Skip to main content

Latihan Soal PTS (Ganjil) Agama Hindu Kelas 9 SMP 2022 Terbaru

Latihan Soal PTS (Ganjil) Agama Hindu Kelas 9 SMP 2022 Terbaru
Centralpendidikan.com. Halo siswa SMP, melalui aritkel ini kami akan membagikan lembar ujian berupa Contoh Soal PTS Agama Hindu Kelas 9 Semester 1 (Ganjil) tahun pelajaran 2022/2023 sesuai kisi - kisi Penilaian Tengah Semester yang dibagikan oleh guru di satuan pendidikan masing - masing.

Berkas ini diperlukan siswa SMP sebagai referensi pembelajaran dan persiapan untuk mendapatkan hasil terbaik di PTS Ganjil untuk mata pelajaran Agama Hindu Kelas 9. Sedangkan guru dapat mengembangkannya lagi untuk kepentingan penyusunan naskah ujian resmi.

Penilaian Tengah Semester (UTS / PTS) di mata pelajaran Agama Hindu atau PAH Kelas 9 Semester 1 digunakan untuk evaluasi capaian belajar siswa di pertengahan semester ganjil tersebut, berdasarkan KI KD Kurikulum 2013 Revisi.

Latihan Soal PTS (Ganjil) Agama Hindu Kelas 9 SMP 2022 Terbaru

Latihan Soal PTS (Ganjil) Agama Hindu Kelas 9 SMP 2022 Terbaru

Berjumlah sebanyak 40 butir lebih yang kami bagikan secara online dan offline, dalam bentuk format dokumen pdf. Terdiri dari dua paket lembar soal PTS Agama Hindu Kelas IX Semester 1 yang berasal dari sumber daring dan bisa diunduh serta dipergunakan secara gratis.

Selamat mengerjakan.

#Note : Lampiran file PDF dan Kunci Jawaban di bawah artikel.

1. Kedudukan Mahabharata dalam Weda adalah merupakan turunan dari Weda Smrti tepatnya merupakan bagian dari….
a. Wdangga
b. Upaweda
c. Mantra
d. Upanisad

2. Kitab Mahabharata yang terdiri dari 18 Parwa yang sering disebut dengan istilah Asta Dasa Parwa yang begitu terkenal sejak jaman dulu sampai sekarang yang ditulis oleh…..
a. Mpu Yogiswara
b. Rsi Walmiki
c. Mpu Sedah
d. Rsi Wyasa

3. Kitab Mahabharata merupakan bagian dari Kitab Itihasa yang tersebar di seluruh India sampai ke Asia tenggara yang memiliki 18 Parwa. Arti kata parwa dalam Asta Dasa Parwa adalah….
a. Jenis
b. Bagian
c. Bentuk
d. Cerita

4. Salah satu Parwa dalam Kitab Mahabharata yang menceritakan kesedihan para istri-istri dari prajurit pemberani yang gugur di medan perang Kurushetra adalah Parwa….
a. Adi Parwa
b. Stri parwa
c.Anusasana parwa
d. Asrama parwa

5. Bisma menjelaskan tentang ajaran Agama Hindu panjang lebar kepada Yudistira termasuk ajaran kepemimpinan pemerintahan yang luhur, mencari kebahagiaan dll, terdapat dalam Parwa…
a. Anusasana Parwa
b. Swamedika Parwa
c. Asrama parwa
d. Shanty parwa

6. Suptika Parwa menceritakan kisah serangan Aswatama pada malam hari keperkemahan Pandawa. Dalam serangan tersebut yang meninggal adalah….
a. Gatotkaca
b. Panca Pandawa
c. Panca Kumara
d. Abimanyu

7. Anak dri Sri Krishna dengan Jembawati namanya Sang Samba yang suka mengolok-olok para Rsi, salah satunya adalah Rsi Narada, dimana Sang Samba mendandani dirinya sebagai seorang wanita dan pura-pura hamil dan menanyakan anak yang lahir nanti, melihat prilaku seperti itu Resi Narada tersinggung dan dia mengutuk dari kehamilan akan lahir senjata yang akan memusnahkan keturunan bangsa Yadawa. Nama senjata tersebut adalah…
a. Kalimosada
b. Pasupati
c. Mosala
d. Konta

8. Bhagawan Drona duduk lemas di lapangan Kurushetra karena mendengar berita kematian anaknya Aswatama, kesempatan tersebut dilihat oleh……untuk memenggal kepalanya.
a. Arjuna
b. Uttara
c. Drstadyumna
d. Srikandi

9. Dalam Asta Dasa Parwa, salah satu bagiannya adalah Bhisma Parwa, dari Bhisma Parwa terlahirlah sebuah kitab Suci. Nama kitab Suci tersebut adalah….
a. Weda Parikrama
b. Upanisad
c. Bhagawadgita
d. Sama Weda

10. Karya Sastra yang terkait dengan cerita Mahabharata yang ada di Indonesia, salah satu diantaranya adalah Gatotkaca Sraya yang ditulis oleh……
a. Mpu Tri Guna
b. Mpu Tanakung
c. Mpu Kanwa
d. Mpu Panuluh

11. Epos Mahabharata ada delapan belas buku atau parwa. Berikut ini yang bukan bagian dari kitab Mahabharata adalah…..
a. Santhi Parwa
b. Salya parwa
c. Dursasana parwa
d. Karna parwa

12. Cara belajar yang efektif perlu meniru cara belajar salah satu murid dari Bhagawan Drona, dia belajar lewat patung Bhagawan Drona. Muridnya itu bernama…..
a. Arjuna
b. Ekalawya
c. Yudistira
d. Abimanyu

13. Ungkapan yang menyatakan bahwa, “siapa membela kebenaran ia akan dibela oleh kebenaran itu sendiri” seperti yang dialami oleh Panca Pandawa yang selalu menjalankan atau membela kebenaran, sehingga mereka selalu dibela oleh yang Maha Benar, Yang Maha Benar yang dimaksud adalah…..
a. Yudhistira
b. Krisna
c. Bhisma
d. Drone

14. Untuk membela kebenaran, salah satu caranya adalah dengan selalu bersikap jujur karena kejujuran yang bisa menyucikan…..
a. Tangan
b. Kaki
c. Pikiran
d. Badan

15. Kesehatan atau keselamatan baik jasman maupun rohani merupakan suatu tujuan dari setiap umat, khususnya krama Hindu. Adapun kitab Suci Weda yang menyatakan hidup sehat adalah….
a. Bhagawadgita
b. Ayur Weda
c. Sarasamuscaya
d. Regweda

16. Untuk menjaga agar selalu hidup sehat baik fisik, mental maupun jiwa, maka dalam hidup ini sangat diperlukan mentaati…..
a. Aturan aturan
b. Saran-saran teman
c. Kedisiplinan
d. Nasehat

17. Menurut ajaran Hindu, ada tiga tempat yang harus selalu bersih dan suci yaitu…..
a. Bhur, bwah, dan swah
b. Atita, Wartamana, dan anagata
c. Swa, Sada Siwa dan parama Siwa
d. Parhyangan, Pawongan dan Palemahan

18. Bergotong-royong membersihkan lingkungan di masing-masing Desa Pakraman berarti menjaga kesehatan di…..
a. Banjar pakraman
b. Palemahan
c. Pawongan
d. Parhyangan

19. Umat hindu banyak mempunyai kitab suci, diantaranya adalah kitab suci Ayur Weda yang berisikan tentang hidup sehat. Hidup sehat menurut kitab Suci tersebut adalah….
a. Harmonisnya tubuh, pikiran dan jiwa seseorang dalam hidupnya
b. Harmonisnya antara Bhuana Agung dan Bhuana Alit
c. Harmonisnya hubungan manusia dengan Tuhan
d. Harmonisnya hubungan sesama manusia

20. Upaya menjaga kesehatan atau keseimbangan dalam tubuh menurut Ayur Weda diilakukan dengan tiga hal, yang bukan termasuk tiga hal yang di maksud adalah…..
a. Menjaga makanan (Ahara)
b. Menjaga rumah (Graha)
c. Menjaga/berprilaku wajar (wihara)
d. Menjaga/minum jamu dari tumbuh-tumbuhan (Ausada)
  • Download Soal PTS Agama Hindu Kelas 9 Semester 1 v1 (Utama), UNDUH
  • Download Soal PTS Agama Hindu Kelas 9 Semester 1 v2 (Jawaban), UNDUH
Terima kasih sudah berkunjung di artikel Latihan Soal PTS (Ganjil) Agama Hindu Kelas 9 SMP 2022 Terbaru. Semoga bermanfaat.
Ki Hajar Dewantara : “Ing Ngarsa Sung Tuladha Ing Madya Mangun Karsa Tut Wuri Handayani”,- Di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat dan di belakang memberikan kekuatan.