Skip to main content

Buku Paket Prakarya Kelas 11 SMA-MA Kurikulum Merdeka Tahun 2024/2025

Buku Paket Prakarya Kelas 11 SMA-MA Kurikulum Merdeka Tahun 2024/2025
Dalam artikel ini CentralPendidikan memberikan Buku Paket Prakarya Kelas 11 Kurikulum Merdeka (Budidaya, Kerajinan, Pengolahan, Rekayasa), untuk Semester 1 dan 2. Bapak/ibu guru pengajar dapat Buku Guru ini secara gratis untuk dikembangkan lagi sesuai kondisi kelas dan lingkungan sekolah masing-masing.

Buku Guru dan Buku Siswa Prakarya Kelas 11 ini merupakan terbitan resmi dari Kemdikbudristek untuk satuan pendidikan (SMA) dan madrasah (MA) di seluruh Indonesia yang sudah menerapkan Kurikulum Merdeka. 

Format file yang tersedia pada Buku Guru dan Buku Siswa disesuaikan dengan kebutuhan mayoritas guru di seluruh Indonesia, yaitu pdf yang dapat dijadikan pegangan pembelajaran sesuai kebutuhan guru masing-masing. Dikarenakan buku paket tersebut merupakan hasil terbitan resmi dari Kemdikbudristek.

Dari segi fungsi, Buku Paket Prakarya XI Kurikulum Merdeka pada umumnya digunakan sebagai referensi untuk pengembangan perangkat ajar lainnya, agar proses pembelajaran IKM dapat teraktualisasi secara optimal.

Dalam penyusunan dan pengembangan Buku Paket yang berorientasi pada Kurikulum Merdeka, Guru diberikan kebebasan dalam menyusun dan mengatur materi pembelajaran sesuai dengan konteks dan kebutuhan peserta didik agar lebih efektif dalam pelaksanaan KBM di kelas. Hal ini dikarenakan Implementasi Kurikulum Merdeka tidak memiliki struktur kurikulum yang baku, yang membedakannya dari kurikulum sebelumnya.

Buku Paket Prakarya Kelas 11 SMA-MA Kurikulum Merdeka Tahun 2024/2025

Buku Paket Prakarya Kelas 11 SMA-MA Kurikulum Merdeka

Pembaruan sistem pendidikan Kurikulum Merdeka memiliki fokus pada peran serta guru dan satuan pendidikan pelaksana. Kompetensi dalam mengimplementasikan Buku Paket menjadi hal yang penting untuk diperhatikan oleh guru. 

Untuk menciptakan pembelajaran IKM yang lebih menyenangkan dan bermakna, guru perlu memahami konsep dari setiap kompetensi di mata pelajaran Prakarya Kelas 11 di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA/MA).

Memahami dan menerapkan semua poin di atas dalam Implementasi Kurikulum Merdeka tidaklah mudah dan membutuhkan waktu yang TIDAK SEDIKIT. Informasi dalam setiap aspek sangat diperlukan, baik yang bersifat resmi dari Kemdikbudristek, atau pun media daring dapat digunakan sebagai sumber pemahaman terhadap IKM.


Melalui artikel ini, Centralpendidikan berperan dalam membantu bapak/ibu guru dalam menyusun Buku Paket Prakarya Kelas 11 Kurikulum Merdeka. Kami menyediakan dokumen dalam format yang dapat diedit dan disempurnakan seperti yang sudah disebutkan diatas.

Selain itu, akses yang mudah dalam mengunduh dokumen menjadi prioritas kami saat ini. Google Drive menjadi pilihan penyimpanan online yang kami gunakan, dan sudah diketahui oleh semua guru yang bertugas. 
  • Buku Guru Prakarya : Budidaya Kelas 11 Kurikulum Merdeka, Download
  • Buku Guru Prakarya : Kerajinan Kelas 11 Kurikulum Merdeka, Download
  • Buku Guru Prakarya : Pengolahan Kelas 11 Kurikulum Merdeka, Download
  • Buku Guru Prakarya : Rekayasa Kelas 11 Kurikulum Merdeka, Download
Demikian artikel tentang Buku Paket Prakarya Kelas 11 Kurikulum Merdeka. Semoga tujuan pendidikan dalam pelaksanaan IKM dapat dicapai secara efisien dan efektif, yang memungkinkan siswa dapat mengikuti perkembangan pemahaman pada materi pembelajaran.

Terima kasih atas kunjungannya.
Ki Hajar Dewantara : “Ing Ngarsa Sung Tuladha Ing Madya Mangun Karsa Tut Wuri Handayani”,- Di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat dan di belakang memberikan kekuatan.