--> Skip to main content

Contoh Soal ANBK Numerasi SMK Tahun 2021 beserta ​Jawabannya

Demi mempersiapkan siswa kelas 11 SMK dalam Asesmen Nasional Berbasis Komputer atau yang disingkat ANBK Tahun 2021. Central Pendidikan akan membagikan contoh soal ANBK Numerasi SMK beserta kunci Jawabannya.

Menurut POS AN, asesmen di tingkat Sekolah Menengah Kejuruan akan dilaksanakan dalam dua hari pada tanggal20 – 23 September 2021. 

Jenis asesmen Numerasi dikategorikan ke dalam AKM (minimum) dengan tes yang berbeda dari kompetensi mata pelajaran yang diselesaikan peserta didik saat ini.  Numerasi menggunakan konsep, prosedur matematika untuk penyelesaian soal yang disesuaikan dengan level kognitif (level 5 dan level 6).

Contoh Soal ANBK Numerasi SMK Tahun 2021

Sebagaimana yang telah diketahui bahwa AN SMK merupakan program evaluasi pengganti Ujian Nasional. Rencananya pemerintah akan melakukan asesmen perdana di tahun 2021, selengkapnya bisa dicek pada Prosedut Operasional Standar Penyelenggaran AN Tahun 2021.

Perbedaannya adalah AN tidak mengacu pada kisi - kisi dan kurikulum tingkat satuan pendidikan. Melainkan kompetensi berdasarkan instrumen/jenis asesmen yang berjumlah empat. Salah satunya adalah numerasi itu sendiri.

Dalam pelaksanaannya, AN menggunakan komputer berbasis daring dan semidaring yang disebut ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer). Tentunya siswa harus melakukan pembelajaran tatap muka, yang dimulai di tahun pelajaran 2021/2022 sekarang ini. 

Pemberlakuan prokes diwajibkan dalam kegiatan belajar mengajar. 

Contoh Soal ANBK Numerasi SMK Tahun 2021 beserta ​Jawabannya

Hasil dari ANBK jenjang SMK tidak memiliki kewenangan untuk nilai kompetensi peserta didik di raport maupun ijazah. Jadi untuk pembagian soal ANBK Numerasi SMK 2021 berasal dari rekomendasi Kemdikbud yang mengedepankan struktur dan bentuk soal yang bakal kamu kerjakan.

Bentuk soal asesmen berjumlah lima jenis yaitu pilihan ganda (PG), pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian, dan uraian. Kami memberikan ookumen PDF dan gambaran ANBK numerasi SMK sebanyak 5 butir soal di bawah ini.

Selamat mengerjakan!

PEMUTAR YANG RUSAK

Perusahaan Elektronik memproduksi dua tipe alat Elektronik yaitu pemutar video dan audio. Di akhir produksi pembuatan per hari, pemutar akan diuji dan pemutar yang rusak disingkirkan
.
Perhatikan tabel rata - rata jumlah pemutar yang rusak dibawah ini.


1. Berikut adalah tiga pernyataan mengenai produksi harian pada perusahaan Elektrik. 

Berikan tanda ✔ pada setiap pernyataan, yang menurutmu benar dan salah!


2. Penguji memberikan pernyataan bahwa “Rata-rata pemutar video yang dikirim untuk diperbaiki lebih banyak daripada audio perhari”
Apakah penguji tersebut benar? Berikan alasan matematis dalam mendukung jawaban jawabanmu!

Jawaban : Salah. Karena jumlah pemutar audio yang rusak sebanyak 180 (3% x 6.000), sedangkan pemutar video cuma 100 (5% x 2.000).

3. Perusahaan Tronik juga memproduksi pemutar video dan audio. Di akhir produksi harian, Perusahaan Tronik juga melakukan pengujian pada hasil produksinya dan produk yang rusak akan disingkirkan untuk diperbaiki.
Tabel berikut membandingkan rata-rata jumlah pemutar pada tiap tipe yang diproduksi per hari dan rata-rata persentase pemutar yang rusak per hari untuk dua perusahaan.


Manakah dari dua perusahaan memiliki persentase pemutar yang rusak paling rendah? Tuliskan dalam perhitungan matematis!

Jawaban : Perusahaan Elektronik (Elektrik) dengan total 280 pemutar
- Perhitungan Perusahaan tronik 
Audio : 20 pemutar (2% x 1000); Video 280 pemutar (4% x 7000)
Perhitungan Perusahaan Elektronik (Elektrik)
Audio : 180 pemutar (3% x 6000); Video 100 pemutar (5% x 2000)

Hasil dari lomba Lompat jauh di suatu sekolah dilaporkan sebagai berikut :

Rata-Rata Panjang Lompatan
  • Tim A 3,6 m
  • Tim B 4,8 m

4. Manakah pernyataan berikut yang pasti benar tentang hasil perlombaan tersebut?
A. Setiap siswa di tim B melompat lebih jauh daripada siswa mana pun di tim A. 
B. Setelah setiap siswa di tim A melompat, ada salah seorang siswa di tim B yang melompat lebih jauh.
C. Sebagai sebuah grup, tim B melompat lebih jauh daripada tim A.
D. Beberapa siswa di tim A melompat lebih jauh dari beberapa siswa di tim B. 
Jawaban : C. Karena teks cuma disediakan kondisi grup A dan grup B, sedangkan jawaban lainnya bukan hal yang pasti benar (tidak terjadi) dengan data yang tidak kongkrit.

Berikut ini adalah tautan untuk kelengkapan soal numerasi lainnya :
  • Download Soal ANBK Numerasi SMK Tahun 2021 PDF : UNDUH
  • Try Out Soal ANBK Numerasi SMK 2021 dari Kemdikbud Online : UNDUH
Diharapkan latihan yang kami bagikan ini bermanfaat bagi peserta didik dan guru Sekolah Menengah Kejuruan dalam hal persiapan menjelang hari H pelaksanaan. Mengingat untuk gelombang SMK saya rasa sangat terbebani dari tiga kompetensi normatif, bengkel, dan tambahan asesmen ini.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar