Skip to main content

Capaian Pembelajaran (CP) Kurikulum Merdeka 2022/2023

Capaian Pembelajaran (CP) Kurikulum Merdeka 2022/2023
Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka Tahun 2022. Merupakan berkas yang dibagikan oleh Kepala Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kemdikbudristek Nomor 008/H/Kr/2022 Tentang CP PAUD, SD, dan SMA pada Kurikulum Merdeka tahun pelajaran 2022/2023.

Capaian Pembelajaran digunakan satuan pendidikan penyelenggara kurikulum merdeka tersebut sebagai acuan untuk menentukan tingkat kerangka dan standar kualifikasi terhadap penilaian. Intinya CP atau Capaian Pembelajaran bisa diartikan sebagai kompetensi pembelajaran minimal yang harus dicapai peserta didik di setiap mata pelajaran.

Komponen atau isi Capaian Pembelajaran terdiri dari Rasional Mata Pelajaran, Tujuan, Karakteristik yang didasarkan oleh Elemen Pembelajaran (Bab / Materi) sesuai fase atau tingkatan kelas

Capaian Pembelajaran (CP) Kurikulum Merdeka 2022/2023

Capaian Pembelajaran (CP) Kurikulum Merdeka

Prinsip perumusan atau penyusunan Capaian Pembelajaran (CP) terdiri dari 2 (terukur spesifik dan fleksibel).

Terukur dan spesifik artinya Capaian Pembelajaran harus disusun setelah bapak/ibu guru mengingat konsep, memahami, serta menganalisis terlebih dahulu sebelum mengevaluasinya. 

Sedangkan Fleksibel merupakan Kebebasan pengembangan yang mencakup tidak terbatas atau terikat oleh konteks dan karakteristik pembelajaran sebagaimana yang digunakan pada kurikulum sebelumnya yang cuma berorientasi pada prinsip "sekada tahu". 

Selanjutnya, untuk mengunduh Capaian Pembelajaran (CP) Kurikulum Merdeka 2022/2023 silahkan ikuti tautan di bawah ini : 

Capaian Pembelajaran (CP) Kurikulum Merdeka 2022/2023 PDF, Unduh

Capaian Pembelajaran memberikan banyak perubahan terhadap pendekatan tenaga didik dengan pembelajaran di kelas yang menjadikannya lebih fokus kepada peserta didik (siswa). Dalam penerapannya, Capaian Pembelajaran di Kurikulum Merdeka memiliki karakteristik:
  1. Mendefinisikan CP sebagai hasil belajar yang harus dicapai peserta didik di akhir  program pembelajaran
  2. Desain  kurikulum,  strategi  belajar, dan kesempatan belajar menjadi faktor yang  menjamin tercapainya CP 
  3. Proses  penilaian  disesuaikan  dengan  CP  dan  penilaian  setiap  individu untuk memastikan bahwa peserta didik mencapai target.
Berkas Capaian Pembelajaran (CP) dibagikan dalam bentuk file PDF yang isinya tergabung semua mata pelajaran serta semua fase (A-F). Bapak/ibu guru dapat memotongnya (cut halaman) sesuai mata pelajaran dan jenjang pendidikan yang diampu.

Terima kasih sudah berkunjung di Capaian Pembelajaran (CP) Kurikulum Merdeka 2022/2023. Semoga bermanfaat bagi guru dan seluruh tenaga kependidikan yang bertugas.
Ki Hajar Dewantara : “Ing Ngarsa Sung Tuladha Ing Madya Mangun Karsa Tut Wuri Handayani”,- Di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat dan di belakang memberikan kekuatan.