Skip to main content

Try Out Soal dan Jawaban KSN Matematika SD 2023 Resmi Puspresnas

Try Out Soal dan Jawaban KSN Matematika SD 2023 Resmi Puspresnas
Centralpendidikan.com - Try Out Soal KSN Matematika SD Tahun 2023 resmi Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) yang berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi atau yang disingkat Kemdikbusristek.

Merupakan kumpulan data yang kami siapkan untuk adik - adik peserta Kompetisi Sains Nasional ditingkat Sekolah, Kabupaten/Kota, Provinsi, dan Nasional. Rinciannya berupa soal KSN Matematika di tahun sebelumnya dan tambahan soal prediksi yang dapat dipelajari agar lolos ke tahap selanjutnya.

Materi KSN Matematika SD tahun 2023 sudah dibagikan melalui lampiran Silabus yang dapat diunduh secara gratis pada laman web https://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id

Try Out Soal dan Jawaban KSN Matematika SD 2023 Resmi Puspresnas

Kompetisi Sains Nasional (KSN) SD adalah ajang kompetisi dalam bidang sains bagi peserta didik Sekolah Dasar di seluruh Indonesia. Kegiatan ini merupakan salah satu wadah strategis untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran Matematika sehingga peserta didik menjadi lebih kreatif dan inovatif. 

Selain itu, melalui kegiatan KSN SD ini diharapkan akan membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, sistematis, analitis, kritis, dan kreatif. Sebagaimana yang diinginkan oleh Kemendikbudristek dan Puspresnas.

KSN SD "Matematika"


Sejak KSN SD dilaksanakan, banyak sekolah yang telah termotivasi untuk mengembangkan program peningkatan mutu pembelajaran (Matematika). Hal tersebut mengindikasikan bahwa dampak positif dari kegiatan KSN sudah nampak dan menjadi gerakan nasional untuk mengembangkan mutu dan kualitas pendidikan sains mulai dari tingkat sekolah, pembinaan kecamatan, kabupaten/kota, provinsi dan hingga di level nasional. 

Agar dampak positif tersebut dapat meluas, perlu dukungan informasi yang dapat membantu sekolah dalam rangka akselerasi pemahaman program peningkatan mutu pembelajaran bidang studi (Matematika). Seperti yang centralpendidikan.com lakukan sekarang ini.

Try Out Soal dan Jawaban KSN Matematika SD 2023 Resmi Puspresnas


Contoh Soal Latihan (Try Out) KSN Matematika SD 2023 dibagikan dalam bentuk dokumen, merupakan berkas yang kami kumpulkan dari kompetensi tahun sebelumnya untuk persiapan para peserta Kompetisi Sains Nasional menghadapi tahapan seleksi menuju KSN Nasional 2023.

Pasalnya terdapat 3 tahapan agar bisa lolos ke KSN Nasional yaitu KSN Satuan Pendidikan, KSN Kabupaten/Kota, dan KSN Provinsi.

Selanjutnya, untuk mengunduh Try Out Soal dan Jawaban KSN Matematika SD 2023 Resmi Puspresnas silahkan ikuti tautan berikut ini :
  • Try Out Soal dan Jawaban KSN Matematika SD 2023 dan Kunci Jawaban V1, Unduh
  • Try Out Soal dan Jawaban KSN Matematika SD 2023 dan Kunci Jawaban V2, Unduh
  • Arsip Soal KSN Matematika SD (Tahun 2003 - 2017) rar, Unduh
Gambaran :

Isian Singkat
1. Andi mempunyai enam bilangan, yaitu 15; 16; 18; 19; 20 dan 31: Dia memberi tahu Budi bahwa dia akan menghapus salah satu dari enam bilangan tersebut, dan lima bilangan sisanya ketika dijumlahkan habis dibagi tiga. Bilangan yang akan dihapus Andi adalah . . .

2. Sebuah kubus dipotong menjadi dua buah balok. Jika perbandingan volum kedua balok terse- but adalah 1 : 2; maka perbandingan luas permukaannya adalah ...

3. Gunakan angka 1 sampai dengan 6 masing- masing tepat satu kali untuk membentuk dua bilangan yang terdiri atas tiga angka. Kedua bilangan tersebut lalu dikalikan. Hasil perkalian terbesar yang mungkin adalah . . .

4. Pak Budi berkata pada anaknya yang besok berulang tahun : ”Lucu ya, hari ini kalau digit pada umur saya dibalik, kita dapatkan umur kamu. Tetapi besok umur kamu setengah umur saya”. Umur Pak Budi adalah . . . tahun.

5. Misalkan sekarang uang koin yang beredar adalah koin Rp 100 -an, Rp 200 - an, Rp 500 -an, dan Rp 1000 -an. Harga barang-barang jajanan di sekolah Elisa merupakan kelipatan Rp 100, dengan harga jajanan termahalnya sebesar Rp 1000. Suatu hari Elisa membawa sejumlah uang koin ke sekolah. Dengan uang yang dibawa, dia bisa membeli sebuah jajanan yang manapun juga tanpa memerlukan kembalian. Paling sedikit banyak uang koin yang dibawa Elisa adalah . . . buah.

6. Sebuah wadah berbentuk balok dengan alas persegi berukuran 10 cm  10 cm dan tinggi 40 cm, berisi air dengan ketinggian 32 cm. Saat wadah direbahkan, ketinggian air adalah . . . cm.

7. Marshella membutuhkan 30 kantong permen. Harga tiap kantong permen Rp 5.000. Di se- tiap kantong permen tersebut terdapat satu lembar kupon. Setiap tiga lembar kupon dapat ditukarkan dengan satu kantong permen yang sama. Paling sedikit, uang yang dibutuhkan untuk mendapatkan 30 kantong permen tersebut adalah Rp. . . .

8. The area of a rectangle is 72 cm2 and its perimeter is 54 cm. If its length and its width are integers, then the difference between its length and its width is . . . .

9. Suatu kotak berisi sejumlah kartu bernomor. Ada satu kartu bernomor 1; dua kartu bernomor 2; tiga kartu bernomor 3 dan seterusnya sampai 20 kartu bernomor 20: Agar dapat dipastikan bahwa kartu yang kita ambil dari kotak tersebut ada 10 kartu bernomor sama, paling tidak kita harus mengambil sebanyak . . . kartu.

10. Terdapat lima macam uang kertas yang dimiliki Pak Firman, yaitu pecahan bernilai Rp 1.000, Rp 5.000, Rp 10.000, Rp 50.000, dan Rp 100.000. Pada suatu hari, Pak Firman mengambil uangnya senilai Rp 128.000 sebanyak 41 lembar. Ia masih ingat dari lima macam uang kertas yang dimilikinya ada pecahan yang tidak diambilnya dan ia mengambil 5 lembar uang peca- han Rp 5.000. Banyaknya lembaran uang bernilai Rp 1.000 yang diambil Pak Firman adalah . . . 
Ki Hajar Dewantara : “Ing Ngarsa Sung Tuladha Ing Madya Mangun Karsa Tut Wuri Handayani”,- Di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat dan di belakang memberikan kekuatan.