Skip to main content

Contoh Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP 2022 Semester 1 (Ganjil)

Contoh Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP 2022 Semester 1 (Ganjil)
Centralpendidikan.com. Berikut ini adalah Contoh Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP Semester 1 (Ganjil) disertai Kunci Jawaban. DIbagikan kepada adik - adik jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama sederajat agar dapat dipergunakan sebagai pembelajaran menjelang hari pelaksanaan ujian di bulan September 2022.

Penilaian Tengah Semester (UTS / PTS) di mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 1 digunakan untuk evaluasi terhadap capaian belajar siswa berdasarkan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KI KD) Kurikulum 2013 Revisi.

Berjumlah sebanyak 40 butir lebih yang kami bagikan secara online dan offline, dalam bentuk format dokumen pdf. Terdiri dari dua paket lembar soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 1 yang berasal dari sumber daring dan bisa diunduh serta dipergunakan secara gratis.

Contoh Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP 2022 Semester 1 (Ganjil)

Contoh Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP 2022 Semester 1 (Ganjil)

Selanjutnya, bagi bapak/ibu guru yang ingin menggunakan lembar ujian ini sebagai referensi dalam menyusun naskah asli, dianjurkan menyesuaikannya sesuai kisi - kisi dan materi PTS Bahasa Indonesia Kelas 7 Semester 1.

Selamat mengerjakan.

#Note : Lampiran file PDF di bawah artikel.

1. Simak teks berita berikut ini!
Salatiga- sehari menjelang satu Muharam atau biasa disebut bulan Suro (bahasa Jawa) di sumber mata air Senjoyo dipadati pengunjung. Pengunjung dari anak-anak hingga orang dewasa mendatangi sumber mata air tersebut. Aktivitas yang mereka lakukan ada yang mencuci pakaian, mencuci tikar atau permadani, mencuci kendaraan, mandi, berenang, dan bagi usia anak-anak menikmati aneka mainan, seperti perahu kayuh yang berbentuk angsa.
Cuplikan paragraf teks berita di atas berisi informasi ….
a. Padatnya pengunjung di Senjoyo.
b. Perayaan bulan Suro atau satu Muharam.
c. Di Salatiga ada sumber mata air yang bernama Senjoyo.
d. Wisatawan di Senjoyo Salatiga.

2. Perhatikan cuplikan teks berita di bawah ini!
Tingginya arus truk dalam dua hari terakhir berkaitan dengan adanya larangan melintas bagi truk nonsembilan bahan pokok (nonsembako) pada tanggal 24-31 Desember. Larangan tersebut berlaku bagi truk bersumbu lebih dari dua. Truk gandengan, truk tempelan, dan truk kontainer. Hal dilakukan sebagai upaya antisipasi kemacetan kendaraan dalam menyambut pergantian tahun. Unsur berita”Who/ Siapa”yang terdapat dalam teks di atas ….
a. Adanya larangan melintas bagi truk nonsembako pada tanggal 24-31 Desember.
b. Truk-truk pengangkut barang nonsembako.
c. Banyaknya truk yang melanggar lalu lintas.
d. Persiapan menyambut tahun baru.

3. Berikut ini berita yang mengandung informasi pendidikan terdapat pada ….
a. Bahan bangunan untuk pendirian sekolah itu berasal dari yayasan sosial. Tenaga kerja diambilkan dari swadaya masyarakat sekitar dan dibayar sesuai UMR (Upah Minimum Regional). Sebagian masyarakat ada yang menyumbang makanan ringan, minuman, dan nasi untuk para pekerja bangunan.
b. Peralatan praktikum sekolah ada yang mencuri tadi malam. Semalam suntuk hujan sangat deras. Dua orang penjaga sekolah pada saat itu tertidur pulas. Ketika saatnya membersihkan halaman sekolah, seorang petugas kebersihan hendak membuang sampah telah mendapati pintu ruang komputer terbuka.
c. Dinas Kesehatan bekerja sama dengan sekolah-sekolah menyelenggarakan seminar bahaya narkoba. Masing-masing sekolah mengirim dua orang anak untuk mengikuti seminar tersebut. Dampak negative penyalahgunaan terhadap anak atau remaja adalah adanya perubahan sikap, kepribadian, sering membolos, malas, kurang disiplin, mengantuk, mudah marah, dan pemberontak. Upaya yang paling efektif untuk mencegah penyalahgunaan narkoba pada anak yaitu dari pendampingan dan pengawasan orang tua.
d. Penyelenggaraan pawai dalam rangka HUT RI ke-75 ternyata bersifat dilombakan. Peserta pawai berlomba-lomba tampil memukau. Masing-masing peserta memiliki keunikan tersendiri.

4. Teks yang mengandung data-data valid yang disusun secara sistematis dengan bahasa baku dan dapat dipertanggungjawabkan disebut ….
a. Surat kabar
b. Memo
c. Resensi
d. Berita

5. Perhatikan kutipan teks berita berikut ini!
Teks I
Pukul 15.15 WIB di Aula SMP Negeri 7 diumumkan pemenang lomba drama tingkat SMP/MTs se-Salatiga. Pemenang dari juara harapan tiga sampai dengan juara pertama dibacakan oleh pembawa acara. Pembawa acara juga menyampaikan bahwa keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.
Teks II
Pembawa acara lomba pentas seni antarpelajar tingkat SMP/ MTs se-kota Salatiga mengumumkan pemenang lomba drama di aula SMP Negeri 7 Salatiga. Penentuan juara diambil dari juara harapan tiga sampai juara pertama. Selain itu, keputusan dewan juritidak dapat diganggu gugat. Juara pertama menampilkan cerita legenda kota Salatiga dengan dipadu komediannya. Tampilan juara pertama ini mampu memukau penonton. Penonton sempat dibuat terpingkal-pingkal saat menyaksikan adegan kocak yang diperankan oleh para pemain juara pertama tersebut.
Persamaan isi dari kedua kutipan berita tersebut ….
a. Lomba pentas seni tingkat SMP/ MTs se-kota Salatiga.
b. Pengumuman lomba di SMP Negeri 7 Salatiga.
c. Juara drama yang tampil lucu.
d. Pemberitahuan bahwa keputusan dewan juri tidak bisa diganggu gugat.

6. Perhatikan kutipan teks berita berikut ini!
Teks I Pukul 15.15 WIB di Aula SMP Negeri 7 diumumkan pemenang lomba drama tingkat SMP/MTs se-Salatiga. Pemenang dari juara harapan tiga sampai dengan juara pertamadibacakan oleh pembawa acara. Pembawa acara juga menyampaikan bahwa keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.
Teks II
Pembawa acara lomba pentas seni antarpelajar tingkat SMP/ MTs se-kota Salatiga mengumumkan pemenang lomba drama di aula SMP Negeri 7 Salatiga. Penentuan juara diambil dari juara harapan tiga sampai juara pertama. Selain itu, keputusan dewan juritidak dapat diganggu gugat. Juara pertama menampilkan cerita legenda kota Salatiga dengan dipadu komediannya. Tampilan juara pertama ini mampu memukau penonton. Penonton sempat dibuat terpingkal-pingkal saat menyaksikan adegan kocak yang diperankan oleh para pemain juara pertama tersebut.
Perbedaan cara penyajian kedua teks tersebut ….
a. Teks I diawali unsur kapan; teks II diawali unsur siapa.
b. Teks I diawali unsur apa; teks II diawali unsur bagaimana.
c. Teks I diawali unsur dimana; teks II diawali unsur siapa.
d. Teks I diawali unsur bagaimana; teks II diawali unsur mengapa.

7. Siswa Indonesia diminta untuk memperkuat jaringan dalam menghadapi era Indonesia Emas 2045. Pemerintah meyakini jika jaringan pelajar kuat, Indonesia berpotensi menjadi negara maju. Harapan dan tujuan tersebut mendapat dukungan dari pemerintah dengan memberi bantuan pendidikan yaitu dana BOS (Bantuan Operasi Sekolah), KIP (Kartu Indonesia Pintar), dan beasiswa lainnya. Terlebih Indonesia terdiri atas berbeda suku bangsa, terpisahkan antarpulau, dan berbedabahasa. Maka jaringan perlu diperkuat sehingga antarsiswa bias saling mengenal bahkan bisa terjalin persaudaraan. Jaringan ini penting karena Indonesia akan menghadapi era Indonesia Emas pada 2045 nanti. Pada era tersebut, pelajar Indonesia saat ini berada di puncak kematangan usia 45-46 tahun sehingga merekalah yang akan menjadi pemimpin bangsa ini. Simpulan yang tepat berdasarkan kutipan berita di atas ….
a. Siswa Indonesia mencapai puncak kematangan pada usia 45-46 tahun. Sehingga dapat menyongsong era Indonesia Emas 2045.
b. Seluruh pelajar Indonesia harus bias saling mengenal dan bahkan menjalin persaudaraan.
c. Siswa Indonesia diminta memperkuat jaringan dalam menghadapi era Indonesia Emas 2045. Sehingga mereka bisa saling mengenal dan menjalin persaudaraan.
d. Masyarakat Indonesia sulit menghadapi era Indonesia Emas 2045 karena memiliki keragaman suku bangsa, terpisahkan antarpulau, dan berbeda bahasa.

8. Paragraf di bawah ini yang mengandung unsur berita Apa terdapat pada ….
a. Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan menyelenggarakan sosialisasi Kampung literasi kepada pemerintah kabupaten/ kota, lembaga, dan organisasi masyarakat penyelenggara program pendidikan nonformal.
b. Pada tahun 2017 Kemendikbud menargetkan jumlah peserta Magang Literasi sebanyak 120 orang dengan memprioritaskan pegiat literasi berusia 20-35 tahun, serta sehat jasmani dan rohani.
c. Pemerintah mengadakan program magang di komunitas baca dan atau Taman Bacaan Masyarakat (TBM) yang dipndang unggul dan berkinerja. Melalui pemagangan tersebut diharapkan para peserta dapat terlibat secara langsung dalam dinamika pengelolaan gerakan literasi, merasakan suasana psikologis dan sosiokultural, berlatih keterampilan,serta berbagi pengalaman dengan sesame penggiat literasi, narasumber/ pendamping.
d. Program Gerakan Indonesia Membaca (GIM) kembali diselenggarakan pada tahun 2017 setelah pada tahun 2015 untuk kali pertama dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada peringatan Hari Aksara Internasional (HAI) ke-51.

9. Pokok-pokok berita:
(1) Keceriaan siswa kelas 6 SD N Malaka Jaya 06, Jakarta Timur tak berubah.
(2) Sebab ruang kelas rusak, langit-langit roboh.
(3) Meskipun mereka terpaksa belajar berimpitan di mushola sekolah.
(4) Sejak semester dua mereka tak memiliki kelasnya sendiri.
Susunan berita yang tepat berdasarkan pokok-pokok berita di atas ….
a. (1), (3), (4), (2)
b. (1), (3), (2), (4)
c. (1), (4), (2), (3)
d. (1), (4), (3), (2)

10. Pemerintah Cina telah menemukan kiat untuk memberantas korupsi. Tak hanya memberi hukuman berat, pemerintah juga menggelar kampanye bahwa korupsi itu jahat. Upaya untuk menanamkan sikap antikorupsi sejak di bangku sekolah. Departemen Pendidikan di Cina membuat mata pelajaran antikorupsi. Unsur-unsur berita yang terkandung berdasarkan petikan paragraf di atas ….
a. Siapa, Apa, Bagaimana
b. Siapa, Mengapa, Kapan
c. Siapa, Dimana, Mengapa
d. Siapa, Mengapa, Bagaimana

11. Berikut ini penulisan teks berita yang tepat adalah ….
a. Bagi masyarakat yang tinggal di sisi barat propinsi jawa tengah, soto sukaraja bukan jenis kuliner yang asing. Makanan dengan cita rasa khas yang mengasyikan ini mudah ditemukan di sudut kabupaten Banyumas Cilacap dan Purbalingga.
b. Bagi masyarakat yang tinggal di sisi barat provinsi Jawa Tengah, soto Sukaraja bukan jenis kuliner yang asing. Makanan dengan cita rasa khas yang mengasyikan ini mudah ditemukan di sudut Kabupaten Banyumas Cilacap dan Purbalingga.
c. Bagi masyarakat yang tinggal di sisi barat provinsi Jawa Tengah, soto Sukaraja bukan jenis kuliner yang asing. Makanan dengan cita rasa khas yang mengasyikan ini mudah ditemukan di sudut Kabupaten Banyumas, Cilacap, dan Purbalingga.
d. Bagi masyarakat yang tinggal di sisi barat Provinsi Jawa Tengah, Soto Sukaraja bukan jenis kuliner yang asing. Makanan dengan cita rasa khas yang mengasyikan ini mudah ditemukan di sudut Kabupaten Banyumas, Cilacap, dan Purbalingga.

12. Tiket mudik ke Jateng dan Jatim menggunakan pesawat telah ludes terjual dua bulan yang lalu. Padahal calon penumpang masih sangat banyak. Sehingga calon penumpang menumpuk di ruang tunggu bandara.
Kata padahal dalam penggalan paragraf merupakan konjungsi kalimat yang berfungsi menyatakan ….
a. kelanjutan
b. penambahan
c. pertentangan
d. sebab-akibat

13. Bacalah petikan berita ini dengan cermat!
Dampak banjir … Sungai Citarum yang sudah tiga hari merendam ribuan rumah warga di Kabupaten Bandung menyebabkan ratusan warga menderita. Warga, termasuk bayi harus berada di … pengungsian karena rumah mereka masih … banjir hingga satu meter lebih.
Kata yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang pada teks tersebut ….
a. meluap, lokasi, terendam
b. luapan, lokasi, terendam
c. luapan, gedung, merendam
d. meluap, wilayah, terdampak

14. Simak petikan berita ini!
(1) Dua orang luka serius akibat kecelakaan di Jalan Parangtritis, Selasa, 17 Juli 2012.
(2) Kedua korban itu berumur sekitar 25 tahun.
(3) Diduga kecelakaan terjadi karena kendaraannya tersenggol sepeda motor lain dari arah yang sama.
(4) Polisi memprediksi bahwa penyebab kecelakaan tersebut terjadi karena factor human eror.
Kalimat yang berisi fakta dalam petikan berita ditandai dengan nomor ….
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)

15. “Sembilan puluh persen handuk kamar mandi penuh dengan koliform, dan sekitar empat belas Persennya merupakan E.coli,”ujar seorang ahli mikrobiologi di Univercity of Arizona, Charles Gerba kepada Time.
Penulisan kalimat tidak langsung yang tepat adalah ….
a. Seorang ahli mikrobiologi di Univercity Arizona berujar kepada Time jika sembilan puluh persen handuk kamar mandi penuh dengan koliform dan sekitar empat belas persennya merupakan E.coli.
b. Seorang ahli mikrobiologi di Univercity Arizona berujar kepada Time bahwa sembilan puluh persen handuk kamar mandi penuh dengan koliform dan sekitar empat belas persennya merupakan E.coli.
c. Kepada Time seorang ahli mikrobiologi di Univercity Arizona berujar sembilan puluh persen handuk kamar mandi penuh dengan koliform dan sekitar empat belas persennya merupakan E.coli.
d. Kepada Time seorang ahli mikrobiologi di Univercity Arizona berujar bahwa sembilan puluh persen handuk kamar mandi penuh dengan koliform dan sekitar empat belas persennya merupakan E.coli.

16. Cermati petikan berita berikut ini!
Bencana tanah longsor menyebabkan satu rumah warga di kampong Bonjot, Desa Buninagara, Kecamatan Sindangkerta, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, rata dengan tanah, Senin (5/3).
Kesalahan penggunaan ejaan pada kalimat tersebut adalah ……
a. Kata kampumg seharusnya Kampung
b. Kata warga seharusnya ditulis Warga
c. Kata Senin seharusnya ditulis Senen
d. Kata Desa seharusnya ditulis desa

17. Berikut ini yang termasuk teks berita adalah ….
a. Ada yang menarik dari novel ini. Mungkin karena Pak Darwis Tere adalah dosen di kampus saya, Universitas Indonesia, maka latar yang ia sampaikan dalam novel ini benar-benar saya rasakan layaknya dalam kehidupan nyata.
b. Hujan terbentuk melalui beberapa tahapan. Pembentukan hujan diawali dengan proses penguapan air oleh sinar matahari.. Matahari yang menyinari bumi dapat menimbulkan efek panas sehingga menyebabkan air danau, sungai, rawa, dan laut menguap ke udara.
c. SALATIGA - Puncak peringatan Hari Jadi ke- 1269 Kota Salatiga dilaksanakan di halaman gedung DPRD Salatiga, Sabtu (27/7) 2019 pukul 18.00 WIB. Warga Salatiga memadati area pertunjukan hingga jalan masuk bahkan tempat parkir penuh. Bagi pengunjung yang tidak mendapat tempat parkir terpaksa memakirkan kendaraan di luar halaman gedung pemkot.
d. Usia remaja antara 10-12 tahun merupakan fase transisi dari masa anak-anak ke masa awal remaja. Pada usia remaja anak cenderung mencari identitas dirinya. Maka sering perilaku mereka memancing perhatian orang dewasa atau orang tua.

18. Kebakaran rumah terjadi di Jalan Kramat Jaya, Jakarta Pusat. Tidak ada korban jiwa karena rumah kosong. Peristiwa itu terjadi pada pukul 00.15 WIB, Jumat, 27 Desember 2019. Penyebab kebakaran masih diselidiki.
Paragraf teks berita yang sesuai dengan ilustrasi tersebut ….
a. Jumat, 27 Desember 2019 tepatnya pukul 00.15 WIB telah terjadi musibah kebakaran rumah terjadi di Jalan Kramat Jaya, Jakarta Pusat. Tidak ada korban jiwa karena rumah kosong. Polisi sedang menyelidiki penyebab musibah kebakaran tersebut.
b.Jumat, 27 Desember 2019 tepatnya pukul 00.15 WIB telah terjadi musibah kebakaran rumah terjadi di Jalan Kramat Jaya, Jakarta Pusat. Penyebab kebakaran diduga korsleting arus pendek. Tidak ada korban jiwa karena rumah kosong.
c. Jumat, 27 Desember 2019 tepatnya pukul 00.15 WIB telah terjadi musibah kebakaran rumah terjadi di Jalan Kramat Jaya, Jakarta Pusat. Penyebab kebakaran diduga kompor meledak. Tidak ada korban jiwa karena rumah kosong.
d. Jumat, 27 Desember 2019 tepatnya pukul 00.15 WIB telah terjadi musibah kebakaran rumah terjadi di Jalan Kramat Jaya, Jakarta Pusat. Penyebab kebakaran diduga korsleting arus pendek. Ada dua korban jiwa yang tidak tertolong.

19. Pemerintah akan segera merealisasikan pelarangan pembelian BBM jenis premium untuk mobil pribadi sejak 1 Juli 2015. Dengan demikian, seluruh SPBU hanya melayani pembelian BBM jenis premium untuk kendaraan roda dua dan armada angkutan umum. Kebijakan pemerintah semacam inilah dalam mewujudkan pengurangan subsidi BBM.
Tanggapan yang tepat berdasarkan paragraph tersebut ….
a. Kebijakan pelarangan pembelian BBM jenis premium mengundang reaksi masyarakat dan pengelola SPBU.
b. Kebijakan pelarangan pembelian BBM jenis premium tak layak dilakukan pemerintah untuk mobil pribadi.
c. Pemerintah perlu mengkaji kembali pelarangan pembelian BBM jenis premium sebelum sosialisasi.
d. Seharusnya bukan kewajiban pemerintah untuk pelarangan pembelian BBM jenis premium bersubsidi.

20. Perhatikan fakta berikut ini !
Fakta:
• sebuah bus menabrak pembatas jalan
• sopir mengantuk
• tidak ada korban jiwa
• ditangani aparat polisi
Teks berita yang tepat sesuai dengan fakta tersebut ....
a. Telah terjadi kecelakaan antara bus dengan truk. Diduga penyebabnya adalah pengemudi di bawah pengaruh minuman berakhohol. Pengemudi bus tewas di tempat. Kejadian itu membuat lalu lintas mmenjadi macet. Polisi lalu lintas sedang menyelidikidi lokasi terjadinya kecelakaan.
b. Telah terjadi kecelakaan tunggal, yakni sebuah bus menabrak pembatas jalan. Bagian depan bus rusak berat. Penyebabnya diduga karena pengemudi mengantuk. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Kecelakaan tersebut sudah ditangani polisi sehingga lalu lintas lancar kembali.
c. Kecelakaan terjadi antara bus dengan angkuta. Diduga penyebabnya adalah pengemudi mengantuk. Taka da korban jiwa, hanya bus tersebut rusak parah bagian depannya. Kecelakaan tersebut sudah ditangani polisi sehingga lalu lintas menjadi lancer kembali.
d. Telah terjadi kecelakaan tunggal sebuah bus menabrak pembatas jalan. Diduga penyebabnya karena pengemudi mengantuk. Pengemudi mengalami luka berat di kepalanya karena benturan keras dan bus tersebut rusak parah. Kecelakaan tersebut membuat jalan menjadi macet.

21. SALATIGA - Puncak peringatan Hari Jadi ke- 1269 Kota Salatiga dilaksanakan di halaman gedung DPRD Salatiga, Sabtu (27/7) 2019 pukul 18.00 WIB. Warga Salatiga memadati area pertunjukan hingga jalan masuk bahkan tempat parkir penuh. Bagi pengunjung yang tidak mendapat tempat parkir terpaksa memakirkan kendaraan di luar halaman gedung pemkot.
Paragraf di atas merupakan struktur teks berita bagian ….
a. ekor berita
b. lead
c. tubuh berita
d. teras berita

22. Pemerintah Cina telah menemukan kiat untuk memberantas korupsi. Tak hanya memberi hukuman berat, pemerintah juga menggelar kampanye bahwa korupsi itu jahat. Upaya untuk menanamkan sikap antikorupsi sejak di bangku sekolah. Departemen Pendidikan di Cina membuat mata pelajaran antikorupsi. Paragraf di atas merupakan struktur teks berita bagian ….
a. ekor berita
b. lead
c. tubuh berita
d. teras berita

23. Berita harus aktual. Aktual artinya …
a. baru
b. fakta
c. lengkap
d. sensasi

24. Teks berita yang sesuai dengan gambar adalah ….
a. Asap tebal membumbung ke angkasa. Masyarakat mulai berkerumun. Mereka memperbincangkan apa yang terjadi. Ada yang mengira bakaran sampah. Ada juga yang berpendapat lain. Bahkan ada yang sangat ketakutan dengan melihat asap tersebut.
b. Terjadi kebakaran di ruko. Api berasal dari ruko lantai dasar. Orang-orang sibuk memadamkan api. Mobil pemadam dating 30 menit kemudian. Lima ruko di lantai dasar sudah habis terbakar.
c. Sebuah truk akan menaiki kapal penyeberangan terbakar. Kejadian tersebut diakibatkan kelalaian sopir. Tutup bensin truk tersebut terbuka. Bensin berceceran dan kebetulan sopir membuang puntung rokok. Tanpa disadari kebakaran pun terjadi di kapal penyeberangan tersebut.
d. Sebuah kapal penyeberangan bermuatan bahan dasar minyak mentah. Kapal tersebut disewa untuk mengangkut bahan dasar minyak mentah. Saat sampai di tujuh puluh lima kilo meter, kapal tersebut mengeluarkan kepulan asap. Disinyalir asap berasal dari kabin tengah. Asap semakin membumbung tinggi dan kebakaran pun terjadi. Hampir separo badan kapal terbakar.

25. Berikut ini yang merupakan teras berita terdapat pada ….
a. Pemerintah mengadakan program magang di komunitas baca dan atau Taman Bacaan Masyarakat (TBM) yang dipndang unggul dan berkinerja. Melalui pemagangan tersebut diharapkan para peserta dapat terlibat secara langsung dalam dinamika pengelolaan gerakan literasi, merasakan suasana psikologis dan sosiokultural, berlatih keterampilan,serta berbagi pengalaman dengan sesame penggiat literasi, narasumber/ pendamping.
b. SALATIGA - Puncak peringatan Hari Jadi ke- 1269 Kota Salatiga dilaksanakan di halaman gedung DPRD Salatiga, Sabtu (27/7) 2019 pukul 18.00 WIB. Warga Salatiga memadati area pertunjukan hingga jalan masuk bahkan tempat parkir penuh. Bagi pengunjung yang tidak mendapat tempat parkir terpaksa memakirkan kendaraan di luar halaman gedung pemkot.
c. Bahan bangunan untuk pendirian sekolah itu berasal dari yayasan sosial. Tenaga kerja diambilkan dari swadaya masyarakat sekitar dan dibayar sesuai UMR (Upah Minimum Regional). Sebagian masyarakat ada yang menyumbang makanan ringan, minuman, dan nasi untuk para pekerja bangunan.
d. 
  • Download Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 1 v1 (Utama), UNDUH
  • Download Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 8 Semester 1 v2 (Jawaban), UNDUH
Terima kasih sudah berkunjung di artikel Contoh Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP 2022 Semester 1 (Ganjil). Semoga bermanfaat.
Ki Hajar Dewantara : “Ing Ngarsa Sung Tuladha Ing Madya Mangun Karsa Tut Wuri Handayani”,- Di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat dan di belakang memberikan kekuatan.