Skip to main content

Contoh Soal Ujian Madrasah (UM) Al Quran Hadits MA 2023 dan Kunci Jawaban

Contoh Soal Ujian Madrasah (UM) Al Quran Hadits MA 2023 dan Kunci Jawaban
Contoh Soal Ujian Madrasah (UM) Al Quran Hadits MA Tahun Pelajaran 2022/2023 dan Kunci Jawaban. Dibagikan dalam format online dan lampiran pdf yang disesuaikan berdasarkan materi KMA No 183 tahun 2019 serta kisi - kisi kurikulum 2013. Siswa kelas 12 dapat mempelajarinya menjelang hari pelaksanaan UM yang dijadwalkan di bulan maret atau april mendatang. 

Selanjutnya guru madrasah bisa menjadikannya tambahan model soal untuk menyusun lembar ujian.  

Jumlah keseluruhan contoh latihan soal ujian madrasah al quran hadits ma yaitu 50 butir pilihan ganda. Mohon maaf untuk try out online cuma tersedia gambaran sebanyak 10 soal. Selengkapnya bisa sobat cek dari dokumen pdf yang centralpendidikan letakkan di akhir artikel.

Contoh Soal Ujian Madrasah (UM) Al Quran Hadits MA 2023 dan Kunci Jawaban

Contoh Soal Ujian Madrasah (UM) Al Quran Hadits MA 2023 dan Kunci Jawaban

Naskah Contoh Soal UM Al Quran Hadits MA dan Kunci Jawaban diambil dari arsip ujian daring (form google dan zoom) pada penyelenggaran ujian di masa pandemi sebelumnya. Siswa dan guru bisa mencocokkannya terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Selamat mengerjakan.

File PDF (Lengkap 50 BUTIR) + Prediksi + Jawaban berada dibawah try out online berikut ini. Dianjurkan langsung mengunduh pdf, karena penulisan huruf arab yang kurang bagus di postingan.


1. Al-Qur’an merupakan mu’jizat terbesar bagi Nabi Muhammad SAW. Di bawah ini adalah bukti bahwa al-Qur’an sebagai mu’jizat yang terbesar adalah...
A. Al-Qur’an berlaku kekal sepanjang masa
B. Kitab yang berisi ajar yang paling sempurna
C. Diberikan kepada nabi dan rasul yang terakhir
D. Isinya sangat rumit, sehingga sulit dipahami
E. Hanya orang cerdas yang dapat memahami

2. Berikut ini pernyataan yang tidak benar terkait dengan hadist,sunnah,khabar dan atsar adalah
A. sunnah lebih luas daripada hadist
B. hadist lebih luas daripada sunnah
C. khabar selain dinisbatkan kepada nabi dapat juga dinisbatkan kepada sahabat dan tabi'in
D. khabar lebih umum daripada hadist
E. Atsar lebih sering digunakan untuk perkataan sahabat

3. Mohammad Natsir (17 Juli 1908-6 Februari 1993) adalah tokoh dan pendiri Partai Masyumi, yang memilih hidup sederhana itu.
Siapa yang mengenalnya pasti akan memberikan kesaksian akan pilihan hidupnya itu. Jabatan sebagai Menteri Penerangan RI dan Perdana Menteri tidak menjadikan hidupnya menjadi berubah, biasa-biasa saja. Ada kesaksian George McTurman Kahin, Indonesianis asal Amerika Serikat, yang termuat dalam buku Natsir, 70 Tahun Kenang-kenangan Kehidupan dan Perjuangannya. Begini kesaksiannya ... “Ia memakai kemeja bertambalan, sesuatu yang belum pernah saya lihat di antara para pegawai pemerintah mana pun.” Kisah tersebut merupakan contoh dalam QS. al-Isra’ (17): 26 atau27 yang menganjurkan kita supaya…
A. Menjadi tokoh terkenal
B. Hidup sederhana
C. Menjadi pejabat pemerintah
D. Jadi saksi kehidupan seorang tokoh
E. Menjadi orang berilmu pengetahuan

4. Baca dengan teliti hadits berikut:


Maksud hadits yang bergaris bawah adalah.,,
A. Orang yang paling utama kita beri yang pertama adalah orang yang tidak menjadi tangungan kita seperti anak
B. Allah berikan kita kecukupan dalam rezeki jika kita tidak rajin memberi dan merasa cukup atas apa yang Allah berikan
C. Memberi lebih baik dari pada meminta
D. Menceritakan tentang keutamaan allah swt
E. Hidup perlu belanja yang cukup dalam menjalaninya

5. Sebagai ujian, tentu tidak mudah melalui masa-masa sulit pandemi corona, sehingga sabar harus disertai berbagai ikhtiar, antara lain meniru orang-orang yang diberi ujian seperti diriwayatkan dalam surat Al-Kahfi, yakni tentang ujian keimanan dengan memperkokoh perkawanan saat menghadapi cobaan (ayat 28), pemahaman tentang dunia yang hanya sementara (ayat 45), serta kerendahan hati dan ketulusan. Kita juga bisa mencotoh Nabi Ayyub A.S. yang sabar menghadapi penyakit (QS Al-Anbiyaa: 83- 84). Atau mengadopsi cara-cara yang dilaku-kan bangsa-bangsa yang berhasil menekan wabah seperti Korea Selatan, Jepang, China, dan Taiwan.
Dari uraian di atas allah swt menjelaskan jenis cobaan dalam kehidupan yang tertera dalam alqur’an surat …
A. Al-baqarah ayat 155
B. Al kahfi ayat 28
C. Al anbiya ayat 83-84
D. Al-baqarah ayat 177
E. Ali- Imran aya

6. Imam Al-Munawi berkata dalam Faidhul Qadir, “Keadaan seorang mukmin semuanya itu baik. Hanya didapati hal ini pada seorang mukmin. Seperti itu tidak ditemukan pada orang kafir maupun munafik. Keajaibannya adalah ketika ia diberi kesenangan berupa sehat, keselamatan, harta dan kedudukan, maka ia bersyukur pada Allah atas karunia tersebut. Ia akan dicatat termasuk orang yang bersyukur. Ketika ia ditimpa musibah, ia bersabar. Ia akan dicatat termasuk orang yang bersabar. Oleh karenanya, selama seseorang itu dibebani syari’at, maka jalan kebaikan selalu terbuka untuknya. Sehingga seorang hamba yang beriman itu berada di antara mendapatkan nikmat yang ia diperintahkan untuk mensyukurinya dan musibah yang ia diperintahkan untuk bersabar.
Narasi diatas sesuai dengan hadits dari shuhaib yang diriwayatkan muslim menyuruh kita untuk…
A. Bersyukur
B. Beriman
C. Bertaqwa
D. Bersabar
E. Bertawakkal

7. Katakanlah, wahai Nabi, kepada orang-orang yang tetap membangkang itu, "Cermati dan renungilah apa yang ada di langit dan di bumi berupa bukti-bukti yang menunjukkan keagungan dan keesaan Tuhan. Di situ akan kalian dapati bukti-bukti yang dapat membawa kalian untuk menerima ajakan beriman. Akan tetapi, betapa pun banyaknya bukti dan dahsyatnya ancaman, semua itu tidak berguna bagi kaum yang ingkar dan tak mau berpikir. Sebab, ketika orang-orang kafir itu memutuskan untuk tidak beriman, mereka pun tak bakal bersedia melakukan perenungan dan pengamatan terlebih dahulu(1). (1) Ayat ini, dan banyak lagi yang lainnya, mendorong umat manusia untuk mengembangkan ilmu pengetahuan melalui kontemplasi, eksperimentasi dan pengamatan. Ayat ini juga mengajak untuk menggali pengetahuan yang berhubungan dengan alam raya beserta isinya. Sebab, alam raya yang diciptakan untuk kepentingan manusia ini, hanya dapat dieksplorasi melalui pengamatan indrawi.
Narasi diatas diambil dari tafsir al misbah karya Quraish shihab yang tedapat dalam al-qur’an suroh yunus ayat ….
A. 101
D. 103
B. 120
E. 104
C. 102

8. Tafsir jalalayn QS. Al baqaroh ayat 164 (Sesungguhnya pada penciptaan langit dan bumi) yakni keajaiban-keajaiban yang terdapat pada keduanya (serta pergantian malam dan siang) dengan datang dan pergi, bertambah serta berkurang, (serta perahu-perahu) atau kapal-kapal (yang berlayar di lautan) tidak tenggelam atau terpaku di dasar laut (dengan membawa apa yang berguna bagi manusia) berupa barang-barang perdagangan dan angkutan, (dan apa yang diturunkan Allah dari langit berupa air) hujan, (lalu dihidupkan-Nya bumi dengannya) yakni dengan tumbuhnya tanam-tanaman (setelah matinya) maksudnya setelah keringnya (dan disebarkan di bumi itu segala jenis hewan) karena mereka berkembang biak dengan rumput-rumputan yang terdapat di atasnya, (serta pengisaran angin) memindahkannya ke utara atau ke selatan dan mengubahnya menjadi panas atau dingin (dan awan yang dikendalikan) atas perintah Allah Taala, sehingga ia bertiup ke mana dikehendaki-Nya (antara langit dan bumi) tanpa ada hubungan dan yang mempertalikan (sungguh merupakan tanda-tanda) yang menunjukkan keesaan Allah Taala (bagi kaum yang memikirkan) serta merenungkan.
Dalam penjelasan diatas, usaha apa yang tidak tepat dalam menigkatkan ekonomi ummat?
A. Perikanan
B. Perdagangan
C. Pertanian
D. Perkapalan
E. Koperasi

9. Ustaz Prof. H. Abdul Somad Batubara, Lc., D.E.S.A., Ph.D., Datuk Seri Ulama Setia Negara, atau lebih dikenal dengan Ustaz Abdul Somad adalah seorang pendakwah dan ulama Indonesia berdarah Batak yang sering mengulas berbagai macam persoalan agama, khususnya kajian ilmu hadis dan ilmu fikih. Profesi UAS tersebut termasuk salah satu menjalankan kewajiban berdakwah yang di tegaskan dalam al-qur’an suroh an-nahal ayat…
A. 123
D. 126
B. 124
E. 127
C. 125

10. 
Seorang polisi menangkap pencuri uang di salah satu bank swasta, pencuri tersebut di bawa ke kantor polisi supaya diminta keterangan dan kronologis kejadian. Prilaku polisi tersebut termasuk pencegahan kemungkaran dengan…
A. Mata
B. Hati
C. kewenangan
D. Tangan
E. Semua salah

Selanjutnya, untuk dapat mengunduh Soal Ujian Madrasah Al Quran Hadits MA. Silahkan ikuti tautan yang kami sediakan di bawah ini:
Paket #1 Paket #2

Diharapkan Contoh Soal UM Al Quran Hadits MA bermanfaat untuk tenaga didik dan siswa sekalian. Terima kasih atas kunjungannya.
Ki Hajar Dewantara : “Ing Ngarsa Sung Tuladha Ing Madya Mangun Karsa Tut Wuri Handayani”,- Di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat dan di belakang memberikan kekuatan.