Skip to main content

Try Out Soal dan Jawaban KSN Kimia SMA 2023 Resmi Puspresnas

Try Out Soal dan Jawaban KSN Kimia SMA 2023 Resmi Puspresnas
Centralpendidikan.com - Try Out Soal KSN Kimia SMA Tahun 2023 resmi Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) yang berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi atau yang disingkat Kemdikbusristek.

Merupakan kumpulan data yang kami siapkan untuk adik - adik peserta Kompetisi Sains Nasional ditingkat Sekolah, Kabupaten/Kota, Provinsi, dan Nasional. Rinciannya berupa soal KSN Kimia di tahun sebelumnya dan tambahan soal prediksi yang dapat dipelajari agar lolos ke tahap selanjutnya.

Materi KSN Kimia SMA tahun 2023 sudah dibagikan melalui lampiran Silabus yang dapat diunduh secara gratis pada laman web https://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id

Try Out Soal dan Jawaban KSN Kimia SMA 2023 Resmi Puspresnas

Kompetisi Sains Nasional (KSN) SMA adalah ajang kompetisi dalam bidang sains bagi peserta didik Sekolah Menengah Atas di seluruh Indonesia. Kegiatan ini merupakan salah satu wadah strategis untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran Kimia sehingga peserta didik menjadi lebih kreatif dan inovatif. 

Selain itu, melalui kegiatan KSN SMA ini diharapkan akan membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, sistematis, analitis, kritis, dan kreatif. Sebagaimana yang diinginkan oleh Kemendikbudristek dan Puspresnas.

KSN SMA "Kimia"


Sejak KSN SMA dilaksanakan, banyak sekolah yang telah termotivasi untuk mengembangkan program peningkatan mutu pembelajaran (Kimia). Hal tersebut mengindikasikan bahwa dampak positif dari kegiatan KSN sudah nampak dan menjadi gerakan nasional untuk mengembangkan mutu dan kualitas pendidikan sains mulai dari tingkat sekolah, pembinaan kecamatan, kabupaten/kota, provinsi dan hingga di level nasional. 

Agar dampak positif tersebut dapat meluas, perlu dukungan informasi yang dapat membantu sekolah dalam rangka akselerasi pemahaman program peningkatan mutu pembelajaran bidang studi (Kimia). Seperti yang centralpendidikan.com lakukan sekarang ini.

Try Out Soal dan Jawaban KSN Kimia SMA 2023 Resmi Puspresnas


Contoh Soal Latihan (Try Out) KSN Kimia SMA 2023 dibagikan dalam bentuk dokumen, merupakan berkas yang kami kumpulkan dari kompetensi tahun sebelumnya untuk persiapan para peserta Kompetisi Sains Nasional menghadapi tahapan seleksi menuju KSN Nasional 2023.

Pasalnya terdapat 3 tahapan agar bisa lolos ke KSN Nasional yaitu KSN Satuan Pendidikan, KSN Kabupaten/Kota, dan KSN Provinsi.

Selanjutnya, untuk mengunduh Try Out Soal dan Jawaban KSN Kimia SMA 2023 Resmi Puspresnas silahkan ikuti tautan berikut ini :
  • Try Out Soal dan Jawaban KSN Kimia SMA 2023 Pdf, Unduh
  • Kunci Jawaban, Unduh
Gambaran :

1. Dalam suasana basa, logam kobalt (Co) dapat mengalami reaksi oksidasi menjadi Co(OH)3 sementara natrium hipoklorit, NaOCl, dapat direduksi menjadi NaCl. Apabila reaksi tersebut disetarakan maka koefisien reaksi kobalt dan NaOCl masing-masing adalah ....
A. 2 dan 3
B. 1 dan 3
C. 3 dan 2
D. 1 dan 2
E. 3 dan 1
Jawaban :  A

2. Massa CaCl2 yang dibutuhkan untuk membuat 500 mL larutan CaCl2 yang konsentrasinya 0,200 M adalah ....
A. 0,100 g 
B. 0,200 g 
C. 5,55 g
D. 11,1 g 
E. 22,2 g
Jawaban :  D

3. Di antara kelompok senyawa berikut ini, yang merupakan senyawa ionik adalah
....
A. N2O4, NH3, NH4Cl
B. NH4Cl , NaCl, Na2O2
C. NF3, (NH4)2SO4, PCl3
D. AsH3, AlCl3, PCl3
E. NCl3, NaCl, CaC2
Jawaban :  B

4. Berdasarkan data kalor pembentukan H2O(g) = –241,8 kJ/mol, kalor disosiasi H2(g) = +436 kJ/mol, dan kalor disosiasi O2(g) = +498 kJ/mol, maka energi ikatan O–H adalah ....
A. 221,6 kJ/mol 
B. 443,2 kJ/mol 
C. 463,4 kJ/mol 
D. 587,9 kJ/mol 
E. 926,8 kJ/mol
Jawaban :  C

5. Di antara serial bilangan kuantum berikut, yang menjelaskan orbital 4f adalah
....
A. n = 2, l = 0, ml = 0
B. n = 3, l = 1, ml = -1
C. n = 3, l = 2, ml = -1
D. n = 4, l = 2, ml = +1
E. n = 4, l = 3, ml = +2
Jawaban :  E

Demikian artikel tentang Try Out Soal dan Jawaban KSN Kimia SMA 2023 Resmi Puspresnas. Terima kasih
Ki Hajar Dewantara : “Ing Ngarsa Sung Tuladha Ing Madya Mangun Karsa Tut Wuri Handayani”,- Di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat dan di belakang memberikan kekuatan.