Skip to main content

Latihan Soal ANBK Literasi SMK 2023 dan Kunci Jawaban ONLINE

Latihan Soal ANBK Literasi SMK 2023 dan Kunci Jawaban ONLINE
Asesmem Nasional Berbasis Komputer di tingkat Sekolah Menengah Kejuruan diadakan pada 20 – 23 September 2023. Latihan Soal ANBK Literasi SMK dibagikan kepada siswa dalam bentuk try out daring dan semi daring PDF yang bisa didownload secara gratis. 

Asesmen Nasional adalah program evaluasi capaian kompetensi siswa yang diselenggarakan Kemdikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan. Dengan mengacu pada tiga kompetensi atau instrumen, salah satunya adalah literasi (membaca).

Materi ANBK Literasi SMK berdasarkan konten jenis teks yang digunakan, dalam hal ini dibedakan dalam dua kelompok yaitu teks informasi dan teks fiksi serta disesuaikan dengan level kognitif tingkat SMK. Level tersebut adalah menemukan informasi, interpretasi dan integrasi serta evaluasi dan refleksi

Latihan Soal ANBK Literasi Membaca SMK 2023

Berdasarkan SK Kemdikbud Ristek Nomor 030/H/PG.00/2023 Tahun 2023 Tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Asesmen Nasional atau yang disingkat POS AN tes diberlakukan secara tatap muka menggunakan sistem CBT/ANBK dengan tetap memperhatikan Prokes COVID-19 :
  • menerapkan penggunaan masker kain 3 (tiga) lapis atau masker medis yang menutupi hidung dan mulut sampai dagu.
  • menerapkan aturan cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir atau penggunaan Hand Sanitizer.
  • menerapkan aturan jarak minimal 1,5 meter dan tidak sering melakukan kontak fisik terhadap guru/pengawas/siswa lain.

Latihan Soal ANBK Literasi Membaca SMK 2023 dan Jawaban ONLINE

Pembagian Soal ANBK Literasi SMK 2023 dilakukan dalam format online yang ditambahkan rekomendasi laman website kemdikbud. serta ebook bank soal asesmen PDF di materi literasi membaca.

Karena berbeda dengan tingkat sekolah menengah atas, di SMK kebanyakan materi mengedepankan teori bengkel. Sedangkan tingkat pembelajaran di normatif / pembelajaran normal kadang di nomor duakan.

Maka dari itulah, siswa diwajibkan belajar sendiri lewat daring dengan bantuan mesin pencari dan website Central Pendidikan yang telah disediakan untuk mempersiapkan diri.

Berikut ini adalah Latihan Soal ANBK Literasi SMK 2023 dan Kunci Jawaban ONLINE. Selamat mengerjakan..


1. Sebutkan 3 bencana yang berpotensi terjadi di Indonesia yang ditampilkan pada rambu-rambu di samping!
Jawaban : a. letusan gunung berapi b. gelombang tsunami c. gempa bumi

Gunung Berapi

Indonesia menjadi salah satu negara yang mempunyai gunung api aktif terbanyak. Bahkan, terdapat beberapa daerah yang mempunyai lebih dari satu gunung api aktif. Sejarah mencatat sejumlah peristiwa erupsi gunung api besar pernah terjadi di Indonesia.

Gunung api yang pernah menyebabkan bencana besar itu antara lain Gunung Tambora di Nusa Tenggara Barat dan Gunung Krakatau di Selat Sunda. Dilansir dari dokumentasi Harian Kompas, jutaan orang tinggal dalam jangkauan letusan gunung berapi, bahkan sebagian tinggal di dalam kaldera tanpa menyadarinya.

Survei yang dilakukan Litbang Kompas pada Juni-Juli 2011 mengungkapkan minimnya pengetahuan dan kesiapsiagaan masyarakat terhadap bencana. Hampir separuh dari 806 responden yang tinggal di zona bahaya tidak menyadari ancaman bencana yang sangat mungkin melanda daerah mereka.

Adanya gunung api aktif tentunya membuat masyarakat yang berada di sekitarnya harus selalu waspada terhadap aktivitas gunung api tersebut. Pemerintah, baik pusat dan daerah, juga harus mempersiapkan mitigasi dan mengantisipasi langkah yang perlu dilakukan jika terjadi bencana.

2. Gunung api di wilayah mana saja yang pernah menghasilkan letusan yang besar?
Jawaban : Tambora dan Krakatau

3. Sebutkan beberapa hasil survei yang dilakukan Kompas mengenai gunung api!
Jawaban : .Minimnya pengetahuan dan kesiapsiagaan bencana, separuh dari responden tidak menyadari ancaman bencana yang mungkin melanda mereka

4. Berikut ini adalah kata yang bersinonim dengan “mitigasi”. Manakah di antara kata berikut yang tepat?
a. pencegahan
b. pengurangan 
c. penyelesaian 
d. penjagaan 
e. pemindahan
Jawaban : B

5. Menurut kamu, siapa saja yang sebaiknya berperan dalam usaha pencegahan bencana?
Jawaban : pemerintah dan masyarakat


6. Berdasarkan infografik tersebut, apa status paling kritis dalam bencana gunung berapi? Sebutkan ciri-cirinya!
Jawaban : Status awas. Ciri-ciri: segera atau sedang meletus, dimulai dengan abu dan uap, dapat meletus dalam waktu kurang dari 24 jam

7. Di mana saja letak gunung yang pada Desember 2018 berstatus siaga?
Jawaban : Selat Sunda dan Sulawesi Utara

8. Apa perbedaan antara status siaga dan awas?
Jawaban : Pada status siaga, kondisi gunung api dapat berlanjut menuju ke letusan, sedangkan pada status awas, kondisi gunung api segera atau sudah terjadi letusan.

9. Pada saat gunung berstatus apa penduduk di sekitar gunung berapi harus segera mengungsi? Kamu dapat memilih lebih dari satu pilihan jawaban.
Jawaban : Waspada dan Siaga


10. Berdasarkan infografik tersebut, apa penyebab terjadinya tsunami di wilayah Banten dan Lampung?
Jawaban : Aktivitas vulkanik Gunung Anak Krakatau

11. Menurutmu, mengapa wilayah Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang memiliki ketinggian tsunami lebih tinggi (0,9 meter) dibandingkan dengan wilayah lainnya?
Jawaban : Karena jaraknya lebih dekat ke titik vulkanik atau ke Gunung Anak Krakatau

Gempa Vulkanik

Secara definisi, gempa bumi bukanlah penyebab tunggal tsunami. United States Geological Survey (USGS) menjabarkan tsunami sebagai gelombang laut yang dipicu oleh gempa bumi besar yang terjadi di dekat atau di bawah laut. Penyebabnya bisa dari letusan gunung berapi, tanah longsor bawah laut, atau tanah longsor di daratan yang sejumlah besar materialnya jatuh ke dalam air.

Irwan Meilano, peneliti gempa dan pengajar di Institut Teknologi Bandung (ITB), mengatakan tsunami seperti yang terjadi di Selat Sunda pada Desember 2018 bukanlah yang pertama di Indonesia. Letusan Gunung Krakatau pada tahun 1883 juga mengakibatkan tsunami besar.

Catatan Volcanogenic Tsunami dari Oregon State University menunjukkan, ada 34 tsunami vulkanik yang terjadi di seluruh dunia sejak 1638 SM sampai 2007. Dari 34 tsunami vulkanik tersebut, ada beberapa terjadi di Indonesia. Selain tsunami Selat Sunda 1883 yang terjadi karena letusan besar Gunung Krakatau, pada 1871 ada pula letusan besar Gunung Ruang di Sulawesi Utara yang membuat aliran piroklastik mengalir ke laut dan menciptakan gelombang tsunami setinggi 26 meter.

Di Flores, Gunung Paluweh yang meletus pada 1928 menyebabkan longsoran dan menyebabkan tsunami setinggi 10 meter. Letusan besar Tambora pada 1815 juga diikuti tsunami setinggi 10 meter dan menewaskan lebih dari 10.000 orang. Pada 1979, dinding Gunung Iliwerung yang terletak di Nusa Tenggara Timur runtuh ke laut. Longsoran itu menyebabkan tsunami setinggi sembilan meter, dan menewaskan lebih dari 550 orang.

12. Selain gempa bumi, sebutkan tiga penyebab lain dari bencana tsunami!
Jawaban : letusan gunung berapi tanah longsor bawah laut tanah longsor di daratan yang sejumlah besar materialnya jatuh ke dalam air

13. Penulis artikel menuliskan contoh-contoh kejadian tsunami vulkanik di Indonesia tidak berdasarkan urutan waktu. Buatlah urutan kejadian tersebut sesuai urutan waktu dengan melengkapi tabel berikut ini!

Jawaban : 1815 - Gunung Tambora, 1871 - Gunung Ruang, 1883 - Gunung Krakatau, 1928 - Gunung Paluweh, 1979 - Gunung Iliwerung
14. Ketika aliran piroklastik mengalir ke laut, material apa saja yang terdapat pada aliran tersebut?
Jawaban : Gas panas, abu vulkanik, dan bebatuan.

Selanjutnya, untuk mendownload soft file silahkan mengikuti tautan di bawah ini : 
  • Download Soal Asesmen Nasional Literasi SMK Tahun 2023 PDF : UNDUH
  • Try Out Soal ANBK Literasi SMK 2023 dari Kemdikbud Online : UNDUH
Semoga pembagian latihan soal dapat memberikan manfaat terhadap persiapan penyelenggaran asesmen nasional berbasis komputer. Dan mendapatkan hasil atau tujuan dalam pemantauan proses, kemajuan, dan perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkesinambungan.

Demikian artikel tentang Latihan Soal ANBK Literasi SMK 2023 dan Kunci Jawaban ONLINE. Terima kasih
Ki Hajar Dewantara : “Ing Ngarsa Sung Tuladha Ing Madya Mangun Karsa Tut Wuri Handayani”,- Di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat dan di belakang memberikan kekuatan.