Skip to main content

Latihan Soal dan Kunci Jawaban ANBK SMP Tahun 2023 Lengkap

Latihan Soal dan Kunci Jawaban ANBK SMP Tahun 2023 Lengkap
Asesmen Nasional Berbasis Komputer adalah program evaluasi capaian kompetensi siswa yang akan diadakan di tahun 2023. ANBK SMP mengujikan tiga instrumen yaitu literasi, numerasi, dan survei karakter siswa. 

Fungsinya dimaksudkan untuk melihat perkembangan belajar siswa, dan melakukan perbaikan terhadap metode pembelajan yang digunakan tenaga pendidik. Jadwal asesmen jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama  kelas 8 berada di bulan oktober.

Demi menyediakan sarana belajar siswa, disediakan berbagai macam referensi berupa latihan soal ANBK SMP online yang diberlakukan daring dan pembagian naskah berbentuk PDF. Semuanya demi menyukseskan kegiatan tersebut. 

Latihan Soal dan Kunci Jawaban ANBK SMP Tahun 2023

Penggunaan komputer sebagai media merupakan pilihan yang diambil pemerintah dalam rangka meminimalisir dampai dari COVID-19. Jumlah satuan pendidikan yang mengikuti ANBK SMP pun tidak sedikit, yaitu 55.347 sekolah. Walau pun begitu, ANBK SMP tetap diberlangsungkan dengan tetap menjaga Protokol Kesehatan. 

Seperti pemakaian masker, penggunaan Hand Sanitizer, pengecekan suhu, dan selengkapnya bisa kamu cek pada Prosedur Operasional Standar Penyelenggaran Asesmen Nasional atau yang disingkat POS AN 2023.

Materi ANBK SMP

Materi ANBK SMP 2023 disesuaikan dengan level kognitif siswa. Numerasi masih disediakan gambaran kisi - kisi yang bisa kamu pelajari dan sesuai dengan kompetensi pembelajaran kelas 8, diantaranya sebagai berikut : 
  • Bilangan : Representasi, sifat urutan, operasi
  • Geometri dan pengukuran 
  • Aljabar : Persamaan dan pertidaksamaan, pola bilangan, relasi, fungsi, rasio dan proporsi
  • Data dan ketidakpastian
Sedangkan untuk literasi dan survei karakter harus diterapkan dengan mengerjakan berbagai contoh soal. Dengan maksud melihat seperti apa struktur soalnya tersusun. Pasalnya berdasarkan POS AN "peserta didik tidak perlu melakukan persiapan atau latihan khusus yang bertujuan untuk meningkatkan hasil AN"

Latihan Soal dan Kunci Jawaban ANBK SMP Tahun 2023 Lengkap

Walau pun kebijakan ANBK SMP di tahun 2023 lebih mengedepankan siswa terhadap pembelajaran sesuai kompetensi pendidikan (bukan asesmen), dilihat dari keterangan di atas. Bapak/ibu guru bisa menggunakan latihan ini sebagai bahan dan dipergunakan sendiri untuk kepentingan asesmen kelas.

Bentuk soal ANBK yaitu pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian, dan esay. Selanjutnya, kami membagikannya dalam pengkategorian tiga (3) instrumen dengan tambahan di masing - masing artikel laman website kemdikbud untuk simulasi.

Literasi Membaca

Literasi adalah kemampuan seseorang untuk membaca, berbicara, dan memecahkan masalah pada tingkat/level yang diperlukan dalam pekerjaan, keluarga, dan masyarakat. Instrumen ini dipergunakan untuk membangun kompetensi yang digunakan untuk menguasai konten mata pelajaran SMP. :

Numerasi adalah kemampuan yang akan membuat peserta didik melahirkan daya analisis berdasarkan suatu informasi, bukan membuat peserta didik menghapal/mengingat ingat rumus maupun materi suatu kompetensi mata pelajaran. Sesuai tolak uku yang termuat dalam PISA dan TIMSS.
Survei Karakter

Survei karakter digunakan untuk mengukur sikap, dan kebiasaan dan dilaporkan sebagai hasil belajar yang bersifat non-kognitif dan digunakan sebagai laporan untuk tujuan perbaikan pembelajaran oleh guru.
  • Contoh Soal ANBK Survei Karakter SMP Tahun 2023 PDF - UNDUH
Semoga penyelenggaran asesmen nasional berbasis komputer berjalan lancar untuk para tenaga teknis, proktor, kepala, sekolah, guru dan siswa pelaksana kelas 8 sekolah menengah pertama.

Demikian Contoh Latihan Soal ANBK SMP Kunci Jawaban Tahun 2023 Lengkap. Diharapkan artikel ini bermanfaat untuk proses pembelajaran asesmen di level kognitif 4.
Ki Hajar Dewantara : “Ing Ngarsa Sung Tuladha Ing Madya Mangun Karsa Tut Wuri Handayani”,- Di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat dan di belakang memberikan kekuatan.