Skip to main content

Modul Ajar Agama Katolik Fase A Kurikulum Merdeka (SD Kelas 1 - 2)

Modul Ajar Agama Katolik Fase A Kurikulum Merdeka (SD Kelas 1 - 2)
Centralpendidikan.com - Pada artikel kali ini admin akan membagikan Modul Ajar Agama Katolik Fase A Kurikulum Merdeka untuk kelas 1 dan kelas 2 SD/MI. Berkas ini ditujukan bagi satuan pendidikan penyelenggara K-Merdeka di tahun ajar 2022 ke atas untuk melengkapi perangkat ajar dan mengembangkannya sebagaimana mestinya.

Modul ajar Agama Katolik Kelas 1 dan Kelas 2 di bawah ini merupakan file resmi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Lewat cloud Google Drive dan Platform Merdeka Belajar yang hanya bisa diakses oleh tenaga pendidik yang memiliki akun email berakhiran belajar.id.

Modul Ajar Agama Katolik Fase A SD Kurikulum Merdeka akan membantu bapak/ibu guru dalam menyesuaikan lingkup element yang didasarkan oleh Capaian Pembelajaran (CP) dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).

Modul Ajar Agama Katolik Fase A Kurikulum Merdeka (SD Kelas 1 - 2)

Modul Ajar Agama Katolik Fase A Kurikulum Merdeka (SD Kelas 1 - 2)

Sebagaimana yang dianjurkan oleh Kemdikbudtistek, bahwa dalam menyusun perangkat ajar seperti Modul Ajar di mata pelajaran Agama Katolik harus memprioritaskan tentang kebebasan berkreasi dalam proses pengembangan.

Artinya dalam penerapan pembelajaran kurikulum merdeka, bapak/ibu guru bisa menggunakan modul ajar resmi yang diterbitkan Kemdikbud atau melakukan pengembangan seperti ATM (Amati, Tiru, Modifikasi) modul ajar dengan mengadaptasi modul yang disiapkan oleh pemerintah. 

Dalam penyusunannya, Modul ajar Agama Katolik Kelas 1 dan Kelas 2 memiliki komponen yang terdiri atas adalah informasi umum, kompetensi awal, profil pelajar pancasila, sarana dan prasarana, target peserta didik, dan model pembelajaran (PTM, Daring, Luring, dan Kombinasi Daring Luring). 

Download Modul Ajar Agama Katolik Fase A Kurikulum Merdeka (SD Kelas 1 - 2)

Berkas modul ajar Agama Katolik fase A SD (Kelas 1 dan Kelas 2) dibagikan dalam format file sesuai aslinya dari pemerintah (microsoft word dan PDF). Disarankan bapak/ibu guru mengaksesnya melalui komputer atau laptop agar lebih gampang dalam proses editing dan pengetikan.

Selanjutnya, untuk mengunduh Modul Ajar Agama Katolik Fase A Kelas 1 dan Kelas 2 Kurikulum Merdeka silahkan ikuti tautan di bawah ini : 
  • Modul Ajar Agama Katolik Kelas 1 (Fase A) Kurikulum Merdeka, Unduh
  • Modul Ajar Agama Katolik Kelas 2 (Fase A) Kurikulum Merdeka, Unduh
Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum yang dipersiapkan pemerintah sebagai bentuk pemulihan pasca pandemi Covid-19, kurikulum baru yang masih dalam tahap perkembangan ini mengedepankan dan fokus terhadap keahlian khusus dari tiap siswa. 

Fokus di materi yang bersifat esensial atau perlu sekali (mendasar), dan fleksibilitas kemampuan siswa dalam pembelajaran di kelas.

Demikian artikel Modul Ajar Agama Katolik Fase A Kurikulum Merdeka (SD Kelas 1 - 2). Semoga bermanfaat dan diharapkan alternatif modul ajar sebagai RPP ini dapat meringankan beban guru dan lebih fokus dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Terima kasih atas kunjungannya.
Ki Hajar Dewantara : “Ing Ngarsa Sung Tuladha Ing Madya Mangun Karsa Tut Wuri Handayani”,- Di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat dan di belakang memberikan kekuatan.