Skip to main content

Try Out Soal dan Jawaban KSN Geografi SMA 2023 Resmi Puspresnas

Try Out Soal dan Jawaban KSN Geografi SMA 2023 Resmi Puspresnas
Centralpendidikan.com - Try Out Soal KSN Geografi SMA Tahun 2023 resmi Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) yang berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi atau yang disingkat Kemdikbusristek.

Merupakan kumpulan data yang kami siapkan untuk adik - adik peserta Kompetisi Sains Nasional ditingkat Sekolah, Kabupaten/Kota, Provinsi, dan Nasional. Rinciannya berupa soal KSN Geografi di tahun sebelumnya dan tambahan soal prediksi yang dapat dipelajari agar lolos ke tahap selanjutnya.

Materi KSN Geografi SMA tahun 2023 sudah dibagikan melalui lampiran Silabus yang dapat diunduh secara gratis pada laman web https://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id

Try Out Soal dan Jawaban KSN Geografi SMA 2023 Resmi Puspresnas

Kompetisi Sains Nasional (KSN) SMA adalah ajang kompetisi dalam bidang sains bagi peserta didik Sekolah Menengah Atas di seluruh Indonesia. Kegiatan ini merupakan salah satu wadah strategis untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran Geografi sehingga peserta didik menjadi lebih kreatif dan inovatif. 

Selain itu, melalui kegiatan KSN SMA ini diharapkan akan membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, sistematis, analitis, kritis, dan kreatif. Sebagaimana yang diinginkan oleh Kemendikbudristek dan Puspresnas.

KSN SMA "Geografi"


Sejak KSN SMA 2023 dilaksanakan, banyak sekolah yang telah termotivasi untuk mengembangkan program peningkatan mutu pembelajaran (Geografi). Hal tersebut mengindikasikan bahwa dampak positif dari kegiatan KSN sudah nampak dan menjadi gerakan nasional untuk mengembangkan mutu dan kualitas pendidikan sains mulai dari tingkat sekolah, pembinaan kecamatan, kabupaten/kota, provinsi dan hingga di level nasional. 

Agar dampak positif tersebut dapat meluas, perlu dukungan informasi yang dapat membantu sekolah dalam rangka akselerasi pemahaman program peningkatan mutu pembelajaran bidang studi (Geografi). Seperti yang centralpendidikan.com lakukan sekarang ini.

Try Out Soal dan Jawaban KSN Geografi SMA 2023 Resmi Puspresnas


Contoh Soal Latihan (Try Out) KSN Geografi SMA 2023 dibagikan dalam bentuk dokumen, merupakan berkas yang kami kumpulkan dari kompetensi tahun sebelumnya untuk persiapan para peserta Kompetisi Sains Nasional menghadapi tahapan seleksi menuju KSN Nasional 2023.

Pasalnya terdapat 3 tahapan agar bisa lolos ke KSN Nasional yaitu KSN Satuan Pendidikan, KSN Kabupaten/Kota, dan KSN Provinsi.

Selanjutnya, untuk mengunduh Try Out Soal dan Jawaban KSN Geografi SMA 2023 Resmi Puspresnas silahkan ikuti tautan berikut ini :
  • Try Out Soal dan Jawaban KSN Geografi SMA 2023 Pdf, Unduh
  • Kunci Jawaban, Unduh
Gambaran :

1. Panas yang dibutuhkan untuk berubah fasa dari cair ke gas disebut panas laten … dan panas yang dilepaskan ketika berubuh wujud dari gas ke cair disebut panas laten …
a. evaporasi, kondensasi 
b. sublimasi, kondensasi
c. kondensasi, evaporasi
d. pencairan, pembekuan
e. sublimasi, pengembunan
Jawaban : A

2. Parsel udara yang naik ke atmosfer setelah mengalami proses kondensasi akan terhenti geraknya pada saat:
a. Suhu parsel udara lebih besar dibandingkan suhu lingkungannya 
b. Suhu udara parsel lebih kecil dibandingkan suhu lingkungannya 
c. Suhu parsel udara sama dengan suhu lingkungannya
d. Tekanan parsel udara lebih besar dibandingkan suhu lingkungannya 
e. Tekanan parsel udara lebih kecil dibandingkan suhu lingkungannya
Jawaban : B

3. Ketinggian dasar awan pada proses genesis awan yang terjadi karena udara dipaksa naik ditunjukkan oleh:
a. Level of Free Convection (LFC)
b. Convective Condensation Level (CCL)
c. Lifting Condensation Level (LCL)
d. Equilibrium Level (EL)
e. Lifted Index (LI)
Jawaban : C

9. Kebakaran hutan dan lahan di beberapa wilayah khususnya di Sumatera dan Kalimantan tahun 2019 ini sudah banyak dicoba untuk diatasi. Metode meteorologis yang paling efektif saat ini yang bisa dilakukan menurut Saudara adalah:
a. Water bombing
b. Hujan buatan 
c. Manual
d. Kanal buatan
e. Tidak ada jawaban yang benar
Jawaban : B

10. Polusi udara yang banyak terjadi di kota-kota besar dunia mempengaruhi pada pemanasan global. Beragam cara bisa dilakukan untuk mengerem laju pemanasan global tersebut dengan cara-cara yang sederhana, misalnya:
a. Berpergian kemanapun dengan kendaraan bermotor 
b. Menyalakan lampu pada siang hari
c. Tidak bepergian dengan motor/mobil bila tidak penting 
d. Menyalakan TV sepanjang waktu
e. Banyak membersihkan badan
Jawaban : C

11. Air merupakan salah satu sumber daya terpenting dalam kehidupan manusia. Dalam siklus alam, air mengalami beberapa perubahan secara fisika kecuali:
a. evaporasi
b. kondensasi
c. penggaraman
d. transpirasi 
e. sublimasi
Jawaban : C

12. Kerusakan lingkungan hidup di muka bumi yang diakibatkan oleh penggunaan bahan bakar fosil yang berdampak global adalah:
a. kabut asap akibat knalpot kendaraan 
b. material sisa pembakaran batu bara 
c. hujan asam akibat buangan industri
d. perusakan lapisan ozon pada lapisan atmosfer
e. meningkatnya radiasi ultraviolet yang menembus atmosfer
Jawaban : C

13. Salah satu cara untuk memanfaatkan sumber daya air secara berkelanjutan adalah dengan reduce, yaitu dengan cara:
a. Penyulingan air laut 
b. Pembuatan irigasi
c. Pemurnian air limbah
d. Penggunaan air sesuai kebutuhan 
e. Pengambilan air tanah dalam
Jawaban : D

14. Pengolahan tanah pertanian di daerah dataran tinggi salah satunya adalah dengan cara membuat sawah bertingkat, manfaat dari cara ini adalah:
a. Terlihat lebih indah
b. Agar air dapat mengalir ke setiap lokasi
c. Pembagian sinar matahari yang lebih merata
d. Untuk konservasi tanah
e. Agar mudah dalam panen padi
Jawaban : D

15. Pembakaran hutan dan lahan tanaman liar merupakan bencana bagi manusia karena dapat mencemarkan udara dan mengancam kehidupan manusia. Bahaya lain dari pencemaran udara adalah:
a. Terjadinya angin topan 
b. Perubahan iklim
c. El NiƱo
d. Musim kering yang panjang 
e. Banjir
Jawaban : B
Ki Hajar Dewantara : “Ing Ngarsa Sung Tuladha Ing Madya Mangun Karsa Tut Wuri Handayani”,- Di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat dan di belakang memberikan kekuatan.