Skip to main content

Latihan Soal ANBK Numerasi SMA 2023 disertai Kunci Jawaban PDF

Latihan Soal ANBK Numerasi SMA 2023 disertai Kunci Jawaban PDF
Centralpendidikan.com - Asesmen Nasional adalah penilaian yang diperlukan untuk mengukur standar kompetensi siswa diluar kompetensi mata pelajaran sekolah. Instrumen yang diujikan salah satunya adalah numerasi. Yang mana materinya mencakup konten, konsep, dan prosedur matematis.

Demi memberikan tambahan try out terhadap pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer di artikel ini akan membagikan latihan soal ANBK Numerasi SMA 2023 disertai kunci jawaban PDF lengkap dari laman resmi Kemdikbud. 

Naskah tersebut bisa kamu akses secara daring dan semidaring agar bisa dikerjakan melalui perangkat seluler dari rumah. 


Latihan Soal ANBK Numerasi SMA 2023

Materi ANBK Numerasi membaca SMA mencakup bilangan, pengukuran dan geometri, data dan ketidakpastian, serta aljabar. dengan tujuan kompetensi untuk menguasai konten mata pelajaran tingkat Sekolah Menengah Atas. 

Proses kognitif yang diuji disesuaikan dengan level siswa diantaranya pemahaman, penerapan, dan penalaran. 

100 Contoh Soal ANBK Numerasi SMA 2023 dan Pembahasan Lengkap

Hasil dari asesmen tidak memiliki konsekuensi terhadap peserta didik dalam kelulusan dan perubahan hasil nilai pada raport semester 1 maupun semester 2. Nantinya hasil AN hanya ditampilkan di tingkatan sekolah.  Hal ini sudah pernah disebutkan pada POS AN tahun 2023.

Berikut ini adalah Contoh Soal ANBK Numerasi jenjang Sekolah Menengah Atas disertai Kunci Jawaban PDF. Selamat mengerjakan

Kompetensi : Memahami fungsi kuadrat, grafiknya, dan sifatnya;


Sistem telekomunikasi di Indonesia terbagi menjadi jaringan tetap dan jaringan bergerak. Dalam perkembangannya, telah terjadi pergantian sektor telekomunikasi dari yang awalnya menggunakan jaringan telekomunikasi berbasis kabel namun kebutuhan akan ases informarsi yang akurat telah menggeser moda telekomunikasi di Indonesia sejak tahun 2000an.

Mulai tahun 2000 sampai tahun 2007, banyak pengguna telepon seluler f(x) (dalam juta) dimodelkan oleh persamaan f(x) = 1,3x² + 1,6x + 3,7 dengan x = 0 menggambarkan tahun 2000. Grafik di atas menunjukkan perkembangan pengguna telepon seluler, nirkabel dan kabel di Indonesia (dibulatkan ke puluhan juta terdekat).

1. Banyak pengguna telepon seluler di Grafik pada tahun 2005 adalah ….
A. 60.100.000 
B. 57.100.000 
C. 49.100.000 
D. 45.200.000 
E. 44.200.000 
Jawaban : D

2. Banyak pengguna telepon seluler di Indonesia akan mencapai angka 78,6 juta pada ….
A. tahun 2006
B. tahun 2007
C. tahun 2008
D. tahun 2009
E. tahun 2010
Jawaban : C

3. Berdasarkan grafik di atas, bagaimanakah kebenaran terhadap pernyataan berikut?


Jawaban : Salah, Salah, Salah

4. Jika dikaitkan antara jumlah penduduk di Indonesia dan grafik pengguna telepon seluler di atas, apa pendapatmu tentang pernyataan di bawah ini?


Jawaban : Benar, Salah, Benar

Selanjutnya untuk kelengkapan 90 soal lainnya, silahkan mengikuti tautan di bawah ini :
Download Versi Kemdikbud

Demikian artikel tentang Contoh Soal ANBK Numerasi SMA 2023 dan Pembahasan Lengkap. Terima kasih atas kunjungannya.

Ki Hajar Dewantara : “Ing Ngarsa Sung Tuladha Ing Madya Mangun Karsa Tut Wuri Handayani”,- Di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat dan di belakang memberikan kekuatan.