Skip to main content

Contoh Soal PAT Pemodelan Perangkat Lunak Kelas 11 SMK Tahun 2022, Terbaru

Contoh Soal PAT Pemodelan Perangkat Lunak Kelas 11 SMK Tahun 2022, Terbaru
Centralpendidikan.com - Halo siswa SMK, melalui artikel ini kami akan membagikan Berkas Pendidikan berupa Contoh Soal PAT Pemodelan Perangkat Lunak Kelas 11 SMK jurusan RPL Semester 2 (Genap) tahun pelajaran 2022/2023 sesuai kisi - kisi mata pelajaran bengkel yang dipelajari siswa.

Berkas ini diperlukan bapak/ibu guru pengajar sebagai referensi dalam penyusunan lembar ujian Penilaian Akhir Tahun di mapel Pemodelan Perangkat Lunak atau PPL Kelas 11. Sedangkan bagi siswa cocok digunakan sebagai bahan belajar agar mendapatkan nilai terbaik di kegiatan evaluasi tahunan tersebut. 

Selanjutnya, untuk perincian dokumennya adalah 2 Paket Soal PAT Pemodelan Perangkat Lunak Kelas 11, gambaran dokumen, serta kunci jawaban yang kami letakkan di lampiran.

Contoh Soal PAT Pemodelan Perangkat Lunak Kelas 11 SMK Tahun 2022, Terbaru

Contoh Soal PAT Pemodelan Perangkat Lunak Kelas 11 SMK Tahun 2022, Terbaru

Selengkapnya, bagi bapak/ibu guru dan siswa kelas XI yang ingin mendownload Soal PAT Pemodelan Perangkat Lunak Kelas 11 Kurikulum 2013 dan Kunci Jawaban silahkan menyimak artikel di bawah ini.

File PDF + Jawaban di akhir artikel

Selamat mengerjakan..


1. Pengembangan suatu sistem dengan memanfaatkan program atau sistem yang telah ada, seperti penambahan fitur baru pada sistem lama yakni menggunakan
a. metode re-usable
b. metode revolusioner
c. metode waterfall
d. metode SDLC
e. metode OOAD

2. Berikut ini bukan merupakan proses dari sistem yang dikenal sebagai model siklus hidup air terjun adalah …
a. Design
b. Contsruction
c. Development Process
d.Requitment Analysis
e. System Engineering

3. Seorang eksekutif akan melihat karyawan, gedung, divisi dan dokumen sebagai objek. Objek berikut ini yang tidak dapat dilihat seorang software engineer adalah …
a. check box
b. CPU
c. database
d. antrian intruksi
e. window

4. Sebuah system yang kompleks akan disederhanakan menjadi sebuah sistem berbentuk prototype misalkan …
a. Prototype remote tv
b. Prototype mobil listrik
c. Prototype pesawat
d. Prototype start up
e. Prototype 3D printer

5. Cara mengimplementasikan sebuah pengembangan sistem dimulai dari level kebutuhan sistem menuju ke tahap analisis, desain, coding, testing dan maintenance adalah …
a. model RAD
b. model waterfall
c. model agile
d. model berorientasi objek
e. model kompleks

6. Sebuah sistem yang dibuat dengan menggabungkan beberapa objek dan tidak mengandalkan data sebagai proyek pengembangan sistem adalah …
a. OOAD
b. OOP
c. OOA
d. SDLC
e. PBO

7. Sebuah metode yang digunakan untuk mengembangkan sebuah sistem yang mengandalkan logika seorang analis sistem yang melibatkan proses requirement, validasi, training dan pemilik sistem adalah …
a. Waterfall
b. SDLC
c. OOA
d. OOP
e. OOAD

8. Berikut ini yang bukan merupakan tahapan dari SDLC adalah …
a. Implementasi
b. Use
c. Maintenance
d. Planning
e. Analisis

9. Metode pengembangan sistem yang dilakukan secara terus menerus di dalam sebuah sistem yang sedang berjalan dan dikerjakan oleh pengguna dan analisis merupakan pengertian dari …
a. Metode pembangan berorientasi objek
b. Metode SDLC
c. Metode re-usable
d. Metode pengembangan evolusioner
e. Metode prototyping

10. Use case digunakan untuk membentuk sebuah tingkah laku aktor. Aktor disebut sebagai objek, sedangkan tingkah laku dalam pemodelan berorientasi objek dikenal sebagai behaviour. Berikut ini merupakan behaviour dari kucing yaitu …
a. Berusia 6 bulan
b. Memiliki ekor panjang
c. Mencakar pohon
d. Bulu berwarna putih
e. Memiliki 4 kaki

11. UML akan mendokumentasikan kerangka sebuah sistem perangkat lunak. Berikut ini merupakan fungsi penerapan UML pada pembangunan sistem, yakni …
a. Menggambarkan desain sistem
b. Menggambarkan batasan sistem
c. Membuat model behaviour sebuah objek
d. Arsitektur implementasi fisik suatu komponen
e. Menjabarkan fungsional sebuah sistem

12. Berikut ini yang bukan merupakan kegunaan UML yaitu …
a. Menentukan kebutuhan sistem
b. Memberikan bahasa pemodelan sistem secara virtual
c. Memberikan model yang siap digunakan
d. Menciptakan model yang dapat digunakan oleh manusia dan mesin
e. Aplikasi pengumpul instruksi-instruksi kode mesin

13. Dalam ilustrasi ada beberapa komponen untuk menggambarkan sebuah objek dalam suatu sistem. Use case menyebut sebuah objek dengan sebutan …
a. Objek
b. Decission
c. Association
d. Actor
e. Trigger

14. Suatu diagram yang menggambarkan berbagai alur aktivitas dalam sistem yang sedang dirancang disebut …
a. Unified modeling language
b. Deployment diagram
c. Activity diagram
d. Sequence diagram
e. Use case diagram

15. Penggambaran behaviour pada kondisi tertentu yang terdapat proses-proses parallel didalam sebuah sistem disebut …
a. Association
b. Decision
c. Trigger
d. Actor
e. Objek

16. Diagram yang menunjukkan rangkaian pesan dari suatu objek ke objek lainnya dinamakan …
a. Deployment diagram
b. Sequence diagram
c. Use case diagram
d. Activity diagram
e. Unified modeling language

17. Seorang programmer sedang membuat kode program untuk sebuah aplikasi. Ketika ada baris kode yang mengalami error pada aplikasi netbeans akan memberikan suatu peringatan berupa …
a. Adanya tanda perintah pada baris kode
b. Tanda highlight merah
c. Menandai baris hasil modifikasi
d. Melompat ke deklarasi suatu variabel
e. Memberi tanda petik merah

18. Aplikasi IDE (Integrated Development Environment) yang diciptakan oleh SUN Microsystems yaitu Netbeans merupakan aplikasi yang dapat berjalan pada …
a. Tampilan hasil program java
b. Untuk meng-compile kode program java
c. Sebuah teknologi java yang digunakan untuk pembuatan aplikasi desktop
d. Fitur yang terdapat pada netbeans untuk menampilkan gambar
e. Bahasa pemrograman yang dapat digunakan oleh netbeans

19. Sebuah relasi yang menunjukkan hubungan antar kelas apabila kelas tersebut hilang maka kelas yang terkait dengan kelas tersebut akan hilang. Relasi itu adalah …
a. asosiasi
b. Komposisi
c. Generalisasi
d. Agregasi
e. Inheritance

20. Perhatikan kelas diagram berikut ini :
Diagram diatas menunjukkan salah satu contoh jenis relasi asosiasi yaitu ...
a. one to many
b. one to one
c. many to many
d. one and many
e. many and many

21. Di sebuah rumah makan ada dua actor yaitu penjual dan pembeli. Pesan berikut ini yang tidak cocok untuk menggambarkan aktivitas pembeli dan penjual tersebut adalah …
a. Menerima pesanan
b. Menjual makanan
c. Mengantar pesanan
d. Membayar
e. Menerima pembayaran

22. Dalam agregasi, apabila kelas utama dihapus maka kelas yang lainnya juga akan hilang. Berikut ini yang merupakan contoh agregasi adalah …
a. Apabila kelas sepeda dihapus maka kelas roda juga hilang
b. Apabila kelas sepeda dihapus maka kelas roda masih dapat digunakan
c. Kelas roda tidak bergantung pada kelas sepeda
d. Kelas sepeda dan kelas roda dapat berdiri sendiri
e. Apabila kelas sepeda dihapus maka kelas roda akan membentuk kelas utama

23. Sebuah teknologi java untuk pengembangan aplikasi desktop yang dapat berjalan di berbagai macam platform seperti windows, linux, Mac Os X dan solaris disebut
a. IBM
b. Phyton
c. Netbeans
d. Swing
e. Java

24. Terdapat potongan kode program yaitu public class Huruf { }. Hak akses pada kelas tersebut adalah…
a. Method
b. Public
c. Abstraction
d. Protect
e. Private

25. Berikut ini bukan merupakan contoh generaslisasi adalah …
a. Super kelas bunga meniliki state dan behaviour yang sama dengan subkelas anggrek dan melati
b. Super kelas mamalia akan mewariskan sikap dan perilakunya pada sapi
c. Super kelas melata mewariskan perilaku yang sama terhadap subkelas ular dan kaki seribu
d. Nomer rekening dan nama rekening termasuk ke dalam kelas buku tabungan
e. Super kelas mobil memiliki state dan behaviour yang sama dengan subkelas pesawat

26. Dalam proses inheritance, subkelas akan mewarisi interface dari super kelas yang artinya …
a. Menerima semua atribut yang dimiliki oleh kelas utama
b. Subkelas akan menerima semua pesan yang dapat diterima juga oleh kelas utama
c. Mewarisi tampilan dari kelas utama (super kelas)
d. Hubungan yang melibatkan satu kelas inti yang sangat penting
e. Memiliki metode yang sama dengan kelas terdahulunya

27. Sebuah kelas dalam sistem berorientasi objek diberikan hak akses public. Dengan demikian, kelas tersebut dapat …
a. Diberi property dan method baru
b. Mengakses property dan method pada semua kelas
c. Menerima semua atribut yang dimiliki
d. Mewarisi property dan method
e. Mengakses method oleh kelas tertentu

28. Sebuah objek nyata seperti remote tv merupakan representasi dari proses …
a. Abstraksi
b. Agregasi
c. Generalisasi
d. Polimorfisme
e. Asosiasi

29. Membangun sebuah sistem yang kompleks dengan menjadikan objek - objek kecil, disebut …
a. Sistem berorientasi objek
b. Sistem structural
c. Sistem procedural
d. Sistem kompleks
e. Sistem berbasis kelas

30. Protected digunakan untuk mengatur property dan method agar dapat diakses didalam kelas dan akan diturunkan ke kelas turunannya. Akibatnya yaitu …
a. Kelas lain tidak dapat mengakses objek tersebut
b. Kelas lain dapat mengakses objek tersebut
c. Kelas dapat mengakses kelas tersebut
d. Kelas dapat berbagi objek
e. Kelas lain tidak dapat berbagi objek

31. Bahasa pemrograman yang sangat direkomendasikan untuk mengerjaan object oriented programming adalah java, karena …
a. Teknik pemrograman modern yang lebih efisien dan banyak digunakan pada framework
b. Fungsi dan variabel dibungkus dalam sebuah objek atau class yang dapat saling berinteraksi
c. Dijalankan dalam berbagai platform komputer dan sistem operas yang berbeda
d. Java memiliki library yang lengkap
e. Bytecode yang menyimpan bahasa tingkat tinggi

32. Objek merupakan bentuk representasi dari sebuah kelas, membungkus data dan method bersama menjadi suatu unit atau entitas dalam sebuah sistem. Dibawah ini yang merupakan definisi method yaitu …
a. Tindakan yang dapat dilakukan didalam class
b. Memuat argument dan parameter
c. Sebuah metode yang digunakan untuk memecah program menjadi bagian-bagian yang kecil
d. Hasil cetakan dari sebuah class yang disimpan dalam variabel
e. Data yang terdapat dalam sebuah class

33. Proses pembangunan sistem pemodelan berorientasi objek ditekankan pada …
a. Pemilihan bahasa pemrograman
b. Menentukan objek, atribut dan fungsi
c. Menentukan metodologi
d. Memecah program menjadi beberapa sub
e. Membuat alur program

34. Suatu benda yang berwujud secara fisik dan memiliki karakteristik disebut ..
a. Class
b. Method
c. Atribut
d. Behaviour
e. Objek

35. Proses yang digunakan untuk menutupi semua detail sebuah objek disebut …
a. State
b. Encapsulation
c. Inheritance
d. Abstraksi
e. Polymorphism

36. Berikut ini bukan merupakan manfaat penggunaan pemodelan berorientasi objek adalah …
a. Membuat struktur koding yang rapi
b. Permasalahan sistem diselesaikan dalam blok tunggal
c. Maintenance program yang cepat
d. Mudah menemukan sistem yang error
e. Memudahkan programmer untuk pembangunan program

37. Pemberian hak akses pada atribut atau method agar dapat diakses oleh semua class adalah …
a. Public
b. Encapsulation
c. Private
d. Protected
e. Class

38. Suatu metode pemodelan berbasis objek yang digunakan untuk menurunkan atribut atau method ke class yang lain dinamakan …
a. Polymorphism
b. Class
c. Inheritance
d. Public
e. Encapsulation

39. Fungsi dalam class turunan yang mempunyai nama, return type argument dan function yang sama disebut …
a. Overloading
b. Private
c. Protected
d. Encapsulation
e. Overriding

40. Metode yang menggunakan nama fungsi yang sama tetapi dengan argument yang berbeda dinamakan …
a. Overriding
b. Overloading
c. Encapsulation
d. Private
e. Protected

41. Dasar pembatasan ruang lingkup terhadap data yang akan diproses dan melakukan pembatasan terhadap hak akses suatu data disebut …
a. Polimorfism
b. Protected
c. Encapsulation
d. Inheritance
e. Abstraksi

42. Berikut ini yang termasuk manfaat penggunaan pemodelan berorientasi objek adalah …
a. Memberikan kemudahan dalam maintenance program
b. Setiap modul dapat berjalan independen
c. Memberikan aliran program yang jelas
d. Memberikan fleksibilitas
e. Cocok untuk pembangunan aplikasi berskala kecil

43. Manfaat proses pembungkusan / encapsulation adalah …
a. Setiap modul dapat berjalan independen
b. Memodifikasi kode program tanpa merusak kode program yang telah digunakan pada kelas lain
c. Memberikan alur program yang jelas
d. Memberikan akses ke semua orang
e. Memberikan fleksibilitas

44. Dibawah ini yang bukan merupakan bahasa pemrograman yang mendukung pemrograman berorientasi objek yaitu …
a. Bahasa C
b. Visual Basic
c. Java
d. C++
e. HTML

45. Manusia merupakan objek yang memiliki state dan behaviour. Berdasarkan pernyataan ini, berikut ini yang merupakan behaviour ditunjukkan oleh …
a. Tangan
b. Gemuk
c. Berinteraksi dengan manusia lainnya
d. Berjalan
e. Kaki

46. Pengembangan sistem berdasarkan pada ide awal pembuatan sistem dengan menunjukkan kepada pengguna untuk mendapatkan respons disebut …
a. Metode revolusioner
b. Metode waterfall
c. Metode agile
d. Metode re-usable
e. Metode OOAD

47. Berikut ini bukan merupakan proses dari sistem yang dikenal sebagai model siklus hidup air terjun (waterfall) adalah …
a. Construction
b. Development process
c. System engineering
d. Requitment analysis
e. Design

48. Pengembangan suatu sistem dengan memanfaatkan program atau sistem yang telah ada, seperti penambahan fitur baru pada sistem lama yakni menggunakan …
a. Metode re-usable
b. Metode revolusioner
c. Metode waterfall
d. Metode SDLC
e. Metode OOAD

49. Sebuah deskripsi mengenai sebuah data yang berisi type of file, description, location, size, created, modified dan accessed merupakan bentuk dari …
a. Resource
b. Metadata
c. Metatype
d. Metamap
e. Metafile

50. Metadata deskriptif berisi kata kunci yang dapat membantu menemukan data dalam sebuah sistem. Berikut ini yang merupakan penerapan metadata deskriptif adalah …
a. Tag
b. Primary key
c. Resource
d. Jenis file
e. tittle
  • Soal PAT Pemodelan Perangkat Lunak Kelas 11 SMK Versi 1 : DOWNLOAD
  • Soal PAT Pemodelan Perangkat Lunak Kelas 11 SMK Versi 2 : DOWNLOAD
Diharapkan Contoh Soal PAT Pemodelan Perangkat Lunak Kelas 11 SMK Tahun 2022, Terbaru bermanfaat untuk tenaga didik dan siswa sekalian.
Ki Hajar Dewantara : “Ing Ngarsa Sung Tuladha Ing Madya Mangun Karsa Tut Wuri Handayani”,- Di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat dan di belakang memberikan kekuatan.