Skip to main content

Contoh Soal PTS Fisika Kelas 10 Semester 2 (Genap) 2022/2023

Contoh Soal PTS Fisika Kelas 10 Semester 2 (Genap) 2022/2023
Centralpendidikan.com - Contoh Latihan Soal PTS Fisika Kelas 10 Semester 2 format persoalan Asesmen. Lembar ujian dibagikan kepada satuan pendidikan dalam rangka menyambut ujian penilaian tengah semester genap di mata pelajaran peminatan jurusan  MIPA atau IPA.

PTS diselenggarakan untuk mengukur capaian kompetensi belajar yang dipergunakan untuk mengevaluasi pembelajaran selama 3 bulan terakhir. Hasil dari ujian nantinya akan dilampirkan dan menjadi bahan pertimbangan di rapor serta kenaikan kelas..

Berjumlah 20 butir berbentuk pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, dan essay sebagaimana yang dianjurkan kemdikbud untuk persoalan Asesmen. Materi PTS Fisika Kelas 10 Semester 2 (Genap) disusun berdasarkan kisi - kisi kurikulum 2013 revisi.

Contoh Soal PTS Fisika Kelas 10 Semester 2 (Genap) 2022/2023

Contoh Soal PTS Fisika Kelas 10 Semester 2 (Genap) 2022/2023

Sebagaimana yang perlu diketahui oleh pengunjung, Contoh Soal PTS Fisika Kelas 10 Semester 2 (Genap) dan Kunci Jawaban dibagikan dari arsip ujian tahun sebelumnya yang menggunakan laman website sekolah maupun form Google sebagai alat bantu. Tentunya masih bisa digunakan sampai dengan sekarang ini.

Selamat mengerjakan.

Lampiran Pdf  silahkan di cek di bawah artikel

1. Benda bermassa 10 kg yang sedang bergerak dengan percepatan 4 m/s² ke kanan diberi gaya sebesar 20 N berlawanan arah dengan arah geraknya, maka ….
a. Benda bergerak dengan percepatan 2 m/s² ke arah kanan
b. Benda bergerak dengan percepatan 2 m/s² ke arah kiri
c. Benda bergerak dengan percepatan 6 m/s² ke arah kanan
d. Benda bergerak dengan percepatan 6 m/s² ke arah kiri
e. Benda bergerak ke kanan kemudian ke kiri dengan percepatan 2 m/s²

2. Dari gambar berikut, balok A mempunyai massa 2 kg dan balok B = 1 kg. Balok B mula-mula diam dan kemudian bergerak ke bawah sehingga menyentuh lantai. Bila g = 10 m/s², nilai tegangan tali T adalah ….

a. 20,0 Newton
b. 10,0 Newton
c. 6,7 Newton
d. 3,3 Newton
e. 1,7 Newton

3. Sebuah mobil melewati tikungan yang radiusnya 120 m, Mobil tersebut bergerak dengan kecepatan tetap 40 m/s dan α adalah sudut kemiringan jalan terhadap bidang horizontal. Agar mobil tidak selip, besar cos α adalah …. (g = 10 m/s²)

a. 1/2
b. 3/5
c. 4/5
d. 1/2 √3
e. 5/6

4. Seorang pemuda berdiri di atas timbangan badan dalam sebuah lift. Sebelum lift bergerak, timbangan menunjukkan angka 60 kg. Ketika lift bergerak ke atas, timbangan menunjukkan angka 66 kg. Anggap percepatan gravitasi sebesar 10 m/s², tentukan percepatan lift ketika naik ….
a. 6 m/s²
b. 4 m/s²
c. 3 m/s²
d. 2 m/s²
e. 1 m/s²

5. Dua benda bermassa 2 kg dan 3 kg diikat tali kemudian ditautkan pada katrol yang massanya diabaikan seperti gambar. Bila besar percepatan gravitasi 10 m/s², gaya tegangan tali yang dialami sistem adalah ….

a. 20 N
b. 24 N
c. 27 N
d. 30 N
e. 50 N

6. Perbandingan massa planet A dan B adalah 2 : 3 sedangkan perbandingan jari-jari planet A dan B adalah 1 : 2. Jika berat benda di planet A adalah w, maka berat benda tersebut di planet B adalah ….
a. 3/8 w
b. 3/4 w
c. 1/2 w
d. 4/3 w
e. 8/3 w

7. Diketahui M = massa bumi, R = jari-jari bumi. Kuat medan gravitasi di titik A sama dengan g (N/Kg) Perbandingan kuat medan gravitasi di titik A dan titik C adalah ….

Titik A, B dan C terletak dalam medan gravitasi bumi seperti pada gambar
a. 3 : 8
b. 4 : 1
c. 8 : 1
d. 8 : 3
e. 9 : 1

8. Planet Q memiliki jari-jari rata-rata 4 kali jari-jari rata-rata bumi. Adapun percepatan gravitasinya 1/4 kali percepatan gravitasi bumi. Jika massa bumi sebesar m, massa planet Q sebesar ….
a. 1/4 m
b. 1/2 m
c. 2 m
d. 4 m
e. 8 m

9. Sebuah pesawat ruang angkasa sedang mengitari bumi pada jarak tertentu dari permukaan bumi seperti ditunjukkan pada gambar. Jika pada suatu saat pesawat kehilangan tenaga pada titik tertentu dengan mengabaikan gaya gesekan udara dengan pesawat, maka orbit lintasan pesawat ruang angkasa yang benar adalah gambar ….

10. Dua buah planet berbentuk bola mempunyai rapat massa rata-rata sama, sedangkan jari-jarinya R1 dan R2. perbandingan medan gravitasi pada permukaan planet pertama terhadap medan gravitasi pada permukaan planet kedua adalah ….
a. R1 : R2
b. R2 : R1
c. R1² : R2²
d. R2² : R1²
e. √R1 : √R2

11. Mesin memberikan gaya sebesar 80 N terhadap troli bermassa 40 kg hingga troli berpindah sejauh 12 m. Maka besar usaha oleh mesin tersebut adalah ....
a. 120 joule
b. 160 joule
c. 260 joule
d. 480 joule
e. 960 joule

12. Sebuah benda bermassa 20 kg terletak pada bidang miring dengan sudut 300 terhadap bidang horizontal. Jika percepatan gravitasi 9,8 m/s² dan benda bergeser sejauh 3 meter ke arah bawah, maka usaha yang dilakukan oleh gaya berat adalah ….
a. 60 joule
b. 294√3 joule
c. 65,3 joule
d. 588 joule
e. 294 joule

13. Massa benda A tiga kali massa benda B dan kecepatan benda A setengah kali kecepatan benda B. Perbandingan energi kinetik benda A dengan energi kinetik benda B adalah …
a. 3 : 4
b. 2 : 3
c. 1 : 1
d. 3 : 2
e. 2 : 1

14. Sebuah benda jatuh bebas dari ketinggian h dan pada suatu saat energi kinetiknya tiga kali energi potensialnya. Pada saat itu tinggi benda adalah ....
a. 1/4 h
b. 1/2 h
c. 3 h
d. 1/3 h
e. 2 h

15. Benda yang massanya 0,5 kg dilemparkan vertikal ke atas dengan kecepatan awal 20 m/s. Jika g =10 m/s². Energi kinetik benda saat mencapai ¼ tinggi maksimal adalah....
a. 25 J
b. 50 J
c. 100 J
d. 40 J
e. 75 J

16. Tentukan pernyataan mana yang sesuai dengan Hukum Newton :

(Jawaban boleh lebih dari satu)
a. Ketika berdiri di dalam bus yang sedang melaju kencang, tiba-tiba bus di rem, para penumpang akan terdorong kedepan merupakan penerapan Hukum 1 Newton
b. Kelereng yang lebih kecil massa nya akan lebih cepat menggelinding dibanding dengan kelereng yang massa nya lebih besar merupakan penerapan Hukum 3 Newton
c. Menggeser barang pada bidang miring merupakan penerapan Hukum 2 Newton
d. Ketika perenang menggunakan kaki dan tangannya untuk mendorong air kebelakang, merupakan penerapan Hukum 1 Newton
e. Ketika menembak senapan mendorong peluru kedepan, merupakan penerapan Hukum 2 Newton
f. Pena yang berada di atas kertas di meja akan tetap di sana ketika kertas di tarik secara cepat, merupakan penerapan Hukum 1 Newton

17. Jodohkan pernyataan dibawah ini dengan benar!

18. Centang pernyataan di bawah ini Benar atau Salah!
Hukum Newtton IIII jjiika arrah gaya ttottall yang diiberriikan pada benda tterrsebutt berrllawanan dengan arrah gerrak benda maka gaya tterrsebutt akan memperrkeciill llajju benda attau bahkan menghenttiikannya..
🗌BENAR
🗌SALAH

19. Kotak bermassa M dengan bagian atas terbuka bergerak sepanjang bidang datar tanpa gesekan dengan kecepatan v₁. Benda dengan massa M dijatuhkan dari atas dan masuk ke dalam kotak, sementara kotak tetap bergerak dengan laju v₂.

Beberapa saat kemudian, benda dengan massa M dijatuhkan dari atas dan masuk ke dalam kotak dan kotak terus bergerak dengan kecepatan v₃. Dari kasus ini, pernyataan yang BENAR dan SALAH adalah ….

v₂ = v₁
🗌BENAR
🗌SALAH

v₃ = v₁
🗌BENAR
🗌SALAH

v₃ = v₂
🗌BENAR
🗌SALAH

20. Balok memiliki massa 5 kg meluncur pada permukaan dengan kecepatan 2,5 m/s. Beberapa waktu kemudian, balok tersebut meluncur dengan kecepatan 3,5 m/s. Berapakah usaha total yang dikerjakan pada balok selama selang waktu tersebut ….. Joule
Jawaban Anda : ...
  • Soal PTS Fisika Kelas 10 Semester 2 versi 1 (AKM): DOWNLOAD
  • Soal PTS Fisika Kelas 10 Semester 2 versi 2 (Jawaban): DOWNLOAD
Ki Hajar Dewantara : “Ing Ngarsa Sung Tuladha Ing Madya Mangun Karsa Tut Wuri Handayani”,- Di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat dan di belakang memberikan kekuatan.