Skip to main content

Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 8 Kurikulum Merdeka Edisi 2024/2025

Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 8 Kurikulum Merdeka Edisi 2024/2025
CentralPendidikan melengkapi Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 8 Kurikulum Merdeka melalui artikel ini dalam format word (docx). Tentunya agar memudahkan bapak/ibu guru pengajar Bahasa Inggris dalam mengedit dokumen dan melakukan pengembangan bahan ajar IKM (Implementasi Kurikulum Merdeka) tahun pelajaran 2024/2025.

Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas VIII Kurikulum Merdeka digunakan sebagai PANDUAN kegiatan pembelajaran dalam pelaksanaan IKM. Modul Ajar masih memiliki peran layaknya bahan ajar RPP di kurikulum sebelumnya.

Dalam penyusunannya, guru diberikan kebebasan dalam mengolah Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas VIII sesuai dengan Capaian Pembelajaran dari kompetensi Bahasa Inggris kelas 8 yang telah diterbitkan oleh pemerintah. Seorang guru dapat menambahkan materi pada komponen model pembelajaran di masing-masing elemen sesuai dengan kebutuhan agar lebih efektif dalam KBM di kelas.

Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 8 Kurikulum Merdeka Edisi 2024/2025

Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 8 Kurikulum Merdeka

Pembaruan sistem pendidikan Kurikulum Merdeka secara signifikan bertumpu pada apa yang dilakukan dan diyakini guru. Sehubungan dengan kompetensi dalam mengimplementasi perangkat ajar berupa Modul Ajar menjadi salah satu hal yang perlu diamati oleh seorang guru. 

Dalam upaya menciptakan aktivitas pembelajaran lebih menyenangkan, bermakna, guru harus memahami gagasan dari masing-masing kompetensi yang ada di mata pelajaran Bahasa Inggris kelas 8 jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP/MTs).


Pengimplementasian modul hendaknya ada tiga komponen inti yang terkandung, yaitu informasi umum, komponen inti, dan lampiran. 

Informasi umum terlampir nama penyusun, nama sekolah, tahun, jenjang/kelas, mata pelajaran, alokasi waktu, kompetensi awal, dan Profil Pelajar Pancasila juga berkaitan erat dengan elemen yang harus terkandung di informasi umum dalam pengembangan modul ajar Bahasa Inggris Kelas 8. 

Komponen inti terdiri dari tujuan pembelajaran, pemahaman bermakna, pertanyaan pemantik, persiapan pembelajaran, waktu persiapan, materi pembelajaran, dan langkah-langkah pembelajaran. 

Dan terakhir, komponen lampiran yang diisikan lembar kerja (asesmen), kriteria penilaian, refleksi guru, refleksi siswa, dan daftar pustaka / glosarium sebagai sumber belajar yang digunakan pada pengembangan modul. 

Selanjutnya, keseluruhan komponen diatas sudah terlampir lengkap dan gratis pada Modul Ajar yang kami bagikan dan masih bisa dikembangkan lebih lanjut sesuai kebutuhan guru satuan pendidikan yang bertugas. Selamat mengunduh.
  • Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 8 Kurikulum Merdeka Semester 1, Download
  • Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 8 Kurikulum Merdeka Semester 2, Download
Demikian artikel tentang Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 8 Kurikulum Merdeka. Semoga tujuan pendidikan dalam pelaksanaan IKM dapat dicapai secara efisien dan efektif, yang memungkinkan peserta didik dapat mengikuti perkembangan pemahaman pada materi pembelajaran.

Terima kasih atas kunjungannya.
Ki Hajar Dewantara : “Ing Ngarsa Sung Tuladha Ing Madya Mangun Karsa Tut Wuri Handayani”,- Di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat dan di belakang memberikan kekuatan.