Skip to main content

Soal UAS/PAS Bahasa Indonesia SMP Kelas 8 Semester 1 2023/2024, ONLINE

Soal UAS/PAS Bahasa Indonesia SMP Kelas 8 Semester 1 2023/2024, ONLINE
Centralpendidikan.com | Di kesempatan kali ini, kami akan membagikan contoh soal latiha Soal PAS Bahasa Indonesia SMP Kelas 8 Semester 1 Tahun Pelajaran 2023/2024 ONLINE. Yang bisa kamu gunakan sebagai referensi dalam pembuatan naskah soal asli yang bakalan diujikan kepada anak didiknya kelak.

Keseluruhan soal berjumlah 50 butir, dalam pemformatan soal pilihan ganda. Dan juga soal PAS Bahasa Indonesia kelas 8 ini bisa kamu pelajari secara online dan langsung di dalam postingan kami.

Soal UAS/PAS Bahasa Indonesia SMP Kelas 8 Semester 1 2023/2024, ONLINE

Soal UAS/PAS Bahasa Indonesia SMP Kelas 8 Semester 1

1 Cermati kutipan teks berita berikut!
Teks 1
Banjir kembali melanda Pantura Jawa Timur. Hal itu disebabkan meluapnya Bengawan Solo akibat tanggul di desa Tegalsari, Kecamatan Widang, Tuban, jebol. Peristiwa itu juga merenggut dua korban jiwa. Itulah yang disampaikan Camat Widang, Dwijono.

Teks 2
Secara tingkatan perkembangan kepribadian anggotanya, Pramuka dibagi menjadi beberapa tingkat, yaitu Siaga, Penggalang, Penegak, Pandega, dan Pembina.
Kutipan berita tersebut merupakan informasi di bidang ....
A. Teks 1: ekonomi Teks 2: peristiwa alam 

B. Teks 1: politik Teks 2: sekolah
C. Teks 1: peristiwa alam Teks 2: pendidikan
D. Teks 1: ekonomi Teks 2: sosial

2  Bacalah teks berikut! 
―Banjir merendam ratusan permukiman dan lahan pertanian di Kecamatan Limboto, Limboto Barat dan Tibawa,‖ kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangannya kepada wartawan, Sabtu.

Dia mengatakan hujan yang sangat tinggi menyebabkan Sungai Marisa yang melintasi wilayah Limboto Barat, Sungai Moloupo melintasi wilayah Limboto, dan Sungai Monggelomo yang melintasi wilayah Kecamatan Tibawa meluap.

Banjir, kata dia, merendam sembilan kelurahan atau desa di tiga kecamatan yaitu Kecamatan Limboto (Kelurahan Tenilo, Bolihuangga, Hunggaluwa, Bongohulawa dan Kayumerah), Kecamatan Limboto Barat (Desa Haya-Haya, Yosonegoro, Pone) dan Kecamatan Tibawa (Desa Datahu). Tinggi banjir berkisar 50-200 sentimeter.

Kalimat tanya yang sesuai untuk paragraf tersebut adalah ....
A. Siapa yang memberikan kronologi kejadian terjadinya banjir di Sungai Moloupo? 
B. Bagaimana keadaan pemukiman dan lahan pertanian di Kecamatan Limboto?
C. Mengapa Sungai Moloupo meluap melintasi wilayah dan Kecamatan Tibawa? 
D. Kapan banjir merendam sembilan kelurahan atau desa di tiga kecamatan?

Bacalah puisi berikut! ANAK YANG ANGKUH Karya W.S. Rendra
Betapa dinginnya air sungai
Dinginnya! Dinginnya!
Betapa dinginnya daging duka
Yang membaluti tulang-tulangku
....

3 Puisi tersebut menimbulkan imajinasi ....
A. imajinasi taktil
B. imajinasi visual 
C. imajinasi auditif
D. imajinasi pencecap

4 Cermati kutipan teks berita berikut!

Teks 1
Las Vegas - Pria bersenjata yang melakukan penembakan massal di Las Vegas melepaskan tembakan ke penjaga keamanan sebelum menghujani kerumunan penonton konser. Menurut para pejabat pada Senin mengenai perubahan linimasa penembakan massal paling mematikan dalam sejarah modern Amerika Serikat itu.

Teks 2
Terjadi kecelakaan Kereta Api Ekonomi Bengawan jurusan Solo – Tanah Abang di Dusun Gununglurah, Rancamaya, Banyumas. Peristiwa itu menelan korban 5 penumpang tewas dan lebih 100 orang luka-luka. Peristiwa naas itu terjadi Selasa (16/1) dini hari.

Kutipan berita tersebut merupakan informasi di bidang ....
A. Teks 1: politik Teks 2: peristiwa alam 

B. Teks 1: ekonomi Teks 2: pendidikan
C. Teks 1: peristiwa alam Teks 2: sekolah
D. Teks 1: kriminalitas Teks 2: transportasiCermati kutipan teks berita berikut! 
Teks 1
Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengimbau kepada pengendara dari Jabodetabek yang hendak berkunjung ke Puncak agar berangkat sebelum pukul 13.00 menjelang tahun baru. Hal ini berkaitan dengan rencana penutupan jalur menuju Puncak sejak pukul 13.00. Imbauan ini, sebelumnya sudah disosialisasikan ke sejumlah hotel, penginapan, dan warga setempat.

Teks 2
Untuk menghindari kemacetan di jalur wisata Puncak, Polisi sudah menyediakan jalur alternatif. Kasat Lalu Lintas Polres Bogor mengharapkan para Pelancong dengan tujuan Puncak Cisarua agar mengusahakan tiba di tujuan sebelum pukul 13.00 WIB. Ini berkaitan dengan rencana pemberlakuan arus lalu lintas satu jalur.

Unsur-unsur kedua teks berita tersebut adalah ... 
A. teks I diawali siapa, teks II diawali mengapa. 
B. teks I diawali apa, teks II diawali bagaimana.
C. teks I diawali mengapa, teks II diawali bagaimana. 
D. teks I diawali apa, teks II diawali mengapa.

6 Cermati kutipan teks berita berikut!
Teks 1
Pengamat penerbangan Chappy Hakim menilai kasus hilangnya pesawat Boeing 737 seri 400 milik maskapai Adam Air bisa disebabkan faktor teknis dan nonteknis. Faktor tersebut bisa karena kurangnya perawatan dari maskapai penerbangan tersebut sampai diabaikannya beberapa aturan dan regulasi.

Teks 2
Kepala Staf TNI AU (KSAU) Marsekal TNI Herman Prayitno menyebut tiga faktor penyebab hilangnya Adam Air, yaitu lemahnya manajemen, tidak dimilikinya alat pendeteksi, serta kelalaian manusia. ―Kesalahan di manajemen bisa menyebabkan kesalahan manusia, engine, dan cuaca,‖ ujarnya di Jakarta.
Persamaan informasi yang dibahas dalam kedua teks tersebut adalah . . . . 
A. tiga faktor penyebab kecelakaan pesawat
B. jumlah korban kecelakaan pesawat
C. penyebab hilangnya pesawat Adam Air
D. dua faktor penyebab kecelakaan Adam Air

7 Kami bicara padamu dalam hening di malam sepi
Jika dada rasa hampa dan jam dinding yang berdetak
Kata bercetak miring dalam penggalan puisi tersebut mengandung imajinasi .... 
A. imajinasi taktil
B. imajinasi visual 
C. imajinasi auditif
D. imajinasi pencecap

8 Pahami informasi berikut, jika perlu catatlah gagasannya!


Teks berita yang tepat berdasarkan informasi tersebut adalah . . .

A. Hingga saat ini ribuan petani tembakau yang tergabung dalam Koalisi Nasional Penyelamat Kretek atau KNPK Jawa Tengah melakukan unjuk rasa. Para petani berunjuk rasa dengan aksi turun ke jalan dan menutup Jalan Waleri. Aksi tersebut dilakukan oleh petani tembakau karena ketidakpuasan para petani tembakau terhadap kebijakan pemerintah yang membatasi produksi rokok kretek.
B. Petani tembakau yang tergabung dalam Koalisi Nasional Penyelamat Kretek atau KNPK Jawa Tengah, melakukan unjuk rasa pada Kamis (22/12/2018). Para petani berunjuk rasa dengan aksi turun ke jalan dan menutup Jalan Waleri, Kendal. Aksi tersebut dilakukan oleh pemerintah yang kurang memperhatikan nasib mereka karena kebijakan pembatasan produksi rokok kretek
C. Koalisi Nasional Penyelamat Kretek atau KNPK Jawa Tengah, melakukan unjuk rasa. Unjuk rasa dilakukan pada Kamis (22/12/2018). Unjuk rasa dilakukan oleh petani tembakau karenaketidakpuasan para petani tembakau terhadap kebijakan pemerintah yang membatasi produksi rokok kretek. (Jalan Waleri, Kendal)
D. Ribuan petani tembakau yang tergabung dalam Koalisi Nasional Penyelamat Kretek atau KNPK Jawa Tengah, Kamis (22/12/2018), melakukan unjuk rasa. Para petani berunjuk rasa dengan aksi turun ke jalan dan menutup Jalan Waleri, Kendal. Aksi tersebut dilakukan oleh petani tembakau karena ketidakpuasan para petani tembakau terhadap kebijakan pemerintah yang membatasi produksi rokok kretek

9 Usaha manajemen Sriwijaya FC (SFC) untuk mendapatkan striker Budi Sudarsono tinggal selangkah lagi. Kesepakatan harga sudah dicapai, tinggal menunggu tanda tangan kontrak. Budi akan dikontrak selama setengah musim atau hingga putaran kedua Liga Super berakhir. Meskipun demikian, manajemen SFC tidak akan melakukan pencoretan pemain lama.

Informasi yang merupakan isi teks berita tersebut adalah ... 
A. Manajemen SFC mendapatkan Budi Sudarsono.
B. Harga kontrak tidak disepakati SFC dan Budi Sudarsono. 
C. Budi Sudarsono akan dikontrak SFC setengah musim.
D. Budi Sudarsono telah menandatangani kontrak dengan SFC.

10 Striker Flamengo yang juga mantan bintang Inter Milan, Adriano, mengaku bahwa ia masih terus mendapat tawaran kembali berlaga di Eropa. Andriano kembali memiliki karier yang gemilang di lapangan hijau setelah terpuruk di Inter dengan mengantar Flamengo menjadi juara Liga Brasil akhir pekan lalu. Penampilan gemilang si Kaisar itu membuatnya kembali dilirik sejumlah klub di benua biru. ―Saya tak menyangkal mendapat banyak tawaran, tetapi yang terpenting adalah kebahagiaan dan bukan uang. Sebelum mengambil keputusan, saya akan berpikir panjang dan membicarakannya dengan beberapa teman, ― ungkapnya.

Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah ... 
A. Saat ini Adriano tetap menjadi pemain di Inter Milan.
B. Adriano dikenal kembali setelah kemenangan Flamengo di Liga Brasil. 
C. Adriano langsung menerima tawaran dari sejumlah klub di Eropa.
D. Flamengo telah beberapa kali memenangkan kejuaraan di Eropa dan Amerika.

11 Bacalah kutipan teks berita berikut ini!
Ketika Pemerintah Arab Saudi menambah kuota haji, sebanyak 106 calon jemaah haji Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, mereka justeru mengundurkan diri berangkat ke Tanah Suci pada 2019. Penyebab mereka mengundurkan diri karena berbagai alasan salah satunya tentang pengurusan paspor yang perlu dirubah datanya.

Kata yang kurang tepat penggunaan ejaannya adalah....
A. kuota
B. jemaah
C. paspor
D. dirubah
12 Bacalah kutipan teks berikut ini!
Minggu ini kelompok diskusi kami mendapat tugas untuk mengisi kolom berita pada majalah dinding. Suatu kebetulan, kemarin di aula kantor Depdiknas Provinsi Kalimantan Selatan berlangsung pameran karya inovasi ilmiah tingkat SMP yang diadakan dalam rangka menyambut Hardiknas tersebut dibuka oleh Gubernur dan Kepala Daerah.

Teks berita dibawah ini yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah…
A. Bertepatan dengan Hardiknas, siswa-siswa SMP di seluruh provinsi se-Kalimantan Selatan mengadakan pameran inovasi ilmiah, sains dan teknologi tingkat SMP se- Kalimantan Selatan. Acara ini juga dihadiri oleh Gubernur dan pejabat negara. mengekspresikan kreativitas, komunikasi antar sekolah, serta perkembangan Iptek.B. Bertepatan dengan Hardiknas, siswa-siswa SMP seluruh provinsi se-Kalimantan Selatan mengadakan pameran inovasi ilmiah, sains dan teknologi tingkat SMP se- Kalimantan Selatan. Acara ini juga dihadiri oleh Gubernur dan pejabat yang terkait.C. Siswa-siswa se-provinsi Kalimantan Selatan mengikuti acara pameran karya inovasi ilmiah, sains dan teknologi tingkat SMP se-provinsi Kalimantan Selatan. Acara ini digunakan, sebagai sarana mengekspresikan kreativitas, komunikasi antar sekolah, serta perkembangan Iptek. Hasil karya-karya mereka banyak menarik perhatian.D. Betepatan dengan Hardiknas, Depdiknas Provinsi Kalimantan Selatan mengadakan pameran inovasi ilmiah, sains dan teknologi tingkat SMP se-Kalimantan Selatan. Acara ini juga dihadiri oleh gubernur dan kepala daerah.

13 Penyebab kecelakaan lalu lintas di jalan raya terutama kesalahan para pemudik biasa kurang sabar. Mereka sering mengebut dan ingin mendahului. Mengantuk juga salah satu penyebab kecelakaan. Jarak yang ditempuh kendaraan terlalu jauh akan mengakibatkan sopir lelah dan mengantuk sehingga mudah tabrakan dengan kendaraan lain. Kejadian kecelakaan di Jalur Pantura adalah salah satu bukti. Tepat pada H-2 sebuah truk yang dikendarai Sumartono (42) menghantam Avanza yang melaju dari arah yang berlawanan. AKBP Syamsuri berasumsi,

―Pengendara kelelahan karena menempuh Surabaya-Jakarta.‖
Kalimat tanggapan terhadap isi berita tersebut adalah .... 
A. Bisa menemukan jawaban kata tanya ―siapa‖
B. Terdapat banyak kata tidak baku
C. Jawaban dari kata ―bagaimana‖ tidak ada
D. Belum menyertakan kata kerja mental

14 Pelabuhan Merak dipadati oleh truk-truk pengangkut barang nonsembako pada sepuluh hari menjelang lebaran, Sabtu (15/11). Kondisi tersebut disebabkan adanya larangan melintas baik truk nonsembako pada tanggal 21-25 November.

Berdasarkan teks berita tersebut, struktur yang digunakan adalah bagian….
A. Tubuh berita C. Ekor berita
B. Kepala berita D. Judul berita

15 Saksi mengatakan bahwa dirinya dan korban sedang berbincang-bincang.
Jika kalimat tak langsung tersebut diubah menjadi kalimat langsung menjadi .... 
A. Saksi mengatakan, "Kita sedang berbincang-bincang."
B. Saksi mengatakan, "Kami sedang berbincang-bincang."
C. Saksi mengatakan, " Dirinya dan korban berbincang-bincang " 
D. Saksi mengatakan, "Bahwa kalian sedang berbincang-bincang "

Perhatikan teks berita berikut ini!
Banjir kembali melanda Kecamatan Kelua. Hal ini terjadi pada hari Kamis 12 Oktober 2017. Ini merupakan yang pertama kalinya di tahun ini. Banjir diakibatkan terjadinya hujan selama tiga hari berturut-turut di daerah hulu. Beberapa persawahan terendam air yang mengakibatkan terjadinya gagal panen. Walau tidak menelan korban jiwa tapi kerugian yang akibatkan oleh banjir sangat merugikan masyarakat.

16 Unsur ―bagaimana‖ pada kutipan berita tersebut adalah …. 
A. Banjir kembali melanda Kecamatan Kelua
B. Kamis 12 Oktober 2017
C. Banjir diakibatkan oleh hujan selama tiga hari
D. Beberapa persawahan terendam air

17 Perhatikan teks berita berikut ini!
Senin, 22 Oktober tadi pagi bus penumpang dari Banjarmasin—Balikpapan masuk parit di wilayah Kasiau. Kecelakaan diduga disebabkan terlepasnya ban depan sehingga menabrak tiang listrik lalu masuk parit. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Karena benturan bus tidak terlalu kuat. Saat ditemui di lokasi kejadian kepala Organda Cabang Balikpapan menuturkan penyebab pasti kecelakaan itu beberapa kemungkinan, antara lain faktor bus, pemasangan ban depan, dan factor teknis lain.

Informasi teks berita tersebut adalah....
A. Telah terjadi kecelakaan bus penumpang Banjarmasin—Balikpapan akibat lepasnya ban depan namun tidak ada korban jiwa
B. Bus penumpang Balikpapan mengalami kecelakaan pada hari Senin yang mengakibatkan korban jiwa
C. Kecelakaan terjadi pada bus penumpang karena sopir mengantuk dan memaksakan diri untuk menyupir
D. Organda Cabang Balikpapan dapat memastikan secara pasti apa penyebab dan akibat kecelakaan itu

18 ―Polisi dan warga berdatangan menolong saya,‖ kata korban.
Jika kalimat tersebut diubah menjadi kalimat tidak langsung, maka akan menjadi .... 
A. Korban berkata bahwa dirinya berdatangan menolong korban
B. Korban mengatakan bahwa polisi dan warga menolongnya 
C. Korban mengatakan bahwa warga dan polisi menolong saya 
D. Korban berkata bahwa polisi menolong warga dan dirinya

19 Bacalah teks berikut!
―Banjir merendam ratusan permukiman dan lahan pertanian di Kecamatan Limboto, Limboto Barat dan Tibawa,‖ kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangannya kepada wartawan, Sabtu.

Dia mengatakan hujan yang sangat tinggi menyebabkan Sungai Marisa yang melintasi wilayah Limboto Barat, Sungai Moloupo melintasi wilayah Limboto, dan Sungai Monggelomo yang melintasi wilayah Kecamatan Tibawa meluap.

Banjir, kata dia, merendam sembilan kelurahan atau desa di tiga kecamatan yaitu Kecamatan Limboto (Kelurahan Tenilo, Bolihuangga, Hunggaluwa, Bongohulawa dan Kayumerah), Kecamatan Limboto Barat (Desa Haya-Haya, Yosonegoro, Pone) dan Kecamatan Tibawa (Desa Datahu). Tinggi banjir berkisar 50-200 sentimeter.

Mengapa Sungai Marisa, Sungai Moloupo, dan Sungai Monggelomo meluap? 
A. Karena warga membuang sampah sembarangan
B. Karena warga tidak menjaga keletarian sungai
C. Karena terjadi penebangan hutan di lereng
D. Karena curah hujan yang sangat tinggi

20 Penyebab kecelakaan lalu lintas di jalan raya terutama kesalahan para pemudik biasa kurang sabar. Mereka sering mengebut dan ingin mendahului. Mengantuk juga salah satu penyebab kecelakaan. Jarak yang ditempuh kendaraan terlalu jauh akan mengakibatkan sopir lelah dan mengantuk sehingga mudah tabrakan dengan kendaraan lain. Kejadian kecelakaan di Jalur Pantura adalah salah satu bukti. Tepat pada H-2 sebuah truk yang dikendarai Sumartono (42) menghantam Avanza yang melaju dari arah yang berlawanan. AKBP Syamsuri berasumsi,

―Pengendara kelelahan karena menempuh Surabaya-Jakarta.‖

Kata kerja mental yang terdapat pada teks tersebut adalah ....
A. Kurang sabar
B. mengantuk 
C. berasumsi
D. kelelahan

21 Bacalah iklan berikut!
DIBUTUHKAN SEGERA
(1) Sales Supervisor (min. SMA, Pengalaman 2 th) 
(2) Team Leader (min SMA, Pengalaman th)
(3) Driver (SIM B1, min. SMA, Pengalaman th)
(4) Wilayah Jabodetabek kirim lamaran
(5) PT. Indofood Sukses Makmur Tbk
(6) Jl. Meruya Ilir Utara 1-3 Kav. DKI Jakarta Barat.

Penjelasan kalimat (4) pada iklan tersebut adalah . . . 
A. Iklan diterbitkan di wilayah Jabodetabek.
B. PT yang memerlukan karyawan berada di Jabodetabek.
C. Iklan diperuntukkan kepada yang berdomisili di Jabodetabek. 
D. Cara mengirim lamaran ke Jabodetabek.

22 Bacalah iklan berikut!
Ingin bayi sehat! 
POSYANDU aja
Solusi tepat balita Anda

Maksud iklan tersebut adalah.... 
A. Ajaran mendirikan posyandu 
B. Ajakan membantu posyandu
C. Ajakan membawa balita ke posyandu
D. Ajakan menyehatkan bayi/balita

23 Perhatikan iklan berikut!
(1) Kunjungilah pameran Buku Kiat Ujian! 
(2) Peluang nilai ujian maksimal
(3) Harga buku murah terjangkau
(4) Pameran tanggal 2 Februari s.d. 10 Februari 2016 di Aula Serba Belajar. Pernyataan yang berupa fakta pada iklan tersebut adalah . . . .
A. (1)
B. (2) 
C. (3)
D. (4)

24 Perhatikan iklan berikut!
(1) Pameran buku di kota Anda
(2) Berbagai jenis buku dipamerkan
(3) Mutu dan harga bersaing
(4) Buka pukul 08.00 s.d.20.00 di Balai Agung

Penjelasan kalimat iklan (2) yang tepat adalah ….
A. Buku pengetahuan anak sekolah banyak dipamerkan
B. Buku sampai yang tipis sampai yang tebal dipamerkan
C. Buku yang dipamerkan berbagai bidang ilmu
D. Harga buku yang dipamerkan bervariasi

25 Ini merupakan bagian akhir dari sebuah teks eksposisi yang berupa penguatan kembali atas pendapat yang telah ditunjang oleh fakta-fakta dalam bagian argumentasi. Disebut apa struktur teks eksposisi yang dimaksud ....
A. Tesis
B. Argumentasi
C. Contoh
D. Penegasan ulang

26 Bacalah paragraf berikut!
Keunggulan obat tradisional, jika dibandingkan dengan obat modern, lebih aman, dan ekonomis.

Nomina dasar yang terdapat pada kalimat tersebut adalah... 
A. keunggulan
B. jamu
C. obat
D. tradisional

27 Perhatikan kutipan di bawah ini!
―Indonesia diperkirakan memiliki sekitar 90 juta orang yang berada di kelompok consuming class.‖
Nah, terbukti kan bahwa fakta tadi mendukung tesis sang penulis.

Jika dalam teks eksposisi kutipan tersebut termasuk dalam bagian struktur …
A. Tesis
B. Argumentasi 
C. Contoh
D. Fakta

28 Pola paragraf yang topik utama terletak di akhir paragraf disebut…
A. Deduktif
B. Induktif 
C. Campuran
D. Deduktif-induktif

29 Penyalahgunaan narkoba sangat berbahaya bagi kesehatan. Narkoba memiliki efek ketagihan. Setiap jenis narkoba, memiliki efek yang berbeda-beda diantaranya adalah dapat menyebabkan detak jantung yang lebih cepat dari normal bahkan banyak kasus orang yang menggunakan narkoba sampai mengalami kematian karena overdosis.

Ide pokok paragraf tersebut adalah ....
A. Penyalahgunaan narkoba sangat berbahaya bagi kesehatan karena memiliki efek ketagiahan
B. Penyalahgunaan narkoba berbahaya bagi kesehatan
C. Narkoba memiliki efek ketagihan
D. Setiap jenis narkoba memiliki efek yang berbeda-beda

30 Perhatikan penggalan puisi berikut.
tak ada yang lebih tabah dari hujan bulan juni 
dirahasiakannya rintik rindunya
kepada pohon berbunga itu 
tak ada yang lebih bijak 
dari hujan bulan juni 
dihapusnya jejak-jejak kakinya
yang ragu-ragu di jalan itu
........................

Makna konotasi kata ―hujan‖ pada penggalan puisi tersebut yaitu .... 
A. Air yang turun dari langit 
B. Air yang jatuh ke bumi 
C. Perbuatan baik 
D. Air kehidupan

31 Perhatikan penggalan puisi berikut. 
tak ada yang lebih tabah dari hujan bulan juni 
dirahasiakannya rintik rindunya
kepada pohon berbunga itu 
tak ada yang lebih bijak 
dari hujan bulan juni 
dihapusnya jejak-jejak kakinya
yang ragu-ragu di jalan itu
........................

Imajinasi yang muncul pada puisi tersebut adalah ....
A. Imajinasi taktil
B. Imajinasi visual 
C. Imajinasi auditif
D. Imajinasi pembau

32 Perhatikan penggalan puisi berikut. 
tak ada yang lebih tabah dari hujan bulan juni 
dirahasiakannya rintik rindunya
kepada pohon berbunga itu 
tak ada yang lebih bijak 
dari hujan bulan juni 
dihapusnya jejak-jejak kakinya
yang ragu-ragu di jalan itu
........................
Kata yang mempunyai irama sama pada puisi tersebut adalah ...
A. Tabah dan bijak
B. Rintik dan rindu 
C. Juni dan jejak
D. Berbunga dan ragu

33 Bacalah puisi berikut dengan seksama!
……
Wahai sahabat
Untuk slamanya
Kita percaya
Tebarkan arah jangan pernah lelah
Untukmu sahabat
.……
Tema puisi tersebut adalah ….
A. Persahabatan
B. Permusuhan 
C. Perdamaian
D. Percintaan

34 Bacalah puisi berikut dengan seksama!
……
Wahai sahabat
Untuk slamanya
Kita percaya
Tebarkan arah jangan pernah lelah
Untukmu sahabat
.……


Kata berlambang pada puisi tersebut adalah ....
A. wahai
B. sahabat 
C. arah
D. untukmu

35 Bacalah puisi berikut dengan seksama!
……
Wahai sahabat 
Untuk slamanya 
Kita percaya
Tebarkan arah jangan pernah lelah
Untukmu sahabat
.……

Suasana yang terbangun didalam puisi tersebut adalah …
A. sedih
B. emosi 
C. gembira
D. semangat

36 Gadis Peminta-Minta
Setiap kita bertemu, gadis kecil berkaleng kecil 
Senyummu terlalu kekal untuk kenal duka 
Tengadah padaku, pada bulan merah jambu 
Tapi kotaku jadi hilang, tanpa jiwa
......................

Kata-kata gadis kecil berkaleng kecil bermakna ....
A. Gadis kecil yang membawa kaleng yang berukuran kecil
B. Seorang gadis yang memegang mainan kaleng
C. Anak perempuan yang masih kecil dan mengalami kesengsaraan
D. Seorang perempuan yang masih anak-anak yang suka membawa kaleng

37 Gadis Peminta-Minta
Setiap kita bertemu, gadis kecil berkaleng kecil
Senyummu terlalu kekal untuk kenal duka 
Tengadah padaku, pada bulan merah jambu 
Tapi kotaku jadi hilang, tanpa jiwa
..................

Imajinasi yang dimunculkan pada puisi tersebut adalah ....
A. imajinasi taktil
B. imajinasi visual 
C. imajinasi auditif
D. imajinasi pembau

38 Perhatikan penggalan puisi berikut!
Serenada Hijau
Kupacu kudaku
Kupacu kudaku menujumu
Bila bulan
menegur salam
dan syahdu malam
bergantung di dahan-dahan
........................

―Bila bulan menegur salam‖ merupakan majas ....
A. simile
B. personifikasi 
C. metafora
D. paralelisme

39 Kalimat yang terdapat majas hiperbola adalah ....
A. Tangismu menguncang kota
B. Wajahnya seperti bulan purnama 
C. Dia adalah bunga desa
D. Alisnya bagai semut berbaris

40 Serenada Hijau
Kupacu kudaku
Kupacu kudaku menujumu
Bila bulan menegur salam
dan syahdu malam
bergantung di dahan-dahan
........................

Kata ―Kuda‖ dalam puisi tersebut mengandung makna ....
A. denotatif
B. amelioratif 
C. peyoratif
D. konotatif

Bacalah puisi berikut ini untuk soal nomor 41 - 43!     
Senja di Pelabuhan Kecil
(Chairil Anwar)
Ini kali tidak ada yang mencari cinta
di antara gudang, rumah tua, pada cerita
tang serta temali, kapal, perahu, tiada berlaut 
menghembus diri dalam mempercaya mau berpaut. 
gerimis mempercepat kelam. 
Ada juga kelepak elang menyinggung muram, 
desir hari-hari berenang menemu bujuk pangkal akanan. Tidak bergerak
dan kini tanah, air tidur, hilang ombak
Tiada lagi. Aku sendiri berjalan
menyisir semenanjung, masih pengap harap 
sekali tiba di ujung dan sekalian selamat jalan
dari pantai keempat, sedu penghabisan bisa terdekap.
41. Suasana yang tergambar pada puisi ―Senja di Pelabuhan Kecil‖ adalah ... 
A. sepi 
B. gaduh 
C. damai
D. santai

42. Perasaan yang dialami oleh penyair pada puisi ―Senja di Pelabuhan Kecil‖ adalah ... A. gembira
B. menyesal 
C. sedih
D. marah

43. Puisi tersebut berjenis....
A. Kritik sosial
B. Ode 
C. Lirik
D. Romansa

44 Naik turunnya lagu kalimat saat membacakan puisi disebut dengan ....
A. volume
B. intonasi 
C. lafal
D. tekanan

45 Kegiatan mengubah puisi menjadi lagu disebut dengan ...
A. Puitisasi
B. Musikalisasi puisi 
C. Dramatisasi puisi
D. Antologi puisi

46 Bacalah puisi berikut!
Rindu ini membeku
[…]
Rindu yang tak pernah usai 
Meski laju putaran waktu 
Bergulir tak kenal henti

Larik bermajas untuk melengkapi puisi tersebut adalah ....
A. Hentikan asa kehidupan
B. Pemandangan alam indah 
C. Rembulan tampak penuh
D. Mentari di balik bukit pohon teh

47 Bacalah puisi berikut! 
Daun kering gugur 
Tanah kerontang Rumput kuning
Semua menunggumu
[…]
Kau sumber kehidupan

Pilihan kata yang tepat untuk melengkapi puisi tersebut adalah .... 
A. Batu kerikil 
B. Awan datang 
C. Langit cerah 
D. Air hujan

48 Bacalah puisi berikut!
Wajah sunyi setengah tengadah 
Menangkap sunyi padang senja 
Dunia tambah beku di tengah derap dan suara menderu
Dia masih sangat muda

Citraan yang terdapat pada larik keempat penggalan puisi tersebut adalah .... 
A. Imajinasi taktil
B. Imajinasi visual 
C. Imajinasi auditif
D. Imajinasi pencecap

49 Ada Tilgram Tiba Senja
....
Ada podang pulang ke sarang 
Tembangnya panjang berulang-ulang pulang ya pulang, hai petualang! 
Ketapang. Ketapang yang kembang 
Berumpun di perigi tua
Anakku datang anakku pulang
Kembali kucium, kembali kuraba

Suasana yang tergambar pada puisi tersebut adalah ....
A. gembira
B. bangga 
C. sedih
D. duka

50 HIDUP DAN PESAN NABI
Hidup bagaikan garis lurus tak pernah kembali ke masa yang lalu 
Hidup bukan bulatan bola yang tiada ujung dan tiada pangkal 
Hidup ini melangkah terus semakin mendekat ke titik akhir
Setiap langkah hilangkan jatah menikmati hidup nikmati dunia

Makna puisi tersebut adalah ....
A. hidup harus berjalan terus dengan penuh kesenangan 
B. mengingatkan bahwa hidup di dunia hanya sementara 
C. hidup harus dijalani layaknya garis lurus ke masa lalu
D. nikmat hidup di dinia adalah anugerah yang tak terganti
Ki Hajar Dewantara : “Ing Ngarsa Sung Tuladha Ing Madya Mangun Karsa Tut Wuri Handayani”,- Di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat dan di belakang memberikan kekuatan.