Skip to main content

Contoh Soal PAT PPKn Kelas XII SMA 2021/2022 Semester 2

Contoh Soal PAT PPKn Kelas XII SMA 2021/2022 Semester 2
Contoh Soal PAT PPKn Kelas XII SMA 2021/2022 Semester 2 - Dokumen Penilaian Akhir Tahun atau PAT semester genap mata pelajaran wajib (semua jurusan) Kurikulum 2013 Revisi format Online dan PDF Terbaru gratis dan lengkap disertai Kunci Jawaban.

Materi Ujian Penilaian Akhir Tahun PPKn atau Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan diselaraskan berdasarkan standar Kurtilas yang berimprovisasi dengan persoalan asesmen. 

Selanjutnya, latihan soal PAT SMA Kelas 12 ini dapat digunakan Bapak/Ibu guru untuk  referensi dalam menyusun lembar ujian PAT PPKn XII di pembelajaran tatap muka terbatas. 

Contoh Soal PAT PPKn Kelas XII SMA 2021/2022 Semester 2

Contoh Soal PAT PPKn Kelas XII SMA 2021/2022 Semester 2

Selamat mengerjakan..

Pilihan Ganda Kompleks (PGK)
1. Sejarah mengajarkan betapa pentingnya persatuan dan kesatuan itu. Kelalaian kita dimanfaatkan oleh penjajah, khususnya oleh belanda dengan politik pecah belasnya (devide et impera). Untuk penyatuan bangsa, Indonesia menggunakan konsep kesatuan yang meliputi aspek alamiah, dan aspek sosial. Dari konsep tersebut negara kita memiliki karakteristik negara kepulauan yang pengertiannya adalah suatu wilayah lautan yang ditaburi pulau-pulau, konsep utamanya adalah manunggalnya wilayah laut, darat, dan udara, laut atau perairan merupakan wilayah pokok bukan wilayah pelengkap.
Dari pernyataan di atas yang menunjukkan karakteristik konsep wawasan nusantara adalah…
a. Negara kepulauan yang pengertiannya adalah suatu wilayah lautan yang ditaburi pulau-pulau
b. Indonesia menggunakan konsep kesatuan meliputi aspek alamiah, dan aspek sosial.
c. Konsep utamanya adalah manunggalnya wilayah laut, darat, dan udara.
d. Persatuan dan kesatuan sangat penting dilakukan oleh bangsa Indonesia
e. Dalam aspek sosial, kesatuan tersebut diwujudkan dalam beberapa aspek kehidupan.

Pilihan Ganda (PG)
2. Sebagai warga negara yang baik hendaknya memiliki wawasan nusantara sebagai bentuk perwujudan rasa nasionalisme. Wawasan nusantara merupakan cara pandang terhadap bangsa Indonesia dengan orientasi menjaga kesatuan dan persatuan untuk mencapai tujuan nasional. Supaya pelaksanaan wawasan nusantara bisa berjalan dengan baik maka perlu kesadaran warga negara untuk mengerti, memahami, menghayati, tentang hak dan kewajiban warga negara.
Semangat atau jiwa nasionalisme dan patriotisme saat ini mengalami penurunan digenerasi saat ini, oleh karena itu diperlukan sebuah…
a. Peraturan hukum
b. Sumber dana
c. Sarana dan prasarana
d. Sumber daya manusia yang terampil
e. Keteladanan

3. Setiap negara termasuk Indonesia senantiasa menghadapi ancaman yang berpotensi membahayakan integrasi nasional. Sering kali ancaman-ancaman terebut bersifat non militer yang tidak menggunakan senjata dan lebih bersifat abstrak, namun cukup mampu membahayakan keutuhan dan keselamatan bangsa. Ancaman tersebut berdimensi sosial budaya yaitu ancaman yang datang dari dalam dan dari luar.
Semangat patriotisme dalam era globalisasi sekarang yang dapat kita tunjukkan adalah...
a. Menyaring pengaruh budaya asing
b. Mengikuti pola hidup dari luar yang disenangi
c. Menolak masuknya budaya asing
d. Mempertahan tradisi yang hampir punah
e. Menerima budaya asing yang baru

4. Dalam UUD 1945 memberikan gambaran bahwa strategi pertahanan keamanan negara untuk mengatasi berbagai ancaman militer dilaksanakan dengan menggunakan sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta (sishankamrata). Sishankamrata pada hakikatnya adalah segala upaya menjaga pertahanan dan keamanan negara yang seluruh rakyat merupakan satu kesatuan pertahanan yang utuh dan menyeluruh.
Dari uraian di atas, yang merupakan contoh nilai patriotisme dalam hidup berbangsa dan bernegara dalam bidang hankamnas yaitu…
a. Rela berkorban untuk mengamankan wilayah negara
b. Mengorbankan jiwa raga dalam menghadapi musuh
c. Membantu TNI/Polri untuk memberantas kejahatan
d. Berjuang untuk meraih cita-cita masa depan
e. Memberikan harta benda demi bangsa dan negara

Pilihan Ganda Kompleks (PGK)
5. Untuk dapat mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa terlebih dahulu bangsa Indonesia harus memiliki rasa nasionalisme dan patriotisme. Nasionalisme merupakan suatu paham yang menganggap bahwa kesetiaan tertinggi atas setiap pribadi harus diserahkan kepada negara. Patriotisme merupakan sikap rela mengorbankan segala-galanya untuk kejayaan tanah air, bangsa dan negara.
Dari pernyataan tersebut yang menunjukkan ciri-ciri patriotisme adalah…
a. Cinta dan bangga menggunakan produksi bangsa sendiri
b. Rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara
c. Senantiasa bersikap terbuka dari semua pengaruh dari luar
d. Menempatkan persatuan dan kesatuan bangsa serta keselamatan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi dan golongan.
e. Tidak kenal menyerah

Isian Singkat (IS)
6. Pasal 1 ayat 1 UUD 1945 merupakan naskah asli yang mengandung prinsip bahwa “negara Indonesia adalah negara kesatuan, yang berbentuk republik” pasal yang dirumuskan oleh panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia tersebut merupakan tekad bangsa Indonesia yang menjadi sumpah anak bangsa pada tahun 1928 yang dikenal dengan sumpah pemuda. Dari bunyi pasal tersebut telah memperkukuh prinsip negara kesatuan republik Indonesia dan tidak sedikit pun mengubah NKRI menjadi negara federal.
Dari pernyataan di atas, perumusan pasal 1 ayat 1 UUD 1945 adalah…………………………..

Uraian (U)
7. Pembentukan pemerintahan negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia bertujuan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial. Tujuan tersebut dapat tercapai hanya dengan adanya kemerdekaan bagi bangsa Indonesia.
Dari uraian di atas berikan pendapat kalian mengenai upaya yang dilakukan pemerintah untuk menyejahterakan rakyatnya, apakah sudah berjalan dengan baik atau tidak berikan penjelasan Anda serta berikan contohnya!
Jawaban : …

8. Makna negara Indonesia juga dapat dipandang dari segi kewilayahan. Dalam pasal 25 A UUD 1945 menentukan bahwa “ negara kesatuan Republik Indonesia adalah sebuah negara kepulauan yang berciri nusantara dengan wilayah yang batas-batas dan hak- haknya ditetapkan dengan undang-undang”. Istilah nusantara dalam ketentuan tersebut dipergunakan untuk menggambarkan kesatuan wilayah perairan dan gugusan pulau-pulau Indonesia yang terletak di antara samudra Pasifik dan Samudra Hindia serta di antara benua asa dan benua Australia. Kesatuan wilayah tersebut juga mencakup kesatuan politik, hukum, sosial budaya, dan pertahanan keamanan. Meskipun wilayah Indonesia terdiri dari ribuan pulau tetapi semua terikat dalam satu kesatuan negara yaitu NKRI.
Dari pernyataan tersebut pasangkan pernyataan-pernyataan berikut!

Pilihan Ganda (PG)
9. NKRI harga mati. Pernyataan tersebut mengandung makna yang sangat dalam. Pernyataan tersebut menggambarkan ketegasan sikap dan cita-cita bahwa negara Indonesia diperjuangkan kemerdekaannya untuk mewujudkan konsep negara kesatuan yang diimplementasikan di bumi Indonesia. Untuk mewujudkan hal tersebut telah banyak pengorbanan yang dilakukan para pahlawan mulai dari pengorbanan waktu, tenaga, pikiran, harta, bahkan nyawa. Hal tersebut dilakukan karena mereka mempunyai semangat kebangsaan.
Dari pernyataan tersebut mengandung makna…
a. mengandung makna yang sangat dalam
b. menggambarkan ketegasan sikap dan cita-cita bahwa negara Indonesia diperjuangkan kemerdekaannya untuk mewujudkan konsep negara kesatuan yang diimplementasikan di bumi Indonesia
c. wujud pengorbanan yang dilakukan para pahlawan mulai dari pengorbanan waktu, tenaga, pikiran, harta, bahkan nyawa
d. pengorbanan dilakukan karena mereka mempunyai semangat kebangsaan
e. kefanatikan bangsa Indonesia terhadap negara kesatuan Republik Indonesia

10. kalau kita bangga sebagai bangsa Indonesia, kita akan selalu berupaya menjunjung tinggi nama baik bangsa dan negara, di mana pun kita berada. Kita akan selalu berupaya meningkatkan citra dan nama baik Indonesia melalui perbuatan- perbuatan nyata di masyarakat, seperti tidak merusak hutan lindung, benda-benda bersejarah apalagi memperjualbelikannya, selalu menggunakan produk dalam negeri dsb. Negara Indonesia memiliki berbagai unggulan.
Keunggulan yang dimiliki negara Indonesia antara lain …
a. memiliki keanekaragaman dalam berbagai aspek kehidupan sosial budaya
b. dalam pengembangan wilayah, kita mempunyai konsep wawasan nusantara sehingga sekalipun terdapat berbagai keanekaragaman namun prinsipnya kita tetap satu pandangan
c. semangat sumpah pemuda selalu merasuki jiwa dan kalbu bangsa Indonesia
d. wilayah Indonesia terdiri dari pulau-pulau dan kepulauan memiliki karakteristik
e. nilai-nilai budaya bangsa dapat melemah akibat kuatnya pengaruh budaya asing yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa

Uraian (U)
11. persatuan dan kesatuan suatu negara merupakan faktor utama yang menentukan keberhasilan pembangunan yang dijalankannya. Begitu juga dengan negara kesatuan republik Indonesia yang tengah melaksanakan pembangunan di segala bidang. Indonesia sangat memerlukan adanya persatuan dan kesatuan di antara rakyat Indonesia
bagaimana pendapat Anda mengenai persatuan dan kesatuan di negara Indonesia sudahkah terlaksana dengan baik berikan penjelasan Anda …
Jawaban : …

Pilihan Ganda (PG)
12. persatuan dan kesatuan dalam negara kesatuan republik Indonesia adalah hal yang mutlak dipertahankan dan terus diperkuat dalam seluruh aspek kehidupan. Kita harus menghindarkan diri dari perbuatan-perbuatan yang menimbulkan perpecahan bangsa, misalnya merendahkan suku bangsa lain, menganggap sukunya paling baik, dst. Kita harus memupuk persaudaraan dengan sesama warga negara Indonesia agar persatuan dan kesatuan bangsa senantiasa terjaga. Ada beberapa faktor yang dapat memperkuat persatuan dan kesatuan yaitu Pancasila, sumpah pemuda, semboyan Bhineka Tunggal Ika. Ketiga faktor tersebut merupakan pemersatu seluruh bangsa Indonesia.
(PG-1) Dari pernyataan diatas manakah yang paling tepat berkaitan dengan persatuan…
a. kita harus menghindari perbuatan yang menyebabkan terjadinya perpecahan
b. beberapa faktor yang dapat memperkuat persatuan dan kesatuan yaitu Pancasila, sumpah pemuda, semboyan Bhineka Tunggal Ika
c. semboyan Bhineka Tunggal Ika merupakan pemersatu seluruh bangsa Indonesia.
d. persatuan dan kesatuan dalam negara kesatuan republik Indonesia adalah hal yang mutlak dipertahankan dan terus diperkuat dalam seluruh aspek kehidupan
e. Kita harus memupuk persaudaraan dengan sesama warga negara Indonesia agar persatuan dan kesatuan bangsa senantiasa terjaga.

Uraian (U)
13. Pancasila dapat memperkukuh persatuan dan kesatuan dalam negara kesatuan republik Indonesia. Hal ini dikarenakan nilai-nilai Pancasila bersifat universal atau menyeluruh. Maksudnya nilai-nilai Pancasila tidak diciptakan hanya untuk satu suku bangsa saja. Nilai-nilai Pancasila juga tidak diperuntukkan bagi penganut agama tertentu saja, akan tetapi nilai Pancasila berlaku dan menjadi pedoman hidup rakyat Indonesia tanpa memandang perbedaan suku bangsa, agama, budaya, Bahasa dsb.
(U) Dari bacaan tersebut berikan penjelasan Anda mengenai keberadaan Pancasila !
Jawaban : …

14. Pada tanggal 28 Maret 2021 telah terjadi peledakan bom bunuh diri di depan gereja katedral Makassar Sulawesi selatan yang dilakukan oleh seorang laki-laki dan seorang perempuan. Menko polhukam Mahfud MD mengatakan serangan di Makassar “ bukan merupakan bagian dari perjuangan agama dan tidak mewakili agama apa pun”. Ini adalah betul-betul teror, ini adalah musuh kemanusiaan. Kalau pelakunya mengatasnamakan perjuangan agama tertentu, berarti dia telah beragama secara salah. Semua agama itu pro kemanusiaan dan anti terorisme” kata Mahfud. Menurut Mahfud kemungkinan serangan tersebut “ bukan bermotif agama melainkan upaya mengadu domba masyarakat, seakan akan kelompok tertentu sedang menyerang kelompok lain.
(U) Dari pernyataan di atas bagaimana pendapat Anda mengenai aksi teroris tersebut berikan penjelasan Anda!
Jawaban : …

Isian Singkat (IS)
15. Sebagaimana kita ketahui, bahwa persatuan dan kesatuan bangsa merupakan syarat mutlak untuk memperoleh kemajuan bangsa. Akan tetapi kita sering melihat berbagai peristiwa yang mencerminkan gejala perpecahan bangsa misalnya aksi kekerasan, konflik antar suku dsb. Kita senantiasa meningkatkan kewaspadaan akan hal tersebut. Yang berpotensi menghambat persatuan dan kesatuan bangsa diantaranya kebinekaan dapat menjadikan penghambat persatuan bila tidak diiringi sikap saling menghormati, melemahnya nilai budaya bangsa akibat kuatnya pengaruh budaya asing, pembangunan tidak merata mengakibatkan kesenjangan sosial.
Proses pembangunan yang terpusat pada wilayah-wilayah tertentu akan menimbulkan …
Jawaban : …

Pilihan Ganda (PG)
16. Menjaga keutuhan NKRI merupakan salah satu kewajiban dari setiap warga negara Indonesia. Sejak awal kemerdekaan para tokoh bangsa Indonesia telah membentengi diri dengan merumuskan dasar negara yaitu Pancasila. Pancasila dijadikan pandangan hidup dalam berperilaku sehari-hari. Para pendiri bangsa menginginkan masyarakat Indonesia harus berketuhanan, berperikemanusiaan, mempunyai jiwa persatuan, menjunjung tinggi musyawarah dalam mencapai mufakat. Dengan mengamalkan nilai Pancasila, maka bangsa Indonesia akan selalu Bersatu padu dan terhindar dari berbagai pertentangan dan perselisihan.
Dari pernyataan tersebut agar keutuhan NKRI tetap terjaga maka…
a. Pancasila dijadikan pandangan hidup dalam berperilaku sehari-hari.
b. Menjaga keutuhan NKRI merupakan salah satu kewajiban dari setiap warga negara Indonesia
c. Para pendiri bangsa menginginkan masyarakat Indonesia harus berketuhanan
d. Harus saling menjaga kebersamaan
e. Harus mempersatukan budaya-budaya yang ada di Indonesia serta suku-sukunya

17. Nilai- nilai Pancasila harus kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai upaya menjaga keutuhan negara. Nilai Pancasila dapat diamalkan dengan cara hidup rukun antar sesama. Kerukunan merupakan modal utama dalam menjaga keutuhan negara.
Berikut yang merupakan contoh dari pengamalan sila ke 2 adalah…
a. Membeli barang yang merupakan produk luar negeri
b. Menghormati dan menghargai teman yang berbeda keyakinan sedang melaksanakan ibadah
c. Saat di sekolah bila ada teman yang tidak punya buku maka kita meminjaminya
d. Berdiskusi dengan teman membahas masalah pemilihan ketua OSIS
e. Menjalankan piket kelas karena itu merupakan kewajiban setiap santri

18. Dimanapun kita berada, kita harus bisa menampilkan sikap dan perilaku saling menghormati dan menyayangi sesama manusia. Menyayangi dan saling menghormati merupakan sikap yang harus dilakukan, tidak memaksakan kehendak kepada yang lain, menghargai perbedaan pendapat, menjaga nama baik Ketika bergaul dengan teman. Kita harus bisa berperiku saling menolong dan saling membantu agar persatuan dapat terwujud dengan baik
Pernyataan tersebut akan dapat terlaksana dengan baik apabila….
a. Ada rasa nasionalisme
b. Memilik jiwa bela negara
c. Ada pengorbanan yang sangat besar
d. Ada keinginan untuk melaksanakan
e. Ada keinginan untuk mewujud nyatakan

19. Dalam kehidupan dimasyarakat, kita harus menjaga kerukunan warga dengan sikap tolong menolong, saling menjaga, saling menghormati, saling menghargai hak orang lain, tidak membeda-bedakan suku, agama dan daerah, bersikap arif, mau bekerja sama dengan rang lain, serta mau bekerja keras dalam membangun bangsa. Sikap dan perilaku – perilaku yang disebutkan tadi harus diamalkan dalam kehidupan sehari – hari agar keutuhan NKRI senantiasa terjaga.
Dari pernyataan tersebut harapan yang diinginkan adalah…
a. kita harus menjaga kerukunan warga dengan sikap tolong menolong, saling menjaga, saling menghormati
b. rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara
c. menempatkan persatuan dan kesatuan serta keselamatan bangsa dan negara
d. tidak membeda-bedakan suku, agama dan daerah, bersikap arif, mau bekerja sama dengan rang lain
e. mengerti dan memahami tentang hak dan kewajiban warga negara serta hubungan antara warga negara dengan negara

20. menjaga keutuhan NKRI merupakan salah satu kewajiban dar setiap warga negara Indonesia. Sejak awal kemerdekaan para tokoh bangsa Indonesia telah membentengi diri dengan merumuskan dasar negara yaitu Pancasila. Dengan mengamalkan nilai-nilai Pancasila maka bangsa Indonesia akan selalu Bersatu padu dan terhindar dari berbagai pertentangan dan perselisihan
wujud dari pengamalan nilai-nilai persatuan adalah…
a. bekerja sama dalam menjaga lingkungan
b. menjunjung tinggi toleransi antar umat beragama
c. tidak membedakan warna kulit, suku bangsa, latar belakang ekonomi,
d. tidak memaksakan kehendak pada orang lain
e. mendukung pembangunan untuk memajukan negara Indonesia
  • Contoh Soal PAT PPKn Kelas XII SMA v1 (Asesmen), UNDUH
  • Contoh Soal PAT PPKn Kelas XII SMA v2 (Kunci Jawaban), UNDUH
Demikian artikel tentang Contoh Soal PAT PPKn Kelas XII SMA 2021/2022 Semester 2. Semoga bermanfaat..
Ki Hajar Dewantara : “Ing Ngarsa Sung Tuladha Ing Madya Mangun Karsa Tut Wuri Handayani”,- Di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat dan di belakang memberikan kekuatan.