Skip to main content

Latihan Soal PTS Agama Katolik Kelas 8 Semester 2 (Genap) Tahun 2022

Latihan Soal PTS Agama Katolik Kelas 8 Semester 2 (Genap) Tahun 2022
Latihan Soal PTS Agama Katolik Kelas 8 Semester 2. PTS atau yang disebut Penilaian Tengah Semester adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan untuk mengukur capaian belajar siswa di tahun pelajaran 2021/2022. Tepatnya di bulan maret sesuai kalender pendidikan sekolah masing - masing.

Centralpendidikan.com menyediakan lembar ujian PTS Agama Katolik Kelas 8 Semester genap agar dapat digunakan untuk warga sekolah, terkhusus guru dalam menyusun naskah asli di ujian tersebut.

Dibagikan dalam format online dan pdf yang bisa diunduh secara gratis. Dengan jumlah keseluruhannya 40 butir pilihan ganda.

Latihan Soal PTS Agama Katolik Kelas 8 Semester 2 (Genap) Tahun 2022

Latihan Soal PTS Agama Katolik Kelas 8 Semester 2 (Genap) Tahun 2022

Contoh Soal PTS Agama Katolik Kelas 8 Semester 2 (Genap) dan Kunci Jawaban yang admin berikan berasal dari arsip yang telah digunakan untuk ujian tahun kemarin. Materi dan butir soal yang tersedia masih bisa digunakan sampai dengan tahun sekarang.

Selamat mengerjakan.

Lampiran Pdf  (LENGKAP)+ Jawaban

1. Perhatikan kutipan dokumen Gereja Lumen Gentium Art. 1 berikut ini !
TERANG PARA BANGSALAH Kristus itu. Maka Konsili suci ini, yang terhimpun dalam Roh Kudus, ingin sekali menerangi semua orang dengan cahaya Kristus, yang bersinar pada wajah Gereja, dengan mewartakan Injil kepada semua makhluk (lih.Mrk 16: 15). Namun, Gereja itu dalam Kristus bagaikan sakramen, yakni tanda dan sarana persatuan mesra dengan Allah dan kesatuan seluruh umat manusia. Maka dari itu, menganut
ajaran konsili-konsili sebelum ini, Gereja bermaksud menyatakan dengan lebih cermat kepada umatnya yang beriman dan kepada seluruh dunia, manakah hakikat dan perutusannya bagi semua orang. Keadaan zaman sekarang lebih mendesak Gereja untuk menunaikan tugas itu, yakni supaya semua orang, yang dewasa ini tergabungkan secara lebih erat berkat berbagai hubungan sosial, teknis dan budaya, memperoleh kesatuan sepenuhnya dalam Kristus.
Berdasarkan dokumen Gereja Lumen Gentium Art. 1, dikatakan bahwa Gereja dalam Kristus bagaikan sakramen artinya ... .
a. Gereja ada dan lahir di dunia untuk manusia supaya mendapatkan keselamatan
b. tanda dan sarana persatuan mesra dengan Allah dan kesatuan seluruh umat manusia
c. kehadiran Gereja dapat membuat orang lain merasa terancam hidupnya
d. melalui Gereja sakramen merupakan tempat keselamatan bagi umat Katolik

2. Ekaristi juga berarti sebagi jaminan akan kemuliaan yang akan datang maksudnya adalah dengan mengikuti perayaan ekaristi merupakan berkat dan rahmat yang memperkuat kita untuk menjalani kehidupan ini yang dipersatukan oleh … .
a. Kristus, Bunda Maria dan Para Rasul
b. Kristus, Gereja dan 7 Sakramen
c. Kristus, Gereja dan Para Rasul
d. Kristus, Gereja dan Bunda Maria

3. Dengan pemahaman kesadaran bahwa hendaknya kita dapat mendewasakan iman kita dengan mengetahui cara berdoa yang baik menghormati sakramen mahakudus dan keterlibatan aktif umat beriman dalam Perayaan Ekaristi amat penting, karena untuk mengungkapkan dengan lebih jelas bahwa pada dasarnya Perayaan Ekaristi adalah perayaan umat bersama. Kata Ekaristi berasal dari bahasa Yunani, “Eucharistia” yang berarti ... .
a. puji syukur dan kegembiraan
b. keterlibatan aktif umat beriman di Gereja
c. syukur atas kehidupan dari Allah
d. perutusan Yesus kepada umat-Nya

4. Dalam masyarakat masih banyak ditemukan pemahaman tentang sumber-sumber keselamatan bagi manusia. Pemahaman yang benar dalam masyarakat tentang sumber-sumber keselamatan tersebut berasal dari … .
a. patung-patung yang mereka sembah
b. keluarga memiliki banyak harta
c. Allah sebagai asal hidup manusia
d. bentuk berhala-berhala yang lain

5. Untuk menyambut komuni kudus, seseorang yang sudah tergabung dalam Gereja Katolik hendaknya dalam keadaan rahmat yang berarti tidak berdosa apabila dengan sadar melakukan dosa hendaknya melakukan pengakuan dosa terlebih dahulu. Maka sikap yang pantas dalam mengikuti perayaan ekaristi hendaknya … .
a. belum mengikuti pembaptisan tapi ikut menerima komuni dari pastur
b. seenaknya sendiri selama mengikuti perayaan ekaristi berlangsung
c. mengenakan pakaian yang tidak berlebihan tetapi pantas dan bersih
d. satu jam sebelum mengikuti perayaan ekaristi tidak diperkenankan makan

6. Perhatikan kutipan Kis 2 : 37 - 41 berikut ini ! 37 Ketika mereka mendengar hal itu hati mereka sangat terharu, lalu mereka bertanya kepada Petrus dan rasul-rasul yang lain: “Apakah yang harus kami perbuat, saudara-saudara?” 38 Jawab Petrus kepada mereka: “Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka
kamu akan menerima karunia Roh Kudus. 39 Sebab bagi kamulah janji itu dan bagi anak-anakmu dan bagi orang yang masih jauh, yaitu sebanyak yang akan dipanggil oleh Tuhan Allah kita.”40Dan dengan banyak perkataan lain lagi ia memberi suatu kesaksian yang sungguh-sungguh
dan ia mengecam dan menasihati mereka, katanya: “Berilah dirimu diselamatkan dari angkatan yang jahat ini.”41Orang-orang yang menerima perkataannya itu memberi diri dibaptis dan pada hari itu jumlah mereka bertambah kira-kira tiga ribu jiwa.Petrus kepada mereka: “Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan
dosamu, maka kamu akan ....
a. diselamatkan dari angkatan yang jahat
b. mendapatkan pengampunan atas dosa
c. menerima karunia Roh Kudus
d. memperoleh kehidupan kekal abadi

7. Sarana pokok dalam pembaptisan adalah air dan dalam perjanjian lama air dilihat sebagai sumber kehidupan dan kematian, contohnya dalam kisah bahtera Nuh yang diselamatkan lewat air, dalam kisah penyebrangan Laut Merah yang membebaskan Israel dari perbudakan di Mesir, semua pralambang dalam perjanjian lama ini digenapkan dalam diri Yesus, dikayu salib, air dan darah keluar dari lambung yang ditikam, maka air dalam perjanjian baru mempunyai makna … .
a. ikut penderitaan bangsa Israel dari perbudakan di Mesir
b. membersihkan diri dari segala kotoran baik sik maupun rohani
c. ikut dalam penderitaan Yesus
d. membersihkan dosa-dosa yang diperbuat manusia

8. Ekaristi adalah sumber dan puncak seluruh hidup kristiani (LG11) berarti bahwa dalam seluruh pelayanan Gereja dirayakan dengan sakramen Ekaristi. Di sinilah tampak jelas bahwa perayaan ekaristi adalah tindakan Kristus sendiri dimana Kristus telah mempersembahkan diri-Nya kepada Bapa untuk kita, agar kita pun ikut ambil bagian dalam pengorbanan diri-Nya, dan Dia telah memberikan diri-Nya bagi kita sebagai ... .
a. syukur atas rahmat pemberian dari Allah melalui Yesus Kristus
b. roti hidup sepanjang ziarah kita di dunia ini menuju kepada Bapa
c. peringatan akan kenangan yang terakhir bersama Yesus
d. cara berdoa yang baik menghormati sakramen mahakudus

9. Perjamuan Kudus didasari pada makan malam terakhir Yesus dengan murid-murid-Nya pada malam sebelum Ia ditangkap dan disalibkan menurut (Markus 14:12-21) dan (KGK 1358) Makna dari perayaan Ekaristi bagi umat katolik sekarang ini adalah … .
a. mengenangkan peristiwa Yesus mengutus keduabelas rasul untuk mewartakan sabda
b. melanjutkan karya para rasul di dunia modern sekarang ini
c. meneruskan karya-karya Yesus di dunia sebagai garam dan terang dunia
d. mengenangkan sekaligus menghadirkan kembali tindakan penyelamatan oleh Yesus

10. Menurut Kitab Hukum Kanonik No. 872 adalah Hendaknya calon baptis didampingi oleh wali baptis, yang bertugas untuk mendampingi calon baptis dewasa dalam insiasi kristiani, dan bersama orang tua calon baptis bayi untuk dibaptis, dan juga mengusahakan agar yang dibaptis hidup secara kristiani yang sesuai dengan baptisnya serta memenuhi dengan setia kewajiban-kewajiban yang melekat pada baptis itu” Berdasarkan Kitab Hukum Kanonik No. 872, maka tugas wali baptis adalah … .
a. mengantar calon baptis menjadi anggota Gereja yang berani
b. mendampingi orang tua calon baptis
c. memdampingi saat pembaptisan berlangsung saja
d. mengantar calon baptis sampai menjadi anggota Gereja yang sejati

11. Perhatikan penggalan kutipan Lumen Gentium Art. 9 berikut ini ! Adapun seperti Israel menurut daging, yang mengembara di padang gurun, sudah disebut Gereja (Jemaat) Allah (lih. Neh 13: 1; Bil 20: 4; Ul 23:
1 dst), begitu pula Israel baru, yang berjalan dalam masa sekarang dan mencari kota yang tetap di masa mendatang (lih. Ibr 13: 14), juga disebut Gereja Kristus (lih. Mat 16:18). Sebab Ia sendiri telah memperolehnya dengan darah-Nya (lih. Kis 20:28), memenuhinya dengan Roh-Nya, dan melengkapinya dengan sarana-sarana yang tepat untuk mewujudkan persatuan yang tampak dan bersifat sosial. Allah memanggil untuk berhimpun mereka, yang penuh iman mengarahkan pandangan kepada Yesus, pencipta keselamatan serta dasar kesatuan dan perdamaian. Ia membentuk mereka menjadi Gereja, supaya bagi semua dan setiap orang menjadi sakramen kelihatan, yang menandakan kesatuan yang menyelamatkan itu. Gereja, yang harus diperluas ke segala daerah, memasuki sejarah umat manusia, tetapi sekaligus melampaui masa dan batas-batas para bangsa. Dalam perjalanannya menghadapi cobaan- cobaan dan kesulitan-kesulitan Gereja diteguhkan oleh daya rahmat Allah, yang dijanjikan oleh Tuhan kepadanya.
Berdasarkan kutipan Lumen Gentium Art. 9 tersebut dapat disimpulkan bahwa Gereja menyalurkan rahmat keselamatan kepada manusia melalui ... .
a. kegiatan ziarah di lingkungan
b. perayaan ekaristi tiap hari minggu
c. 7 ( tujuh ) sakramen dalam Gereja
d. sakramen-sakramen inisiasi

12. Orang yang telah menerima Sakramen Penguatan membawa konsekuensi: bertanggung jawab menjadi saksi Kristus baik dalam Gereja sendiri, dalam keluarga, di sekolah, di tempat kerja, dan di lingkungan masyarakat yang lebih luas. d. Untuk menerima penguatan/sakramen Krisma, orang harus berada dalam suasana rahmat. Karena itu dihimbau supaya mereka menerima sakramen ...
a. ekaristi
b. tobat
c. imamat
d. baptis

13. Sakramen krisma atau penguatan adalah sakramen kedewasaan, pemantapan. Dengan menerima sakramen ini orang dianggap sudah dewasa dalam iman. Dalam kehidupan sehari-hari kita dapat melihat bahwa ciri-ciri orang yang dewasa antara lain adalah … .
a. mudah terbawa arus tidak punya pendirian
b. tidak bisa mengendalikan dirinya sendiri
c. mengambil keputusan dengan semaunya sendiri
d. mampu membedakan yang baik dan jahat

14. Ketika Petrus akan tenggelam ia berseru: “ Tuhan, tolonglah aku ! ” Segeralah Yesus mengulurkan tangan-Nya (Matius 14 : 30 – 31). Dalam hal tersebut keselamatan diartikan … .
a. kasih karunia Tuhan
b. sembuh dari penyakit dan penderitaan
c. bebas dari kematian
d. terhindar dari bahaya

15. Karya keselamatan Allah yang dilaksanakan dalam dan melalui Yesus Kristus mengikut sertakan Maria sebagai perantara terlaksananya karya itu . Ia mulai berperan ketika menyatakan bersedia dan taat kepada Allah untuk mengandung Yesus ( Luk1: 26-38). Sejak awal perjalananya Bunda Maria tahu bahwa ia juga akan memperoleh kegembiraan sebagai orang pilihahan. Namun, Maria juga akan memperoleh tantangan-tantangan yang cukup berat (Luk 2: 33-35). Berdasarkan pernyataan tersebut alasan Gereja Katolik menghormati Bunda Maria adalah ... .
a. mengajarkan doa Novena 3x salam Maria
b. menciptakan doa Rosario dan peristiwanya
c. terlibat dalam karya keselamatan Allah
d. setia mendampingi Yesus sampai Golgota

16. Pembaptisan dapat dibedakan menjadi 2 yaitu: 1) Baptisan dewasa dan 2) Baptisan bayi, untuk baptisan dewasa ada beberapa syarat yang harus dipenuhi antara lain adalah mengikuti pelajaran calon katekumen baptis sekurang-kurangnya lamanya … .
a. 9 bulan
b. 6 bulan
c. 12 bulan
d. 15 bulan

17. Perhatikan data berikut ini !
1. Berumur 14 tahun
2. Dibaptis secara katolik
3. Ikut pembekalan krisma
4. Anggota keluarga Katolik

Berdasarkan tersebut syarat- syarat untuk menerima sakramen krisma atau penguatan terdapat pada nomor ... .
a. 4, 5, 1
b. 3, 4, 5
c. 1, 2, 3
d. 2, 3, 4

18. Dalam Gereja Katolik dikenal 7 (tujuh) sakramen yakni sakramen baptis, sakramen ekaristi, sakramen penguatan (krisma., sakramen tobat dan sakramen pengurapan orang sakit, sakramen imamat dan sakramen perkawinan, yang dimasukkan dalam sakramen inisiasi adalah sakramen … .
a. baptis, ekaristi, penguatan (krisma.
b. ekaristi, penguatan (krisma., imamat
c. tobat, pengurapan orang sakit, perkawinan
d. imamat, perkawinan, penguatan (krisma.

19. Pengertian sakramen dalam Gereja Katolik merupakan tanda dan sarana kehadiran Allah untuk menyelamatkan manusia. Sakramen berasal dari bahasa latin yaitu ... .
a. sakramenzo
b. sakramentum
c. sakramentali
d. sakramenum

20. Ekaristi memiliki makna sebagai jaminan akan kemuliaan yang akan datang. Dengan mengikuti Perayaan Ekaristi merupakan berkat dan rahmat yang memperkuat kita untuk menjalani kehidupan yang dipersatukan oleh Kristus, Gereja dan Bunda Maria melalui ... .
a. Syukur Agung
b. Pernyataan Tobat
c. Komuni Kudus
d. Berkat Penutup

21. Sakramen penguatan adalah sakramen kedewasaan. Menerima sakramen ini orang dianggap sudah dewasa dalam iman.Sakramen penguatan adalah sakramen yang memberi Roh kudus supaya mengakarkan kita lebih kuat Dalam sakramen penguatan, ritus pokok adalah pengurapan minyak suci (minyak Krisma. dan yang dilaksakanakan dengan penumpangan tangan oleh petugas Gereja yaitu ... .
a. para pro diakon
b. biarawan/ bruder
c. biarawati/ suster
d. Uskup dan wakilnya

22. Membaptis berasal dari bahasa Yunani Baptizo yang berarti pembasuhan atau pencucian, sehingga membaptis berarti membenamkan calon ke dalam air atau menuangkan air keatas kepala sambil mengucap atas nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Sakramen baptis merupakan sakramen dasar bagi orang Kristiani, dengan dibaptis berarti orang bergabung menjadi anggota Gereja.. Setelah kebangkitan, Yesus memberikan tugas perutusan kepada pararasul untuk membaptis (Mat28:19) .Maka sejak Pentakosta Gereja melayani Sakramen pembaptisan kepada setiap orang yang percaya Kristus.
Berdasarkan pernyataan di atas syarat utama seseorang untuk dapat dibaptis secara Kristiani adalah … .
a. suka bermain-main dengan air
b. beriman percaya kepada Yesus Kristus
c. hafal kisah sengsara dan kebangkitan Yesus
d. bersedia bergabung dalam lingkungan

23. Keselamatan setiap orang juga dikehendaki oleh Allah sendiri. Setiap saat Allah menyapa manusia dengan kasihNya untuk mengantar manusia mengalami keselamatan. Kehadiran Allah yang menyelamatkan pada manusia terjadi melalui ... .
a. sesama manusia
b. kitab suci
c. perayaan ekaristi
d. mukjizat-Nya

24. Buah Atau Rahmat Dari Pembaptisan antara lain :
1. Menghapuskan dari segala dosa
2. Dapat menerima 6 sakramen lainnya
3. Dilahirkan kembali menjadi anak Allah
4. Ikut ambil bagian dari tugas Gereja
5. Ikut ambil bagian sebagai biarawan atau biarawati
6. Mendapat rahmat pengudusan dan pembenaran yang mempersatukan seseorang dengan Kristus dan Gereja-Nya
7. Dimateraikan yang menandakan menjadi milik Kristus selama- lamanya

Menurut pernyataan tersebut diatas, buah atau rahmat dari pembaptisan yang diterima setiap orang yang sudah dibaptis terdapat pada nomor ... .
a. 1 , 3 , 4 , 6 , 7
b. 1, 2 , 3 , 4 , 5
c. 3 , 4 , 5 , 6 , 7
d. 2 , 3 , 4 , 5 , 6

25. Perhatikan kutipan KGK 1316 berikut ini !Penguatan menyempurnakan rahmat Pembaptisan. Itu adalah Sakramen yang memberi Roh Kudus, supaya mengakarkan kita lebih kuat dalam persekutuan anak-anak Allah, menggabungkan kita lebih erat dengan Kristus, memperkuat hubungan kita dengan Gereja, membuat kita mengambil bagian yang lebih banyak dalam perutusannya, dan membantu kita, supaya memberi kesaksian iman Kristen dengan perkataan dan perbuatan.
Melalui sakramen krisma atau penguatan membuat kita mengambil bagian yang lebih banyak dalam perutusannya dan membantu kita supaya memberi kesaksian iman kristen dengan … .
a. melakukan pelayanan di Gereja
b. rajin mengikuti doa di lingkungan
c. perkataan dan perbuatan
d. membantu teman yang sakit

26. Arti Keselamatan Bagi Manusia antara lain :
1. terhindar dari bahaya maut
2. diampuni segala dosa-dosanya
3. hidup berbahagia di surga
4. berlimpah dengan harta kekayaan


Setiap orang mengharapkan adanya keselamatan dalam dirinya, maka berdasarkan pernyataan tersebut diata, kita dapat mengartikan keselamatan adalah … .
a. 1, 2, 3
b. 1, 2, 4
c. 2, 3, 4
d. 1, 3, 4

27. Keselamatan itu adalah anugerah Tuhan, namun demikian kita perlu mengupayakan untuk mendapatkan keselamatan itu dengan cara … .
a. rajin dalam mengikuti misa di Gereja setiap hari
b. berbuat baik sebagai pertanggung jawaban kita kepada Tuhan
c. menjadi midinar yang aktif dalam pelayanan di Gereja
d. teribat aktif dalam kegiatan-kegiatan di luar kegiatan Gereja

28. Sakramen penguatan adalah sakramen kedewasaan. Menerima sakramen ini orang dianggap sudah dewasa dalam iman. Pengurapan minyak krisma pada calon krisma melambangkan ... .
a. pemilihan calon krisma teladan
b. pengutusan mewartkan Injil
c. pengurapan Roh Kudus sebagai orang terpilih
d. tahap kedewasaan dalam iman Katolik

29. Dalam proses pembaptisan dewasa ada tahapan-tahapan yang harus dilalui antara lain : tahap pengajaran dan pembinaan iman serta latihan hidup dalam jemaat yang diakhiri dengan upacara tahap kedua. Masa tersebut disebut masa … .
a. persiapan terakhir
b. katekumenat
c. mistagogi
d. prakatekumenat

30. Untuk memperoleh keselamatan, kita perlu senantiasa mendekatkan diri kepada sumber keselamatan itu sendiri sebagai orang beriman Kristiani percaya bahwa sumber keselamatan tersebut terletak pada ....
a. setiap acara peribadatan yang diselenggarakan serta dirayakan dalam Gereja
b. devosi-devosi yang dikhususkan kepada Bunda Maria setiap hari
c. Gereja sebagai pusat untuk berakti tas secara rohani bagi orang beriman
d. diri Allah bersama Sang Putera Yesus Kristus Sang Sabda yang hidup

31. Tindakan manusia yang menunjukan lambang atau simbol tentang keselamatan bagi sesamanya manusia adalah … .
a. melakukan donor darah secara rutin ke PMI
b. orang-orang yang sedang melakukan demonstrasi menolak adanya kekerasan atas nama agama
c. dengan datang ke keseorang dukun untuk memperoleh kesuksesan dalam hidupnya
d. selalu mengandalkan uang dan benda- benda yang dianggap keramat

32. Sejak Pentakosta Gereja melayani Sakramen pembaptisan kepada setiap orang yang percaya kepada Kristus lambang dari sakramen baptis antara lain : Air, Lilin, Kain Putih. Kain Putih melambangkan kita “ mengenakan Kristus ” artinya … .
a. Kristus telah menebus dosa manusia maka tidak perlu khawatir melakukan dosa
b. sesudah dibaptis kita dapat menjalani kehidupan dengan penuh kebebasan
c. Kristus sebagai sumber kehidupan dan kematian bagi umat manusia
d. bahwa sesudah dibaptis kita mengandalkan kekuatan Kristus dalam menjalani hidup

33. Perhatikan kutipan Injil Matius 8 : 23 – 27 berikut ini !
(23) Lalu Yesus naik ke dalam perahu dan murid-murid-Nyapun mengikuti-Nya. 23 Sekonyong-konyong mengamuklah angin ribut 3 Lalu Yesus naik ke dalam perahu dan murid-murid-Nya pun mengikuti-Nya.(24) Sekonyong-konyong mengamuklah angin ribut di danau itu, sehingga perahu itu ditimbus gelombang, tetapi Yesus tidur. (25) Maka datanglah murid-murid-Nya membangunkan Dia, katanya: "Tuhan, tolonglah, kita binasa." (26) Ia berkata kepada mereka: "Mengapa kamu takut, kamu
yang kurang percaya?" Lalu bangunlah Yesus menghardik angin dan danau itu, maka danau itu menjadi teduh sekali. (27) Dan heranlah orang- orang itu, katanya: "Orang apakah Dia ini, sehingga angin dan danau pun taat kepada-Nya ?
Yang menjadi tanda penyelamatan Allah yang dilakukan Yesus saat itu menurut kutipan Injil Matius 8 : 23 – 27 adalah … .
a. para murid mengalami ketakutan karena air menyembur ke perahu
b. para murid mengalami ketakutan dan kebingungan
c. Yesus bangun dan menghardik angin itu dan danau menjadi teduh kembali
d. Yesus bangun dan menghibur para murid yang mengalami kesulitan

34. Ada beberapa istilah yang kita jumpai untuk mempelajari sakramen baptis, antara lain yakni: katekumen, katekis, katekese, katekismus. Istilah katekese artinya adalah … .
a. guru pengajar agama dalam Gereja
b. calon bagi seseorang yang hendak dibaptis
c. kamus/buku yang mencakup materi pewartaan Yesus Kristus
d. bahan ajaran/pewartaan tentang Yesus Kristus

35. Gereja sebagai sarana untuk mengkomunikasikan rahmat Allah bagi umat beriman yang menerimanya. Istilah “ Gereja “ dapat diartikan sebagai ... .
a. sarana perjuangan orang beragama untuk mencari pedoman dalam hidupnya
b. tempat orang-orang beriman saling berbagi pengalaman hidup
c. persekutuan bagi orang-orang beriman yang percaya kepada Kristus
d. perkumpulan bagi orang-orang yang beragama

36. Beberapa syarat untuk baptisan bayi adalah : perlu pendampingan orangtua dan Gereja untuk mengucapkan pengakuan iman. Gereja membaptis bayi karena ketika bayi lahir dosa asal sudah ada, maka pembatisan bayi berarti … .
a. orangtua menjadi penjamin bagi perkembangan iman bayi-bayi mereka
b. bayi telah diselamatkan dari kuasa jahat untuk dibebaskan menjadi anak-anak Allah
c. seorang bayi dilahirkan dalam keadaan suci maka melalui pembaptisan bayi disucikan lagi
d. menjadikan seorang bayi sebagai makhluk ciptaan Allah yang paling istimewa

37. Perhatikan kutipan Kis 2 : 1 - 13 berikut ini !
1Ketika tiba hari Pentakosta, semua orang percaya berkumpul di satu tempat.2 Tiba-tiba turunlah dari langit suatu bunyi seperti tiupan angin keras yang memenuhi seluruh rumah, di mana mereka duduk; 3 dan tampaklah kepada mereka lidah-lidah seperti nyala api yang bertebaran dan hinggap pada mereka masing-masing.4 Maka penuhlah mereka dengan Roh Kudus, lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untukmengatakannya.5Waktu itu di Yerusalem diam orang-orang Yahudi yang saleh dari segala bangsa di bawah kolong langit. 6 Ketika turun bunyi itu, berkerumunlah orang banyak. Mereka bingung karena mereka
masing-masing mendengar rasul-rasul itu berkata-kata dalam bahasa mereka sendiri.7Mereka semua tercengang-cengang dan heran, lalu berkata: “Bukankah mereka semua yang berkata-kata itu orang Galilea?
8Bagaimana mungkin kita masing-masing mendengar mereka berkata- kata dalam bahasa kita sendiri, yaitu bahasa yang kita pakai di negeri asal kita:9 kita orang Partia, Media, Elam, penduduk Mesopotamia, Yudea dan Kapadokia, Pontus dan Asia,10 Frigia dan Pam lia, Mesir dan daerah- daerah Libia yang berdekatan dengan Kirene, pendatang-pendatang dari Roma,11 baik orang Yahudi maupun penganut agama Yahudi, orang
Kreta dan orang Arab, kita mendengar mereka berkata-kata dalam bahasa kita sendiri tentang perbuatan-perbuatan besar yang dilakukan Allah.”12 Mereka semuanya tercengang-cengang dan sangat termangu- mangu sambil berkata seorang kepada yang lain: “Apakah artinya ini?”13Tetapi orang lain menyindir: “Mereka sedang mabuk oleh anggur manis.”

Berdasarkan bacaan Kitab Suci tersebut, sikap yang seharusnya dilakukan oleh orang yang telah menerima Roh Kudus adalah … .
a. ikut teribat aktif dalam pelayanan Gereja, keluarga, sekolah, dan masyarakat bila mengguntungan
b. bertanggung jawab menjadi saksi Kristus baik dalam Gereja, keluarga, sekolah,dan masyarakat
c. mengambil keputusan dengan semaunya sendiri tanpa mempedulikan orang lain disekitar hidupnya
d. mudah teri bawa arus pergaulan yang tidak baik karena tidak punya pendirian

38. Gereja sebagai persekutuan umat Allah berjuang mewujudkan keselamatan yang telah diwartakan Yesus. keselamatan yang diwartakan Yesus melalui Gereja ini diwujud nyatakan dalam berbagai bentuk sarananya terutama melalui ... .
a. peribadatan dalam Gereja
b. perkumpulan lintas agama
c. sakramen-sakramen
d. kegiatan misdinar

39. Seseorang yang ingin menjadi murid Kristus, syarat utamanya adalah harus percaya atau beriman kepada Yesus Kristus, percaya, terlebih beriman tidak berarti hanya sekedar mengetahui, melainkan percaya dan hidup sesuai dengan ajaran-Nya dan berupaya untuk mewujudkan … .
a. impian yang dicita-citakan dalam hidupnya
b. kesetiaan yang tulus iklas dalam melayani Gereja
c. ajaran-Nya dalam kehidupan nyata sehari-hari
d. keinginan dari orang yang sangat dikasihi dalam hidupnya

40. Ekaristi adalah sumber dan puncak seluruh hidup Kristiani, memiliki arti bahwa ... .
a. pusat dari Sakramen Ekaristi adalah Komuni Kudus
b. seluruh pelayanan Gereja dirayakan dengan Sakramen Ekaristi
c. dalam Perayaan Ekaristi harus ada Kolekte
d. sumber-sumber Gereja adalah dari Kitab Suci dan pengalaman hidup umat
  • Soal PTS Agama Katolik Kelas 8 Semester 2 versi 1 (Jawaban) : DOWNLOAD
Demikian artikel Latihan Soal PTS Agama Katolik Kelas 8 Semester 2 (Genap) Tahun 2022. Semoga bermanfaat bagi penyelenggara pendidikan di Indonesia.
Ki Hajar Dewantara : “Ing Ngarsa Sung Tuladha Ing Madya Mangun Karsa Tut Wuri Handayani”,- Di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat dan di belakang memberikan kekuatan.