Skip to main content

Instrumen Soal UKK SMK Tahun 2022/2023 resmi Kemendikbudristek

Instrumen Soal UKK SMK Tahun 2022/2023 resmi Kemendikbudristek
Instrumen Soal UKK SMK Tahun 2022/2023 resmi Kemendikbudristek (Mandiri) kurikulum 2013 Revisi. Instrumen berisikan langkah-langkah yang akan diujikan pada pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian.

SMK terakreditasi yang melakukan uji kompetensi secara mandiri dengan melibatkan mitra dunia kerja dan dapat menggunakan referensi instrumen UKK yang disusun oleh pemerintah pusat sebagai standar minimal.

Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2022 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 57 tentang Standar Nasional Pendidikan menyebutkan bahwa SKL pada satuan pendidikan jenjang SMK difokuskan diantaranya pada keterampilan untuk meningkatkan kompetensi peserta didik agar dapat hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai dengan kejuruannya (bengkel).

Instrumen Soal UKK SMK Tahun 2022/2023 resmi Kemendikbudristek

Uji Kompetensi Keahlian (UKK) merupakan asesmen terhadap pencapaian kualifikasi jenjang 2 (dua) atau 3 (tiga) pada KKNI dilaksanakan oleh satuan pendidikan terakreditasi bersama mitra dunia kerja di akhir masa studi. 

Materi Uji Kompetensi Keahlian (UKK) 2022/2023 disusun berdasarkan skema sertifikasi sesuai dengan jenjang kualifikasi/jurusan yang memuat kemampuan melaksanakan pekerjaan spesifik, operasional, dan/atau penjaminan mutu.

Instrumen Soal UKK SMK "Semua Jurusan"


Uji Kompetensi Keahlian (UKK) merupakan penilaian yang diselenggarakan khusus bagi siswa SMK untuk mengukur pencapaian kompetensi. Tujuan keduanya adalah mendapatkan sertifikat yang diakui oleh asosiasi profesi, industri, dan  mitra dunia kerja

Adapun untuk penerbitan sertifikat UKK dapat dilakukan melalui aplikasi e-Rapor SMK versi 6.0.

UKK Mandiri : SMK terakreditasi yang melakukan uji kompetensi secara mandiri menggunakan instrumen UKK yang disusun oleh pemerintah pusat sebagai standar minimal dengan melibatkan mitra dunia kerja dan berorientasi pada standar kompetensi lulusan.

Sebagaimana yang disebutkan diatas, UKK dilaksanakan di akhir pembelajaran oleh LSP atau sekolah terakreditasi bersama mitra dunia usaha/industri. Bagi siswa, jadwal terinci dapat ditanyakan kepada guru di satuan pendidikan masing - masing. 

Ke depannya, hasil UKK akan dijadikan bapak/ibu guru sebagai evaluasi dalam menentukan kelulusan siswa yang dicocokkan berdasarkan SKL di Semua Jurusan. 

Instrumen Soal UKK SMK Tahun 2022/2023 resmi Kemendikbudristek


Instrumen Soal UKK Semua Jurusan ini merupakan dokumen resmi yang dibagikan dari laman website smk.kemdikbud.go.id agar dapat digunakan dan diunduh secara nasional bagi satuan pendidikan jenjang Sekolah Menengah Kejuruan.  

Dokumen yang dibagikan dalam artikel di website tersebut diantaranya Pedoman Penyelenggaraan Uji Kompetensi Keahlian, Daftar Unit Kompetensi per Paket Uji Kompetensi Keahlian untuk kepentingan penyusunan sertifikat uji kompetensi, dan Instrumen Uji Kompetensi Keahlian Mandiri (UKK Mandiri) Tahun Pelajaran 2022/2023


Instrumen ini telah diupayakan dekat dengan materi yang telah dipelajari di SMK untuk semua kompetensi atau mata pelajaran bengkel di masing-masing jurusan tersebut. 

Selanjutnya, untuk mendownload berkas dari "Instrumen Soal UKK SMK Tahun 2022/2023 resmi Kemendikbudristek" silahkan ikuti masing - masing tautan (jurusan) di bawah ini ini.
  • Instrumen Soal UKK SMK Tahun 2022/2023 resmi Kemendikbudristek, UNDUH

Sebagaimana yang diketahui, hasil ujian berbentuk sertifikat dan nilai resmi sekolah, yang selanjutnya akan dijadikan sumber informasi atas kompetensi yang dimiliki calon tenaga kerja. 

Maka dari itulah, bagi siswa pelaksana diharapkan tidak mengerjakan dan mempelajarinya setengah - setengah. Karena sertifikat tersebut di kemudian hari akan menjadi bahan evaluasi saat lamaran kerja.

Demikian artikel tentang Instrumen Soal UKK SMK Tahun 2022/2023 resmi Kemendikbudristek. Terima kasih atas kunjungannya.

Ki Hajar Dewantara : “Ing Ngarsa Sung Tuladha Ing Madya Mangun Karsa Tut Wuri Handayani”,- Di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat dan di belakang memberikan kekuatan.