Skip to main content

Panduan Aplikasi Dapodik 2023.d Semester Genap Tahun 2023

Panduan Aplikasi Dapodik 2023.d Semester Genap Tahun 2023
Centralpendidikan.com - Panduan Aplikasi Dapodik 2023.d Semester Genap Tahun 2023. 

Dalam rangka pemutakhiran data pokok pendidikan (Dapodik) Tahun Pelajaran 2022/2023 semester Genap. Senin, 16 Januari 2023 Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui laman dapo.kemdikbud.go.id telah menerbitkan Aplikasi Dapodik Versi 2023.d Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023.

Adapun pembaruan yang terdapat di Versi 2023.d diantaranya Penambahan informasi terkait bersedia menerima bantuan operasional satuan pendidikan (BOSP), penambahan sub ruang / bilik untuk prasarana kamar mandi/wc, penambahan kolom kondisi dan bobot kerusakan pada bangunan yang di dapat dari manajemen sp, dan penambahan referensi ruang pusat sumber pendidikan inklusif.

Untuk memudahkan pengoperasian Aplikasi Dapodik 2023.d diharapkan tenaga kependidikan yang bertugas membaca dan memahami hal-hal yang terdapat dalam Panduan Aplikasi Dapodik 2023.d Semester Genap Tahun 2023 dibawah ini.

Panduan Aplikasi Dapodik 2023.d Semester Genap Tahun 2023

Aplikasi Dapodik

Aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik) adalah aplikasi pendataan yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, yang mengumpulkan dan mengkaji informasi tentang satuan pendidikan, peserta didik, guru dan tenaga kependidikan, sumber daya pendidikan dan materi pendidikan. dan hasil pembelajaran diperbarui secara online..

Cakupan data untuk data pendidikan pada pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, serta kursus dan pelatihan terdiri atas: Data Satuan Pendidikan, Data Badan Penyelenggara Satuan Pendidikan, Data Peserta Didik, Data Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Data Sumber Daya Pendidikan, Data Substansi Pendidikan, dan Data Capaian Pendidikan.

Panduan Aplikasi Dapodik 2023.d Semester Genap Tahun 2023

Pada versi terbaru ini, telah dilakukan perubahan proses bisnis untuk memasuki infrastruktur kamar mandi/toilet sebagai persiapan perhitungan permohonan DAK fisik. Oleh karena itu, pengumpulan dan pemutakhiran data pendidikan dasar pada tingkat PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, PKBM, SKB dan SLB dilakukan dengan aplikasi Dapodik versi 2023.d.

Selanjuntya, Bagi Satuan pendidikan yang sudah Mendownload dan Instal Aplikasi Dapodik versi 2023.a, b, dan c dapat mengikuti langkah-langkah berikut: 
  1. Unduh file patch dapodik 2023.d disini
  2. Install patch dapodik 2023.d; Refresh browser (ctrl+F5); 
  3. Login Aplikasi Dapodik; Pastikan tampilan aplikasi sudah versi 2023.d; 
  4. Isi data sesuai kondisi riil; 
  5. Lakukan sinkronisasi; 
  6. Selesai.
Untuk mengunduh Panduan Aplikasi Dapodik 2023.d Semester Genap Tahun 2023 lengkap, silahkan ikuti tautan di bawah ini.

Panduan Aplikasi Dapodik 2023.d Semester Genap Tahun 2023 Pdf, Unduh Disini

Terima kasih atas kunjungannya.
Ki Hajar Dewantara : “Ing Ngarsa Sung Tuladha Ing Madya Mangun Karsa Tut Wuri Handayani”,- Di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat dan di belakang memberikan kekuatan.