Skip to main content

Try Out Soal dan Jawaban KSN IPA SD 2023 Resmi Puspresnas

Try Out Soal dan Jawaban KSN IPA SD 2023 Resmi Puspresnas
Centralpendidikan.com - Try Out Soal KSN IPA SD Tahun 2023 resmi Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) yang berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi atau yang disingkat Kemdikbusristek.

Merupakan kumpulan data yang kami siapkan untuk adik - adik peserta Kompetisi Sains Nasional ditingkat Sekolah, Kabupaten/Kota, Provinsi, dan Nasional. Rinciannya berupa soal KSN IPA di tahun sebelumnya dan tambahan soal prediksi yang dapat dipelajari agar lolos ke tahap selanjutnya.

Materi KSN IPA SD tahun 2023 sudah dibagikan melalui lampiran Silabus yang dapat diunduh secara gratis pada laman web https://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id

Try Out Soal dan Jawaban KSN IPA SD 2023 Resmi Puspresnas

Kompetisi Sains Nasional (KSN) SD adalah ajang kompetisi dalam bidang sains bagi peserta didik Sekolah Dasar di seluruh Indonesia. Kegiatan ini merupakan salah satu wadah strategis untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) sehingga peserta didik menjadi lebih kreatif dan inovatif. 

Selain itu, melalui kegiatan KSN SD ini diharapkan akan membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, sistematis, analitis, kritis, dan kreatif. Sebagaimana yang diinginkan oleh Kemendikbudristek dan Puspresnas.

KSN SD "Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)"


Sejak KSN SD dilaksanakan, banyak sekolah yang telah termotivasi untuk mengembangkan program peningkatan mutu pembelajaran (IPA). Hal tersebut mengindikasikan bahwa dampak positif dari kegiatan KSN sudah nampak dan menjadi gerakan nasional untuk mengembangkan mutu dan kualitas pendidikan sains mulai dari tingkat sekolah, pembinaan kecamatan, kabupaten/kota, provinsi dan hingga di level nasional. 

Agar dampak positif tersebut dapat meluas, perlu dukungan informasi yang dapat membantu sekolah dalam rangka akselerasi pemahaman program peningkatan mutu pembelajaran bidang studi (Ilmu Pengetahuan Alam). Seperti yang centralpendidikan.com lakukan sekarang ini.

Try Out Soal dan Jawaban KSN IPA SD 2023 Resmi Puspresnas


Contoh Soal Latihan (Try Out) KSN IPA SD 2023 dibagikan dalam bentuk dokumen, merupakan berkas yang kami kumpulkan dari kompetensi tahun sebelumnya untuk persiapan para peserta Kompetisi Sains Nasional menghadapi tahapan seleksi menuju KSN Nasional 2023.

Pasalnya terdapat 3 tahapan agar bisa lolos ke KSN Nasional yaitu KSN Satuan Pendidikan, KSN Kabupaten/Kota, dan KSN Provinsi.

Selanjutnya, untuk mengunduh Try Out Soal dan Jawaban KSN IPA SD 2023 Resmi Puspresnas silahkan ikuti tautan berikut ini :
  • Try Out Soal dan Jawaban KSN IPA SD 2023 Resmi Puspresnas V1, Unduh
  • Try Out Soal dan Jawaban KSN IPA SD 2023 Resmi Puspresnas V2, Unduh
  • Kumpulan Soal KSN IPA SD Tahun 2023 (Bonus) rar, Unduh
Gambaran :

A. Pilihan Ganda
1. Sebuah mobil bergerak dengan kecepatan 36 km/jam. Kecepatan ini sama dengan ….
a. 5 m/s 
b. 10 m/s 
c. 15 m/s 
d. 20 m/s
Jawaban : B

2. Parma mendorong balok diatas lantai yang cukup kasar, ternyata sulit dilakukan, yang menyebabkan kesulitan tersebut adalah ….
a. Berat 
b. Gaya magnet
c. Gaya gesek 
d. Gaya gravitasi
Jawaban : C

3. Solar sel merupakan alat yang menggunakan prinsip kekekalan energi dengan mengubah ….
a. Energi potensial menjadi gerak 
b. Energi listrik menjadi cahaya
c. Energi cahaya menjadi listrik
d. Energi cahaya menjadi gerak
Jawaban : C

4. Perhatikan bagan perubahan wujud zat di samping. 

Perubahan yang melibatkan penyerapan kalor terjadi pada nomor ….
a. 2
b. 3
c. 4
d. 6
Jawaban : C

5. Jika kamu membeli minuman “es the” dan memperhatikannya maka akan melihat bahwa es dapat terapung di air. Peristiwa ini menunjukkan adanya sifat ….
a. Kapilaritas air 
b. Massa jenis air 
 c. Anomali air 
 d. Viskositas air
Jawaban : C

B. Isian Singkat
1. Katak, lumba-lumba, sapi, paus, burung merpati, ular dan salamander adalah contoh-contoh hewan bertulang belakang. Diantara hewan-hewan tersebut, yang termasuk dalam kelompok mamalia adalah . . . , . . . dan . . . .
Jawaban : Sapi, Paus, dan lumba-lumba

2. Sendi atau hubungan antar tulang yang memungkinkan terjadinya gerakan misalnya hubungan antar tulang gelang bahu dan tulang lengan atas disebut sendi ….
Jawaban : Sendi peluru

3. Pada tumbuhan, pembuluh yang berfungsi mengangkut air dan garam mineral dari tanah keseluruh bagian tumbuhan adalah pembuluh ….
Pembuluh kayu GV

4. Berbagai usaha untuk pencegahan penyakit diantaranya adalah dengan memanfaatkan kuman yang telah dilemahkan daya serangnya yang disebut ….
Jawaban : Vaksinasi

5. Suatu saat kita melakukan gerakan spontan akibat reaksi terhadap suatu keadaan misalnya saat kita tersengat apai. Gerakan itu tiba-tiba dan tanpa kita sadari. Gerak yang demikian disebut ….
Jawaban : Gerak Reflek

C. Uraian
1. Apa pengertian tata surya itu ?
Jawaban : Susunan matahari, planet, satelit, asteroid dan benda langit lainnya yang ada dalam pengaruh matahari

2. Apa arti tulisan 220V 350W pada sebuah setrika listrik ?
Jawaban : Bila dipasangkan pada tegangan 220 V maka setrika akan menggunakan daya 350 W

3. Tuliskan perbedaan sistem perakaran, batang dan daun pada tumbuhan monokotil dan dikotil !
Jawaban : Monokotil : Akar serabut, batang tidak bercabang karena tidak berkambium, tulang daun melengkung atau sejajar 
Dikotil :  Akar tunggang, batang bercabang karena berkambium, tulang daun menyirip atau menjari

4. Jika suhu udara diluar panas maka anjing akan menjulurkan lidahnya. Coba jelaskan mengapa anjing berperilaku demikian.
Jawaban : Karena anjing tidak memiliki kelenjar keringat maka untuk mengurangi suhu tubuh akibat panas, maka penguapan dilakukan melalui mulut.

5. Suatu hari kalian mengikuti pelajaran olah raga dengan berlari mengelilingi lapangan. Setelah beberapa kali putaran tubuhmu berkeringat. Mengapa demikian ?
Jawaban : Karena saat olah raga kita perlu energi yang banyak yang diambil dari sari makanan. Sisanya dibuang melalui darah dan dikeluarkan berupa keringat.

D. Eksperimen
1. (Soal Olimpiade Propinsi Jatim 2009)
Selidikilah agar terbentuk bayangan oleh cermin cembung. Tentukan sifat dan letak bayangannya!
Alat dan bahan :
1. Lilin Cermin 4. cembung
2. Korek api 5. Plastisin
3. Layar (Kertas Manila) 6. Mistar

2. (Soal Olimpiade Propinsi Jatim 2007)
Buat rangkaian seri dan pararel (sertakan pula gambar rangkaiannya) sehingga lampunya dapat menyala.
Alat dan bahan :
1. 6 utas kabel 
2. 1 saklar 
3. 2 dop (2,5 volt)
4. 1 baterai (1,5 volt)
5. 12 penjepit buaya

3. (Soal Olimpiade Kabupaten 2007)
Tunjukkan perbedaan antara tinggi rendahnya bunyi dan kuat lemahnya bunyi
Alat dan bahan :
1. Empat gelas kaca
2. Sendok
3. Air

Demikian artikel tentang Try Out Soal dan Jawaban KSN IPA SD 2023 Resmi Puspresnas. Terima kasih
Ki Hajar Dewantara : “Ing Ngarsa Sung Tuladha Ing Madya Mangun Karsa Tut Wuri Handayani”,- Di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat dan di belakang memberikan kekuatan.