Skip to main content

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Bahasa Inggris SMP Fase D

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Bahasa Inggris SMP Fase D
Alur dan Tujuan Pembelajaran Bahasa Inggris Fase D Kelas 7 s/d 9 SMP Kurikulum Merdeka . Dibagikan kepada bapak/ibu guru pengajar mapel Bahasa Inggris secara resmi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) yang digunakan sebagai acuan dalam pengembangan Bahan Ajar seperti modul ajar.

Pengertian Alur dan Tujuan Pembelajaran adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang tersusun sistematis dan logis mulai dari fase A sampai fase F. ATP Bahasa Inggris SMP Fase D Kurikulum Merdeka dianjurkan bersifat fleksibel agar dapat dikembangkan serta dimodifikasi sedemikian rupa berdasarkan kebutuhan anak dan kondisi lingkungan.

Isi dari Alur dan Tujuan Pembelajaran Bahasa Inggris SMP Kurikulum Merdeka terdiri dari capaian pembelajaran (CP), CP elemen,  tujuan, perkiraan jumlah jam, Profil Pelajar Pancasila yang dibagikan menurut kelas dan fase (Kelas 7 s/d 9). 

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Bahasa Inggris SMP Fase D

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Bahasa Inggris SMP Fase D

Kebebasan pengembangan Alur dan Tujuan Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas 7 8 9 SMP yang disebutkan diatas mencakup tidak terbatas atau terikat oleh konteks dan karakteristik pembelajaran sebagaimana yang digunakan pada kurikulum sebelumnya (Kurtilas dan Revisi). 

Bapak/ibu guru diberikan opsi untuk menggunakan Alur dan Tujuan Pembelajaran resmi yang diterbitkan Kemdikbud (di artikel kami) atau melakukan pengembangan terhadap ATP SMP tersebut.  

Selanjutnya, Kami membagikan Alur dan Tujuan Pembelajaran Bahasa Inggris SMP Kurikulum Merdeka dibawah ini dalam 2 versi yaitu resmi Kemdikbud (Semua Mapel) dan mapel terkait (Bahasa Inggris). Silahkan ikuti tautan di bawah ini untuk mendapatkan berkas yang diinginkan : 
  • Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Bahasa Inggris SMP Fase D, Unduh
  • Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Dikdasmen dan Diksus Resmi Kemdikbud, Unduh
Kurikulum Merdeka ini memberikan banyak kemudahan mulai dari fleksibilitas pelaksanaan waktu pelajaran hingga merancang Perangkat Pembelajaran yang selama ini cukup membebani guru. Sehingga alternatif Alur dan Tujuan Pembelajaran SMP sebagai pengganti perangkat dari kurikulum lama (kurtilas) dapat meringankan beban guru.

Keseluruhan berkas Alur dan Tujuan Pembelajaran (ATP) Bahasa Inggris SMP (Sekolah Menengah Pertama) dibagikan dalam bentuk file PDF dan sebagian microsoft word (doc). Bertujuan agar mempermudah tenaga pendidik dalam proses pengemabngan.

Terima kasih sudah berkunjung di Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Bahasa Inggris SMP Fase D. Semoga bermanfaat bagi guru dan seluruh tenaga kependidikan yang bertugas.
Ki Hajar Dewantara : “Ing Ngarsa Sung Tuladha Ing Madya Mangun Karsa Tut Wuri Handayani”,- Di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat dan di belakang memberikan kekuatan.