Skip to main content

Modul PPG Teknik Mesin Edisi Tahun 2022 resmi Kemdikbud

Modul PPG Teknik Mesin Edisi Tahun 2022 resmi Kemdikbud
Modul PPG Teknik Mesin. Pembagian modul Pendidikan Profesi Guru di mata pelajaran Teknik Mesin dirilis secara daring oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Kemdikbud untuk menyambut penyelenggaraan sertifikasi guru dalam jabatan maupun prajabatan di awal tahun 2022. 

Berkas tersebut berisikan kompetensi pedagogik dan profesional yang tersimpan dalam bentuk dokumen PDF yang dapat bapak/ibu guru download secara gratis.

Modul PPG Teknik Mesin Edisi Tahun 2022 resmi Kemdikbud

Modul PPG Teknik Mesin ini kami bagikan (perantara Kemdikbud) sebagai salah satu sarana pembelajaran guru untuk meningkatkan kompetensinya. Target kompetensi yang diharapkan dalam unit ini adalah kompetensi pedagogik dan profesional. 

Pendidikan Profesi Guru


Dalam menjalankan tugasnya, peran dan tanggung jawab guru Teknik Mesin di masa depan akan semakin kompleks seiring dengan berkembangnya Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). 

Dengan mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG), tenaga pendidik mapel Teknik Mesin akan mendapatkan sertifikat pendidik dan selanjutnya dapat menjalankan kegiatan belajar mengajar sebagaimana yang terlampir pada UU No. 14 Tahun 2005 tentang "Guru dan Dosen".

Modul PPG Teknik Mesin Edisi Tahun 2022 resmi Kemdikbud


Sesungguhnya modul PPG Teknik Mesin ini pastinya mempunyai keterbatasan mengingat luasnya cakupan keilmuan yang seharusnya dimasukkan. 

Modul ini telah diupayakan dekat dengan materi-materi yang para peserta berikan sebagai guru di sekolah atau bisa dikatakan disesuaikan dengan kebutuhan guru dalam menjalankan kurikulum 2013 Mata Pelajaran Teknik Mesin. 

Oleh karenanya, diharapkan peserta tidak hanya menggunakan sumber bahan ajar ini saja sebagai latihan, tetapi dapat mengakses berbagai sumber pendukung lainnya. Kerja keras dan sumbangsih penulis dalam penyelesaian Modul Pendalaman Materi ini merupakan bentuk komitmen peningkatan kualitas guru yang merupakan salah satu kunci pembangunan bangsa secara keseluruhan.

Selanjutnya, untuk mendownload berkas PDF dari modul Pendidikan Profesi Guru "Teknik Mesin" ikuti tautan di bawah ini.
  • Modul PPG Teknik Mesin Edisi Tahun 2022 Pedagogik, UNDUH
  • Modul PPG Teknik Mesin Edisi Tahun 2022 Profesional, UNDUH
Kompetensi pedagogik adalah penguasaan teori belajar dan prinsip pembelajaran yang mendidik. Sedangkan pengertian kompetensi profesional adalah menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. 

Penguasaan pedagogik di bidang studi Teknik Mesin oleh seorang guru perlu dilengkapi dengan kompetensi profesional guru.

Demikian artikel tentang Modul PPG Teknik Mesin Edisi Tahun 2022 resmi Kemdikbud. Terima kasih atas kunjungannya.
Ki Hajar Dewantara : “Ing Ngarsa Sung Tuladha Ing Madya Mangun Karsa Tut Wuri Handayani”,- Di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat dan di belakang memberikan kekuatan.