Skip to main content

Latihan Soal ANBK Numerasi SD 2023 dan Jawabannya Terbaru

Latihan Soal ANBK Numerasi SD 2023 dan Jawabannya Terbaru
Latihan Soal ANBK Numerasi SD dan Jawaban terbaru Tahun 2023 dapat digunakan oleh siswa kelas 5 SD untuk mempersiapkan Asesmen Nasional Berbasis Komputer. Pelaksanaan ujian diselenggarakan pada tanggal 8 – 11 November 2023 dalam dua gelombang. 

Asesmen Nasional adalah sebuah program evaluasi / penilaian yang diadakan Kemdikbud bersamaan dengan pergantian Ujian Nasional. Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk melihat kapasitas kompetensi siswa pada masyarakat. Dengan memuat tiga (3) instrumen salah satunya yaitu Numerasi.

Numerasi adalah instrumen yang menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk penyelesaian soal dan membangun konten mata pelajaran di level kognitif siswa kelas 5 SD.

Latihan Soal ANBK Numerasi SD 2023

Berdasarkan grafik penuruan tingkat COVID-19 di pertengahan 2023 sekitar bulan agustus. Pemerintah mulai membuka kembali pembelajran tatap muka, dan menggunakan sistem komputer (CBT) pada asesmen nasional.

Tentunya dengan tujuan pasti dalam meningkatkan standar pendidikan di Indonesia yang mengacu pada PISA dan TIMSS rinciannya sebagai berikut :
  1. Memberikan informasi tingkat penguasaan siswa (Summing up)
  2. Penelurusan proses belajar (Keeping track)
  3. Menemukan kekurangan peserta didik (Finding Out)
  4. Pengecekan terhadap capaian kompetensi siswa (Checking up)

Latihan Soal ANBK Numerasi SD 2023 dan Jawabannya Terbaru

Sebagaimana yang diketahui bahwa hasil dari AN tidak memiliki konsekuensi terhadap pembelajaran dan kelulusan siswa kelas 5 Sekolah Dasar. Hasil AN hanya menampilkan skor pada tingkat satuan pendidikan, bukan skor individu. 

Soal ANBK Numerasi SD 2023 kami bagikan secara daring (online) serta pembagian naskah PDF semidaring (offline). Merupakan latihan soal simple agar para siswa lebih paham mengenai struktur asesmen di instrumen tersebut. Pastinya tidak membebankan pikiran karena keseluruhan direkomendasikan dari laman website Kemdikbud.

Selanjutnya, bentuk soal berjumlah lima jenis yaitu pilihan ganda (PG), pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian, dan uraian. Dokumen lengkap silahkan mengecek akhir postingan kami.

Selamat mengerjakan!

BIANGLALA

Sebuah bianglala raksasa ada di tepi sungai. Lihat gambar dan diagram berikut!


Bianglala itu mempunyai diameter luar 140 meter dan titik tertingginya adalah 150 meter dari dasar sungai. Bianglala itu berputar sesuai dengan arah panah yang ditunjukkan pada gambar.

1. Bianglala berputar dengan kecepatan konstan. Satu putaran penuh bianglala tersebut membutuhkan waktu 40 menit. John mulai menaiki bianglala dari titik naik yaitu P. Di manakah John akan berada 30 menit kemudian?
A. Pada titik R
B. Di antara R dan S
C. Pada titik S
D. Di antara titik S dan P
Jawaban : C

EKSPOR

Grafik di bawah ini memberikan informasi tentang ekspor dari Zedland, sebuah negeri yang menggunakan satuan mata uang zed.


2. Berapakah nilai ekspor total dari Zedland (dalam juta zed) di tahun 1998?
Jawaban : 27,1

3. Berapakah harga jus buah yang diekspor dari Zedland di tahun 2000?
A. 1,8 juta zed
B. 2,3 juta zed
C. 3,4 juta zed
D. 3,8 juta zed
Jawaban : D

PINGUIN

Setelah pulang dari perjalanan wisata, Jean mencari informasi di internet tentang berapa rata-rata anak pinguin yang dibesarka pasangan penguin.
Dia menemukan diagram batang berikut untuk tiga jeni spinguin yaitu Gentoo, Rockhooper dan Magellanic.


4. Berdasarkan diagram di atas, apakah pernyataan berikut benar atau salah?

Beri tanda cek (√) pada kolom Benar atau Salah untuk setiap pernyataan!


A. Salah
B. Benar
C. Salah

Berikut ini adalah tautan untuk kelengkapan soal numerasi lainnya :
  • Download Soal ANBK Numerasi SD Tahun 2023 PDF : UNDUH
  • Try Out Soal ANBK Numerasi SD 2023 dari Kemdikbud Online : UNDUH
Diharapkan Latihan soal asesmen bermanfaat bagi bapak/ibu guru dalam memetakan mutu pendidikan, memberi umpan balik bagi penyelenggara pendidikan, dan merancang tindak lanjut untuk perbaikan sistem pendidikan di Indonesia. Seperti yang terlampir pada POS AN Nomor 030/H/PG.00/2023 Tahun 2023 Tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Asesmen Nasional.

Demikian artikel tentang Contoh Soal ANBK Numerasi SD 2023 dan Kunci Jawaban. Terima kasih telah berkunjung di blog kami.
Ki Hajar Dewantara : “Ing Ngarsa Sung Tuladha Ing Madya Mangun Karsa Tut Wuri Handayani”,- Di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat dan di belakang memberikan kekuatan.