Skip to main content

Try Out Soal dan Jawaban KSN Fisika SMA 2023 Resmi Puspresnas

Try Out Soal dan Jawaban KSN Fisika SMA 2023 Resmi Puspresnas
Centralpendidikan.com - Try Out Soal KSN Fisika SMA Tahun 2023 resmi Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) yang berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi atau yang disingkat Kemdikbusristek.

Merupakan kumpulan data yang kami siapkan untuk adik - adik peserta Kompetisi Sains Nasional ditingkat Sekolah, Kabupaten/Kota, Provinsi, dan Nasional. Rinciannya berupa soal KSN Fisika di tahun sebelumnya dan tambahan soal prediksi yang dapat dipelajari agar lolos ke tahap selanjutnya.

Materi KSN Fisika SMA tahun 2023 sudah dibagikan melalui lampiran Silabus yang dapat diunduh secara gratis pada laman web https://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id

Try Out Soal dan Jawaban KSN Fisika SMA 2023 Resmi Puspresnas

Kompetisi Sains Nasional (KSN) SMA adalah ajang kompetisi dalam bidang sains bagi peserta didik Sekolah Menengah Atas di seluruh Indonesia. Kegiatan ini merupakan salah satu wadah strategis untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran Fisika sehingga peserta didik menjadi lebih kreatif dan inovatif. 

Selain itu, melalui kegiatan KSN SMA ini diharapkan akan membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, sistematis, analitis, kritis, dan kreatif. Sebagaimana yang diinginkan oleh Kemendikbudristek dan Puspresnas.

KSN SMA "Fisika"


Sejak KSN SMA 2023 dilaksanakan, banyak sekolah yang telah termotivasi untuk mengembangkan program peningkatan mutu pembelajaran (Fisika). Hal tersebut mengindikasikan bahwa dampak positif dari kegiatan KSN sudah nampak dan menjadi gerakan nasional untuk mengembangkan mutu dan kualitas pendidikan sains mulai dari tingkat sekolah, pembinaan kecamatan, kabupaten/kota, provinsi dan hingga di level nasional. 

Agar dampak positif tersebut dapat meluas, perlu dukungan informasi yang dapat membantu sekolah dalam rangka akselerasi pemahaman program peningkatan mutu pembelajaran bidang studi (Fisika). Seperti yang centralpendidikan.com lakukan sekarang ini.

Try Out Soal dan Jawaban KSN Fisika SMA 2023 Resmi Puspresnas


Contoh Soal Latihan (Try Out) KSN Fisika SMA 2023 dibagikan dalam bentuk dokumen, merupakan berkas yang kami kumpulkan dari kompetensi tahun sebelumnya untuk persiapan para peserta Kompetisi Sains Nasional menghadapi tahapan seleksi menuju KSN Nasional 2023.

Pasalnya terdapat 3 tahapan agar bisa lolos ke KSN Nasional yaitu KSN Satuan Pendidikan, KSN Kabupaten/Kota, dan KSN Provinsi.

Selanjutnya, untuk mengunduh Try Out Soal dan Jawaban KSN Fisika SMA 2023 Resmi Puspresnas silahkan ikuti tautan berikut ini :
  • Try Out Soal dan Jawaban KSN Fisika SMA 2023 Pdf, Unduh
  • Kunci Jawaban, Unduh
Gambaran :

1. Selama empat hari berturut-turut, seorang anak mulai berangkat dari rumah dengan berjalan kaki menuju sekolah selalu pada waktu keberangkatan yang sama. Bel masuk sekolah juga memang diset untuk berbunyi pada waktu yang selalu sama.
• Pada hari pertama, anak tersebut mulai berjalan dengan kecepatan awal 50 meter per menit dan dipercepat dengan percepatan 2 meter per menit2. Ternyata dia tiba di sekolah 5 menit setelah bel berbunyi.
• Pada hari kedua, anak tersebut mulai berjalan dengan kecepatan awal 150 meter per menit dan diperlambat dengan perlambatan 2 meter per menit2. Ternyata dia tiba di sekolah 5 menit sebelum bel berbunyi.
• Pada hari ketiga, ia memutuskan untuk berjalan dengan kecepatan konstan (yang nilainya lebih besar dari 100 meter per menit) hingga tiba di sekolah. Ternyata dia tiba di sekolah tepat saat bel berbunyi.
Jika pada hari keempat ia berjalan dengan kecepatan konstan 100 meter per menit, berapa menit ia tiba di sekolah setelah bel berbunyi.

2. Sebuah balok bermassa m1 berada di atas permukaan lantai yang licin. Pada balok terdapat tiang kokoh setinggi H yang massanya dapat diabaikan. Terdapat sistem bandul yang terdiri dari bola kecil bermassa m2 yang tergantung pada tali kokoh tak bermassa dengan panjang L (< H). Bandul tersebut dapat berayun bebas tanpa gesekan pada ujung atas tiang. Mula-mula posisi tali sejajar dengan horisontal, kemudian seluruh sistem bergerak tanpa kecepatan awal. Percepatan gravitasi g ke bawah. Tentukan:
a. tegangan tali sebagai fungsi 0 yaitu sudut antara tali dan tiang;
b. nilai tegangan tali maksimum serta kecepatan balok saat itu.
Ki Hajar Dewantara : “Ing Ngarsa Sung Tuladha Ing Madya Mangun Karsa Tut Wuri Handayani”,- Di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat dan di belakang memberikan kekuatan.