Skip to main content

Silabus OSN SMP Edisi Tahun 2022 Resmi Puspresnas Lengkap

Silabus OSN SMP Edisi Tahun 2022 Resmi Puspresnas Lengkap
Centralpendidikan.com - Silabus Olimpiade Sains Nasional (OSN) jenjang satuan pendidikan SMP Tahun 2022 resmi Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas). Merupakan dokumen resmi yang dirilis melalui laman https://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id

Silabus OSN SMP 2022 bidang Matematika, IPA, dan IPS disusun berdasarkan Kurikulum 2013 dan silabus olimpiade sains internasional. Perincian berkas terdiri dari kompetensi, materi, dan lingkup materi. Soal OSN SMP disusun berdasarkan ruang lingkup materi yang telah ditetapkan dalam silabus tersebut.

Kompetensi yang diharapkan dicapai dari peserta OSN SMP adalah keterampilan berpikir tingkat tinggi (High Order Thinking Skills atau HOTS). 

Silabus OSN SMP Edisi Tahun 2022 Resmi Puspresnas Lengkap

Informasi terkait Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Kabupaten, Provinsi, dan Nasional untuk satuan pendidikan SMP akan selalu di update dan peserta diprioritaskan mengeceknya langsung pada laman resmi Puspresnas KemdikbudRistek. 

OSN SMP


Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP adalah ajang kompetisi dalam bidang sains bagi peserta didik Sekolah Menengah Pertama di seluruh Indonesia. Kegiatan ini merupakan salah satu wadah strategis untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran di bidang Matematika, IPA, dan IPS sehingga peserta didik menjadi lebih kreatif dan inovatif. 

Berdasarkan Dalam Surat Edaran Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 2 Tahun 2022 tentang Diskresi Pelaksanaan Keputusan Bersama 4 (Empat) Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. :

Memastikan penerapan protokol kesehatan secara ketat oleh satuan pendidikan, pelaksanaan survei perilaku kepatuhan terhadap protokol kesehatan dan surveilans epidemiologis di satuan pendidikan, dst.


Meskipun begitu pemerintah tidak menunda atau bahkan membatalkan OSN di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), asal tetap memperhatikan Prokes dan ketentuan sebagaimana yang terlampir di Panduan Teknis OSN tahun 2022.

Silabus OSN SMP Edisi Tahun 2022 Resmi Puspresnas Lengkap


Silabus OSN SMP Tahun 2022 Resmi Puspresnas yang kami bagikan merupakan Dokumen Re-Share berbentuk PDF yang digunakan untuk persiapan para peserta Olimpiade Sains Nasional menghadapi tahapan seleksi menuju OSN Nasional Tahun 2022 di bulan Juli sesuai jadwal.

Selanjutnya, untuk mengunduh Dokumen Silabus OSN SMP silahkan ikuti tautan di bawah ini :

Silabus OSN SMP Edisi Tahun 2022 Resmi Puspresnas Lengkap PDF, DOWNLOAD


Akhir Kata


Menurut Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) bersama Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek), Pelaksanaan OSN jenjang SMP tahun 2022 untuk menghasilkan anak-anak berprestasi di bidang Matematika, IPA, dan IPS dan mampu berdaya saing nasional maupun global. 

Selain itu, Penyelenggaraan OSN telah memotivasi banyak sekolah untuk mengembangkan program peningkatan mutu pembelajaran Matematika, IPA, dan IPS. 

Demikian artikel tentang Silabus OSN SMP Edisi Tahun 2022 Resmi Puspresnas Lengkap. Terima kasih
Ki Hajar Dewantara : “Ing Ngarsa Sung Tuladha Ing Madya Mangun Karsa Tut Wuri Handayani”,- Di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat dan di belakang memberikan kekuatan.