yang terjadi akan membuat bulan tidak dapat terlihat sementara.
Beberapa fenomena gerhana bulan justru menampakkan bulan dengan cahaya seperti merah, tembaga, maupun jingga. Hal ini disebabkan masih ada cahaya matahari yang dibelokkan oleh atmosfer bumi. Cahaya yang dapat dibelokkan atmosfer bumi ini seringkali mempunyai spektrum cahaya berwarna
merah.

Pernyataan yang merupakan isi teks tersebut adalah ...
A. Oposisi antara bulan dan matahari selalu menyebabkan gerhana bulan.
B. Gerhana bulan akan terjadi bila bulan dan matahari beroposisi terhadap node. 
C. Bulan tidak terlihat untuk waktu yang lama ketika gerhana terjadi.
D. Gerhana bulan dapat menyebabkan bulan berwarna merah jingga.

3. Cermati teks berikut!
Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kota Malang mengalami peningkatan. Sepanjang Januari 2019, tercatat ada 52 kasus demam berdarah. Jumlah itu meningkat tajam dibanding periode sama tahun lalu yang hanya 8 kasus. Pemerintah daerah telah melakukan sejumlah langkah antisipatif agar kasus ini tidak bertambah.

Makna kata antisipatif pada teks adalah….
A. kegiatan untuk meningkatkan produksi
B. upaya pencegahan setelah terjadi bencana
C. bersifat tanggap terhadap sesuatu yang akan terjadi
D. bersifat pencegahan untuk menanggulangi sesuatu

4. Cermati paragraf berikut!
Biji pepaya banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah dapat melancarkan pencernaan. Kandungan zat papain dalam biji pepaya sangat baik untuk membantu enzim membersihkan dan melancarkan sistem pencernaan. Selain itu, biji pepaya dapat berfungsi membersihkan hati. Enzim proteolytic yang terdapat pada biji pepaya dapat membantu meringankan pencernaan di hati, bahkan dapat meringankan sirosi, yaitu penyakit kronis pada hati.

Ide pokok paragraf tersebut adalah .... 
A. manfaat biji pepaya
B. cara memperlancar pencernaan
C. kandungan biji pepaya
D. fungsi enzim proteolytic

5. Cermati teks berikut!
Orang tua dapat melakukan tiga hal untuk menjaga tumbuh kembang anak. Pertama orangtua harus menjaga komunikasi dengan anak agar anak tidak slah mencari teman curhat. Kedua, orangtua harus menunjukkan kepedualian lebih tinggi dan tidak mengandalkan pihak ketiga seperti sekolah dan pengasuh. Ketiga orang tua harus mengetahui psikologi anak dengan tidak memaksakan mendidik
dengan menggunakan teknik 10 atau 20 tahun yang lalu.

Simpulan yang sesuai dengan paragraf tersebut adalah ….
A. Komunikasi antara orangtua dan anak sangat penting dalam menjaga tumbuh kembang anak
B. Kepedulian orang tua harus ditunjukkan agar anak memahami kalau disayang
C. Psikologi anak harus dipahami oleh semua orang tua agar tidak salah mendidik
D. Orang tua harus menjada tumbuh kembang anak dengan melakukan komunikasi dan peduli.

6. Cermati kutipan pidato berikut!
Saudaraku, saat ini sering terjadi bencana alam. Bencana alam timbul karena sikap manusia yang semakin acuh akan lingkungan yang sejatinya kita sangat membutuhkannya. Salah satu contoh yang sering kita jumpai adalah penebangan hutan yang semena-mena. Hutan menjadi gundul kehilangan daerah resapan. Semua karena keserakahan manusia yang tidak memperhitungkan dampak ke depannya
. Maka marilah saudaraku hijaukan lagi bumi kita dengan penanaman pohon untuk kehidupan kita. Ini adalah bentuk dari kesadaran terhadap lingkungan kita.


Simpulan tujuan penulis dari pidato tersebut adalah....
A. Banyaknya bencana alam di Indonesia karena penggundulan hutan.
B. Penggundulan hutan terjadi karena ketidakpedulian manusia terhadap lingkungannya. 
C. Penggundulan dapat dikurangi oleh manusia.
D. Penggundulan hutan terjadi setiap satu tahun sekali di wilayah Indonesia.

7. Cermati kutipan teks berikut!


Persamaan isi kedua kutipan teks tersebut adalah .... 
A. menggambarkan objek wisata domestik
B. membahas penelitian pengembang wisata
C. menguraikan jenis wisata bahari di Jawa
D. menjelaskan ketertarikan wisatawan luar negeri

8. Cermati teks berikut!
Hasil karya inovasi genting antigempa sejumlah mahasiswa Universitas Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah, diapresiasi tingkt dunia saat kontes Internasional Trade Fair of Ideas Inventions and New Products di Jerman. Genting antigempa terbuat dari bahan yang kerap ditemui di sekitar rumah seperti adonan pasir, semen, air, limbah styrofoam. Genting ini berbeda dengan genting pada umumnya karena ditambah Styrofoam beratnya akan lebih ringan dibanding genting biasa. Dengan sifat ringan itu,
genting ini diklaim cocok dipakai di daerah rawan gempa.

Perubahan teks menjadi peta konsep sesuai dengan isi teks tersebut adalah ….


9. Cermati teks berikut!
Pemerintah RI melalui Kementerian Sosial menaikkan dana bagi kesejahteraan keluarga Pahlawan Nasional yang semula Rp22, 5 juta menjadi Rp50 juta per keluarga setiap tahunnya. Dana tersebut diberikan kepada perwakilan keluarga Pahlawan Nasional hingga generasi kedua melalui program tali asih. Ia juga mengatakan setiap keluarga Pahlawan Nasional juga akan memperoleh jaminan kesehatan melalui program yang dikelola Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

(antaranews.com)

Tanggapan logis terhadap paragraf tersebut adalah....
A. Keluarga pahlawan sudah lama menantikan perhatian pemerintah terhadap jasa-jasa pahlawan nasional. 
B. Jaminan kesehatan merupakan hak warga negara, tidak terkecuali keluarga para pahlawan nasional.
C. Sebaiknya pemerintah mengajukan permohonan dana tambahan tunjangan pahlawan nasional kepada DPR
karena program ini membutuhkan biaya besar.
D. Sebaiknya program ini dilanjutkan karena program ini menjadi bukti perhatian pemerintah terhadap jasa- jasa pahlawan nasional.

10. Cermati kutipan cerita berikut!
“Permisi, Pak. Bolehkah saya masuk?” tanya Joni pada bosnya yang sedang memimpin meeting. “”Silakan duduk, Jon. Maaf hari ini proyekmu digantikan Hamid, ”agak sinis bosnya menjawab. “Mengapa, Pak? Saya hanya telat sebentar.” Joni mencoba membela diri.
“Bukan masalah sebentar atau lama. Kita di sini para pekerja profesional. Proyek itu sudah lama saya percayakan padamu, tapi kamu ternyata tidak konsisten. Walaupun telat sebentar, ada temanmu yang memberi ide bagus untuk proyek itu. Jadi maaf, sudah bagus kamu tidak saya keluarkan dari tim, ” jelas bosnya tegas.

Isi tersurat dari kutipan cerpen tersebut adalah ... 
A. sudut pandang orang ketiga.
B. tokoh utama Hamid.
C. latar waktu pagi hari.
D. watak joni disiplin waktu.

11. Cermati teks berikut.
Tetapi entah kenapa, perasaan tidak baik itu tetap saja bercokol di dalam hati. Sama sekali tidak bisa diusir dan dienyahkan. Bahkan, dari detik ke detik rasa muak itu semakin menjadi-jadi, menggurita, dan menjajahi diri. Perasaan itu mencekeram seluruh raga dan sukma. Aku tak berdaya apa-apa. Pudarnya Pesona Cleopatra

Makna kata kias menggurita pada teks tersebut adalah….
A. menggandakan diri 
B. melilit dengan kuat 
C. menancap tajam
D. menggelikan

12. Bacalah teks fabel berikut.
Suatu hari, sesekor beruang berjalan di sepanjang hutan untuk mencari makanan. Beruang berniat mencari buah-buahan untuk bekal makanan selama berberapa hari. Tanpa sengaja, beruang menemukan sebuah pohon yang tumbang. Pohon tersebut ternyata dihuni oleh lebah yang tengah membuat sarang. Beruang pun penasaran dengan sarang lebah tersebut.
Beruang mulai mengedus- endus sarang dengan hidungnya. Dengan berhati-hati beruang melihat ke dalam sarang. Beruang berharap lebah tidak sedang berada di dalam sarang sehingga ia bisa mengambil madu yang ada di dalamnya. Malang bagi beruang, ternyata pada saat itu ia menengok ke dalam sarang, kawanan lebah sedang menuju ke sarangnya usai mencari sari makanan dari bunga-bunga. Bahaya tidak dapat dihindari. Kawanan lebah yang berjumlah ribuan tersebut menyerang beruang.
Dengan keras, beruang mencoba melawannya dan belari menuju rumahnya. Akan tetapi, kawanan lebah semakin ganas dan justru memanggil lebah dari beberapa sarang yang ada di hutan untuk membantu mengejar beruang. Pada akhirnya, beruang tidak bisa menghindar dan merelakan tubuhnya disengat oleh kawanan lebah.

Akibat konflik cerita pada teks tersebut adalah........
A. beruang dikejar-kejar beberapa lebah yang merasa terganggu. 
B. Beruang ingin mengambil madu dalam sarang lebah.
C. Beruang menemukan sebuah pohon-pohon yang tumbang.
D. beruang tidak dapat menghindar dari sengatan lebah.

13. Cermati kutipan fabel berikut!
Seekor Kakaktua tinggal di sebuah pohon yang rindang. Setiap malam dia selalu bernyanyi untuk menghibur dirinya. Kakaktua ingin sekali bisa bernyanyi sepanjang hari, sebab ia sangat suka bernyanyi. Semua baik-baik saja. Hingga suatu hari datang keluarga Burung Camar. Mereka tinggal di sebuah rangting pada pohon yang sama dengan tempat tinggal Kakaktua. Burung Camar memiliki anak-anak yang masih sangat kecil. Setiap kali Kakaktua hendak bernyanyi, Burung Camar melarangnya.
“Suaramu tidak cukup bagus, Kakaktua. Janganlah bernyanyi, sebab kalau tidak kau akan membangunkanku, ” seru Burung Camar.
Kakaktua merasa bersalah. Semenjak itu, Kakaktua tidak lagi bernyanyi. Dia hanya
bersenandung lirih di dalam biliknya. Berharap agar tetangga barunya tidak merasa terganggu.

Kalimat pertanyaan yang tepat dari simpulan kutipan teks fabel tersebut adalah .... 
A. Mengapa Camar merasa terganggu?
B. Apa penyebab Kakaktua merasa kesepian?
C. Bagaimana cara Camar pindah ke tempat Kakaktua? 
D. Mengapa Kakaktua tidak lagi bernyanyi?

14. Bacalah kalimat-kalimat di bawah ini! 
(1) Tentu saja bukan boleh dicurinya.
(2) Dan karena ini tidak pernah keluar dari mulutnya, dapatlah dipercayai, bahwa sepeda itu
dibelinya dengan cucuran keringatnya.
(3) Ada baiknya, diceritakan sedikit, bagaimana jadinya sepeda ini jatuh ke tangan Open.
(4) Lagi pula, jika betul-betul dicurinya ini pasti akan dikatakannya kepada siapa pun yang mau mendengarkan.
(5) Sepeda ini dibelinya dengan uang simpanannya, dibeli secara halal. (Jalan Lain ke Roma-Idris)

Urutan peristiwa yang tepat pada teks tersebut adalah.... 
A. (4), (2), (5), (1), (3)
B. (3), (1), (5), (4), (2) 
C. (2), (4), (5), (1), (3) 
D. (1), (4), (2), (3), (5)

15. Cermati kutipan cerita berikut!
Tiba-tiba angin berembus dengan kencang. Bulan purnama menghiasi langit. Aku merasa malam ini tak seperti biasanya. Jaket tebal yang kukenakan tak bisa menahan berdirinya bulu kudukku. Lolongan anjing dari menyayat malam. Kuputuskan aku harus kembali ke tenda untuk berkumpul kembali dengan teman-teman pendaki yang lain.

Kalimat komentar yang menyatakan kelemahan sesuai kutipan tersebut adalah ….
A. cerpen tersebut menarik karena menggambarkan suasana malam yang menakutkan dan diperkuat dengan lolongan anjing
B. bahasanya mudah dipahami, tetapi sayang pesan yang ingin disampaikan pengarang kurang tergambar jelas
C. latar suasana dan latar waktu saling mendukung untuk menghadirkan cerita yang menarik.
D. Pesannya menarik, sayang pengarang menggunakan bahasa sehari-hari sehingga menghadirkan cerita yang menarik.

Uraian

16 kepompong di atas pohon. Sang semut mengejek bentuk kepompong yang jelek dan tidak bisa pergi ke mana-mana.
“Hei, kepompong alangkah jelek nasibmu. Kamu hanya bisa menggantung di ranting itu. Ayo jalan-jalan, lihat dunia yang luas ini. Bagaimana nasibmu jika ranting itu patah?”
Sang semut selalu membanggakan dirinya yang bisa pergi ke tempat ia suka. Bahkan, sang semut kuat mengangkat beban yang lebih besar dari tubuhnya. Sang semut merasa bahwa dirinya adalah binatang yang paling hebat. Si kepompong hanya diam saja mendengar ejekan tersebut.
Pada suatu pagi sang semut kembali berjalan ke taman itu. Karena hujan, genangan lumpur terdapat di mana-mana. Lumpur yang licin membuat semut tergelincir dan jatuh ke dalam lumpur. Sang semut hampir tenggelam dalam genangan lumpur itu. Semut berteriak sekencang mungkin untuk meminta bantuan.
“ Tolong, bantu aku! Aku mau tenggelam, tolong..., tolong...!”
Untunglah saat itu ada seekor kupu-kupu yang terbang melintas. Kemudian, kupu-kupu menjulurkan sebuah ranting ke arah semut.
“Semut, peganglah erat-erat ranting itu! Nanti aku akan mengangkat ranting itu.”
Lalu, sang semut memegang erat ranting itu. Si kupu-kupu mengangkat ranting itu dan menurunkannya di tempat yang aman. Kemudian, sang semut berterima kasih kepada kupu-kupu karena kupu-kupu telah menyelamatkan nyawanya. Ia memuji kupu-kupu sebagai binatang yang hebat dan terpuji. Mendengar pujian itu, kupu-kupu berkata kepada semut. “Aku adalah kepompong yang pernah kau ejek, ” kata si kupu-kupu. Ternyata, kepompong yang dulu diejek sudah menyelamatkan dirinya. Akhirnya, sang semut berjanji kepada kupu-kupu bahwa dia tidak akan menghina semua makhluk ciptaan Tuhan yang ada di taman itu.

Sebutkan latar waktu dan bukti tekstual pada teks fabel tersebut!

17. Cermati data buku berikut.
Keunggulan Isi Buku
• Organisasi Buku :
Pengalaman-pengalaman selama revolusi ini sangat menarik. Dalam buku ini antara satu peristiwa dengan peristiwa lainnya berdiri sendiri
• Isi Buku :
Dilihat dari isinya ceritanya sangat unik. Pembaca merasa sulit memahami isi buku
• Bahasa :
Dilihat dari segi bahasa yang digunakan pengarang sederhana. Kalimat- kalimat dalam paragraf
disusun secara runtut. Banyak penuulisan ejaan dan tanda baca yang tidak sesuai kaidah.

Tulislah sebuah paragraf yang berisi kelemahan karya dengan memperhatikan kelengkapan, penggunaan bahasa dan ejaan yang tepat!

18. Cermati kutipan cerita berikut.
Ketika itu aku menyambut hari baru dengan mencari udara segar di pagi yang masih gelap gulita. Ketika aku berjalan menyusuri kota, aku melihat seorang nenek tua yang tinggal di rumah sederhana. Walaupun sudah tua, nenek itu ternyata tiap hari masih rajin mengajari membaca orang-orang disekitar rumahnya dengan mendatanginya. Namun, suatu hari nenek tidak terlihat lagi.

Susunlah kalimat yang menunjukkan konflik cerita yang dapat digunakan untuk melanjutkan cerita tersebut!

19. Bacalah teks berikut!
Ayah banyak bercerita perihal sepeda motor padaku. Aku menikmatinya. “Kalau adik sudah besar nanti, mau jadi apa?” tanya ayah padaku. “Aku mau jadi pembalap, Yah, kayak Valentino Rossi,
” jawabku spontan. Ayah pun memujiku, lalu mengajukan pertanyaan padaku.
“Tapi pembalap mesti mengerti anggota yang terpenting dari sepeda motor. Adik tahu apa itu?” Aku pun berpikir sepanjang hari itu, apa ya yang paling penting? Keesokan harinya ketika sarapan, aku menjawab pertanyaan ayah kemarin. Menurutku, bagian yang terpenting dari sepeda motor adalah roda karena tanpa roda, motor tidak mampu berjalan.Mendengar jawabanku, ayah berkata, “Wah pintarnya, namun sayangnya bukan itu, sayang, ” jawab ayah. Aku pun tidak menyerah dan memikirkan kembali jawabannya.

Tulislah teks drama antara 8-12 kalimat dialog berdasarkan kutipan cerpen tersebut dengan memperhatikan kesesuaian isi, hubungan antardialog, dan ejaan dan tanda baca!

20. Cermati paragraf berikut!
Indonesia merupakan negara yang kaya budaya dan kesenian. Disetiap daerah pasti akan dijumpai kesenian yang menjadi ciri khas daerah tersebut. Sebagai contoh, kabupatenPonorogo memunyai Reog, Bali memiliki Tari Barong, dan Jawa Barat memiliki angklung. Akan tetapi, kekayaan kesenian tersebut hampir punah. Penyebabnya adalah sebagian besar generasi muda enggan melestarikannya.

Identifikasikanlah kesalahan penggunaan ejaan pada paragraf tersebut yang meliputi kesalahan penulisaan kata depan dan huruf kapital dengan format seperti table berikut
Jenis Kesalahan Kata yang Salah Perbaikan

  • Soal Ujian Sekolah (US) Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP Versi 1 : DOWNLOAD
  • Soal Ujian Sekolah (US) Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP Versi 2 + Jawaban : DOWNLOAD
Diharapkan Contoh Soal Ujian Sekolah (US) Bahasa Indonesia SMP Kelas 9 Tahun 2022 bermanfaat untuk tenaga didik dan siswa sekalian.
Ki Hajar Dewantara : “Ing Ngarsa Sung Tuladha Ing Madya Mangun Karsa Tut Wuri Handayani”,- Di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat dan di belakang memberikan kekuatan.