Skip to main content

Contoh Soal ASPD Matematika SD 2023 dan Jawabannya

Contoh Soal ASPD Matematika SD 2023 dan Jawabannya
Centralpendidikan.com - Di kesempatan ini admin akan membagikan Contoh Soal ASPD Matematika SD 2023 dan Jawabannya.

Dalam rangka menyambut Asesmen Standarisasi Pendidikan Daerah ASPD di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Tahun Pelajaran 2022/2023 semester Genap. Pada kesempatan kali ini kami membagikan Soal dan Kunci Jawaban ASPD Matematika SD yang dapat diunduh gratis dalam bentuk dokumen PDF.

Contoh Soal ASPD Matematika SD 2023 dan Jawabannya

ASPD

ASPD merupakan salah satu instrumen ukur yang dibuat oleh Disdikpora DIY untuk memetakan kualitas pendidikan di Daerah Istimewa Yogyakarta melalui kualitas lulusan tingkat SD/MI.

Nilai yang diperoleh oleh setiap peserta ASPD di mata pelajaran Matematika SD akan menjadi salah satu komponen dalam perhitungan nilai gabungan pada proses seleksi PPDB SMP dan MTS Negeri di lingkungan wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Contoh Soal ASPD Matematika SD 2023 dan Jawabannya

Pada Latihan Soal ASPD Matematika SD terbaru ini, telah dilakukan penyusunan butir soal yang disesuaikan berdasarkan kisi-kisi dan materi dari pelaksanaan pendidikan untuk peserta didik kelas 6. Oleh karena itu, diharapkan siswa dan guru dapat menggunakannya sebagai referensi belajar semaksimal mungkin untuk memperoleh nilai yang memuaskan..

Selanjutnya, bagi pengunjung yang ingin mendapatkan Contoh Soal ASPD Matematika SD 2023 dan Jawabannya, silahkan ikuti tautan di bawah ini.

Gambaran Soal:

1. Di dalam ruangan terdapat beberapa kursi yang ditata rapi. Ani duduk di baris ketiga dari depan. Di sebelah kiri Ani ada 1 kursi, sedangkan di sebelah kanan ada 3 kursi. Dina duduk di baris terakhir tepat di belakang Ani.  
Banyak kursi di ruangan tersebut ada ....
A. 25 buah
B. 20 buah
C. 16 buah
D. 12 buah
Jawaban : B

2. Tito dan Diki bermain tebak-tebakan. Aturan dalam permainan tersebut jika tebakan benar mendapat skor 4 dan salah skor -2. Tito berhasil menebak dengan benar sebanyak 6 kali. 
Jumlah skor yang diperoleh Tito adalah 10. Banyak tebakan Tito yang salah ada ....
A. 2 kali
B. 4 kali
C. 7 kali
D. 14 kali
Jawaban : C

3. Lukman membuat kerangka bangun datar. Ia menyiapkan empat bilah bambu sama panjang. Bilah bambu tersebut dihimpitkan membentuk dua pasang sudut sama besar. Diagonal yang terbentuk saling berpotongan tegak lurus. Bangun datar yang terbentuk adalah ....
A. persegi panjang
B. belah ketupat
C. jajar genjang
D. persegi
Jawaban : B

4. Tempat pensil berbentuk tabung tanpa tutup memiliki diameter 14 cm dan tinggi 10 cm. Seperempat luas permukaan tempat pensil dicat dengan warna merah. Luas permukaan tempat pensil yang dicat warna merah adalah ....
A. 148,5 cm2
B. 374 cm2
C. 385 cm2
D. 445,5 cm2
Jawaban : A

5. Koordinat titik K (-4,-1), L (-1,-3), M (2,-1), dan N (-1,1). Jika koordinat titik KLMN dihubungkan, maka bangun yang terbentuk adalah ....
A. persegi
B. jajar genjang
C. belah ketupat
D. persegi panjang
Jawaban : C

Demikian artikel tentang Contoh Soal ASPD Matematika SD 2023 dan Jawabannya. Terima kasih atas kunjungannya.
Ki Hajar Dewantara : “Ing Ngarsa Sung Tuladha Ing Madya Mangun Karsa Tut Wuri Handayani”,- Di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat dan di belakang memberikan kekuatan.