Skip to main content

Latihan Soal PAS SKI Kelas 8 Semester 1 Th 2021/2022 Online

Latihan Soal PAS SKI Kelas 8 Semester 1 Th 2021/2022 Online
Di kesempatan ini centralpendidikan.com akan membagikan artikel tentang PAS SKI atau Sejarah Kebudayaan Islam kelas 8 semester 1. Digunakan untuk menyambut pelaksanaan Penilaian Akhir Semester di bulan desember tahun pelajaran 2021/2022. 

Bapak/ibu guru bisa mengunduh naskah tersebut sebagai acuan dalam pembuatan naskah asli yang akan diujikan kepada peserta didik madrasah kelas 8 MTS..

SKI atau Sejarah Kebudayaan Islam merupakan mata pelajaran yang mempelajari kehidupan Nabi Muhammad SAW sampai dengan masuknya islam saat ini. Materi disesuaikan dengan kisi - kisi kurikulum 2013 revisi

Latihan Soal PAS SKI Kelas 8 Semester 1 Th 2021/2022 Online

Latihan Soal PAS SKI Kelas 8 Semester 1

Dikarenakan "Soal PAS SKI kelas 8 MTs semester 1" ini central pendidikan ambil dari arsip ujian daring tahun sebelumnya, disaat pembelajaran masa pandemi.  Maka dari itu bisa dipastikan materi yang akan diujikan 80% lebih sama dengan yang diujikan pada tahun ini.

File PDF + Jawaban berada dibawah try out online

Selamat mengerjakan..

1. Khalifah Harun ar-Rasyid mempunyai perhatian dan minat yang besar terhadap ilmu pengetahuan dan kebudayaan. Para ilmuwan dan budayawan dilibatkan dalam setiap pengambilan kebijakan. Usaha yang menyebabkan ilmu pengetahuan berkembang yaitu ….
a. ketekunan dalam mengembangkan ilmu pengetahuan
b. semangat memperkenalkan ilmu yang dimiliki
c. keberhasilan menonjolkan diri
d. semangat juang membela agama
Jawaban : A

2. Sejarah masa lalu akan menjadi pedoman dan pelajaran untuk kebaikan hidup manusia. Hikmah mempelajari sejarah berdirinya Dinasti Abbasiyyah beserta keruntuhannya adalah ….
a. menumbuhkan semangat dalam berperang
b. menumbuhkan persaingan dalam berniaga
c. membina persatuan antar umat beragama
d. saling bersaing antar umat beragama
Jawaban : C

3. Pada masa Dinasti Abbasiyyah, dunia sastra mengalami kemajuan, kota Bagdhad dikenal sebagai pusat sastrawan dan penyair. Tokoh penyair terkenal yang cerdik pandai sering memberikan nasehat kepada Khalifah Harun ar-Rasyid bernama ….
a. Ibnu al-Farabi
b. Al-Kindi
c. Abu Nawas
d. Abu Tamam
Jawaban : C

4. Masa akhir kekuasaan Dinasti Abbasiyyah Islam mengalami keterpurukan yang sangat dalam. Faktor ekstern (dari luar) yang meyebabkan Daulah Abbasiyyah menjadi lemah dan kemudian hancur adalah ….
a. berlangsungnya perang Salib yang berkepanjangan
b. timbulnya pemberontakan antar wilayah
c. gaya hidup mewah para khalifah
d. terjadinya perebutan kekuasan antar khalifah
Jawaban : A

5. Kemajuan suatu negara akan terlihat dari kesejahteraan rakyatnya. Untuk menuju kesejahteraan rakyat, pemeritahan Dinasti Abbasiyah membangun berbagai macam pabrik. Pembangunan pabrik pakaian jadi dan sutra bersulam di kota Damaskus, merupakan bentuk kemajuan dalam bidang ….
a. pertanian
b. perikanan
c. perindustrian
d. peternakan
Jawaban : C

6. Khalifah al-Mansyur ketika berkuasa telah membangun kota Baghdad yang berbentuk bundar. Kota ini menjadi mercusuar, kota impian 1001 malam yang tidak ada tandingannya di dunia pada abad pertengahan. Nama yang diberikan Khalifah al-Mansyur untuk kota Baghdad adalah ….
a. Madinah al-Salam
b. Madinah al-Munawaroh
c. Madinah al-Fadilah
d. Madinah al-Kubro
Jawaban : A

7. Propagandis terkenal dari Khurasan yang kemudian menjadi panglima yang turut mendirikan Dinasti Abbasiyah adalah…
a. Abu Nawas
b. Abu Muslim Al-Khurasani
c. Abu Ja’far al-Mansur
d. Abul Abbas as-Sa ah
Jawaban : B

8. Salah satu faktor pendorong kemunduran dinasti umayyah adalah…
a. Figur pewaris kekhalifahan yang lemah
b. Luasnya wilayah kekuasaan
c. Permusuhan antar kelompok suku dan agama
d. Semakin kuatnya pengaruh Turki
Jawaban : A

9. Sebagaimana diketahui bahwa kekuasaan Dinasti Abbasiyah melanjutkan kekuasaan Dinasti Umayyah. Kekuasaan Dinasti Abbasiyyah berlangsung dalam rentang waktu yang cukup lama, yakni selama … tahun.
a. 600
b. 700
c. 400
d. 500
Jawaban : D

10. Kemajuan Dinasti Abbasiyyah di bidang sosial kemasyarakatan yang terjadi antara lain munculnya berbagai kelompok dan golongan. Salah satunya golongan Syi’ah yang pernah memegang peranan penting dalam pemerintahan Dinasti Abbasiyyah adalah Dinasti ….
a. Buwaihiyah
b. Usmaniyah
c. Safawiyah
d. Fatimiyah
Jawaban : A

11. Ilmu tasawuf termasuk ilmu syariat dalam Islam. Inti ajarannya menjauhkan diri dari kesenangan dunia dan mendekatkan diri kepada Allah. Tokoh tasawuf perempuan pertama pada masa Dinasti Abbasiyyah adalah ….
a. Fatimah Zahra
b. Rabi’ah al-Adawiyah
c. Zun nun al-Misri
d. Hasan al-Basri
Jawaban : B

12. Dinasti Abbasiyah menang dalam pertempuran Zab Hulu melawan Dinasti Umayyah. Khalifah terakhir Dinasti Umayyah yang dikalahkan oleh pasukan Abbas bin Abdul Muthalib adalah ….
a. Marwan bin Muhammad
b. HIsyam bin Abdul Malik
c. Muawiyah bin Abu Sofyan
d. Umar bin Abdul Aziz
Jawaban : A

13. Negara yang kuat harus menghilangkan berbagai macam gangguang, baik dari dalam maupun dari luar daerah kekuasaan. Usaha yang dilakukan dalam mempertahankan kekuasaannya dengan cara menumpas berbagai pemberontakan. Nama gerakan pemberontakan terhadap kekuasaan Dinasti Abbasiyyah dengan pimpinannya bernama al-Muqona adalah ….
a. Khuramiyah
b. Zanadiqoh
c. Rawandiyyah
d. Muqoniyah
Jawaban : D

14. Khalid bin Ahmad mengarang banyak buku teori musik tentang not dan irama. Bukunya dijadikan sebagai bahan rujukan diberbagai sekolah tinggi musik dunia. Hal ini menandakan Dinasti Abbasiyyah mengalami kemajuan di bidang seni …
a. tari
b. sastra
c. kaligra
d. musik
Jawaban : D

15. Perhatikan pernyataan berikut!(1) Kekuasaan sepenuhnya dipegang oleh khalifah keturunan Arab murni(2) Ilmu pengetahuan dipandang sebagai sesuatu yang sangat penting(3) Kebebasan ber kir diakui sepenuhnya(4) Para menteri turunan Turki diberikan hak penuh menjalankan pemerintahan(5) Kota Damaskus sebagai ibu kota negaraCiri politik yang dijalankan oleh Daulah Abbasiyah I ditunjukkan oleh nomor ….
a. (2), (3), dan (4)
b. (1), (2), dan (4)
c. (1), (2), dan (3)
d. (2), (3), dan (5)
Jawaban : C

16. Dinasti Abbasiyyah dipimpin oleh 37 orang khalifah yang berkuasa. Khalifah kedua dari Dinasti Abbasiyyah dikenal sebagai peletak dasar pembenahan administrasi pemerintahan adalah ….
a. Al Mutawakil
b. Ibrahim al Imam
c. Abu Ja’far al Mansyur
d. Musa al Hadi
Jawaban : C

17. Pada masa Daulah Abbasiyah berkuasa, peradaban Islam berkembang dengan pesat dalam berbagai bidang. Faktor penyebab berkembangnya peradaban Islam pada masa Dinasti Abbasiyyah adalah adanya ….
a. kecintaan khalifah terhadap ilmu pengetahuan
b. ambisi berkuasa dari para pejabat
c. keinginan untuk berkembang
d. kekuatan militer pemerintah yang tiada tanding
Jawaban : B

18. Bani Abbasiyyah memperoleh kejayaan yang gemilang dalam peradaban umat Islam. Kota-kota dibangun dengan perannya masing-masing. Kota yang menjadi pusat pemerintahan Dinasti Abbasiyyah dan sebagai pusat peradaban Islam adalah kota ....
a. Damaskus
b. Bagdad
c. Madinah
d. Ku ah
Jawaban : B

19. Dinasti Abbasiyyah selama masa pemerintahannya telah mengalami kemajuan dalam berbagai bidang. Masa keemasan Islam pada Daulah Abbasiyyah disebut
….
a. the golden age
b. the golden year
c. the glory age
d. the gospel age
Jawaban : A

20. Perkembangan Ilmu pengetahuan di masa Dinasti Abbasiyah sangat pesat. Sehingga melahirkan para ilmuwan yang menghasilkan karya di bidangnya masing-masing. Tempat para ilmuwan muslim berkumpul untuk membahas dan berdiskusi tentang suatu ilmu, maka didirikan ….
a. kuttab
b. darul hikmah
c. majelis munadarah
d. majlis ta’lim
Jawaban : B

21. Kekuasaan Abbasiyyah mengalami kelemahan dan kehancuran pada tahun 1258 M. Hal tersebut diakibatkan adanya serangan dari bangsa ....
a. Turki
b. Mesir
c. Mongol
d. Yunani
Jawaban : C

22. Setiap perkembangan yang terjadi di suatu negara dapat kita ambil sebagai suatu ibrahnya. Salah satu ibrah yang dapat kita teladani dari perkembangan peradaban Islam pada masa Dinasti Abbasiyyah adalah
….
a. sering terlibat dalam organisasi kemasyarakatan
b. mempelajari ilmu pengetahuaan dan agama dengan tekun
c. mendahulukan kepentingan pribadi di atas kepentingan agama
d. memperluas kekuasaan pemerintahan Islam dengan perang
Jawaban : A

23. Khalifah Abbasiyyah sangat menyukai seni arsitektur. Hal ini juga tercermin dalam beberapa peninggalan bangunan bersejarah, seperti masjid, dan istana. Mesjid yang dibangun Dinasti Abbasiyyah bernama ….
a. Quba
b. Samarra
c. Aqso
d. Nabawi
Jawaban : B

24. Hadis merupakan sumber hukum kedua setelah Al- Qur’an. Pada masa Dinasti Abbasiyah, para ulama meneliti dan mengkaji berbagai hadis untuk menentukan keabsahan dan keasliannya. Kitab hadis sahih muslim adalah karya dari Imam ….
a. Nasa’i
b. Ibnu Majah
c. Abu Daud
d. Muslim
Jawaban : D

25. Strategi yang dilakukan keluarga Abbas dalam mencari simpati atau dukungan masyarakat salah satunya dengan mempropagandakan bahwa orang-orang Abbasiyyah lebih berhak dari pada Bani Umayyah dalam kekhalifahan Islam. Abu Muslim Al-Khurasani seorang propagandis yang terkenal karena sangat ahli dalam menarik simpati berbagai kelompok gerakan Abbasiyyah berasal dari daerah….
a. Khurasan
b. Ku ah
c. Mesir
d. Damaskus
Jawaban : A

26. Tanggal 17 Agustus 1966 Presiden Soekarno telah berpidato jangan sekali-kali meninggalkan sejarah atau sering disingkat dengan jasmerah. Pernyataan tersebut jika dikaitkan tentang perkembangan peradaban Islam pada masa Dinasti Abbasiyyah untuk masa kini dan masa yang akan datang adalah sebagai ….
a. sebagai sejarah masa lalu
b. tantangan untuk terus berkreasi
c. pedoman untuk mendapatkan pekerjaan
d. agar gemar membaca
Jawaban : B

27. Penerjemahan besar-besaran terhadap buku-buku ilmu pengetahuan berbahasa asing ke dalam bahasa Arab dilakukan oleh Khalifah Harun ar-Rasyid. Lembaga yang berfungsi sebagai pusat perpustakaan dan pusat penerjemahan masa Dinasti Abbasiyyah adalah ….
a. Darul Hadis
b. Majlis Ta’lim
c. darul hikmah
d. Baitul Hikmah
Jawaban : D

28. Keruntuhan Dinasti Umayyah menjadi tonggak awal berdirinya Dinasti Abbasiyah. Masa Kekuasaan Dinasti Abbasiyah berdiri pada tahun ….
a. 720 M
b. 740 M
c. 750 M
d. 730 M
Jawaban : C

29. Perhatikan pernyataan berikut!(1) Membangun armada-armada dagang (2) Mendirikan panti jompo(3) Meningkatnya produk pertanian(4) Mendirikan madrasah(5) Mengadakan hubungan perdagangan dengan negara lain Bentuk kemajuan di bidang ekonomi dan perdagangan pada masa Daulah Abbasiyyah ditunjukkan oleh nomor ….
a. (1), (3), dan (5)
b. (2), (3), dan (4)
c. (1), (2), dan (4)
d. (3), (4), dan (5)
Jawaban : A

30. Upaya mengalahkan Dinasti Umayyah dilatarbelakangi pemikiran tentang siapa yang berhak memimpin setelah Rasulullah meninggal, para keluarga Abbas melakukan berbagai strategi dalam mencari simpati atau dukungan masyarakat dengan mengatasnamakan
keturunan bani … untuk mendirikan Dinasti Abbasiyyah.
a. Hasyim
b. Sulaiman
c. Umayyah
d. Hatim
Jawaban : A

31. Perhatikan data berikut!(1) Suku bangsa (2) Ilmu pengetahuan(3) Etnis(4) Seni arsitektur(5) BudayaBentuk kemajuan di bidang sosial kemasyarakatan pada masa Daulah Abbasiyyah ditunjukkan oleh nomor ….
a. (2), (4), dan (5)
b. (1), (3), dan (5)
c. (2), (3), dan (4)
d. (3), (4), dan (5)
Jawaban : B

32. Dinasti Abbasiyah berhasil merombak sistem pemerintahan. Demi kelancaran administrasi pemerintahan, Daulah Abbasiyah membentuk Departemen Pertahanan dan Keamanan yang disebut dengan ….
a. Diwanull Jund
b. Katibul Kharajj
c. Katibul Syurtah
d. Katibul Qodhi
Jawaban : A

33. Pada masa Dinasti Abbasiyah ilmu tafsir mengalami perkembangan yang sangat pesat. Dalam menafsirkan ayat-ayat Al-Qur’an, para Mufasir (ahli tafsir) menggunakan berbagai metode. Menafsirkan ayat dengan metode mempergunakan akal dan memperluas pemahaman yang terkandung di dalamnya disebut
tafsir ….
a. at-tabary
b. al-kusani
c. bil matsur
d. bil ra’yi
Jawaban : D

34. Masa pemerintahan Daulah Abbasiyahyang begitu lama, berkali-kali mengalami perubahan corak kebudayaan Islam, sesuai dengan terjadinya perubahan di bidang politik, ekonomi, dan sosial. Sehingga para sejarawan membagi masa pemerintahan tersebut menjadi lima periode. Ciri kekuasaan pada periode ketiga adalah ....
a. serangan bangsa Mongol
b. profesionalisme militer
c. kaum Mamluk mengendalikan Abbasiyyah
d. adanya dominasi Dinasti Buwaihi
Jawaban : D

35. Ilmu pengetahuan yang berkembang pada masa Dinasti Abbasiyah salah satunya ilmu kedokteran. Ibnu Sina merupakan ilmuwan dalam bidang kedokteran. Karyanya yang terkenal dan dijadikan sebagai buku pedoman bagi Universitas di Eropa dan negara-negara Islam adalah ….
a. al-Qanan Fi at-Fibb
b. Ihya Ulumuddin
c. Uyun al-Hikmah
d. al-Madinah Fadilah
Jawaban : A

36. Para pendiri Dinasti Abbasiyah adalah keturunan Abbas bin Abdul Muthalib. Khalifah pertama Dinasti Abbasiyah adalah ….
a. Ibrahim al Imam
b. Muhamad bin Ali
c. Abdullah bin Muhamad
d. Abu Abbas Asyafah
Jawaban : D

37. Di akhir pemerintahan Dinasti Abbasiyah Islam mengalami keterpurukan yang sangat parah, akibat serangan dari dalam dan dari luar wilayah kekuasaan Dinasti Abbasiyah. Khalifah terakhir Dinasti Abbasiyyah bernama ….
a. al-Watsiq
b. Musa al-Hadi
c. al-Mu’tasim Billah
d. al-Amin
Jawaban : C

38. Perekonomian Dinasti Abbasiyyah digerakan oleh perdagangan dan pertanian. Pada masa Dinasti Abbasiyyah Baitul Mal difungsikan untuk mengelola ….
a. persuratan dan administrasi negara
b. penelitian dan laboratorium
c. pertahanan dan militer
d. kas negara dan hasil bumi
Jawaban : D

39. Perbedaan sikap politik antara Bani Umayyah dan Bani Abbasiyyah yaitu Bani Umayyah masih bercorak Arab murni. Sedangkan corak dari kebudayaan Bani Abbasiyyah adalah ….
a. menyukai kemegahan
b. Damaskus sebagai pusat ibu kota negara
c. bercorak Arab jahiliyah
d. berbaur dengan semua kebudayaan
Jawaban : D

40. Bentuk kemajuan yang dicapai Dinasti Abbasiyyah dalam bidang pertanian adalah membangun sebuah bendungan dan terusan yang dapat mengalirkan air kepemukiman penduduk. Nama bendungan itu adalah….
a. Zubaedah
b. Humaimah
c. al-kanal
d. Suez
Jawaban : A

  • PAS SKI Kelas 8 MTs + Jawaban : DOWNLOAD
Diharapkan Latihan Soal PAS SKI Kelas 8 Semester 1 Th 2021/2022 Online bermanfaat untuk tenaga didik dan siswa madrasah sekalian.
Ki Hajar Dewantara : “Ing Ngarsa Sung Tuladha Ing Madya Mangun Karsa Tut Wuri Handayani”,- Di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat dan di belakang memberikan kekuatan.