Skip to main content

Modul PKB Guru Madrasah MI, MTs, dan MA resmi Kemenag 2021

Modul PKB Guru Madrasah MI, MTs, dan MA resmi Kemenag 2021
Modul PKB Guru Madrasah MI, MTs, dan MA - Pembagian modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan diresmikan oleh Kementerian Agama (Kemenag) untuk meningkatan kinerja guru madrasah. 

Berkas tersebut kami sediakan dalam bentuk berkas PDF dapat bapak/ibu guru download secara mudah dan gratis.

Perilisan program PKB bagi guru madrasah diresmikan pada tahun 2021, berbeda dengan satuan pendidikan yang dinaungi oleh Kementerian Pendidikan yang sudah dijalankan dari tahun 2017 ke bawah.  

Modul PKB Guru Madrasah MI, MTs, dan MA resmi Kemenag 2021

Peran dan tanggung jawab guru di masa yang akan datang akan semakin kompleks seiring perkembangan laju informasi dan karakteristik generasi pembelajar di era 4.0. Oleh karena itu, guru perlu meningkatkan kompetensi profesionalitasnya sehingga mampu mengimbangi trend pembelajaran yang semakin dinamis dan kreatif. 

Di era informasi ini, guru madrasah jenjang MI, MTs, dan MA juga dituntut untuk selektif dan literat dalam mengembangkan proses pembelajaran peserta didik sehingga berkontribusi positif terhadap capaian hasil belajar siswa. 

Modul PKB Guru Madrasah MI, MTs, dan MA resmi Kemenag 2021


Strategi pelaksanaan PKB guru madrasah MI, MTs, dan MA yang ditempuh oleh Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah adalah melalui KKG/MGMP/MGBK, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi, dan Kementerian Agama Pusat. 

Untuk mendukung program tersebut, diperlukan modul sebagai salah satu alternatif sumber bahan ajar bagi guru untuk mempelajari konten materi, merancang pembelajaran dan cara mengajarkannya, mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik, mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.

Selanjutnya, untuk mendownload berkas PDF dari modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan ikuti tautan di bawah ini.
  • Modul PKB Guru Madrasah MI resmi Kemenag 2021 Pdf, UNDUH
  • Modul PKB Guru Madrasah MTs resmi Kemenag 2021 Pdf, UNDUH
  • Modul PKB Guru Madrasah MA resmi Kemenag 2021 Pdf, UNDUH
Modul ini kami bagikan (perantara Kemenag) sebagai salah satu sarana pembelajaran guru untuk meningkatkan kompetensinya. Target kompetensi yang diharapkan dalam unit ini adalah kompetensi pedagogik dan profesional. Di satuan madrasah naungan Kementerian Agama (MI, MTs, dan MA)

Kompetensi pedagogiknya adalah menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik. Sedangkan kompetensi profesionalnya adalah menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. 

Diharapkan bisa bermanfaat untuk guru madrasah serta siswa madrasah, dan mendapatkan manfaat sebagaimana yang diprioritaskan oleh Kementerian Agama : 
  1. Sebagai sumber belajar bagi guru untuk meningkatkan kompetensi pedagogis dan profesional tertentu 
  2. Sebagai sumber bagi guru untuk mengembangkan pola pikir berkembang dalam mengembangkan budaya literasi 
  3. Sebagai acuan bagi guru untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi program-program pengembangan budaya literasi di madrasah 
  4. Sebagai bahan guru untuk melakukan assessment mandiri guna meningkatkan keprofesionalan.
Demikian artikel tentang Modul PKB Guru Madrasah MI, MTs, dan MA resmi Kemenag 2021. Terima kasih
Ki Hajar Dewantara : “Ing Ngarsa Sung Tuladha Ing Madya Mangun Karsa Tut Wuri Handayani”,- Di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat dan di belakang memberikan kekuatan.