Skip to main content

100 Contoh Soal ANBK Literasi SMA 2023 dan Pembahasan Lengkap

100 Contoh Soal ANBK Literasi SMA 2023 dan Pembahasan Lengkap
Centralpendidikan.com | 100 Contoh Soal ANBK Literasi SMA Tahun 2023 dan Pembahasan digunakan untuk mempersiapkan siswa menghadapi asesmen nasional yang diselenggarakan pada tanggal 27 – 30 September 2023. Merupakan tes nasional serentak di Indonesia dan pertama kali setelah penghapusan Ujian Nasional. 

Asesmen Nasional Berbasis Komputer adalah program penilaian yang perlu diberlakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan, dalam hal memperbaiki kualitas belajar siswa. Literasi membaca adalah salah satu materi yang bakal diujikan.

Materi ANBK Literasi membaca SMA mencakup teks informasi dan teks sastra dengan tujuan menemukan informasi, interpretasi dan integrasi, serta evaluasi dan refleksi terhadap konteks personal, sosial budaya, dan saintifik. 

Contoh Soal ANBK Literasi SMA 2023

Terdapat dua tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dari asesmen nasional berbasis komputer materi Literasi Membaca di tingkat pendidikan sekolah menengah atas ini, yaitu :
  • Pembelajaran sepanjang hayat dan berkontribusi pada masyarakat
  • Meningkatkan tingkat literasi (membaca) siswa Indonesia yang masih rendah.

100 Contoh Soal ANBK Literasi SMA 2023 dan Pembahasan Lengkap

Contoh Soal ANBK Literasi SMA 2023 akan kami bagikan secara online dan pembagian dokumen PDF. Online dalam artian dikerjakan langsung di artikel kami, serta memberikan rekomendasi laman simulasi kemendikbud ANBK di materi literasi membaca.

Hasil dari asesmen tidak digunakan untuk menilai prestasi siswa maupun bapak/ibu guru satuan pendidikan. Melainkan hanya digunakan sebagai alat melakukan evaluasi diri dan perbaikan pembelajaran di kompetensi asesmen. 

Walau pun begitu, disarankan tidak meremehkan tes asesmen ini, kamu bisa mencari sumber referensi dari latihan daring kemdikbud maupun mendapatkannya dari guru pengajar yang bersangkutan. Agar mendapatkan standar nilai yang memuaskan.

Berikut ini 100 Contoh Soal ANBK Literasi SMA 2023 dan Pembahasan Lengkap. Selamat mengerjakan


Sejarah Glokalisasi

Glokalisasi adalah gabungan antara kata global dan lokal yang kemudian mendapatkan imbuhan -isasi untuk menunjukkan sebuah proses. Dalam dunia bisnis, kata tersebut digunakan untuk menyebut adaptasi produk atau jasa terhadap wilayah atau kebudayaan tempat mereka dijual. Dengan kata lain, glokalisasi mendeskripsikan hasil penyesuaian lokal terhadap tekanan global.

Ada satu jargon yang sangat populer dalam glokalisasi, yaitu Think Globally Act Locally! Jargon tersebut bermakna bahwa masyarakat sudah harus berpikir secara mendunia, tetapi tetap tidak melupakan kebudayaan-kebudayaan lokal yang telah membentuknya.

Istilah glokalisasi dipopulerkan oleh Roland Robertson pada tahun 1977 dalam konferensi “Globalization and Indigenous Culture” sebagai suatu konsep yang menekankan bagaimana proses-proses global disesuaikan dengan penerapan, tafsiran, dan adaptasi lokal. Jadi, ada kekuatan global dan lokal yang saling mempengaruhi secara dinamis dan kompleks.

1. Apa yang dimaksud dengan jargon?
Jawaban : Jargon adalah kosakata khusus yang digunakan dalam bidang kehidupan (lingkungan) tertentu

2. Apa yang dimaksud dengan glokalisasi?
Jawaban :  Glokalisasi adalah adaptasi produk atau jasa terhadap wilayah atau kebudayaan tempat mereka dijual ATAU Glokalisasi adalah proses-proses global dipengaruhi atau ditumbangkan oleh penerapan, tafsiran, dan adaptasi lokal

3. Berikut yang bukan definisi dari glokalisasi adalah …
a. Perpaduan antara konsep lokal dan global 
b. Berpikir secara global, bertindak secara lokal. 
c. Berpikir secara mendunia dan mengorbankan kebudayaan lokal 
d. Proses global dipengaruhi oleh nuansa lokal
Jawaban : C

Mengapa Terjadi Glokalisasi

Kata glokalisasi muncul tidak dapat terlepas dari adanya globalisasi, yaitu kondisi ketika orang-orang dan negara-negara di dunia semakin terkait sehingga saling memerlukan dan memengaruhi dalam berbagai bidang. Akan tetapi, tidak semua hal yang berasal dari negara lain dapat diterima di negara sendiri.

Manusia membutuhkan penyesuaian terhadap banyak hal, termasuk penyesuaian terhadap produk-produk di dunia. Selain itu, manusia juga tidak dapat dipengaruhi dengan adat yang tidak ada di sekitar mereka. Penyesuaian ini diperlukan agar masyarakat lokal tetap menjadi bagian dari masyarakat dunia, tetapi tidak kehilangan identitas lokalnya.

Glokalisasi muncul ketika budaya lokal yang dipegang oleh kelompok masyarakat bertemu dengan budaya global yang dibawa oleh sapuan arus globalisasi. Glokalisasi juga terjadi pada banyak bidang di kehidupan manusia, misalnya kuliner, fesyen, teknologi, hingga musik. Adaptasi dari kebudayaan global, tetapi tetap memberikan nuansa lokal adalah langkah yang dilakukan dalam proses glokalisasi.

4. Mengapa terjadi glokalisasi?
Jawaban : Glokalisasi terjadi karena manusia membutuhkan penyesuaian terhadap banyak hal; manusia ingin menjadi bagian dari masyarakat dunia, tetapi tidak ingin kehilangan identitas lokalnya

5. Apa maksud dari pernyataan masyarakat lokal tetap menjadi bagian dari masyarakat dunia, tetapi tidak kehilangan identitas lokalnya?
Jawaban : Masyarakat bisa merasakan dampak globalisasi, tetapi masih tetap dekat dengan nuansa lokal

6. Kapan glokalisasi muncul?
Jawaban : Glokalisasi muncul ketika budaya lokal yang dipegang oleh kelompok masyarakat bertemu dengan budaya global yang dibawa oleh sapuan arus globalisasi

7. Menurutmu, makna dari kalimat manusia tidak dapat dipengaruhi dengan adat yang tidak ada di sekitar mereka adalah …
Jawaban : Makna kalimat tersebut adalah manusia akan susah untuk menerima sesuatu hal yang baru tanpa adanya pengaruh dari kebudayaan yang sudah dipercayainya

Glokalisasi dalam Kehidupan Sehari-hari

Apakah kamu pernah mencicipi Sushi? Makanan yang berasal dari Jepang yang terdiri dari nasi yang dibentuk bersama lauk berupa makanan laut atau ikan, dan sayuran, baik mentah maupun yang sudah dimasak. Pada umumnya, sushi terbuat dari nasi, ikan mentah, dan sayuran. Akan tetapi, apakah kamu pernah tahu jika ada yang mengganti ikan mentah di dalam sushi dengan rendang? Sementara itu, rendang adalah makanan yang berasal dari Sumatera Barat.

Masakannya berupa daging sapi bercita rasa pedas yang menggunakan campuran berbagai bumbu dan rempah-rempah.

Apakah kamu bisa membayangkan jika kedua makanan yang berbeda asal tersebut dijadikan menjadi satu makanan, yaitu Sushi Rendang? Kamu bisa melihat gambarnya di bawah wacana ini.

Dari ketiga gambar tersebut, terlihat bahwa ada proses glokalisasi di dalam makanan Sushi Rendang. Bagian ikan laut di dalam sushi diganti dengan potongan daging rendang.

Toping/ lapisan di atas sushi pun diganti dengan potongan daging rendang. Unik, bukan?

8. Berdasarkan informasi di dalam teks di samping, jelaskan bagaimana Sushi Rendang mengalami proses glokalisasi!
Jawaban : Sushi berasal dari Jepang, sedangkan rendang berasal dari Sumatera Barat. Akan tetapi, kedua makanan tersebut digabungkan.

9. Jika nasi di dalam Sushi Rendang diganti dengan nasi uduk, apakah juga mengalami proses glokalisasi? Jelaskan alasanmu!
Jawaban : Ya. Karena nasi uduk merupakan makanan khas daerah di Indonesia. Jika dibentuk menjadi sushi, berarti sudah menjadi bagian dari kuliner global.

10. Astrina adalah seorang pemilik restoran yang ingin membuat menu baru pasta. Pasta adalah makanan khas Italia yang terbuat dari tepung. Jenis-jenis pasta yang terkenal di Indonesia antara lain spaghetti dan fetucini. 

Pilihlah dua menu pasta dari daftar berikut ini yang dapat menjadi contoh glokalisasi!
  • Pasta Agnolotti : Potongan pasta pipih yang diisi daging atau sayuran, lalu dilipat jadi dua. 
  • Chicken Spaghetti Green : Spaghetti dipadukan dengan cabe ijo, lengkap dengan potongan daging ayam 
  • Great Ravioli : Dua lembar pasta yang tengahnya diisi daging, keju, atau sayur, lalu direkatkan.
  • Spicy Yummy Pasta : Pasta yang lembut dengan sambal matah yang membakar lidah, serta daging bebek yang gurih
Chicken Spaghetti Green
Spicy Yummy Pasta

Selanjutnya untuk kelengkapan 90 soal lainnya, silahkan mengikuti tautan di bawah ini :
  • Download Kumpulan Soal ANBK Literasi SMA Tahun 2023 PDF : UNDUH
  • 100 Soal dan 10 Bab ANBK Literasi SMA 2023 Versi Kemdikbud : UNDUH
Diharapkan pembagian contoh soal asesmen nasional SMA memberikan manfaat untuk guru pengajar dan siswa di hari penyelenggarannya. Informasi resmi sesuai pada SK kemendikbud Ristek Nomor 030/H/PG.00/2023 Tahun 2023 Tentang POS Penyelenggaraan Asesmen Nasional.

Demikian artikel tentang 100 Contoh Soal ANBK Literasi SMA 2023 dan Pembahasan Lengkap. Terima kasih
Ki Hajar Dewantara : “Ing Ngarsa Sung Tuladha Ing Madya Mangun Karsa Tut Wuri Handayani”,- Di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat dan di belakang memberikan kekuatan.