Skip to main content

Contoh Soal PAS Fikih Kelas 12 MA Semester 1 Tahun 2022/2023

Contoh Soal PAS Fikih Kelas 12 MA Semester 1 Tahun 2022/2023
Soal PAS Fikih Kelas 12 Semester 1. Dibagikan agar bisa digunakan siswa untuk pembelajaran menghadapi ujian penilaian akhir semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023 di mata pelajaran Pendidikan Agama Islam cabang kompetensi Fikih. 

Fikih atau Fiqih merupakan mata pelajaran dari Madrasah Aliyah (MA) yang materinya membahas persoalan tentang hukum dan syariat islam. Selengkapnya,  bisa kamu akses pada kisi - kisi dari satuan pendidikan masing-masing yang menggunakan kurikulum 2013 revisi.

Dokumen PAS Fikih kelas 12 semester 1 kami bagikan dalam dua variasi  dokumen (disertai kunci jawaban dan tanpa jawaban). Dengan jumlah total keseluruhannya 60 butir pilihan ganda

Contoh Soal PAS Fikih Kelas 12 MA Semester 1 Tahun 2022/2023

Contoh Soal PAS Fikih Kelas 12 MA Semester 1

Naskah latihan soal PAS Fikih Kelas 12 Semester 1 sesuai KMA no 183 tahun 2019 tersebut diambil dari Arsip Ujian di tahun sebelumnya di masa Pandemi. Silahkan mencocokkannya terlebih dahulu sebelum mempelajari naskah try out di bawah ini.

File PDF + Jawaban kami letakkan di bawah soal berikut ini

Selamat mengerjakan..

1. Diantara manfaat mempelajari usul fikih adalah .....
a. Untuk menyederhanakan pemahaman hukum
b. Untuk mengetahui dalil-dalil yang bersifat zanni dan yang qot'i
c. Mengetahui dasar-dasar yang dipakai Pedoman dalam membahas hukum-hukum syariat dan maksud-maksud yang akan dituju berdasar Pada dasar tersebut
d. Agar kita dapat menjadi mujtahid yang bisa dipercaya masyarakat
e. Untutk mengetahui hal-hal belum ada dan tidak disinggung dalam Al-Qur'an dan hadis

2. Ilmu yang membahas masalah hukum yang mengatur kehidupan manusia baik kehidupan pribadi, bermasyarakat maupun bernegara, merupakan definisi dari ……
a. Ilmu dirayah lslamiyah
b. llmu usulfikih
c. llmu tayrik lslam
d. llmu fikih
e. llmu syariah lslamiyah

3. llmu yang membahas kaidah-kaidah yang dipakai untuk merumuskan hukum syara' dari dalil yang terperinci adalah definisi dari ...
a. llmu syariat
b. ljtihad sahih
c. ljmak sarih
d. llmu fikih
e. llmu usul fikih

4. Usul fikih adatah ilmu yang membahas dalil-dalil fikih secara global, dan bagimana cara menggunakan dalil tersebut, serta keadaan orang yang menggunakannya. Pengertian tersebut menurut pendapat ……
a. Abdul Wahab Khataf
b. lmam Syafi'i
c. Al-Ghazali
d. Hasan Ashari
e. Mu'tazilah

5. Manfaat ilmu usul fikih bagi para mujtahid adalah ...
a. Memberikan ketentuan hukum pasti
b. Memberikan kejelasan periwayatan
c. Memberikan kekuatan sebuah pendapat ulama
d. Memberikan petunjuk kaidah-kaidah
e. Mernberikan dalil-dalil

6. Suatu peristiwa yang telah ditetapkan hukum berdasarkan nash dalam rukun qiyas lazim disebut dengan istilah
a. Ashl
b. Maqis 'alaih
c. Musyabbah bih
d. Mahmul 'alaih
e. Jawanan a, b, c dan d benar

7. Di bawah ini bukan merupakan syarat-syarat ashl menurut imam ghazali adalah......
a. Hukum ashl itu adalah hukum yang telah tetap dan tidak mengandung kemungkinan di nasahkan (dibatalkan)
b. Hukum itu ditetapkan berdasarkan syara'
c. Ashl itu bukan merupakan far'u dan ashl lainnya
d. Dalil yang menetapkan 'illat pada ashl itu adalah dalil khusus
e. Dalil yang menetapkan 'illat pada ashl itu adalah dalil umum

8. Berdasarkan penelitian menurut jumhur ulama diperoleh kepastian, bahwasanya dalil-dalil syari'ah yang menjadi sumber hukum lslam terdapat empat sumber, adapun sumber hukum lslam yang ketiga yaitu......
a. Al-Qur'an
b. Al-Hadits
c. ljma'
d. Qiyas
e. Mazhab sahabi

9. Ditinjau dari segi lughatan qiyas artinya yaitu kecuali......
a. Mengukur
b. Menyamakan
c. Menghimpun
d. Analogi
e. Lnterpretasi

a. Hadits merupakan sumber hukum lslam yang Pertama
b. Hadits merupakan sumber hukum lslam yang kedua
c. Bila hukum Al-Qur'an dirasakan kurang benar bisa diambil dari hadits
d. Al-Qur'an dan hadits merupakan sumber hukum lslam yang sederajat
e. Hadits tidak harus di pakai dalam menetapkan sebuah hukum

11. Ayat-ayat Al-Qur'an yang samar artinya dan tidak ada cara yang dapat digunakan untuk mencapai artinya atau hanya dapat dipahami oleh para ahli saja disebut dengan istilah.....
a. Muhkamat
b. Mutasyabihat
c. Kauniyah
d. Kauliyah
e. Ahkam

12. Sebuah usaha sungguh-sungguh yang dilakukan oleh seorang mukmin dalam membela kebenaran dan menghilangkan kemunngkaran yang tampak maupun yang tidak tampak di sebut......
a. Taqorrub
b. Jihad
c. Muhasabah
d. Ikhlas
e. Sabar


a. Jihad/berjuang
b. Mujahid
c. Ijtihad
d. Mujahidin
e. Perang

14. Berikut ini bukan tujuan Syariat lslam yang berkaitan dengan jihad adalah......
a. Melindungi hak-hak kaum muslimin
b. Memaksa semua orang agarmasuk Islam
c. Memberantas berbagai bentuk kemusyrikan
d. Menegakkan keadilan pada semua orang
e. Meluruskan penyimpangan aqidah masyarakat

15. Salah satu pedoman Al-Qur'an dalam menetapkan hukum adalah menggunakan prinsip taddaruj, maksudnya adalah .....
a. Berangsur-angsur (bertahap)
b. Tidak memberatkan
c. Tidak menyulitkan
d. Menyedikitkan beban
e. Meminimalisirbeban

a. Hadits
b. Ijma
c. Kiyas
d. Ijtihad
e. Ihtishan

17. Kesepakatan (konsensus) seluruh mujtahid pada suatu masa tertentu sesudah wafatnya Rasul atas hukum syara' untuk suatu peristiwa. Hal itu merupakan definisi Ijma menurut pendapat .......
a. Jumhur Ulama
b. Abdul Wahhab Khalaf
c. Fahruruddin Al-Razi
d. Ibnu Qoyyim Al-Jauziyah
e. Ibnu Taimiyah

18. Diamnya seorang mujtahid setelah merenung dan berpikir-terhadap suatu hukum dianggap ridho dan setuju terhadap hasil ijtihad mujtahid lain. Kasus di atas termasuk dalam kate gori ......
a. Ijma'sharih
b. Ijma’ sukuti
c. Ijma' qauli
d. Ijma’ amm
e. Ijma’ khos

19. wanita yang sedang haid boleh membaca al-Qur'an berdasarkan istihsan, tetapi haram menurut qiyas. Hal ini merupakan pendapat para ulama .....
a. Syaf’iyah
b. Hanafiyah
c. Malikiyah
d. Hambaliyah
e. Syatibiyah

20. Jika seseorang yakin, apakah sudah batal atau belum. Dalam keadaan seperti ini, ketentuan harusnya berpegang kepada "masih punya wudhu". Peristiwa itu didasarkan pada ........
a. Istihsan
b. Al-'urf
c. Istishab
d. Syar’u man qablana
e. Mashalihul Mursalah

21. Kebiasaan di masyarakat jika ada seorang laki-laki hendak melamar seorang wanita untuk dinikahinya. dia akan membawa dan menyerahkan sesuatu pada wania teersebut. Adat kebiasaan ini termasuk ......
a. Urf khas
b. Urf qauli
c. Urf shahih
d. Urf fasid
e. Urf amali

22. Penetapan mereka hukum berdasarkan kepada kemaslahatan, yaitu manfaat bagi manusia atau menolak kemafsadatan atas mereka dinamakan....
a. Maslahah Hajjiyah
b. Maslahah al-Mulghah
c. Maslahah al-'Ammah
d. Maslahah al-Mursalah
e. Maslahah Adh-dharuriyyah

23. Berikut ini termasuk ulama yang menolak menggunakan Maslahah Al-Mursalah sebagai salah satu sumber hukumadalah ......
a. Imamsyafi,i
b. Jumhur ulama
c. Imam Malik
d. Al-khawarizmi
e. Hanabilah

24. Melatang perkara-perkara perbuatan yang lahirnya boleh, karena membuka jalan dan menjadi pendorong kepada perbuatan-perbuatan dilarang oleh agama dinamakan ......
a. Syahadatul Qalbi
b. Saddudz Dzari’ah
c. Syar’u man qobalna
d. Maslahah al-Mursalah
e. Sabab Al-Masyru

25. Pak RT melarang perbuatan/permainan kartu (domino) walau tanpa uang taruhan yang biasanya dilakukan penjaga pos kamling dalam mengisi waktu luang. Hal ini termasuk kategori ......
a. Istishan
b. Al-‘urf
c. Mashalil Mursalah
d. Syar’u man qobalna
e. Saddudz Dzari’ah

26. Syariat yang diturunkan pada orang-orang sebelum kita, yaitu ajaran agama sebelum datangnya agama Islam, dalam istilah fikih disebut ......
a. Mashalil Mursalah
b. Al-‘urf
c. Dilalatul Iqtiran
d. Syar’u man qobalna
e. Saddudz Dzari’ah

27. salah satu contoh bentuk syariat yang diturunkan kepada orang-orang sebelum kita dan syariat rersebut tidak disyariatkan kepada kita yaitu ......
a. Haji yang disyariatkan oleh Nabi lbrahim AS
b. Khitan yang disyariatkan oleh Nabi Ibrahim AS
c. Tata cara taubat yang disyariatkan oleh Nabi Musa AS
d. Berkurban yang dicontohkan oleh Nabi Ibrahim AS
e. Puasa yang dicontohkan oleh Nabi Daud AS

28. Fatwa-fatwa para sahabat mengenai berbagai masalah yang dinyatakan setelah Rasullah SAW wafat disebut dengan istilah .....
a. Mu'aradh fi al-ashl
b. Madzhab fiqih
c. Mawani'ul lrts
d. Syar'u man qablana
e. madzhab Shahabi

29. Di dalam masalah mazhab shahabi terdapat sebagian ulama yang mengarakan bahwa apabila fatwa tersebut tidak dapat digunakan naqli maka dapat digunakan sebagai sumber hukum, tetipi fatwa yang didasarkan pada ijtihad tidak dapat digunakan sebagai sumber hukum. Hal ini diungkapkan oleh .....
a. Imam Malik
b. Imam Bukhori
c. Imam Abu Hanifah
d. Imam Ahmad Ibn Hambal
e. Imam Ja’far

30. Dalil-dalil yang menunjukan kesamaan hukum terhadap sesuatu yang disebutkan bersama dengan sesuatu yang lain disebut ......
a. Dalil iqtidha an-nash
b. Dalalah ilham
c. Dalalah al-iqtidah
d. Dalalatul Iqtiran
e. Dalalah ad-dilalah

31. Dalalatul Iqtiran tidak dapat dijadikan hujjah, sebab beramaan dalam satu susunan tidak mesti bersamaan dalam hukum. pendapat ini dikemukakan oleh .......
a. Abu Yusuf
b. Imam Syafi’i
c. Ibnu Nashar
d. Ibnu Hurairah
e. Jumhur ulama

32. Sesuatu yang menuntut pengerjaan dari mukallaf, atau menuntut untuk tidak berbuat, atau memberikan pilihan antara melakukan dan meninggalkan adalah ........
a. Hukum Wadh’i
b. Hukum Syar’i
c. Hukum kausalitas
d. Hukum takhyir
e. Hukum taklifi

33. Menurut jumhur ulama hukum taklifi terbagi menjadi llma bagian yaitu ......
a. Ijab, nadb, tahrim, karahah dan azimah
b. Tanzih, nadb, tahrim, karahah dan ibadah
c. Ijab, rukhshah, tahrim, karohah dan ibadah
d. Ijab, nadb, tahrim, karahah dan ibadah
e. Ijab, nadb, syarat, karahah dan ibadah

34. Suatu kewajiban yang harus dikerjakan oleh setiap orang mukallaf seperti, shalat, puasa, zakat, dan kewajiban lainnya disebut .......
a. Wajib mukhoyyar
b. Wajib muhaddad
c. Waiib kifa'i
d. Wajib aini
e. Wajib Muayyan

35. Sesuatu yang menuntut penetapan sesuatu sebagai sebab bagi sesuatu yang lain atau menjadi syarat baginya atau menjadi penghalang baginya dinamakan .....
a. Hukum Sunatullah
b. Hukum Syar'i
c. Hukum Kausalitas
d. Hukum Taklifi

36. Segala hal yangdijadikan oleh syar'i sebagai alasan bagi ada atau tidaknya suatu hukum dinamakan .......
a. Azimah
b. Mani’
c. Syarat
d. Rukhshah
e. Sebab

37. Para ulama membagi hukum Wadh'i kepada : sebab, syarat, dan mani'. Yang dimaksudkan dengan mani' adalah....
a. Segala sesuatu dengan adanya dapat menjadikan sesuatu hukum dapat berubah menj adi mubah
b. Segala sesuatu yang dapat menimbulkan hukum-hukum yang baru yang pasti dan bersifat waiib
c. Segala sesuatu yang harus dikerjakan walau dalam keadaan susah maupun senang
d. Segala sesuatu yang keberadaannya menetapkan ketiadaan hukum atau batalnya sebab hukum
e. Segala sesuatu yang wajib dikerjakan walaupun dalam keadaan sempit maupun longgar

38. Seseorang yang memiiiki harta senisab wajib mengeluarkan zakatnya. namun karena ia mempunyai hutang yang jumlahnya sampai mengurangi nisab zakat, ia tidak waiib membayar zakat karena harta miliknya tidak cukup senisab lagi. Hal ini disebut penerapan ......
a. Syarat
b. Sebab
c. Rukhshah
d. Mani’
e. Azimah

39. Perbuatan orang mukallaf yang berhubungan dengan hukum syara atau yang dibebani hukum syar'i dinamakan .......
a. Hukum sunatullah
b. Hukum Syar’i
c. Hukum kasualitas
d. Hukum Wash’i
e. Mahkum bihi

40. Mukallaf yang perbuatannya berhubungan deugan hukum syar'i dan menjadi tempat berlakunya hukum Allah dinamakan ......
a. Mahkum bihi
b. Mahkum Takhlifi
c. Hukum kasualitas
d. Mahkum ‘alaihi
e. Hukum Wah’i

41. Menurut mazhab hanafi jika suatu perintah berdasarkan pada dalil yang qath’i (pasti) yang tidak ada kebingungan lagi dinamakan ……
a. Fardu
b. Ijab
c. Karahah
d. Mustajab
e. Rukhshah

42. Menurut jumhur ulama hukum taklifi terbagi menjadi lima bagian yaitu …..
a. Ijab, nadb, tahrim, karahah dan Azimah
b. Tanzih, nadb, tahrim, karahah dan ibadah
c. Ijab, nadb, tahrim, karahah dan ibadah
d. Ijab, Rukhshah, tahrim, karohah dan ibadah
e. Ijab, nadb, Syarat, karahah dan ibadah

43. Suatu kewajiban yang hanya memiliki satu tuntutan seperti membayar zakat disebut ……
a. Wajib mukhoyyar
b. Wajib aini
c. Wajib kafa’i
d. Wajib muhaddad
e. Wajib muayyan

44. Perbuatan yang diharamkan oleh Allah, seperti makan bangkai, minum khamr, berzina, mencuri dan keharaman tersebut adalah karena terdapat dalam perbuatan itu sendiri atau disebut ….
a. Zatnya
b. Merusak moral
c. Nilainya
d. Sifatnya
e. Menjijikkan

45. Seorang musafir diperkenankan untuk tidak berpuasa ramadhan walaupun hukum puasa adalah wajib. Seorang musafir merupakan……
a. Menjadi sebab bolehnya tidak berpuasa
b. Menjadikan orang cepat mengalami kelelahan
c. Menjadikan orang akan cepat sakit
d. Menjadikan orang akan cepat merasakan haus
e. Menjadikan puasa sangat berat dikerjakan

46. Jika suatau perintah yang berdasarkan pada dalil yang masih dhonni yang masih mengandung keraguan menurut mazhab hanafi hal ini disebut …
a. Fardhu
b. Mustahab
c. Mandup
d. Ijab
e. Khifayah

47. Para ahli ilmu ushul fiqih menetapkan bahwasannya hukum syara’ terbagi kepada dua bagian yaitu ……
a. Hukum taklifi dan Syarat
b. Hukum Wajib dan sunat
c. Hukum taklifi dan adat
d. Hukum taklifi dan wadh’i
e. Hukum syar’i dan wadh’i

48. Sesuatu yang menuntut pengerjaan dari mukallaf, atau menuntut untuk berbuat, atau memberikan pilihan kepadanya antara melakukan dan meninggalkan adalah definisi dari ......
a. Hukum wadh’i
b. Hukum Syar’i
c. Hukum takhyir
d. Hukum kausalitas
e. Hukum taklifi

49. Menurut jumhur ulama hukum wadh’i terbagi menjadi tiga yaitu ......
a. Syarat, Wajib, mani’
b. Syarat, Rukshah, mani’
c. Syarat, sebab, mandub
d. Syarat, sebab, mani’
e. Syarat, Azimah, mani’

50. Ditinjau dari segi etimologi syariat artinya adalah ......
a. Jalan yang sesungguhnya harus dipilih
b. Jalan yang paling lurus dan harus diyakini
c. Keyakinan sesungguhnya harus ditanamkan
d. Jalan panjang yang harus ditempuh
e. Jalan yang sesungguhnya harus diturut

  • PAS Fikih Kelas 12 MA v1 : DOWNLOAD
  • PAS Fikih Kelas 12 MA + Kunci Jawaban v2 : DOWNLOAD
Diharapkan artikel Contoh Soal PAS Fikih Kelas 12 MA Semester 1 Tahun 2022/2023 bermanfaat untuk pengunjung sekalian.
Ki Hajar Dewantara : “Ing Ngarsa Sung Tuladha Ing Madya Mangun Karsa Tut Wuri Handayani”,- Di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat dan di belakang memberikan kekuatan.