Skip to main content

Modul Ajar B. Indonesia Kelas 7 SMP-MTs Kurikulum Merdeka 2023/2024

Modul Ajar B. Indonesia Kelas 7 SMP-MTs Kurikulum Merdeka 2023/2024
Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 7 jenjang SMP/MTs kurikulum merdeka. Dibagikan secara gratis dan lengkap sebagai sarana contoh bagi guru dalam menyusun perangkat ajar berupa modul ajar di pembelajaran IKM yang terlaksana di Indonesia tahun 2023/2024.

Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas VII berfungsi sebagai panduan dalam mempersiapkan pembelajaran. Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka diperlukan pemahaman terhadap gagasan modul pengajaran. 

Dalam penyusunannya, guru diberikan kebebasan dalam mengolah perangkat ajar Bahasa Indonesia sesuai dengan konteks lingkungan belajar peserta didik. Seorang guru dapat menambahkan materi pada komponen model pembelajaran di masing-masing perangkat ajar sesuai dengan kebutuhan, agar lebih efektif dalam kegiatan belajar mengajar di kelas.

Modul Ajar B. Indonesia Kelas 7 SMP-MTs Kurikulum Merdeka 2023/2024


Centralpendidikan melalui artikel ini tidak lepas dari keinginannya dalam berperan untuk memudahkan guru dalam penyusunan modul ajar Kurikulum Merdeka di mapel bahasa indonesia kelas 7. Kami memberikannya dalam format dokumen yang bisa diedit dan disempurnakan lebih lanjut, yaitu microsoft word dan excell.

Selain itu, akses yang mudah dalam mendapatkan berkas tersebut menjadi prioritas kami saat ini. Google Drive menjadi pilihan cloud storage yang sudah diketahui oleh semua tenaga pendidik yang bertugas.
Pengimplementasian modul hendaknya ada tiga komponen inti yang terkandung, yaitu informasi umum, komponen inti, dan lampiran.

Informasi umum terlampir nama penyusun, nama sekolah, tahun, jenjang/kelas, mata pelajaran, alokasi waktu, kompetensi awal, dan Profil Pelajar Pancasila juga berkaitan erat dengan elemen yang harus terkandung di informasi umum dalam pengembangan modul ajar bahasa indonesia.

Komponen inti terdiri dari tujuan pembelajaran, pemahaman bermakna, pertanyaan pemantik, persiapan pembelajaran, waktu persiapan, materi pembelajaran, dan langkah-langkah pembelajaran.

Dan terakhir, komponen lampiran yang diisikan lembar kerja (asesmen), kriteria penilaian, refleksi guru, refleksi siswa, dan daftar pustaka / glosarium sebagai sumber belajar yang digunakan pada pengembangan modul.
  • Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 1, Download
    (Teks Deskripsi, Dongeng Fantasi, Puisi Rakyat)
  • Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 2, Download
    (Teks Prosedur, Teks Berita, Buku Fiksi-Nonfiksi)
Demikian artikel tentang Modul Ajar Bahasa Indonesia Kelas 7 Kurikulum Merdeka. Semoga tujuan pendidikan dalam pelaksanaan IKM dapat dicapai secara efisien dan efektif, yang memungkinkan peserta didik dapat mengikuti perkembangan pemahaman pada materi pembelajaran.

Terima kasih atas kunjungannya.
Ki Hajar Dewantara : “Ing Ngarsa Sung Tuladha Ing Madya Mangun Karsa Tut Wuri Handayani”,- Di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat dan di belakang memberikan kekuatan.