--> Skip to main content

Logo dan Slogan Hari Santri 2021 resmi Kementerian Agama (RMI NU)

Dalam menyambut peringatan Hari Santri yang jatuh pada tanggal 22 Oktober mendatang, Rabhithah Ma'ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMI NU) telah merilis tema dan logo Hari Santri 2021. Launching yang dilakukan pada awal bulan september itu, memperkenalkan tema atau slogan Hari Santri 2021, logo Hari Santri 2021, dan rangkaian kegiatan yang akan digelar dalam kurun waktu dua (2) bulan sampai dengan puncaknya bulan oktober tanggal 22.

Hari Santri Nasional diperingati dan ditetapkan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo melalui Kepres Nomor 22 Tahun 2015.

Penetapan ini berdasarkan perubahan (revisi) catatan sejarah nasional, terutama yang ditulis pada masa Orde Baru, yang hampir tidak pernah menyebut peran ulama dan santri. 

Logo dan Slogan Hari Santri 2021 resmi Kementerian Agama (RMI NU)

Berawal pada tanggal 22 Oktober 1945, Pahlawan Nasional KH Hasyim Asy’ari menyerukan seruan jihad kepada seluruh umat Islam di Indonesia melalui peperangan. 

Seperti kita tahu, pada akhir Oktober 1945 tentara Inggris datang ke Indonesia untuk kembali melucuti senjata bekas tentara Jepang yang telah dikuasai oleh Indonesia. Menanggapi hal ini, tentunya rakyat Indonesia memberikan perlawanan terhadap pasukan Inggris. 

Belanda pun juga tidak tinggal diam untuk kembali menguasai Indonesia dengan melakukan agresi militer. 

Setelah usai berperang melawan pasukan Inggris, dan bendera kemerdekaan berkibar di Negara Indonesia. Di dalam kesuksesan perlawanan bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan tersebut tak lepas dari peran santri yang ikut serta dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. 

Maka dari itu, tanggal 22 Oktober ditetapkan "Hari Santri Nasional" oleh pemerintah secara resmi demi menghargai peran besar umat Islam dalam menjaga kemerdekaan. 

Tema atau Slogan Hari Santri 2021


Tema Hari santri 2021 yang ditetapkan oleh RMI NU adalah Bertumbuh, Berdaya, Berkarya.

Sebagaimana centralpendidikan lansir dari Republika.co.id menurut Gus Rozin bahwa "Santri harus mengabdi kepada orang tua, guru dan juga ikut andil dalam menjaga NKRI. Logo Hari Santri 2021 ini diharapkan akan menjadi simbol penting bagi para santri untuk berperan penting dalam kekuatan untuk bangkit dan tumbuh di situasi pandemi"

Situasi dimana kita harus tetap mempertahan keagamaan islam di tengah adanya penyebaran virus Covid-19 yang belum kunjung usai.

Sehingga dengan tema Bertumbuh, Berdaya, dan Berkarya, diharapkan kaum santri menyadari pentingnya berkarya dengan modal keterampilan dan dalam memecahkan suatu persoalan kehidupan di negara  Indonesia saat ini.

Logo Hari Santri 2021


Logo Hari santri 2021 melambangkan santri seperti halnya air jernih yang memberikan kesejukan, kesegaran,serta menjadi sumber kekuatan bagi kehidupan pribadi, lingkungan, berbangsa dan bernegara.

Selengkapnya, pembagian logo dalam format PNG yang berukuran kecil tanpa background dan dapat diunduh secara gratis.

Logo Hari Santri 2021 resmi Kementerian Agama (RMI NU) PNG, DOWNLOAD

 

Rangkaian Kegiatan Hari Santri 2021

Berbagai kegiatan yang akan digelar dalam menyambut Hari Santri Tahun 2021 yang diselenggarakan dari RMI NU diantaranya adalah Kompetisi Santri 4.0, Webinar Santri Tani Milenial, Lomba Cipta Lagu, Duta Santri Nasional dan Festival Halal Fashion, dan masih banyak lainnya dalam dua (2) bulan sebelum puncak acara "Amanat Hari Santri".
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar