Skip to main content

Latihan Soal PAS SKI MTs Kelas 7 Semester 1 2023/2024 ONLINE

Latihan Soal PAS SKI MTs Kelas 7 Semester 1 2023/2024 ONLINE
Soal PAS SKI MTs Kelas 7 Semester 1 dan Kunci Jawaban. Dibagikan secara lengkap guna memberikan tambahan bahan belajar untuk siswa madrasah kelas 7. Di mata pelajaran SKI atau singkatan dari Sejarah Kebudayaan Islam materi mengacu pada perkembangan agama mulai dari zaman rosulullah sampai dengan sekarang.

Penilaian diberlangsungkan setiap 6 bulan sekali atau satu semester untuk menilai peserta didik terhadap materi pembelajaran SKI kelas 7 MTS di kurtilas / kurikulum 2013 ini.

Selanjutnya, untuk berkas tambahan kami menyediakan file online dan offline format PDF agar bisa digunakan bapak/ibu guru madrasah untuk acuan dalam pembuatan soal mendatang.

Latihan Soal PAS SKI MTs Kelas 7 Semester 1 2023/2024 ONLINE

Latihan Soal PAS SKI MTs Kelas 7 Semester 1

Pembagian naskah "Soal PAS SKI  atau Sejarah Kebudayaan Islam kelas 7 MTs semester 1" ini central pendidikan ambil dari arsip ujian Penilaian Akhir Semester ganjil daring untuk siswa Madrasah Tsanawiyah tahun sebelumnya. 

Silahkan mencocokkannya terlebih dahulu dari lampiran kisi - kisi yang telah dibagikan oleh masing - masing satuan pendidikan di hari pelaksanaan..

File PDF + Jawaban berada dibawah try out online

Selamat mengerjakan..

1. Cermati pernyataan berikut !(1) Ketika lahir Sang Bayi tersenyum.(2) Sang Bayi mengisyaratkan jarinya ke atas langit.(3) Menelungkupkan mukanya seperti keadaan sedang sujud kepada Allah Swt.(4) Saat lahir Sang Bayi menangis histeris guna memfungsikan paru- parunya.Pernyataan yang benar tentang keajaiban- keajaiban yang dirasakan Ibunda Nabi Muhammad Saw saat melahirkan adalah....
a. (1), (2), (3)
b. (1), (3), (4)
c. (2), (3), (4)
d. (1), (2), (4)
Jawaban : A

2. Nabi Muhammad Saw lahir pada tanggal 20 April 571 M ( 12 Rabiul Awwal Tahun Gajah). DisebutTahun Gajah karena pada saat itu terjadi penyerangan oleh pasukan bergajah dipimpin olehAbrahah seorang penguasa dari negeri Yaman yang ingin menghancurkan kabah, namundigagalkan oleh Allah Swt dengan melempari batu panas yang dibawa oleh ….
a. burung Garuda
b. burung Gagak
c. burung Ababil
d. burung Alap-alap
Jawaban : C

3. Nabi Muhammad Saw adalah putra dari Abdullah bin Abdul Muthalib, bin Hasyim, bin Abdul Manaf, bin Qushai, bin Kilab, bin Murrah. Sementara itu, ibunya bernama Siti Aminah binti Wahab, bin Abdul Manaf, bin Zuhrah, bin Kilab, bin Murrah. Berdasarkan uraian tersebut, antara ayah dan ibunya Nabi Muhammad Saw merupakan satu silsilah yang bertemu pada….
a. Abdul Muthalib
b. Abdullah
c. Abdul Manaf
d. Hasyim
Jawaban : C

4. Kebiasaan masyarakat Arab pra Islam, para kaum bangsawan diantara mereka adalah menyusukan dan menitipkan bayi-bayi mereka kepada wanita dusun dipadang pasir (badiyah) dengan harapan agar bayi itu hidup di lingkungan yang baik. Termasuk Nabi Muhammad Saw. pada saat bayinya disusui oleh seorang bernama Halimah as-Sa’diah yang berasal dari Bani ....
a. Hasyim
b. Sa’ad
c. Quraisy
d. Mahtar
Jawaban : A

5. “Ketika aku sedang bermain, aku dikagetkan dengan kedatangan dua orang yang memakai pakaian putih. Aku menyangka mereka adalah burung besar, namun
ternyata aku salah. Mereka adalah dua orang yang tidak aku kenal (malaikat). Salah seorang dari mereka berkata kepada temannya dengan menunjuk ke arahku,
“Apakah ini anaknya?” Yang lain menjawab, “benar”. Aku merasakan ketakutan yang luar biasa. Lalu mereka membawaku dan menidurkan aku serta membelah dadaku dan mengambil sesuatu darinya lalu membuangnya jauh-jauh. Setelah itu, mereka sembunyi laksana bayangan”.Hikmah/pelajaran yang bisa kita ambil dari ilustrasi di atas untuk masa sekarang dan yang akan datang adalah….
a. harus lebih berhati-hati kepada orang yang tidak kita kenal
c. kita tidak usah main ke luar rumah jika tidak di dampingi orang tua
b. boleh pergi bermain asal mendapat izin dari orang tua
d. harus tetap waspada kepada siapapun dan di manapun, serta selalu berdoa minta perlindungan kepada Allah swt.
Jawaban : D

6. Ketika dalam pengasuhan ibunya, Muhammad dibawa untuk berziarah ke makam ayahnya kemudian mengunjungi keluarga ibunya di Madinah. Namun dalam perjalanan pulang ibunya jatuh sakit dan kemudian wafat di desa Abwa. Kemudian Muhammad di asuh oleh kakeknya yang bernama….
a. Abdul Muthalib
b. Abdullah
c. Abu Thalib
d. Abdul Manaf
Jawaban : A

7. Pada umur 12 tahun dengan perasaan berat hati, Abu Thalib membawa nabi berniaga ke negeri Syam. Ketika sampai di kota Basrah mereka bertemu dengan seorang Pendeta Nasrani. Pendeta itu mengetahui bahwa ada tanda-tanda kenabian pada diri Muhammad. Ia berpesan kepada Abu Thalib agar benar-benar melindungi dan mengajaknya kembali pulang ke Mekah. Pendeta Nasrani yang dimaksud bernama….
a. Bashira
b. Bushira
c. Basrah
d. Buhaira
Jawaban : D

8. Dalam berdagang Muhammad menjunjung tinggi kejujuran sehingga relasinya semakin banyak. Mereka senang berhubungan dengan Muhammad sebab dapat dipercaya. Kejujuran Muhammad dalam berdagang tersebar luas dan membuatnya dipercaya sebagai agen penjual perantara barang dagangan penduduk Mekah. Karena itu, penduduk Mekah memberikan julukan ….
a. Al-Amin
b. Al-Mukmin
c. Al-Ikhlas
d. Al-Mukhlis
Jawaban : A

9. Cara berdagang Muhammad menarik perhatian banyak orang, tak terkecuali Khadijah binti Khuwailid saudagar kaya raya. Kadijah jatuh hati pada Muhammad yang tampan, berakhlak mulia, pekerja keras, tekun dan
jujur. Akhirnya mereka menikah saat Muhammad
berusia 25 tahun dan Khadijah berusia ….
a. 25 tahun
b. 30 tahun
c. 35 tahun
d. 40 tahun
Jawaban : D

10. Turunnya wahyu pertama (al-‘Alaq : 1-5) menandakan Muhammad Saw. telah dipilih oleh Allah Swt. untuk diangkat menjadi nabi dan rasul. Kemudian selang beberapa lama turun wahyu kedua (al-Mudatsir: 1-7) yang berisi perintah Allah Swt. agar Nabi Muhammad Saw. berdakwah menyiarkan ajaran Islam kepada ….
a. orang Arab
b. para sahabat
c. umat Islam
d. semua manusia
Jawaban : D

11. Cermati pernyataan berikut!(1) Mempercayai adanya hari pembalasan(2) Memuliakan pemuka kaum ka r Quraisy(3) Melarang bayi perempuan dibunuh hidup- hidup(4) Mengangkat derajat wanita pada posisi yang tertinggi dan terhormatBukti misi utama dakwah yang dilakukan Nabi Muhammad Saw di Mekah dalam mengangkat dan melindungi hak asasi manusia terdapat pada nomor….
a. (1) dan (3)
b. (1) dan (4)
c. (3) dan (2)
d. (3) dan (4)
Jawaban : A

12. Masyarakat Arab di kota Mekah ada yang menerima Islam secara ikhlas, tapi pada umumnya masyarakat Arab kota Mekah menolak dan tidak menghendaki kehasiran Islam. Mereka yang menolak, mengejek, menghina, mengancam dan menyiksa Nabi Muhammad Saw dan para sahabatnya. Semua hambatan tersebut dihadapi dengan….
a. kekuatan tandingan
b. balasan yang sama
c. marah dan tegas
d. hati yang lapang
Jawaban : D

13. Berikut yang merupakan dalil tentang Nabi Muhammad Saw. diutus oleh Allah Swt ke muka bumi sebagai rahmat untuk seluruh alam adalah….
a. ١٠٧:ءﺎﯾﺑﻧﻷآ) نﯾﻣﻟ ﺎﻌﻠﻟ ﺔﻣﺣرﻻإ ك ﺎﻧﻠﺳراﺎﻣو)
b. قﻼﺧﻷا مرﺎﻛﻣ مﻣﺗﻷ تﺛﻌﺑ ﺎﻣﻧإ
c. ٢١٤:ارﻌﺷﻟا) نﯾﺑرﻗﻷا كﺗرﯾﺷﻋرذﻧأو)
d. ﺎﻧا ﻻا ﮫﻟا ﻻ ﮫﻧا ﮫﯾﻟا ﻰﺣوﻧ ﻻا لوﺳر نﻣ كﻠﺑﻗ نﻣ ﺎﻧﻠﺳرا ﺎﻣو نودﺑﻋﺎﻓ
Jawaban : A

14. Kaum ka r Quraisy menghendaki agar Nabi Muhammad Saw berhenti dakwah, salah satunya dengan ditawari harta, tahta dan wanita. Akan tetapi beliau mengatakan, “Seandainya bulan diletakkan di tangan kiriku dan matahari diletakkan di tangan kananku, maka aku tidak akan berhenti menyeru kepada jalan Allah.”Sifat Nabi Muhammad Saw yang terkandung dalam kisah tersebut adalah….
a. sidiq
b. amanah
c. tabligh
d. fathonah
Jawaban : E

15. Cermati pernyataan berikut!(1) Bersikap sabar dan tegas menolak kekufuran(2) Gemar melakukan perbuatan yang manfaat(3) Berakhlak mulia dan terpuji(4) Mencintai permusuhan dan menghindari persaudaraanIbrah dari misi Rasulullah Muhammad Saw terdapat pada nomor….
a. (1), (2), dan (3)
b. (2), (3), dan (4)
c. (1), (2), dan (4)
d. (1), (3), dan (4)
Jawaban : A

16. Wilayah Jazirah Arab memiliki empat gurun yang sangat terkenal, diantaranya gurun yang terdiri dari tanah liat yang berbatu hitam bagaikan terbakar. Gugusan batu- batu hitamnya ada 29 buah yang keberadaannya menyebar di gurun tersebut. Sebagian besar penduduknya adalah suku Badui yang datang di musim hujan untuk menggembalakan ternak dan di musim panas mereka pergi untuk mencari padang gembalaan yang lebih baik, gurun tersebut bernama ….
a. gurun Harrat
b. gurun Arabia
c. gurun an Nufud
d. gurun Rub al-Khali
Jawaban : A

17. Di Jazirah Arab memiliki kota-kota yang bersejarah diantaranya kota tempat Nabi Ibrahim as diperintahkan Allah untuk menyembelih putranya, Nabi Ismail as. Atas kehendakNya ketika menyembelih Nabi Ismail as, Allah telah menggantinya dengan seekor domba. Di kota ini pula para jamaah haji melontar jumroh Ula, Wusta, dan Aqobah yang dilaksanakan pada tanggal 10, 11, 12, dan 13 Zulhijjah. Kota yang dimaksud adalah….
a. Mekah
b. Madinah
c. Mina
d. Padang Arafah
Jawaban : C

18. Cermati pernyataan berikut !(1) Kekaisaran Bizantium(2) Kekaisaran Persia(3) Kekaisaran Romawi (4) Dinasti Himyar(5) Kerajaan Saba’Ada tiga kekuatan politik besar sebelum datangnya Islam yang mempengaruhi politik di Jazirah Arab yaitu….
a. (1), (2), dan (3)
b. (1), (2), dan (4)
c. (2), (3), dan (5)
d. (2), (4), dan (5)
Jawaban : B

19. Dakwah Islam yang dilakukan secara terang-terangan oleh Nabi Muhammad Saw kepada masyarakat Mekah mendapat respon yang sangat keras dari kaum ka r Quraisy. Hal ini karena ajaran Islam yang dibawa Nabi Muhammad Saw bertentangan dengan apa yang sudah menjadi budaya dan pola pikir masyarakat pada waktu itu. Salah satu faktor yang menyebabkan kaum ka r Quraisy menentang dakwah Nabi Saw adalah….
a. orang kafir Quraisy merasa ajaran Islam sangat sulit dan rumit
b. orang kafir Quraisy tidak mendapatkan penjelasan secara detail tentang Islam
c. orang kafir Quraisy tidak mau masuk Islam karena takut miskin
d. orang kafir Quraisy tidak bisa membedakan antara kenabian dan kekuasaan
Jawaban : D

20. Para sahabat dan pengikut Nabi Muhammad Saw banyak yang mengalami siksaan karena keimanannya. Seperti Bilal bin Rabah, keluarga Amr bin Yasir, Zubair bin Awwam, dan Sumayyah.Untuk menghadapi hambatan dakwah yang begitu berat, Nabi Muhammad Saw memerintahkan beberapa sahabatnya untuk hijrah ke ….
a. Habsyi
b. Madinah
c. Thaif
d. Khaibar
Jawaban : B

21. Cermati pernyataan berikut!(1) Cacian dan hinaan(2) Siksaan yang keras(3) Diusir keluar dari Mekkah(4) Menyuap dengan uang, wanita, dan jabatanBentuk usaha yang dilakukan ka r Quraisy untuk mencegah dakwah Rasulullah ditunjukkan pada pernyataan nomor ….
a. (1), (2), dan (3)
b. (1), (2), dan (4)
c. (1), (3), dan (4)
d. (2), (3), dan (4)
Jawaban : B

22. Cermati pernyataan berikut!(1) Tidak diperkenankan melihat Bani Hasyim dan kaum muslimin(2) Tidak diperkenankan hubungan jual beli dengan Bani Hasyim dan kaum muslimin(3) Tidak berbicara dengan Bani Hasyim dan kaum muslimin(4) Tidak menikah dan menikahi oleh kaum musliminBentuk-bentuk pemboikotan yang dilakukan ka r Quraisy terdapat pada nomor ….
a. (1), (2) dan (3)
b. (1), (2) dan (4)
c. (1), (3) dan (4)
d. (2), (3) dan (4)
Jawaban : D

23. Pada dasarnya masyarakat Arab pra Islam telah mengenal agama tauhid yang telah dibawa oleh Nabi Ibrahim as yang kemudian dilanjutkan putranya Nabi Ismail as. Namun seiring berjalannya waktu, ajaran tauhid tersebut berbelok menjadi kekuatan para ruh yang mereka yakini ada dalam berhala-berhala. Proses perpindahan kepercayaan ini berawal dari seorang suku Khuza’ah bernama Amir bin Lubay yang membawa berhala dari Syiria dan meletakkannya di Ka’bah. Kemudian ia mempraktikkan penyembahan pada berhala tersebut di Mekah, yang ditiru oleh masyarakat Arab saat itu. Bagaimana pendapatmu dengan perilaku Amir bin Lubay ditinjau dari pandangan Islam masa sekarang ?
a. Amir bin Lubay pembawa berhala dari Syiria.
b. Amir bin Lubay menyembah berhala yang dibawa dari Syiria
c. Amir bin Lubay meletakkan berhala bernama Hubal di Ka’bah.
d. Amir bin Lubay dosa besar karena membelokkan agama tauhid pada kemusyikan.
Jawaban : D

24.Sebelum kedatangan Nabi Muhammad Saw. penduduk kota Mekah, terdiri dari beberapa etnis, diantaranya etnis Arab baik dari Arab Selatan maupun Utara, juga ada yang berasal dari etnis Yahudi. Para penduduknya telah memiliki kepercayaan dan agama. Diantara agama yang dianut oleh penduduk Mekah adalah ....
a. Yahudi, Tauhid, dan Pagan
b. Yahudi, Nasrani dan Pagan
c. Animisme, Yahudi dan Pagan
d. Yahudi, Nasrani dan Tauhid
Jawaban : B

25. Cermati pernyataan berikut !(1) Mengajak manusia hanya menyembah kepada Allah(2) Menyempurnakan akhlak manusia(3) Memperkuat persatuan sosial politik(4) Menanamkan persamaan derajat(5) Mempersatukan bangsa Arab(6) Memperkuat suku QuraisyMisi dakwah Nabi Muhammad Saw periode Mekah terdapat pada nomor.. ..
a. (1), (2), dan (4)
b. (3), (4), dan (5)
c. (2), (3), dan (4)
d. (4), (5), dan (6)
Jawaban : A

26. Pada suatu hari, Abu Jahal melihat Rasulullah Muhammad Saw di Bukit Shafa, ia mencaci dan menghina tetapi tidak ditanggapi Rasulullah Saw. Kemudian ia beranjak pulang lalu bergabung dengan kelompoknya (kaum ka r Quraisy) di samping Ka’bah. Mendengar hal tersebut, Hamzah (paman Rasulullah Saw) marah seraya bangkit sambil mencari Abu Jahal dan mendapatinya sedang berkumpul dengan kelompoknya di samping Ka’bah. Tanpa banyak bicara Hamzah langsung mengangkat busur dan memanah kepala Abu Jahal hingga tengkoraknya terluka. ”Engkau mencaci Rasulullah Saw padahal aku telah menempuh jalan yang Ia tempuh. Jika mampu lawan aku !”,tantang Hamzah. Teladan yang dapat diambil dari kisah di atas adalah….
a. sikap Abu Jahal yang suka mencaci dan menghina
b. sikap Abu Jahal yang bersikeras mongolok-olok Rasulullah Saw
c. sikap Hamzah yang berani memanah Abu Jahal hingga terluka.
d. sikap Hamzah yang tegas dan berani menindak perilaku Abu Jahal
Jawaban : D

27. Dengan ikatan tauhid, umat Islam menjadi hidup rukun, saling menghargai, dan saling tolong menolong. Keadaan ini membuktikan bahwa misi Nabi Muhammad Saw. membawa ….
a. kemajuan
b. kesejahteraan
c. kedamaian
d. keberuntungan
Jawaban : D

28. Sebelum Islam datang, mayoritas masyarakat Makkah memiliki mata pencaharian...
a. Pertanian, perdagangan, peternakan
b. Nelayan, perdagangan, peternakan
c. Pertanian, nelayan, perdagangan
d. Industri, perdagangan, nelayan
Jawaban : A

29. Tujuan Allah mengutus Nabi Muhammad Saw. ke dunia ini adalah sebagai rahmatan lil ‘alamin. Rahmatan lil
‘alamin artinya ...
a. Rahmat bagi umat islam
b. Rahmat bagi semesta alam
c. Membinasakan orang-orang ka r dari muka bumi
d. Membangun perekonomian umat Islam
Jawaban : B

30. Tujuan perjuangan Nabi Muhammad SAW dalam menyebarkan ajaran Islam adalah...
a. Memperbaiki kondisi masyarakat agar kembali kepada ajaran Allah Swt
b. Membunuh orang-orang kafir
c. Memperluas wilayah kekuasaan kerajaan Islam
d. Ingin menjadi penguasa di muka bumi
Jawaban : A

31. Sebelum Islam datang, masyarakat Mekkah hidup dalam kondisi yang jauh dari nilai-nilai kebenaran, baik dari segi moral maupun akidahnya. Kondisi ini disebut dengan istilah...
a. Masyarakat modern
b. Masyarakat jahiliyah
c. Masyarakat madani
d. Masyarakat maju
Jawaban : B

32. Wahyu pertama yang diturunkan Allah kepada Nabi
Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril AS adalah...
a. QS. al-Maidah ayat 20
b. QS. al-‘Alaq ayat 1-5
c. QS. al-Mudatsir ayat 1-7
d. QS. al-Fatihah ayat 1-7
Jawaban : B

33. Cara yang dilakukan Nabi Muhammad Saw. dalam berdakwah adalah...
a. Dengan cara kekerasan
b. Dengan cara paksaan dan ancaman
c. Dengan cara sembunyi-sembunyi dan terang-terangan
d. Dengan cara berperang
Jawaban : C

34. Salah satu sahabat Rasulullah Saw. yang rumahnya dijadikan pusat berdakwah adalah...
a. al-Qomah
b. Utsman bin A an
c. al-Arqam
d. Zaid bin Tsabit
Jawaban : C

35.Salah satu paman Rasulullah Saw. yang selalu mendukung perjuangan Rasulullah Saw. dalam menyebarkan agama islam meskipun ia tidak mau masuk Islam yaitu...
a. Abu Lahab
b. Abu Thalib
c. Abu Jahal
d. Hamzah
Jawaban : B

36. Salah satu faktor penyebab kaum ka r menolak keras ajaran Islam karena...
a. Takut miskin
b. Takut kehilangan kekuasaan
c. Takut terhadap pimpinan
d. Diancam Abu Jahal
Jawaban : B

37. Larangan mencampur adukan ajaran Islam dengan ajaran lainnya terdapat dalam rman Allah ...
a. QS. An-Nash
b. QS. Al-Fil
c. QS. Al-Lahab
d. Qs. Al-Kaa ruun
Jawaban : D

38. Salah satu alasan Nabi Muhammad Saw. memilih Habsyi untuk menjadi tempat hijrah adalah...
a. Raja Habsyi terkenal adil dan bijaksana
b. Negara Habsyi yang subur makmurt
c. Penduduk negara Habsyi yang banyak
d. Sukunya termasuk suku yang kuat
Jawaban : A

39. Di bawah ini yang tidak termasuk hikmah yang dapat diambil dari misi dakwah Nabi Muhammad Saw. ke Thaif, adalah ....
a. Senantiasa bersabar menghadapi ujian
b. Pantang menyerah dalam menggapai kesuksesan
c. Ambisius pada kekuasaan
d. Selalu optimis dalam berjuang
Jawaban : C

40. Perjanjian antara Nabi Muhammad dan beberapa orang dari Madinah sebelum peristiwa hijrah disebut....
a. Bai’at Hudaibiyah
b. Bai’at Ridwan
c. Piagam Madinah
d. Bai’at Aqobah
Jawaban : D

  • PAS SKI Kelas 7 MTs + Jawaban : DOWNLOAD
Diharapkan Latihan Soal PAS SKI MTs Kelas 7 Semester 1 2023/2024 ONLINE bermanfaat untuk tenaga didik dan siswa sekalian.
Ki Hajar Dewantara : “Ing Ngarsa Sung Tuladha Ing Madya Mangun Karsa Tut Wuri Handayani”,- Di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat dan di belakang memberikan kekuatan.