Skip to main content

Contoh Soal dan Jawaban ANBK SD Tahun 2023 Lengkap, ONLINE

Contoh Soal dan Jawaban ANBK SD Tahun 2023 Lengkap, ONLINE
Asesmen Nasional Berbasis Komputer sebentar lagi akan diadakan. Jenjang pendidikan SD diselenggarakan dalam dua hari pada tanggal 15 – 18 November 2023. Memberikan latihan terhadap model soal dan cara kerja ANBK adalah hal wajib yang harus dimiliki peserta didik kelas 5.

Di kesempatan ini admin Central Pendidikan akan membagikan Contoh soal ANBK SD tahun 2023 dan kunci jawaban sebagai bahan yang bisa digunakan untuk persiapan tersebut. Menggunakan sistem daring yang bisa diakses secara langsung lewat laman website kami dan juga punya Kemdikbud.

Selain itu, kami menambahkan file PDF sesuai dengan kompetensi (literasi, numerasi, dan survei karakter) yang bisa disimpan secara offline maupun melakukan print out terhadap dokumen asesmen.

Contoh Soal dan Jawaban ANBK SD Tahun 2023

Menurut POS AN 2023, Asesmen Nasional Berbasis Komputer yang disingkat ANBK adalah asesmen yang menggunakan komputer sebagai medianya serta diujikan secara daring dan semidaring untuk menampilkan dan menjawab soal. 

Artinya naskah soal disinkronisasi ke dalam server sekolah secara daring (online), dan mengujikannya kepada murid secara semidaring (offline).

Jumlah satuan pendidikan Sekolah Dasar yang mengikuti ANBK SD pun terhitung paling banyak yaitu 163.833 sekolah. Dengan presentase penggunaan resouce sharing kurang lebih 50%.

Materi ANBK SD

Materi ANBK SD 2023 yang diterbitkan hanya instrumen numerasi, sedangkan literasi dan karakter harus dikerjakan dan dipelajari dalam try out maupun simulasi agar lebih memahaminya. Tenang saja karena panitia memberikan waktu 10 menit latihan di asesmen mendatang. 

Materi numerasi :
  • Bilangan : Representasi, sifat urutan, operasi
  • Geometri dan pengukuran 
  • Aljabar : Persamaan dan pertidaksamaan, pola bilangan, relasi, fungsi, rasio dan proporsi
  • Data, ketidakpastian ,dan peluang

Contoh Soal dan Jawaban ANBK SD Tahun 2023 Lengkap, ONLINE

Asesmen Nasional bertujuan untuk memetakan mutu pendidikan, memberi umpan balik kepada penyelenggara pendidikan, dan merancang tindak lanjut untuk perbaikan mutu sistem pendidikan.

Selanjutnya, hasil ANBK SD 2023 tidak memiliki konsekuensi terhadap siswa yang menjadi peserta. Pemerintah juga memberikan pernyataan agar peserta didik tidak perlu melakukan persiapan khusus yang bertujuan meningkatkan hasil AN.

Berbeda dengan Ujian Sekolah, terdapat lima bentuk soal ANBK SD yaitu pilihan ganda, pilihan ganda kompleks(memilih lebih dari satu jawaban), menjodohkan, isian, dan esay. Dengan penerapan level soal yang lebih tinggi daripada HOTS.

Literasi Membaca

Literasi adalah kemampuan untuk memahami, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks tertulis. Bukan hanya sekedar membaca teks yang disampaikan dalam ujian asesmen. Dengan tujuan untuk mengembangkan kapasitas individu siswa dalam berkontribusi secara produktif di lingkungan/masyarakat

Numerasi adalah kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah disesuaikan dengan level kognitif siswa kelas 5 SD. Referensi yang digunakan pemerintah sesuai dengan soal PISA dan TIMSS.
Survei Karakter

Survei karakter adalah instrumen untuk mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter siswa. Soal digambarkan mirip seperti wawasan kebangsaan dan psikotes.
  • Soal ANBK Survei Karakter SD Tahun 2023 PDF - UNDUH
Semoga kegiatan asesmen nasional berbasis komputer yang pertama kali diselenggarakan menggantikan Ujian Nasional berjalan lancar. Dan mendapatkan hasil yang memuaskan untuk siswa dan tenaga pendidik yang bertugas.

Demikian artikel tentang Contoh Soal ANBK SD Tahun 2023 Lengkap. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat bagi guru dan siswa yang akan menyelenggarakan ujian tersebut.
Ki Hajar Dewantara : “Ing Ngarsa Sung Tuladha Ing Madya Mangun Karsa Tut Wuri Handayani”,- Di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat dan di belakang memberikan kekuatan.