Skip to main content

Contoh Soal PAT Seni Budaya Kelas XII SMA 2021/2022 Semester 2

Contoh Soal PAT Seni Budaya Kelas XII SMA 2021/2022 Semester 2
Contoh Soal PAT Seni Budaya Kelas XII SMA 2021/2022 Semester 2 - Dokumen Penilaian Akhir Tahun atau PAT semester genap mata pelajaran wajib (semua jurusan) Kurikulum 2013 Revisi format Online dan PDF Terbaru gratis dan lengkap disertai Kunci Jawaban.

Materi Ujian Penilaian Akhir Tahun Seni Budaya (Seni Musik, Seni Rupa, Seni Teater, dan Seni Tari) diselaraskan berdasarkan standar Kurtilas yang berimprovisasi dengan persoalan asesmen. 

Selanjutnya, latihan soal PAT SMA Seni Budaya Kelas 12 ini dapat digunakan Bapak/Ibu guru untuk  referensi dalam menyusun lembar ujian PAT XII di pembelajaran tatap muka terbatas. 

Contoh Soal PAT Seni Budaya Kelas XII SMA 2021/2022 Semester 2

Contoh Soal PAT Seni Budaya Kelas XII SMA 2021/2022 Semester 2

Selamat mengerjakan..
(Teks lengkap PDF, di akhir artikel)

Isian Singkat (IS)
1. Perhatikan symbol dari not balok berikut:

Carilah not ½ dalam partiture lagu dibawah ini dengan melingkarinya!

Bacalah literasi berikut!
Salah satu studi terbaru berkaitan dengan hal itu adalah penelitian yang dilakukan oleh Profesor Adrian North dari Heriot-Watt University, Edinburgh, Inggris. North adalah seorang ahli ilmu psikologi musik. Selama tiga tahun terakhir seperti dilaporkan situs PsychCentral, North telah melakukan survei terhadap lebih dari 36.000 orang dari 60 negara dengan selera musik yang berbeda-beda. Selera musik tersebut kemudian dihubungkan dengan beberapa aspek kepribadian yang dimiliki oleh para responden.
Hasilnya jenis-jenis musik tertentu memang mewakili sebagian besar tipe karakter. Berikut ini rangkuman penjelasannya. Suka lagu-lagu pop ringan yang selalu masuk Top 40 charts? Barangkali kamu termasuk tipe kepribadian yang satu ini; pekerja keras, suka bersosialisasi, lembut, dan tahu cara mencintai diri sendiri.
Tetapi sayangnya kamu tidak terlalu punya jiwa kreatif. Kamu juga agak sulit berpikiran rileks.
Musik EDM
EDM, IDM, dubstep, atau trip hop termasuk genre musik yang paling sering diputar di akun Spotify milikmu? Sesuai dengan ritme-nya yang menghentak dan membangkitkan semangat, musik ini biasanya sengaja dipilih oleh orang-orang yang hobi berinteraksi dalam pergaulan dan punya kreativitas tinggi.
Tetapi biasanya para penggila musik dance juga kurang lembut. Orangnya cenderung lugas.
Musik Rap
Lagu-lagu rap memang terkenal karena lirik-liriknya yang lugas dan musiknya yang dinamis. Kalau kamu juga hobi mendengarkan musik-musik bikinan para rapper mumpuni macam Eminem, Timbaland, Rich Brian, atau Drake, kemungkinan besar kamu adalah orang yang mudah bersosialisasi. Tapi kamu juga agak arogan, nih.
Musik Jazz
Kamu termasuk penggemar musik jazz? Rajin menonton event-event musik jazz paling akbar di Indonesia? Berarti kamu termasuk satu golongan dengan orang-orang kreatif yang tahu cara menghargai diri sendiri. Para penyuka musik jazz biasanya juga outgoing dan santai.
Musik Indie
Musik-musik dari aliran indie biasanya berciri non-mainstream. Pecinta musik garapan band-band yang berkarya di luar label perusahaan musik ternama seperti ini biasanya memiliki kreativitas tinggi (dan berbeda). Sayangnya mereka juga dianggap memiliki self respect yang relatif rendah, tidak terlalu pekerja keras, dan kurang sensitif.
Musik Klasik
Diam-diam hobi mendengarkan melodi-melodi klasik gubahan maestro lama macam Beethoven, Bach, dan Mozart? Itu bukan berarti kamu punya selera tua, kok.
Menurut hasil penelitian ini, para penggemar musik klasik itu termasuk orang yang punya harga diri tinggi dan kreatif, tetapi memang sedikit introvert atau tertutup kepada lingkungan sekitarnya.
Musik Blues
Para pecinta musik blues umumnya memiliki lima karakteristik berikut ini, yaitu kreatif, mencintai diri sendiri (bukan narsis, ya), mudah bergaul, dan cenderung santai dalam menghadapi banyak hal.
Musik Rock
Biasanya musik rock diidentikkan dengan kekerasan, depresi, drugs, dan hal-hal negatif lainnya. Tetapi tahukah kamu, ternyata hasil survei North menunjukkan kalau para pecinta genre musik ini justru memiliki kepribadian yang cukup sensitif.
Mereka umumnya punya jiwa kreatif dan selow, tetapi memiliki rasa bangga yang rendah terhadap diri sendiri, kurang suka bekerja keras, dan sedikit sulit bersosialisasi.
Musik Country
Musik yang berakar dari Nashville ini identik dengan gaya hidup western. Para pecinta jenis musik ini biasanya merupakan pribadi yang pekerja keras dan mudah bergaul.
Musik Reggae
Reggae, musik yang dipopulerkan oleh Bob Marley ini identik dengan Jamaika dan gaya hidup bebas. Para penggemar genre musik ini umumnya memiliki kreativitas tinggi, sensitif, santai, dan mudah bersosialisasi. Tetapi mereka juga santai dalam menghadapi hidup dalam artian kurang pekerja keras.
Itulah analisis tipe-tipe kepribadian menurut selera musik sesuai dengan hasil penelitian Prof. Adrian North.

Pilihan Ganda (PG)
2. Cocokanlah nama-nama di bawah ini dengan genre musik disebelahnya!

3. Perhatikan diagram berikut!

Dari diagram diatas penggemar musik Blues lebih banyak dari pada penggemar musik Klasik tetapi lebih sedikit dari pada penggemar musik Rap. Di kisaran berapakah jumlah penggemar musik Blues?
A. 500
B. 1500
C. 1250
D. 2000
E. 2500
Berikan alasanmu:

Menjodohkan (MJDK)
4. Dalam sebuah pertunjukan musik banyak alat musik yang dimainkan untuk menghasilkan musik yang kaya akan warna musik. Semua alat tersebut saling melengkapi sehingga menghasilkan musik yang harmonis. Berdasarkan fungsinya alat musik dikelompokkan menjadi 3 jenis yaitu alat musik melodis, ritmis dan harmonis. Alat musik melodis adalah alat musik yang memiliki tangga nada yang menghasilkan nada atau melodi dalam sebuah lagu. Alat musik melodis juga bisa dimainkan secara solo. Contoh dari alat musik melodis adalah : gitar, piano, biola, bass, dll. Alat musik ritmis adalah alat musik yang tidak mempunyai tangga nada atau nadanya tidak tetap. Jenis alat musik ini menjadi pengiring lagu yang berfungsi sebagai pengatur tempo atau irama lagu. Contoh alat musik ini adalah: drum, gendang, gong, tamborin, simbal, tifa, rebana, tifani dll. Sedangkan alat musik harmonis adalah alat musik yang bisa berguna untuk memainkan harmoni pada sebuah lagu. Ciri-ciri alat musik ini bisa memainkan 3 nada atau lebih secara bersamaan. Contoh alat musik ini adalah: saxophone, bonang, terompet, suling dll.
Cocokkanlah gambar di bawah ini dengan kategori jenis alat musik melodis, ritmis atau harmonis!

Perhatikan literasi berikut! Untuk nomor 5-7
Perkembangan musik kontemporer di Indonesia baru mulai dirasakan sejak digelarnya acara Pekan Komponis Muda tahun 1979 di Taman Ismail Marzuki Jakarta. Melalui acara tersebut, komunikasi para seniman antar daerah dengan berbagai macam latar belakang budaya lebih terjalin.Forum diskusi dan dialog antar seniman dalam acara tersebut saling memberikan kontribusi sehingga membuka paradiqma kreatif musik menjadi lebih luas. Hingga hari ini, para komponis yang pernah terlibat dalam acara tersebut menjadi sosok individu yang sangat memberi pengaruh kuat untuk para komponis musik kontemporer selanjutnya.Nama-nama seperti Aloysius Suwardi, Harry Roesli, Ben Pasaribu, Tony Prabowo, Yusbar Jailani, I Nyoman Windha, Otto Sidarta, dan masih banyak yang belum disebutkan, merupakan komponis kontemporer yang ciri-ciri karyanya nyaris mustahil dikategorikan secara konvensional.Selain memiliki keunikan tersendiri, karya-karya mereka juga cukup bervariasi. Sehingga dari waktu ke waktu konsep-konsep mereka bisa berubah-ubah tergantung pada semangat serta kapasitas masing-masing dalam mengembangkan kreativitasnya.Puncaknya, karya-karya musik kontemporer tak lagi menjelaskan ciri-ciri latar belakang tradisi budayanya walaupun sumber-sumber tradisi itu masih terasa lekat. Namun, sikap dan pemikiran individu-lah yang paling penting, sebagai landasan dalam proses kreativitas musik kontemporer.
Usur Unsur Musik Kontemporer
Secara umum, unsur-unsur seni musik kontemporer sama saja dengan unsur-unsur seni musik pada umumnya. Hanya saja, banyak hal baru yang digunakan pada jenis musik ini, sehingga elemennya bertambah. Ini dia unsur-unsur seni musik kontemporer:
• Tone Color / warna nada. Yang pertama adalah bahwa terdapat sedikit penekanan pada campuran suara dalam musik kontemporer. Selain itu, pada musik ini, perkusi memainkan peran utama. Warna nada yang dimainkan secara individu akan terdengar jelas pada musik ini.
• Harmoni. Dalam musik kontemporer, dikenal istilah polychord, dimana 2 kunci nada terdengar pada waktu yang besamaann. Selain itu, dalam harmoni musik kontemporer menggunakan 4 kunci nada. Musik kontemporer juga menggunakan tone cluster yang dihasilkan dari suara piano. Istilah lain dalam harmoni musik kontemporer adalah Polytonality yang menggunakan 2 atau lebih kunci nada pada saat yang bersamaan.
• Ritme. Merupakan salah satu unsur seni kontemporer yang paling mencolok adalah Ritme. Kebanyakan ritme yang digunakan pada musik ini merupakan ritme yang membangkitkan semangat, dorongan dan kegembiraan. Kelompok ketukan tidak beraturan. Dikenal istilah Polyrhythm yaitu menggunakan dua ritme yang kontras dalam waktu yang bersamaan.
• Melodi. Pengertian melodi sendiri merupakan tingkatan tinggi-rendah dan panjang-pendeknya nada dalam musik. Dalam musik kontemporer, melodi ini dikenal memiliki range yang sangat lebar/besar. Menggunakan 12 nada kromatik tanpa tonel center.

5. Pengaruh yang kuat dalam kontribusi musik kontemporer adalah….
A. Alat musik
B. Pemain musik
C. Para komponis
D. Produser music
E. Partitur

Uraian (U)
6. Dari artikel di atas sebutkan beberapa komponis musik kontemporer!

Pilihan Ganda (PG)
7. Dalam unsur harmoni dalam musik kontemporer terdapat istilah Polytonality yaitu…
A. Nada-nada yang dibunyikan secara bersamaan
B. 2 nada dibunyikan secara bersamaan
C. 4 nada dibunyikan secara bersamaan
D. 2 kunci atau lebih dibunyikan secara bersamaan
E. Semua benar

Perhatikan literasi berikut! Untuk nomor 8-9
Group musik Ki Anom adalah salah satu group musik yang bisa di kaitkan dengan musik kontemporer. Menggabungan alat musik modern seperti keyboard, gitar, bass, drum dengan alat musik tradisional seperti kendang, saron, demung, dll group tersebut bisa memainkannya dengan harmonis. Aransemen musiknya pun beragam mulai dari nuansa tradisional seperti lagu Menthok, Turi-turi putih, nuansa Timur Tengah seperti Ilaika, Aby juga nuansa pop modern di lagu Nusantara Raya dan Nusantara Bangkit ciptaan Bapak Kiai Tanjung. Juga lagu Maha Guru bernuansa pop.
Ada beberapa hal yang perlu dipersiapan sebelum group menampilkan karya musiknya. Mulai tata panggung yang meliputi dekorasi, posisi alat musik, pemain dan pencahayaan. Juga tata suara atau sound sistem yang lebih rumit dalam pemasangannya. Dari pengaturan mikropon, kabel-kabel dan sound, juga tempat mixer pusat kontrol sound sistem. Alat musik tradisional lebih sulit pemasangan alat soundnya karena masih manual belum menggunakan sistem kelistrikan. Semuanya di persiapkan dengan baik dan teliti supaya penampilan musik bisa berjalan dengan baik dan lancar.

8. Apakah alat musik modern yang di pergunakan oleh group Ki Anom?
A. Saron
B. Demung
C. Keyboard
D. Gitar
E. Angklung

Pilihan Ganda Kompleks (PGK)
9. Beberapa hal yang perlu di persiapkan sebelum pertunjukan musik adalah…..
A. Konsumsi
B. Sound system
C. Kostum
D. Make up
E. Kendaraan

Uraian (U)
10. Perhatikan literasi berikut!
Di Indonesia sendiri, musik kontemporer memiliki keanekaragaman yang besar. Sehingga seara resmi Keanekaragaman itu diakui dan ditetapkan sebagai sebuah gerakan yang besar. Setiap tahunnya, diperingati Pekan Komponis, untuk para komposer dari seluruh daerah di Indonesia. Saat ini, kita berasa di era musik baru, atau yang dinamakan musik kontemporer. Jenis musik kontemporer pada jaman ini jumlahnya banyak sekali. Bahkan musik kontemporer juga memasuki dunia musik rohani. Yang perlu diketahui adalah bahwa terkadang, seniman musik kontemporer membuat sendiri tata gramatika dan idiom musiknya sendiri. Selain itu para komponis juga menyusun strutur harmoni yang baru. Nah, dalam membuat atau melahirkan sebuah musik kontemporer, digunakan berbagai macam teknik, diantaranya:
Menggunakan idiom tradisi barat. Dalam membuat musik kontemporer, beberapa komponis seperti Amir Pasaribu, Dua Srikandi Piano; Trisutji Kamal dan Marusya Nainggolan Abdullah membuat materi garapan musiknya berupa musik tradisional. Meski berupa msuik tradisional, tetapi teknik pembuatan atau prinsip-prinsip pembuatannya sendiri menggunakan teknik yang lazim digunakan pada musik barat. Contohnya adalah, suara gendhing gamelan jawa ditansripkan ke dalam piano.
Tata gramatika musik tradisi. Berbeda dengan teknik sebelumnya, teknik menciptakan musik kontemporer dengan cara ini adalah dengan memberikan nuansa baru pada musik tradisional yang sudah ada. Contohnya, cara memtik kecapi tidak hanya dilakukan dengan memetik namun juga dapat dilakukan dengan menggesekkan kuku jari. Hal ini bisa saja disebut dengan merubah fungsi tiap instrumen untuk menciptakan nada atau suara/bunyi baru.

Dari artikel di atas jika kalian akan membuat konsep musik kontemporer teknik apa yang akan kalian buat?

  • Contoh Soal PAT Seni Budaya Kelas XII SMA v1 (Asesmen), UNDUH
  • Contoh Soal PAT Seni Budaya Kelas XII SMA v2 (Kunci Jawaban), UNDUH
Demikian artikel tentang Contoh Soal PAT Seni Budaya Kelas XII SMA 2021/2022 Semester 2. Semoga bermanfaat..
Ki Hajar Dewantara : “Ing Ngarsa Sung Tuladha Ing Madya Mangun Karsa Tut Wuri Handayani”,- Di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat dan di belakang memberikan kekuatan.