Skip to main content

Modul Ajar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) semua Fase

Modul Ajar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) semua Fase
Modul Ajar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Kurikulum Merdeka. Merupakan dokumen yang dibagikan resmi oleh Kemdikbud kepada tenaga pendidik untuk menunjang kegiatan pembelajaran di mata pelajaran terbaru, untuk kurikulum merdeka. 

Modul Ajar Penguatan Profil Pelajar Pancasila ini berisikan element yang sama dengan kompetensi lainnya. Bapak/ibu guru penyelenggara dapat menggunakannya sebagai acuan dalam menyelenggarakan pembelajaran di kelas.
 
Isi dari modul ajar Modul Ajar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) semua Fase terdiri dari tujuan, langkah, media pembelajaran yang disusun berdasarkan Alur Tujuan Pembelajaran sesuai fase atau tahap perkembangan murid. 

Modul Ajar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) semua Fase

Modul Ajar Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) semua Fase

Kebebasan berkreasi dalam pengembangan modul difokuskan dalam penyelenggaraan kurikulum merdeka. Pengembangan yang disebutkan tidak mencakup atau terikat oleh konteks dan karakteristik pembelajaran sebagaimana yang digunakan pada kurikulum sebelumnya. 

Bapak/ibu guru diberikan opsi untuk mengembangkan modul ajar dengan mengadaptasi file yang diterbitkan pemerintah menggunakan teknik ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) dan menyesuaikannya dengan keadaan kelas serta peserta didik

Selanjutnya, untuk mengunduh contoh modul ajar SMP silahkan ikuti tautan di masing - masing mata pelajaran berikut ini yang sudah dikategorikan berdasarkan kelas (fase) dan tingkat satuan pendidikan (SD, SMP, SMA).

Element (Materi)
  • Modul Ajar P5 "Bangunlah Jiwa dan Raganya", Unduh
  • Modul Ajar P5 "Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI", Unduh
  • Modul Ajar P5 "Bhineka Tunggal Ika", Unduh
  • Modul Ajar P5 "Gaya Hidup Berkelanjutan", Unduh
  • Modul Ajar P5 "Kearifan Lokal", Unduh
  • Modul Ajar P5 "Kewirausahaan", Unduh
  • Modul Ajar P5 "Suara Demokrasi", Unduh
Kurikulum Merdeka ini memberikan banyak kemudahan mulai dari fleksibilitas pelaksanaan waktu pelajaran hingga merancang Perangkat Ajar yang mengedepankan konsep pelajar pancasila. Keseluruhan berkas Modul Ajar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) semua Fase dibagikan dalam bentuk file PDF dan sebagian microsoft word (doc). 

Demikian artikel Modul Ajar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) semua Fase. Semoga bermanfaat dan diharapkan alternatif modul ajar sebagai RPP ini dapat meringankan beban guru dan lebih fokus dalam meningkatkan mutu pembelajaran. 

Terima kasih atas kunjungannya.
Ki Hajar Dewantara : “Ing Ngarsa Sung Tuladha Ing Madya Mangun Karsa Tut Wuri Handayani”,- Di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat dan di belakang memberikan kekuatan.