Skip to main content

Rangkuman Informatika Kelas VII Bab 3 Kurikulum Merdeka PDF

Rangkuman Informatika Kelas VII Bab 3 Kurikulum Merdeka PDF
Centralpendidikan.com - Rangkuman Pembelajaran Informatika atau TIK Kelas VII Bab 3 yang berjudul "Teknologi Informasi Dan Komunikasijenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP/MTs) Implementasi Kurikulum Merdeka Semester 1. 

Rangkuman Informatika Kelas 7 Bab 3 Kurikulum Merdeka format pdf terbaru merupakan alat bantu belajar mengajar dalam upaya pengembangan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar untuk mencapai Profil Pelajar Pancasila dan Capaian Pembelajaran (CP) yang diharapkan.

Rangkuman dibagikan kepada masing masing guru dan siswa untuk mencatat poin-pon penting mata pelajaran Informatika Bab 3 dan menjadikannya lebih ringkas atau pendek.

Selain itu, apabila siswa memiliki ringkasan materi Informatika Kelas 7 bab 3 maka dapat memudahkannya untuk belajar saat persiapan penilaian dan ujian lainnya. Sehingga tidak harus membaca dan menghafal materi dari awal sampai akhir.

Rangkuman Informatika

Rangkuman Informatika Kelas VII Bab 3 Kurikulum Merdeka PDF

Peran dan tanggung jawab guru bersama dengan pemerintah di masa pengembangan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) akan semakin kompleks seiring bertambahnya satuan pendidikan yang menggunakan kurikulum tersebut.

Dibarengi oleh laju teknologi, informasi, dan komunikasi. Guru diberikan akses penunjang seperti perangkat ajar oleh Kemdikbudristek melalui laman guru.belajar.id yang harapannya dapat dikembangkan sesuai kondisi lapangan dari satuan pendidikan masing-masing.

Penggunaan dan penyusunan Rangkuman Informatika Kelas 7 Bab 3 Kurikulum Merdeka dapat menjadi alternatif yang digunakan untuk pengembangkan alat bantu belajar mengajar IKM tersebut.

Rangkuman Informatika Kelas VII Bab 3 Kurikulum Merdeka


Strategi pembelajaran Informatika yang diterapkan oleh setiap guru pastinya berbeda. Diperlukan kreativitas serta inisiatif sendiri dalam membuat kegiatan belajar mengajar IKM menjadi aktif. 


Contohnya mencari sumber bahan ajar seperti rangkuman maupun ringkasan materi Informatika di kompetensi yang diajarkan dari bab dan subbab kelas tujuh jenjang pendidikan SMP/MTs.

Dokumen rangkuman Informatika kelas 7 Bab 3 semester ganjil kurikulum merdeka disediakan dalam format pdf yang dapat didownload kemudian dibuka lewat mobile atau pun perangkat desktop menggunakan aplikasi Foxit Reader (Desktop) dan WPS Office (Mobile).

Rincian Materi Informatika Kelas 7 Bab 3 : Teknologi Informasi Dan Komunikasi
A. Pengenalan Antarmuka Pengguna
B. Folder dan File
1. Ekstensi File
2. Pengelolaan Folder
3. Pengelolaan File dengan Sistem Operasi Microsoft Windows
C. Peramban dan Search Engine
D. Surel
E. Aplikasi Perkantoran
1. Sejarah Perangkat Lunak Pengolah Kata
2. Pengolah Kata Mekanis
3. Pengolah Kata Elektromekanis dan Elektronik
4. Perangkat Lunak Pengolah Kata

Bagi bapak/ibu guru maupun adik-adik yang ingin mendapatkan data rangkuman tersebut, silahkan mendownloadnya melalui tautan yang kami sediakan di bawah ini :


Diharapkan artikel Rangkuman Informatika Kelas 7 Bab 3 format PDF ini bermanfaat untuk guru serta siswa dan mendapatkan manfaat sebagaimana yang diharapkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dalam pengembangan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di masing-masing satuan pendidikan.
Ki Hajar Dewantara : “Ing Ngarsa Sung Tuladha Ing Madya Mangun Karsa Tut Wuri Handayani”,- Di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat dan di belakang memberikan kekuatan.