Skip to main content

Modul Ajar Fisika Kelas XI Fase F (SMA) Kurikulum Merdeka

Modul Ajar Fisika Kelas XI Fase F (SMA) Kurikulum Merdeka
Centralpendidikan.com - Di artikel ini kami akan membagikan Modul Ajar Fisika Kelas 11 SMA Fase F Kurikulum Merdeka resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) sebagai penunjang kebutuhan perangkat ajar bagi sekolah pengguna kurikulum tersebut

Selain itu, fasilitas lain yang disediakan oleh pemerintah dalam rangka membantu kelengkapan perangkat ajar yaitu Platform Merdeka Belajar. Yang mana semua tenaga kependidikan memiliki akses untuk menggunakannya, asal mempunyai akun belajar.id yang disediakan resmi oleh Kemdikbud..

Modul Ajar Fisika Kelas XI digunakan sekolah penyelenggara kurikulum merdeka  sebagai acuan dalam pembelajaran di kelas. Isi dari modul ajar fisika Fase F SMA terdiri dari tujuan, langkah, media pembelajaran yang disusun berdasarkan Alur Tujuan Pembelajaran atau ATP dan Capaian Pembelajaran (CP)

Modul Ajar Fisika Kelas XI Fase F (SMA) Kurikulum Merdeka

Modul Ajar Fisika Kelas XI Fase F (SMA) Kurikulum Merdeka

Kebebasan pengembangan terhadap perangkat ajar seperti Modul Ajar Fisika Kelas Fase F difokuskan untuk diintegrasikan pada kurikulum merdeka. 

Artinya bapak/ibu guru diberikan opsi untuk menggunakan modul ajar fisika SMA Kelas 11 Kurikulum Merdeka resmi yang diterbitkan Kemdikbud (di artikel kami) atau melakukan pengembangan terhadap modul tersebut agar mencapai perangkat ajar yang cocok dengan kebutuhan di kelas. 

Komponen terperinci yang harus ada diantaranya adalah informasi umum, kompetensi awal, profi pelajar pancasila, sarana dan prasarana, target peserta didik, dan model pembelajaran. Selanjutnya, faktor diatas mencakup dan tidak terbatas pada konteks serta karakteristik pembelajaran sebagaimana yang digunakan pada kurikulum sebelumnya. 

Download Modul Ajar Fisika Kelas XI SMA (Fase F) Kurikulum Merdeka

Selanjutnya, untuk mengunduh contoh Modul Ajar Fisika Kelas XI SMA (Fase F) Kurikulum Merdeka silahkan ikuti tautan di bawah ini :
  • Modul Ajar Fisika Kelas XI SMA (Fase F) #1, Unduh
  • Modul Ajar Fisika Kelas XI SMA (Fase F) #2 (Versi Umum), Unduh
Kurikulum Merdeka ini memberikan banyak kemudahan mulai dari fleksibilitas pelaksanaan waktu pelajaran hingga merancang Perangkat Pembelajaran yang selama ini cukup membebani guru. Sehingga alternatif modul ajar fisika kelas 11 SMA sebagai pengganti ini harapannya akan meringankan beban guru yang selanjutnya dapat lebih menfokuskan diri dalam meningkatkan mutu dalam pembelajaran.

Berkas modul ajar fisika Fase F SMA (Sekolah Menengah Atas) dibagikan dalam bentuk file PDF dan sebagian microsoft word (doc). Bertujuan agar mempermudah pengajar terutama yang bukan dari golongan muda, di bagian proses pengeditan materi, perubahan nama sekolah, dan nama guru di lembar pengesahan akhir.

Terima kasih sudah berkunjung di Modul Ajar Fisika Kelas XI Fase F (SMA) Kurikulum Merdeka. Semoga bermanfaat bagi guru dan seluruh tenaga kependidikan yang bertugas.
Ki Hajar Dewantara : “Ing Ngarsa Sung Tuladha Ing Madya Mangun Karsa Tut Wuri Handayani”,- Di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat dan di belakang memberikan kekuatan.