Skip to main content

Contoh Soal & Jawaban Ujian Sekolah Bahasa Indonesia SMA Edisi 2023

Contoh Soal & Jawaban Ujian Sekolah Bahasa Indonesia SMA Edisi 2023
Contoh Soal Ujian Sekolah Bahasa Indonesia SMA Lengkap dengan Jawaban. Dibagikan Centralpendidikan.com kepada seluruhan siswa kelas 12 semua jurusan dalam menghadapi US Kurikulum 2013 edisi tahun pelajaran 2022/2023. 

Guru Bahasa Indonesia tingkat satuan pendidikan SMA juga dapat menggunakannya sebagai bahan melengkapi referensi dalam menyusun naskah asli Ujian Sekolah di mata pelajaran wajib tersebut. Tentunya setelah menyesuaikan terhadap materi Ujian Sekolah Bahasa Indonesia SMA Kelas 12 yang mengacu pada kisi - kisi kurikulum 2013 edisi revisi. 

Gambaran ujian online berjumlah 10 butir dari total keseluruhan 40 pilihan ganda. Dibagikan dalam dua variasi pengerjaan yaitu online dan online (berbentuk lampiran pdf). 

Contoh Soal & Jawaban Ujian Sekolah Bahasa Indonesia SMA Edisi 2023

Contoh Soal & Jawaban Ujian Sekolah Bahasa Indonesia SMA

Sebagaimana yang perlu adik - adik ketahui bahwa Ujian Sekolah (Bahasa Indonesia) merupakan penilaian yang bertujuan untuk mengukur capaian kompetensi belajar selama 3 tahun di Sekolah Menengah Atas. Hasil dari pelaksanaan ujian nantinya dipergunakan oleh guru untuk menentukan kelulusan siswa.

Baca Juga : Contoh Soal Ujian Sekolah SMA 2023 Semua Mata Pelajaran ONLINE


Selain itu, Naskah Contoh Soal & Jawaban Ujian Sekolah Bahasa Indonesia SMA Edisi 2023 yang Central Pendidikan bagikan ini, berasal dari Arsip daring tahun kemarin.

Jadi silahkan gunakan dalam proses penyusunan atau pun pembelajaran Ujian Sekolah di mata pelajaran Bahasa Indonesia (Kelompok Wajib). Setelah bapak/ibu guru maupun siswa mencocokkannya dengan materi yang dipelajari saat ini.

File PDF (40 butir) + Jawaban + Prediksi silahkan cek dibawah TRY OUT online berikut ini.

Selamat mengerjakan.

1. Cermati paragraf eksplanasi berikut!
Anak jalanan termasuk katagori anak yang tidak berdaya, secara sik dan psikis belum dapat dikatakan dewasa. Mereka adalah korban dari oknum yang tidak bertanggung jawab. Hidup sebagai anak jalanan merupakan kehidupan yang tidak menyenangkan. Kehidupan mereka jelaslah berbeda dengan kehidupan anak-anak pada umumnya. Mereka harus berjuang dan bertahan hidup di tengah jalanan yang Kejam demi dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Mereka terkadang lebih memilih hidup di jalan yang penuh dengan kekerasan tanpa kasih saying orang tua karena hanya jalananlah yang mampu menafkahi.
Prediksi peristiwa yang akan terjadi berdasarkan kutipan teks tersebut adalah … .
a. Tingkat kekerasan terhadap anak harus ditangani sedini mungkin.
b. Perlu penanganan yang serius untuk mengatasi masalah anak jalanan.
c. Tantangan kehidupan yang mereka hadapi akan semakin keras.
d. Semakin meningkat tindak kekerasan terhadap anak-anak jalanan.
e. Mereka memiliki interaksi sosial yang lebih baik dengan sesame.

2. Cermatilah alamat surat berikut!
Kepada Yth, Manager PT Damai Sentosa Jln. Merpati 125 Padang
Penulisan alamat surat lamaran pekerjaan yang tepat adalah ...
a. Yth, Manager PT Damai SentosaJalan
Merpati 125Padang
Alasan, tanda baca koma (,) dapat digunakan dalampenulisan alamat surat terutama dalam kalimat majemuk bertingkat.

b. Yth. Manager PT Damai SentosaJalan
Merpati 125Padang.
Alasan, tanda baca titik digunakan setelah kata“yth” dan di akhir penulisan alamat surat yang dituju.

c. Yth, Manager PT Damai SentosaJln.
Merpati 125Padang
Alasan, tanda baca koma tidak digunakan setelahkata “yth” dan tanda baca titikdigunakan di akhir kata yang disingkat.

d. Yth. Manager PT Damai SentosaJalan
Merpati 125Padang
Alasan, tanda titik(.) tidak dipakai di belakangalamat penerima, pengirim surat, dan tanggal surat kecuali digunakan setelahkata “yth”

e. Kepada Yth.Manager PT Damai SentosaJln. Merpati 125 Padang Alasan, tanda baca titikdigunakan di akhir kata yang disingkat.

3. Cermati cerita berikut!
Untuk mengobati luka hatiku, kuputuskan untuk membantu menjaga warung. Sambil menjaga warung, sedikit demi sedikit aku belajar dari ketegaran bunda dalam menjalani kehidupan. Sering bunda tidur larut karena harus menyambung potongan perca menjadi bed cover untuk dijual. Bed cover itu dititipkan di sebuah toko swalayan. Tiada pernah putus doaku kepada Sang Khalik agar bunda senantiasa dikaruniai kesehatan lahir dan batin.

Kalimat resensi yang menyatakan keunggulan dalam kutipan cerpen tersebut adalah …
a. Pengarang menyampaikan amanat secara tersirat melalu perilaku tokoh bunda.
b. Penggabaran tokoh dalam cerita disampaikan secara tersirat melalui perilaku tokoh.
c. Ceritanya menggambarkan realita kehidupan dengan menggunakan bahasa komunikatif.
d. Penyajian kon ik dalam cerita disampaikan oleh pengarang secara natural.
e. Latar tempat dalam cerita sejalan dengan karakter tokoh bunda yang pantang menyerah.

4. Cermati paragraf berikut!
(1) Peningkatan usaha ekonomi bagi masyarakat desa diyakini mampu menjadi daya tangkal bagi masyarakat desa untuk hijrah ke kota. (2) Melibatkan mereka dalam kegiatan ekonomi produktif setidaknya membuat masyarakat tidak melirik kota. (3) Untuk keberhasilan kegiatan tersebut, pemda setempat menggandeng berbagai pihak di antaranya Pusat Pelatihan dan Keterampilan. (4) peserta pelatihan difasilitasi modal usaha dan pendampingan.

Kesalahan penggunaan kata baku dalam paragraf tersebut adalah …
a. difasilitasi pada kalimat (4) seharusnya divasilitasi
b. produktif pada kalimat (2) seharusnya produsen
c. hijrah pada kalimat (1) seharusnya hijroh
d. pihak pada kalimat ke (3) seharusnya hak
e. ketrampilan pada kalimat (3) seharusnya keterampilan

5. Cermati kutipan teks berikut!
(1) Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya. (2) Kalimat ini menghiasi spanduk di sepanjang jalan menjelang hari pahlawan. (3) Sebagai bangsa yang besar, Indonesia sangat menghargai jasa pahlawannya. (4) Setiap memperingati hari pahlawan banyak anak-anak melakukan kegiatan bertema kepahlawanan. (5) Inilah salah satu bentuk wujud generasi muda untuk menghargai jasa pada pahlawan. 

Kalimat tidak efektif terdapat pada nomor …
a. (4)
b. (2)
c. (1)
d. (3)
e. (5)

6. Perhatikan paragraf berikut ini!
Orang banyak sudah salah kaprah. Untung ada Lapindo yang bisa dijadikan ... dan dituding sebagai yang bersalah. Itu kan sial saja. Coba kalau tidak ada penggalian oleh Lapindo, lumpur panas yang memang sudah mau muncrat itu satu ketika pasti akan muncrat juga.

Ungkapan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ... .
a. buaya darat
b. kambing hitam
c. kuda hitam
d. biang keladi
e. biang kerok

7. 1. Cermati teks berikut!
Kartu tanda penduduk elektronik atau KTP-el sulit untuk dipalsukan. Identitas seseorang dalam KTP-el itu dipastikan tunggal dan data yang dimilikinya autentik sebab kartu tersebut terbuat dari bahan plastik atau polivinil klorida (PWC) dan cip berupa rangkaian elektronik berukuran mikron. Cip yang tertanam di dalam kartu dilengkapi dengan sistem keamanan digital sehingga tidak terlihat. Pengamanannya terkait dua faktor autentikasi, yaitu mengenali identitas pemilik kartu dan data autentik yang dimilikinya.

Ide pokok teks tersebut adalah ... .
a. Cip merupakan sebuah rangkaian elektronik
b. KTP-el dilengkapi dengan polivinil dan cip
c. kartu tanda penduduk sulit dipalsukan
d. KTP-el memiliki data yang sangat autentik
e. identitas pemilik kartu dipastikan tunggal

8. Cermati teks prosedur berikut!
Rebus kacang hijau sampai empuk, beri gula, jahe, dan sedikit garam. … Masak areh santan, campur semua bahan areh, dimasak hingga mendidih, angkat. Hidangkan bubur kacang hijau sagu dengan areh santan.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang teks tersebut adalah …
a. Siapkan mangkuk untuk menghidangkan bubur sagu kacang hijau.
b. Siapkan wadah untuk adonan areh santan yang akan dimasak.
c. Tuang larutan tepung sagu, masak hingga matang, lalu tiriskan.
d. Siapkan kelapa yang telah dikupas, lalu parut untuk membuat santan.
e. Tuang larutan tepung sagu, masak hingga kental dan mendidih, angkat.

9. Cermati kutipan puisi berikut!
AnginDi kesepian malam aku sendiriTermenung di bawah cahaya rembulanPucuk-pucuk daun meliuk indahMengikuti irama angin perlahan Parafrase (dijadikan cerita) yang tepat berdasarkan puisi tersebut adalah …
a. Di kesunyian malam aku sendiri termenung di bawah cahaya rembulan melihat pucuk-pucuk daun meliuk indah mengikuti suara angin perlahan
b. Di malam yang sepi dan dingin aku melihat rembulan yang indah dan pucuk- pucuk daun yang meliuk-liuk dihempas angin malam, aku duduk.
c. Di bawah sinar rembulan terlihat sinar yang terang dan terlihat daun-daun meliuk-liuk perlahan, aku duduk sendiri, dan kesepian.
d. Dalam malam yang dingin aku melihat rembulan yang berkilauan cahayanya dan aku sangat terhibur dengan pemandangan tersebut.
e. Di kesunyian malam terdengar angin yang berhembus dan daun-daun yang

10. Cermati kutipan teks eksplanasi berikut!
Gempa bumi terjadi karena pergesaran atau gerakan lapisan dasar bumi dan letusan gunung berapi yang sangat dahsyat. Selain itu, gempa bumi terjadi begitu cepat dengan dampak yang sangat besar bagi lingkungan sekitarnya. Getaran gempa bumi yang sangat besar dan merambat ke segala arah sehingga dapat meratakan bangunan dan menimbulkan korban jiwa. Berdasarkan penyebab terjadinya, gempa bumi dapat digolongkkan menjadi dua jenis, yaitu gempa vulkanik dan gempa tektonik.

Struktur teks eksplanasi tersebut adalah …
a. orientasi
b. deret penjelas
c. abstraksi
d. interpretasi
e. pernyataan umum

Selengkapnya, bagi yang ingin mendownload tiga paket Soal US Bahasa Indonesia SMA bisa melalui tautan link yang ada di bawah ini:
Diharapkan Contoh Soal Ujian Sekolah Bahasa Indonesia SMA tahun 2023 dan kunci jawabannya bermanfaat untuk siswa dan guru di hari pelaksanaan.
Ki Hajar Dewantara : “Ing Ngarsa Sung Tuladha Ing Madya Mangun Karsa Tut Wuri Handayani”,- Di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat dan di belakang memberikan kekuatan.