EP0Ev1mS2LCYh8oLG2i1SwNllaQCNPsycvvd75zN
Latihan Soal PAS Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester 1 2020/2021 dan Jawabannya

Latihan Soal PAS Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester 1 2020/2021 dan Jawabannya

Dalam beberapa bulan terakhir tepatnya di tahun 2020 Indonesia mengalami perubahan tentang sistem pendidikan yang berubah menjadi daring. Dipastikan dalam waktu dekat di awal semester baru sekolah akan dibuka kembali, walau masih menggunakan sistem pencegahan Covid-19.


Dan untuk mengawali hal tersebut, untuk membantu beberapa kalangan dalam mencari contoh soal PAS yang merupakan ujian resmi pertama di tahun ajaran 2020/2021. Blog kami akan memberikan Contoh soal PAS Bahasa Indonesia kelas 12 semester 1.

Dengan jumlah keseluruhan soal adalah 45 butir soal yang sudah diberikan kunci jawaban lengkap.

Latihan Soal PAS Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester 1 2020/2021 dan Jawabannya

Soal PAS Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester 1

Diharapkan Soal PAS Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester 1 2020/2021 dan Jawabannya ini bisa memenuhi ekspetasi kamu sebagai bahan pembelajaran terkait. 

Langsung saja berikut ini adalah Latihan Soal PAS Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester 1 2020/2021 dan Jawabannya. Selamat mengerjakan..

Cermati paragraf berikut untuk soal nomor 1 dan 2!

(1) Kejadian dalam peristiwa sejarah dianggap sebagai proses atau dinamika dalam suatu konteks historis bukan hanya sekadar peristiwa yang terjadi pada masa lampau. (2) Sejarah termasuk ilmu empiris karena sejarah sangat bergantung pada pengalaman manusia, kerap dimasukkan ke dalam ilmu kemanusiaan, dan berbeda dengan antropologi atau sosiologi. (3) Sejarah membicarakan manusia dari segi waktu, seperti perkembangan masyarakat dari satu bentuk ke bentuk lainnya. (4) Diungkapkan pula kesinambungan yang terjadi dalam suatu masyarakat, pengulangan peristiwa yang terjadi pada masa lampau, dan perubahan yang terjadi dalam masyarakat. (5) Berbagai nilai dan kearifan yang terdapat dalam sebuah peristiwa sejarah itu merupakan sumber kekayaan yang dapat diserap dan diterapkan dalam mempersiapkan masa depan generasi muda.

1. Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada nomor ....
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
e. (5) 

Jawaban : A

2. Makna istilah empiris yang tercetak miring pada kalimat nomor (2) dalam paragraf tersebut adalah ....
a. perbuatan seseorang
b. berdasarkan pengalaman
c. dasar pemantauan
d. kejadian penting
e. melakukan penelitian 

Jawaban : B

Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 3 dan 4!
(1) Melalui teks cerita ulang atau dikenal juga dengan sebutan teks rekon (recount), pengalaman nyata pada masa lalu dapat dibangkitkan atau dihidupkan kembali. (2) Setelah informasi tentang sebuah peristiwa sejarah diperoleh, seseorang dapat mengumpulkan data yang tepat, akurat, serta autentik tentang peristiwa tersebut dari berbagai sumber, baik lisan, tertulis maupun benda-benda yang berkaitan dengan peristiwa sejarah yang dimaksud. (3) Bukti sejarah juga sudah dimuat pada buku sejarah yang ditulis oleh pakar sejarah. (4) Dari buku tersebut dicatat hal yang akan diteliti secara cermat, dibandingkan satu sama lain, dinterpretasikan kemudian direkonstruksi sehingga menghasilkan kisah sejarah yang mudah dipahami. (5) Hal yang demikian itu, semoga menjadi perhatian semua peneliti dalam melakukan sebuah penelitian agar hasilnya sempurna dan akurat.

3. Yang tidak padu pada paragraf tersebut adalah kalimat bernomor ….
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
e. (5) 

Jawaban : B

4. Yang berupa fakta pada paragraf tersebut terdapat pada kalimat bernomor ….
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
e. (5) 

Jawaban : C

Cermati kutipan tajuk rencana berikut untuk menjawab soal nomor 5 - 7!

Di Mentawai, Sumatera Barat, lain lagi yang terjadi. Kepulauan ini memiliki ombak terbaik untuk berselancar. Di dunia ini hanya ada tiga tempat yang memiliki barrel ombak berbentuk terowongan yang dapat ditemui sepanjang waktu: Hawaii, Haiti, dan Mentawai. Namun, pemerintah daerah tidak berdaya. Di sana Resor tumbuh menjamur, tetapi kontribusi mereka kepada pusat seharusnya bisa menaikkan jumlah wisatawan asing yang datang ke negeri ini sehingga perekonomian masyarakat setempat terbantu.

5. Opini penulis yang sesuai dengan isi tajuk rencana tersebut adalah …
a. Ternyata banyak tempat wisatawan yang perlu dibangun ditanah air ini dan harus dilestarikan keindahannya oleh masyarakat setempat dan dibantu oleh berbagai pihak.
b. Tidak selalu dibebankan semuanya kepada pemerintah untuk membangun suatu daerah karena keterbatasan tenaga dan biaya yang tersedia, termasuk mempromosikan objek wisata.
c. Kepedulian pemerintah sangat diharapkan untuk mempromosikan tempat wisata yang belum begitu banyak dikenal agar objek wisata dikenal dan wisatawan banyak berkunjung.
d. Banyaknya tempat wisata yang indah dan menarik di tanah air seharusnya menjadi daya tarik wisatawan dalam negeri (lokal) daripada terdapat objek di luar negeri.
e. Pengelola objek wisata pada suatu daerah, seharusnya dapat meningkatkan daya tarik pengunjung dengan membangun fasilitas yang memadai bagi pengunjung. 

Jawaban : C

6. Pihak yang dituju dalam isi opini penulis pada tajuk rencana tersebut adalah ....
a. masyarakat setempat
b. pengelola wisata
c. wisatawan mancanegara
d. wisatawan lokal
e. pemerintah pusat

Jawaban : A

7. Keberpihakan penulis (editorial) dalam kutipan tersebut adalah ....
a. pemerintah pusat
b. masyarakat setempat
c. pengelola wisata
d. wisatawan mancanegara
e. wisatawan lokal 

Jawaban : B

Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 8 - 9!
Soekarno, sebagai orang Indonesia, telah memberi pengaruh besar terhadap perjalanan sejarah dunia. Oleh sebab itu, dia bisa disebut sebagai salah satu tokoh dunia. Ini yang membuat kita bangsa Indonesia sangat bangga memiliki pemimpin seperti dia.

8. Maksud kata acuan ini yang bercetak miring pada kalimat ke-3 paragraf tersebut adalah ….
a. sebagai salah satu tokoh dunia
b. Soekarno, Presiden Republik Indonesia
c. perjalanan sejarah dunia
d. seorang pemimpin bangsa Indonesia
e. sebagai orang Indonesia 

Jawaban : A

9. Inti kalimat yang tercetak miring pada paragraf tersebut adalah ….
a. Soekarno, sebagai orang Indonesia
b. orang Indonesia, telah memberi pengaruh
c. Soekarno memberi pengaruh terhadap sejarah
d. memberi pengaruh besar terhadap perjalanan
e. terhadap perjalanan sejarah dunia

Jawaban : C

10. Cermati teks berikut!
Tanaman yang ada, terutama yang tumbuh di Indonesia dikenal sebagai bahan ampuh untuk obat dan digunakan sebagai bahan obat-obatan tradisional. Tanaman ini dapat ditemui sehari-hari, seperti kunyit, jahe, jeruk limau yang dapat ditanam di pekarangan rumah. Ketiga tanaman ini dapat mengobati penyakit ringan, seperti batuk, masuk angin, dan panas dalam. Tanaman obat juga dapat dijadikan alternative berobat yang lebih aman dan alami.

Tujuan isi artikel tersebut untuk pembaca adalah …
a. Memberi pengetahuan bahwa tanaman di Indonesia ternyata dapat digunakan sebagai pengobatan penyakit.
b. Memberitahukan bahwa kunyit, jahe, dan jeruk limau termasuk tanaman obat yang dapat menyembuhkan penyakit ringan.
c. Memeroleh cara mengatasi penyakit yang diderita oleh seseorang dengan memberikan obat-obatan ringan tradisional.
d. Membedakan khasiat obat yang dibeli dengan khasiat yang diperoleh dari tanaman obat, seperti kunyit, jahe, dan jeruk limau.
e. Membandingkan dampak-dampak positif obat dari tanaman obat bagi pengguna obat tradisional tersebut.

Jawaban : A

11. Cermati teks berikut!
Kualitas pendidikan di Indonesia masih sangat memprihatinkan. Hal tersebut tercermin, antara lain, dari hasil studi kemampuan membaca untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) yang dilaksanakan oleh organisasi Internasional Education Achievement (IEA) yang menunjukkan bahwa siswa SD di Indonesia berada pada urutan ke-38 dari 39 negara peserta studi. Sementara untuk tingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP), studi untuk kemampuan matematikasiswa SMP sederajat di Indonesia hanya berada pada urutan ke-39 dari 42 negara dan untuk kemampuan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) hanya berada di urutan ke-40 dari 42 negara peserta.

Ide pokok dari paragraf tersebut adalah ….
a. kemampuan membaca
b. kemampuan matematika
c. kualitas pendidikan
d. kemampuan IPA
e. kualitas membaca

Jawaban : C

Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 12 dan 13!
(1) Isi buku tersebut menjelaskan cara mendidik anak dalam rumah tangga. (2) Menurut saya, pola yang diterapkan dalam rumah tangga sangat memengaruhi perkembangan anak, sekalipun dengan cara primitif, otoriter, atau demokratis. (3) Perhatian orang tua terhadap anak sangat diperlukan. (4) Orang tua harus bisa menjadi teladan, komunikasi orang tua dan anak memiliki dampak terhadap perkembangan dan pola pendidikan juga harus memperhatikan tahap perkembangan anak. (5) Perkembangan anak tidak boleh lepas dari pantauan orang tua.

12. Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada nomor …
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
e. (5)

Jawaban : A

13. Makna istilah primitif pada paragraf tersebut adalah ….
a. pelan
b. cepat
c. kuno
d. maju
e. tegas

Jawaban : C

14. Cermati teks berikut!
(1) Pada sebuah cerita ulang biografi, partisipannya adalah manusia yang terlibat pada peristiwa tertentu dalam sejarah. (2) Penganalisaan fakta pelu dicek kembali. (3) Si penulis akan mencatat peristiwa tersebut secara kronologis. (4) Kesistematisan peristiwadalam penulisan harus diperhatikan. (5) Penggunaan kaidah bahasa dalam penulisan harus cermat pula.

Kesalahan penggunaan kata pada paragraf tersebut adalah ….
a. patisipan pada kalimat (1) salah, seharusnya partisipasi
b. penganalisaan pada kalimat (2) seharusnya penganalisisan
c. kronologis pada kalimat (3) seharusnya kronologi
d. kesistematisan pada kalimat (4) seharusnya kesistimatisan
e. kaidah pada kalimat (5) seharusnya kaedah 

Jawaban : B

15. Cermati penggunaan tanda baca pada kalimat dalam paragraf berikut!
(1) Keterlibatan Nelson Mandela dalam politik dimulai, saat dia keluar dari sekolah College of Fort Hare. (2) Namun selama bertahun-tahun, dia menyaksikan bagaimana politik apartheid sangat tidak manusiawi. (3) Keterlibatan inilah, yang kemudian menentukan jalan panjang yang harus dia tempuhnya. (4) Dia, memperjuangkan persamaan hak bagi mayoritas orang kulit hitam di Afrika Selatan. (5) Harapan Mandela untuk berhasil, sangatlah kecil karena selama berabad-abad pemerintah kolonial telah mengonsentrasikan semua kekuasaan politik dan militer.

Penggunaan tanda baca koma (,) yang salah dengan alasan perbaikan yang tepat adalah ....
a. pada kalimat bernomor (1) salah, seharusnya tanda koma dibuang karena sudah perdapat konjungsi saat sebagai pernyataan anak kalimat keterangan waktu
b. pada kalimat bernomor (2) salah, seharusnya tanda koma digunakan setelah kata namun karena penanda konjungsi antar paragraf
c. pada kalimat bernomor (3) salah, seharusnya tanda koma sesudah kata inilah tidak diperlukan karena tidak ada fungsinya
d. pada kalimat bernomor (4) salah, seharusnya tanda koma sesudah kata dia tidak diperlukan karena tidak ada fungsinya
e. pada kalimat bernomor (5) salah, seharusnya tanda koma dipindahkan setelah konjungsi karena. Karena sudah terdapat konjungsi karena sebagai penyataan anak kalimat keterangan sebab 

Jawaban : B

16. Cermati penggunaan tanda baca pada deretan kalimat berikut!
(1) Pada Agustus 1943, kapal yang dipimpinnya dihantam destroyer Jepang .
(2) Kapal terbelah dua, dan dua belas orang awaknya tewas.
(3) JFK, beberapa kru, dan awak kapal yang selamat.
(4) Namun, bantuan tidak kunjung datang sehingga mereka harus berenang.
(5) JFK melakukan tindakan heroik, menyelamatkan jiwa seorang kru yang terluka.
(6) Dia dan krunya akhirnya selamat, setelah ditemukan oleh penduduk asli.

Penggunaan tanda baca yang tepat terdapat pada kalimat bernomor ….
a. (1) dan (2)
b. (2) dan (3)
c. (3) dan (4)
d. (4) dan (5)
e. (5) dan (6) 

Jawaban : C

17. Cermati penulisan judul berikut!
Saya telah membaca buku sistem gotong royong dalam masyarakat pedesaan daerah istimewa Yogyakarta. Isi buku itu untuk salah satu sumber karya ilmiah saya yang sedang saya tulis.

Perbaikan penulisan judul buku tersebut adalah ....
a. Sistem gotong royong dalam masyarakat pedesaan Daerah Istimewa Yogyakarta
b. Sistem Gotong Royong dalam Masyarakat Pedesaan Daerah Istimewa Yogyakarta
c. Sistem Gotong Royong Dalam Masyarakat Pedesaan Daerah Istimewa Yogyakarta
d. Sistem gotong Royong dalam masyarakat Pedesaan Daerah Istimewa Yogyakarta
e. Sistem Gotong Royong dalam masyarakat pedesaan Daerah Istimewa Yogyakarta 

Jawaban : B

18. Cermati paragraf berikut!
Pada 17 Agustus 1945, tidak lama setelah Jepang takluk pada Sekutu, atas desakan para aktivis pemuda yang sempat menculik Soekarno ke Rengas Dengklok, Soekarno dan Hatta ... kemerdekaan Indonesia. Sehari kemudian Soekarno-Hatta diangkat menjadi presiden dan wakil presiden pertama Indonesia.

Istilah yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah
a. memproklamasikan
b. memproklamatorkan
c. pemproklamasian
d. pemproklamiran
e. pemproklamatoran 

Jawaban : A

19. Cermati penggunaan konjungsi (kata penghubung) dalam paragraf berikut!
Di negara sedang berkembang, indeks tingkat kemiskinan yang didefinisikan sebagai proporsi masyarakat dengan pendapatan kurang dari US$ 1 per hari berdasarkan harga prioritas daya beli menurun 28,3% pada tahun 1987 menjadi 24% pada tahun 1998. Dan penurunan angka kemiskinan tidak dapat mengimbangi laju pertumbuhan penduduk, banyak kaum miskin di negara berkembang meningkat sekitar 160 juta antara tahun 1987 dan 1998. Begitu pula pada akhir abad ke dua puluh masalah kemiskinan meningkat pada banyak negara, terutama di Asia Tenggara yang secara langsung berpengaruh pada krisis finansial 1997.

Perbaikan kata konjungsi yang bercetak miring pada kalimat ke-2 paragraf tersebut adalah ….
a. bahwa
b. walau
c. sehingga
d. karena
e. bahkan 

Jawaban : C

20. Cermati deretan kalimat berikut!
Cara Membuat Tape Singkong
(1). Kukus singkong hingga matang, tetapi jangan sampai terlalu lembek, angkat singkong (jangan disentuh karena mengganggu fermentasi).
(2). Kupas dan bersihkan singkong, potong dengan ukuran panjang kira-kira 10-15 cm dan cuci sampai bersih.
(3). Tutup rapat singkong yang sudah ditaburi ragi dengan menggunakan daun pisang, dan tutup kembali menggunakan penutup wadah agar tidak terbuka.
(4). Sediakan wadah yang agak dalam seperti baskom, toples yang agak besar , atau bakul dan alasi dengan menggunakan daun singkong pada bagian dasar serta pinggirannya.
(5). Diamkan selama minimal 2 hari 2 malam, dan setelah itu cek tape dengan menggunakan garpu dan sudah bertekstur lembut , serta mudah ditusuk dengan garpu, berarti tape singkong sudah jadi.
(6). Susun singkong untuk lapisan pertama dengan menggunakan garpu untuk menatanya, taburkan sebagian bubuk ragi, susun lagi singkong untuk lapisan kedua, taburkan lagi ragi, dan seterusnya.

Urutan kalimat tersebut yang tepat sehingga menjadi sebuah paragraf prosedur adalah ….
a. (1), (2), (5), (6), (3), dan (4)
b. (2), (1), (4), (6), (3), dan (5)
c. (3), (1), (4), (2), (6), dan (5)
d. (4), (3), (2), (1), (5), dan (6)
e. (5), (2), (4), (3), (1), dan (6) 

Jawaban : B

Cermati kutipan teks cerita berikut untuk menjawab soal nomor 21 – 24!
”Ayo kita ke pasar,” kata Ibu Nur. ”Kami mau beli kembang, untuk nyekar.”

Kami tinggalkan warung di tepi sungai itu. Becak membawa kami ke pasar. Ibunya Nur membeli dua keranjang bunga rampai dan kami terus ke makam.

Di pemakaman itu kami sulit mencari dua makam ayah dan anaknya, suami dan mertuanya. Kucabut rimbunan semak menyiangi makam. Akhirnya kutemukan makam yang kami cari, R. Soedjatmiko, wafat 31 Agustus 1973. Kutabur bunga rampai. Kusentuh nisan yang bertulis namanya dan kupegang erat pusaranya.

”Maafkan aku Papi… Kutanggalkan ikatan lima ikat rambutan itu, kucampur dengan daun segarnya, kubungkus dengan taplak meja rumah tempat aku kos. Aku tak punya kebun dan pohon rambutan Papi… Maafkan aku membohongimu,” bisikku pelan supaya tidak didengar yang lain.

Wangi bunga rampai semerbak diterbangkan angin mengiring kami keluar dari pemakaman itu meninggalkannya. …

Nyekar, oleh Hamsad Rangkuti

21. Pendeskripsian watak tokoh aku seorang yang pembohong adalah melalui ....
a. dialog tokoh
b. pikiran-pikiran tokoh
c. penjelasan pengarang
d. lingkungan tokoh
e. tanggapan tokoh lain

Jawaban : A

22. Pembuktian bahwa latar dalam cerpen tersebut di pemakaman adalah ....
a. nyekar, kembang, tabur, rambutan
b. keranjang bunga, makam, pohon, nyekar
c. keranjang, pusara, bunga rampai, pohon
d. pohon, daun segar, bungkusan, rambutan
e. nyekar, nisan, pusara, bunga rampai

Jawaban : E

23. Hal yang terdapat dalam kutipan novel yang masih ditemukan dalam kehidupan saat ini adalah ….
a. berbecak
b. berwarung
c. nyekar
d. bernisan
e. mengubur

Jawaban : C

24. Amanat yang terdapat pada kutipan tersebut adalah ...
a. Sebelum melakukan kebohongan, pikirkanlah agar tidak timbul penyesalan kelaknya.
b. Demi kebaikan, sering berbohong tidak menjadi masalah atau diperbolehkan.
c. Kepada orang tua tidak masalah berbohong karena mudah untuk meminta maaf.
d. Akuilah kebohongan apa saja yang pernah dilakukan saat berada di kuburan orang tua.
e. Berusahalah menutupi kebohongan yang telah dilakukan, terutama kepada anggota keluarga.

Jawaban : A

25. Cermatilah paragraf berikut!

Yah, bukan tugas orang tua untuk menguliahi anak-anak yang sudah dewasa dan menikah. Yuliani dan suaminya hanya dapat berdoa dan menyerahkan perjalanan hidup anak-anaknya kepada kemahaarifan Tuhan. Tugas orang tua tidak berbeda dari apa yang dikerjakan Allah yang Mahabijaksana: member iklim, member syarat-syarat kehidupan, dan selanjutnya merestui kemerdekaan mereka. Ah, mungkin kebajikan ikhlas manusia di usia senja ialah sumarah, percaya bahwa Tuhan jauh lebih menjaga dan menuntun anak daripada orang tuanya.

Nilai agama dalam kutipan novel tersebut adalah ....
a. orang tua sangat bertanggung jawab kepada anaknya
b. ikhlas dalam menghadapi cobaan
c. menyerahkan segala-galanya kepada Tuhan
d. bukan tugas orang tua menyekolahkan anak
e. peribadatan yang dilakukan keluarganya

Jawaban : B

26. Cermatilah paragraf berikut!
Kegiatan perpisahan di SMA Wawasan berlangsung haru. Setelah kepala sekolah menyampaikan sambutan pelepasan, semua undangan baik orangtua maupun murid tampak ... . Mereka terharu mendengar nasihat yang disampai kepala sekolah. Kemudian, acara dilanjutkan dengan ... antarsiswa dan guru. Beberapa guru tampak ... rambut para siswa sebagai tanda kasih sayang. Para orangtua tampak bahagia melihat kejadian tersebut.

Kata ulang berimbuhan yang tepat untuk kalimat tersebut adalah ....
a. kaca-mengaca, salam-salaman, mengelus-elus
b. kaca-berkaca, salam-salaman, mengelus-mengelus
c. kaca-berkaca, salam-bersalam, elus-mengelus
d. berkaca-kaca, bersalam-salaman, mengelus-elus
e. berkaca-berkaca, bersalam-bersalam, mengelus-elus

Jawaban : D

27. Cermati data buku berikut!
Ulasan buku karya sastragraha ini tidak mendalam dan tidak teliti karena desakan waktu yang disediakan kepada penulisnya. Buku ini merupakan catatan kesan-kesan pertama seorang pembaca.

Kalimat resensi yang menyatakan kelemahan buku adalah …
a. Penulis buku tidak teliti dan tidak mendalam mengulas masalah.
b. Membaca, menikmati, dan menghayati cerpen Sastragraha tidak sulit.
c. Buku tersebut disusun karena desakan penerbit.
d. Pengarang menceritakan secara mendetail cerpennya.
e. Pengarang dengan leluasa mengungkapkan kesan pertamanya.

Jawaban : A

Kutipan novel berikut untuk soal nomor 28 dan 29. Bacalah dengan cermat!
(1) Belum habis katanya, ia sudah menyimpang mendekati kembang setahun itu. (2) Sambil menunjuk membelai-belai bunga yang segar-segar itu, ia berkata, “Bagaimana engaku tersesat di tengah-tengah rimba ini? Siapakah yang menanammu di sini?” (3) Yusuf datang mendekat pula “Tentulah ada orang membawa kembang setahun kemari, terjatuh atau dibuangkannya di sini setangkai yang sudah tua.” (4) “Bagus benar, bagus benar,” ujar Maria, tiada memperdulikan kata Yusuf, belum puas rupanya mengucapkan kekagumannya melihat kembang itu. (5) “Kalau kita di Jakarta, tentu saya cabut sekaliannya akan di tanam di rumah.” (6) “Tidak usah engkau cabut, ambil saja kembangnya yang tua. Cukuplah itu ditanami!”

(Layar Terkembang)

28. Pendeskripsian watak tokoh Yusuf sebagai orang yang tidak peduli dalam lingkungan sesuai kutipan adalah ....
a. gambaran fisik tokoh
b. jalan pikiran tokoh
c. perilaku tokoh
d. dialog antartokoh
e. pendapat tokoh lain

Jawaban : D

29. Pembuktian latar tempat di hutan dalam kutipan tersebut terdapat pada nomor ....
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
e. (5)

Jawaban : B

Bacalah kutipan cerpen berikut dengan saksama untuk menjawab pertanyaan nomor 30 dan 31!
Teror di pagi buta itu berwujud tas jinjing – sebuah barang yang pernah ditemuinya di gerai khusus di Canton Road, Tsim Sha Tsui, Hongkong. Tas itu dibandrol dengan harga ribuan dolar. Bukan harga itu yang membuatnya jatuh hati. Itu cukup mahal untuk ukuran kantongnya. Tapi karena ia begitu khas, dengan pola tartan, dan warna dasar yang hampir selalu bernuansa khaki – paduan yang dianggapnya paling mewakili sosoknya.

Saat itu, ia ingat, musim dingin baru saja lewat. Ia tengah didera bimbang, mematut-matut tas koleksi terbaru musim semi itu, ketika mendengar suara rendah. “Kamu sudah bekerja keras, sayang. Dan jika suka, kamu berhak memilikinya.” Suara lunak tapi tegas. Ketika ia menoleh, ia menemukan sepasang mata penuh dukungan. Mata yang menentramkan. Diam-diam, hatinya bersorak. Mereka memang pernah menyepakati satu hal: boleh membeli barang yang diinginkan untuk merayakan keberhasilan. Tak terkecuali barang mewah. (Tas Jinjing, Ong hari Wahyu)

30. Keterkaitan watak tokoh ia pada penggalan cerpen tersebut dengan kehidupan sehari-hari adalah ...
a. Seseorang yang suka mengoleksi barang antik.
b. Hidup seseorang yang suka berfoya-foya.
c. Wanita umumnya mengutamakan penampilan.
d. Suka dipuji-puji dan disanjung-sanjung.
e. Menjaga gengsi dengan kemewahan.

Jawaban : B

31. Konflik yang terdapat dalam kutipan tersebut adalah ...
a. Keinginan melawan rasa kantuk di pagi buta.
b. Keinginan yang menggebu-gebu untuk memiliki tas mahal.
c. Kebimbangan istri di musim dingin untuk di luar rumah.
d. Keinginan memiliki tas yang unik untuk dipamerkan.
e. Keraguan antara menuruti kata hati atau kata suami.

Jawaban : E

32. Perhatikan paragraf berikut!
Peradaban bangsa terkait erat dengan karakter positif hasil pendidikan di suatu bangsa. Suatu bangsa akan sukses menggapai kemajuannya jika mayoritas warganya berkarakter positif. Namun sebaliknya, jika mayoritas warganya berkarakter negatif .... Hal ini dikarenakan suatu bangsa yang warganya berkarakter positif sudah memiliki modal dasar untuk menggapai kemajuan peradaban, seperti sifat jujur, mandiri, bekerja keras, patuh pada peraturan, bisa dipercaya, dan lain-lain.

Isian yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang adalah ....
a. bangsa itu sulit membangun peradaban yang baik dan kuat
b. dapat dipastikan bangsa itu tidak bisa maju
c. kemandirian bangsa itu tidak membanggakan
d. kemajuan bangsa itu akan semakin terpacu
e. bangsa itu cenderung melakukan hal-hal menyimpang

Jawaban : A

33. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Bahasa puisi adalah bahasa yang plastis, ambigu, yang dikemas secara intens dan konsens. Intens artinya ..., konsens artinya memusat. Untuk dapat memahami tema, isi, dan pesan sebuah puisi, diperlukan kegiatan perenungan (kontemplasi). Hanya melalui perenungan, seseorang akan ... , menghayati, menilai, sekaligus mengapresiasi (menghargai) puisi. Dari hasil perenungan, ... kemampuan menginterpretasi atau menafsirkan makna/ arti puisi.

Frasa yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah ....
a. tidak mendalam, kurang dipahami, tidak muncul
b. kurang mendalam, cukup memahami, pasti muncul
c. agak mendalam, tidak memahami, belum muncul
d. cukup mendalam, kurang memahami, dapat muncul
e. sangat mendalam, dapat memahami, akan muncul

Jawaban : E

34. Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Sebatang lidi ternyata sangat rapuh, mudah dipatahkan dan dihancurkan. Namun, bila beberapa batang lidi disatukan menjadi seikat sapu lidi, ia akan menjadi sangat kuat dan sulit dipatahkan. Ia juga akan dapat berguna untuk membersihkan halaman yang kotor. Manusia yang hidup seorang-seorang atau secara individu ternyata juga sangat mudah untuk dipengaruhi orang lain. Cita-citanya akan mudah dihancurkan. Namun, bila ia hidup bersatu dengan kelompoknya, ia akan dapat mewujudkan cita-citanya itu karena teman-teman menolongnya. Ia pun tak akan mudah dihasut sehingga kehidupannya akan tetap tenang dan sentosa. Sekelompok manusia yang bersatu akan mudah menghalau orang-orang jahat yang ada di sekitarnya. ...

Kalimat simpulan analogi yang tepat untuk paragraf tersebut adalah ...
a. Jelaslah, bahwa sebatang lidi yang mudah dipatahkan sama dengan manusia yang individualistis.
b. Jadi, sekelompok manusia yang bersatu dapat disamakan dengan fungsi sapu lidi membersihkan kotoran.
c. Jadi, cita-cita manusia tidak akan mudah dipatahkan bila manusia itu meniru sifat sapu lidi.
d. Jelaslah, bahwa persatuan yang kuat pada manusia dapat diibaratkan dengan seikat sapu lidi.
e. Jadi, sapu lidi merupakan kumpulan lidi yang sulit dipatahkan atau dihancurkan manusia.

Jawaban : D

35. Cermati paragraf berikut!
Mahir membaca mengandung makna melampaui kemampuan membaca bunyi teks. Mahir membaca adalah mahir memahami makna wacana bacaan secara mendalam disertai dengan kemampuan menafsirkan konteks dari wacana tersebut. Mahir membaca adalah memahami karakter wacana. Mahir membaca berarti mampu memahami kosa kata yang dipakai dalam teks.

Simpulan generalisasi yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ...
a. Seseorang yang mahir membaca akan mudah memahami dan menghayati isi wacana.
b. Orang yang mahir membaca adalah orang yang mampu menguasai banyak informasi.
c. Seseorang yang mahir membaca pasti banyak membaca berbagai informasi.
d. Orang yang mahir membaca akan melahirkan kritik yang berguna.
e. Dengan kemahiran membaca dapat melahirkan gagasan-gagasan baru.

Jawaban : A

36. Cermati silogisme berikut!
PU : Setiap manusia adalah makhluk sosial
PK : Kisman adalah manusia
S :

Simpulan yang tepat dari silogisme tersebut adalah ...
a. Kisman adalah makhluk sosial .
b. Kisman adalah seorang manusia.
c. Kisman juga manusia sosial.
d. Kisman termasuk manusia dan makhluk sosial.
e. Kisman bukan manusia sosial.

Jawaban : A

37. Cermati silogisme berikut!
PU:Semua siswa yang rajin dan cerdas pasti berprestasi
PK : Sophia adalah siswa yang rajin dan cerdas
K : Sophia pasti berprestasi

Entimem yang tepat dari silogisme tersebut adalah ...
a. Sophia bukan siswa rajin dan cerdas yang berprestasi.
b. Orang rajin dan cerdas seperti Sophia adalah siswa berprestasi.
c. Sophia adalah siswa yang rajin dan cerdas karena dia siswa berprestasi.
d. Sophia pasti berprestasi karena ia siswa yang rajin dan cerdas.
e. Semua siswa rajin dan cerdas akan menjadi siswa berprestasi. 

Jawaban : C

38. Perhatikan paragraf rumpang berikut!
Panjat tebing merupakan aktivitas yang cukup ... Dalam panjat tebing dikenal istilah bouldering. Bouldering merupakan pemanjatan rute pendek pada alam, tingginya kurang lebih tiga meter tanpa tali pengaman. Rute pemanjatan ini biasanya ... atau menyamping. Pengaman yang digunakan biasanya berupa ... empuk supaya ketika pemanjat terjatuh saat memanjat tidak sakit.

Kata baku tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
a. ekstrim, horizontal, materas
b. ekstrem, horizontal, matras
c. ekstrem, horisontal, matras
d. ekstrim, horisontal, materas
e. ekstrim, horizontal, matras

Jawaban : B

39. Perhatikan paragraf rumpang berikut!
Puncak Jayawijaya atau di dunia dengan nama Piramida Carstenz memiliki suhu hingga nol derajat celcius, bahkan bisa minus pada kondisi-kondisi tertentu. Di puncak Jayawijaya oksigen .... didapatkan. Puncak Jayawijaya merupakan tujuan trakking yang .... karena memiliki medan terjal dan berbahaya. Namun, itu semua akan terbayarkan dengan pemandangan alam yang disuguhkan oleh gunung tersebut. Keindahan pemandangan menjadi kebanggaan tersendiri bagi para trakker jika bisa sampai di Piramida Carstenz.

Frasa tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah ....
a. tidak sulit, kurang menantang
b. tidak sulit, lebih menantang
c. sangat sulit, sangat menantang
d. sangat sulit, tidak menantang
e. lebih sulit, sangat mennatang

Jawaban : C

40. Perhatikan paragraf rumpang berikut!
Batik Solo Trans yang identik dengan warna biru dan motof-motof batik ini .... pada 1 September 2010. Hadirnya Batik Solo Trans di kota bengawan ini disambut baik oleh masyarakat Solo. Batik Solo Trans ini menjadi alat transportasi alternatif yang mudah dan nyaman bagi mereka untuk bepergian di dalam kota. Batik Solo Trans didesain lebih luas daripada bus kota, sehingga penumpang leluasa saat .... di dalam Batik Solo Trans. Jangan khawatir bila Anda harus berpanas-panas saat menunggu Batik Solo Trans. Setelah Anda masuk, di dalamnya ada pendingin udara yang siap .... tubuh Anda.

Kata berimbuhan tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah ....
a. meluncurkan, dikendarai, disejukkan
b. diluncurkan, berkendara, menyejukkan
c. diluncurkan, dikendarai, disejukkan
d. meluncurkan, berkendara, menyejukkan
e. meluncurkan, mengendarai, disejukkan

Jawaban : B

41. Perhatikan paragraf rumpang berikut!
Dengan menutupi wajah dan identitasnya, dua korban ... dokter kecantikan gadungan JS datang ke Polres Jakarta Selatan. Wajah mereka kini memerah, bernanah, dan merugi uang hingga Rp20 juta. Tiga korban lainnya saat ini bahkan tengah menjalani perawatan di rumah sakit dengan berbagai komplikasi. Tindakan ini dalam hukum sering diartikan suatu jenis kelalaian dalam ... profesional yang berlaku umum, dan pelanggaran atas tugas yang menyebabkan seseorang menderita kerugian.

Kata serapan tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah ....
a. malpraktik, standar
b. malpraktek, standart
c. malapraktek, standar
d. malapraktik, standar
e. malapraktik, standart

Jawaban : D

42. Bacalah petunjuk berikut!
Petunjuk Membuat Kerupuk Stroberi
(1). Siapkan stroberi segar, lalu potong-potong dan blender stroberi hingga halus.
(2). ...
(3). Haluskan bawang putih dan campurkan ke sari air stroberi tersebut.
(4). Masukkan juga bahan tepung tapioka, tepung terigu, dan garam.
(5). Setelah semua tercampur, aduk hingga rata, dan jangan terlalu lembek hingga menjadi adonan kerupuk stroberi.
(6). Kemudian, bentuklah adonan menjadi bentuk lonjong bulat dan kota.
(7). Potong tipis-tipis adonan yang sudah dibentuk tersebut.
(8). ...
(9). Setelah kering, gorenglah kerupuk stroberi dengan api sedang.
(10). Kerupuk stroberi siap disajikan.
Kalimat tepat untuk melengkapi petunjuk rumpang tersebut adalah ...
a. (2) Masukkan stroberi dan aduk terus hingga mengental.
(8) Tempatkan adonan ke loyang datar, kemudian ratakan hingga setebal 1 cm.
b. (2) Saringlah stroberi yang telah diblender dan ambil sari airnya.
(8) keringkan dan jemur adonan tipis tersebut di bawah terik matahari.
c. (2) Rebus di atas api kecil agar adonan menyatu dan tunggu hingga kental.
(8) Keringkan dan jemur adonan tipis tersebut di bawah terik matahari.
d. (2) Saringlah stroberi yang telah diblender dan ambil sari airnya.
(8) Tempatkan adonan ke loyang datar, kemudian ratakan hingga setebal 1 cm.
e. (2) saringlah stroberi yang telah diblender dan ambil sari airnya.
(8) Potong-potong berbentuk kotak ukuran 1x2 cm, gulingkan di atas gula pasir.

Jawaban : B

43. Cermati paragraf berikut!
Saya terdiam lagi. Menghela napas sejenak dan menyedot coca cola dingin. Mencoba mencari jawaban yang menghibur. Terlanjur .... ditawari menjadi manajer. Tak mudah untuk menutupi rasa girang saya.

Ungkapan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ....
a. hatiku berbunga-bunga
b. bermata dua
c. berpangku tangan
d. patah hati
e. berlapang dada

Jawaban : A

44. Cermati paragraf berikut!
Kanita baru mulai bekerja dan mendapat gaji yang memuaskan. Akan tetapi, ia sangat boros dan tidak bisa mengatur pengeluaran. Setiap bulan gajinya tidak pernah bersisa. Bahkan kekurangan. Ibunya sudah sering menasihatinya agar berhemat dengan menabungkan sebagian gajinya setiap bulan. Tabungan itu kelak dapat dipergunakan bila suatu ketika kehabisan uang.

Peribahasa yang sesuai dengan nasihat ibu dalam paragraf tersebut adalah ...
a. Di mana bumi dipijak, disitu langit dijunjung.
b. Lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya.
c. Ada jangan dimakan, kalau tak ada, baru dimakan.
d. Sekali merengkuh dayung, dua, tiga pulau terlampaui.
e. Tak kayu jenjang dikeping, tak emas bungkal diasah.

Jawaban : C

45. Bacalah kutipan berikut!
(1) Hasil ujian menentukan kualitas seseorang. (2) Dengan sendirinya menentukan kualitas pendidikan dalam suatu Negara. (3) Kualitas pendidikan dalam suatu Negara menentukan kualitas sumber daya manusia dalam Negara itu. (4) Jadi, ujian akhir yang diadakan di sekolah-sekolah merupakan keharusan karena menentukan standar pendidikan di Negara itu. (5) Di samping itu, perguruan swasta telah menentukan standar nilai calon mahasiswa yang dapat diterima di perguruan tersebut.

Fakta pada paragraf tersebut terdapat pada kalimat bernomor ….
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
e. (5)

Jawaban : E

Demikian artikel tentang Soal PAS Bahasa Indonesia Kelas 12 Semester 1 2020/2021 dan Jawabannya.. Semoga bermanfaat
Baca Juga
SHARE
Fendi
Selesaikan Apa yang sudah kamu mulai.. ~Marekno opo sg wis sampean lekasi (jawa)

Related Posts

Subscribe to get free updates

Posting Komentar