Skip to main content

Contoh Soal ANBK SMK Tahun 2023 Semua Materi dan Pembahasannya

Contoh Soal ANBK SMK Tahun 2023 Semua Materi dan Pembahasannya
Pada kesempatan ini kami akan membagikan Contoh Soal ANBK SMK Tahun 2023 dan Pembahasannya kepada siswa kelas 11 tingkat Sekolah Menengah Kejuruan. Sesuai dengan Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Asesmen Nasional (Berbasis Komputer) peraturan Kemdikbud Ristek Nomor : 030/H/PG.00/2022.

Dibagikan dalam format daring dan semi daring kepada siswa - siswa Sekolah menengah kejuruan di jurusan AKP, TKP, dan PSPP. 

Daring dimaksudkan agar dapat dikerjakan langsung melalui laman Central Pendidikan dan Kemdikbud. Sedangkan semi daring kami sediakan berbentuk dokumen PDF yang bisa bapak/ibu guru download secara gratis.

Contoh Soal ANBK SMK Tahun 2023

Asesmen Nasional adalah program evaluasi capaian kompetensi siswa yang diselenggarakan Kemdikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan.  

Sedangkan ANBK adalah pelaksanaan Asesmen  menggunakan komputer sebagai medianya (AN / ANBK). Menurut laman website anbk.kemdikbud.go.id untuk penyebaran satuan pendidikan pelaksana di tingkat SMK mencapai 13.419 dan akan bertambah seiring berjalannya waktu.

Serangkaian tes ANBK tingkat Sekolah Menengah Kejuruan tidak dilakukan berdasarkan mata pelajaran atau penguasaan materi kurikulum, melainkan mendapatkan soal dengan kompetensi yang sama disesuaikan dengan level kognitif (level 5 dan level 6).

Materi ANBK SMK


Penguasaan kompetensi utama yang dimaksud adalah literasi dan numerasi yang masuk pada kategori Asesmen Kompetensi Minimun (AKM). Tambahan instrumen / kompetensi lainnya adalah survei karakter.

Materi ANBK Literasi SMK adalah teks informasi dan teks fiksi serta disesuaikan dengan level kognitif tingkat SMK. Sedangkan kisi - kisi resmi tidak ada perilisannya. Akan tetapi untuk kisi - kisi (non resmi) instrumen AKM numerasi SMK bisa di cek pada gambar di bawah ini.

Soure : Kemdikbud

Contoh Soal ANBK SMK Tahun 2023 Semua Materi dan Pembahasannya

Pembagian Soal ANBK Literasi SMK 2023 diterapkan berdasarkan sistem pengkategorian untuk masing - masing intrumen. Dokumen PDF juga bakal dilampirkan.

Berbeda dengan Sekolah Menengah Atas yang sehari - harinya mengikuti pembelajaran umum. Tingkatan SMK harus membagi waktu 50% untuk memperdalam materi normatif, lainnya difokuskan ke pelajaran bengkel. 

Dikarenakan hal tersebut, siswa sebaiknya membiasakan diri mencari akses informasi terhadap asesmen nasional (Berbasis Komputer) agar tidak ketinggalan rincian kompetensi dan struktur soal yang bakal diujikan mendatang.

Literasi Membaca

Konten pada Literasi Membaca dibedakan dalam dua kelompok yaitu teks informasi yang berdasarkan fakta dan teks fiksi berisikan hiburan. Level kognitif SMK adalah menemukan informasi, interpretasi, dan refleksi.
Numerasi

Konten pada Numerasi dibedakan menjadi empat kelompok, yaitu Bilangan, Pengukuran dan Geometri, Data dan Ketidakpastian, serta Aljabar. Dengan tujuan capaian level kognitif terhadap pemahaman, penerapan, dan penalaran.
Survei Karakter

Mengukur sikap, kebiasaan, nilai-nilai sebagai hasil belajar non kognitif dengan tujuan melihat Sosial Emosional siswa. Istilah ini hampir dikategorikan ke dalam tespsikotes.
  • Soal ANBK Survei Karakter SMK 2023 dan Pembahasan PDF - UNDUH
Diharapkan latihan soal yang central pendidikan bagikan tersebut bermanfaat bagi siswa SMK kelas 11 yang akan menjalankannya pada tanggal 20 – 23 September 2023. Dan pemerintah pusat bisa mendapatkan gol (hasil terbaik) dan menjadikannya evaluasi hasil belajar peserta didik.

Ki Hajar Dewantara : “Ing Ngarsa Sung Tuladha Ing Madya Mangun Karsa Tut Wuri Handayani”,- Di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat dan di belakang memberikan kekuatan.