Skip to main content

RPP 1 Lembar Bahasa Indonesia SMK/MAK Kelas X Semester 1 Revisi 2021/2022

RPP 1 Lembar Bahasa Indonesia SMK/MAK Kelas X Semester 1 Revisi 2021/2022
Download RPP 1 Lembar Bahasa Indonesia SMK/MAK Kelas 10 Semester 1 Revisi 2021/2022 - Banyak sekali perubahan atau revisi dari sistem pendidikan di Indonesia, sejak adaya pandemi di tahun 2019 sampai dengan saat ini 2021. 

Salah satunya adalah penyederhanaan susunan RPP menjadi 1 lembar / 1 halaman. Tujuan utamanya untuk menghemat waktu penyusunan, dan menjadikannya lebih efisien, dan efektif untuk kegiatan pembelajaran.

Pengertian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

RPP 1 Lembar Bahasa Indonesia SMK/MAK Kelas X Semester 1

Bicara tentang pengertian RPP, sebagai tambahan informasi saja. Menurut pendapat saya sendiri dan juga referensi dari wikipedia :

RPP adalah rencana pembelajaraan yang disusun oleh masing - masing guru pengajar sesuai dengan mata pelajaran (Bahasa Indonesia) yang mana memiliki tiga komponen inti.
  1. Tujuan Pembelajaran
  2. Kegiatan Pembelajaran
  3. dan Penilaian
Sebagaimana yang diketahui bahwa komponen lama susunan RPP terdiri dari 13 komponen. Yang mana hal tersebut menyebabkan kerugian waktu dan tenaga bagi para guru. Padahal seharusnya waktu tersebut bisa lebih difokuskan pada kegiatan belajar, persiapan, dan evaluasi pembelajaran siswa.

Dalam 1 tahun pelajaran bapak/ibu guru diwajibkan menyerahkan 2 RPP, yaitu semester 1 dan 2. Selanjutnya banyak administrasi lainnya seperti silabus, promes, KKM, prota, dan lainnya.

Maka dari itulah, segera diberlakukan perevisian tentang Penyederhanaan RPP, menjadi 1 Lembar / 1 Halaman demi mempermudah guru.

Penyederhanaaan RPP 1 Lembar diberlakukan dan digunakan tenaga pendidik semenjak dikeluarkannya Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nomor 14 Tahun 2019. 

RPP 1 Lembar Bahasa Indonesia SMK/MAK Kelas X Semester 1


Dari sekian banyak file Administrasi Guru, RPP 1 Lembar Bahasa Indonesia SMK Kelas 10 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2021/2022 merupakan perangkat yang wajib disusun dengan rapi.

Istilah 1 Lembar sebenarnya tidak wajib, yang penting isinya sesuai dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi kepada murid. Tidak ada persyaratan jumlah halaman,- SE Mendikbud No. 14 2019.

Guna memberikan bapak/ibu guru contoh RPP 1 Lembar pada mata pelajaran yang di ambil, admin centralpendidikan.com akan membagikannya untuk mapel Bahasa Indonesia jenjang pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) semester gasal.

Format yang digunakan microsoft word, agar bisa di edit sesuai dengan nama sekolah, kepala sekolah, guru pengajar, dan SMK dimana guru mengajar.

Baiklah, bagi bapak/ibu guru yang ingin mengunduhnya, silahkan klik tautan berikut ini : 
  • RPP 1 Lembar Bahasa Indonesia SMK/MAK Kelas X Semester 1, UNDUH

Download RPP 1 Lembar SMK Lainnya

Sebagai persiapan bagi teman atau kerabat yang memiliki jabatan guru, bisa dibagikan RPP 1 Lembar Kelas 10 Semester 1 mata pelajaran lainnya.
Demikian artikel tentang RPP 1 Lembar Bahasa Indonesia SMK/MAK Kelas X Semester 1 Revisi 2021/2022 yang dibagikan centralpendidikan. Semoga bermanfaat, Terima kasih..
Ki Hajar Dewantara : “Ing Ngarsa Sung Tuladha Ing Madya Mangun Karsa Tut Wuri Handayani”,- Di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat dan di belakang memberikan kekuatan.