Skip to main content

Contoh Soal PTS Agama Katolik Kelas 7 Semester 2 2021/2022 ONLINE

Contoh Soal PTS Agama Katolik Kelas 7 Semester 2 2021/2022 ONLINE
Berikut ini adalah Contoh Soal PTS Agama Katolik Kelas 7 Semester 2. Pembagian ini untuk menyambut hari pelaksanaan ujian penilaian tengah semester genap tahun ajaran 2021/2022. Yang mana akan dijadwalkan di bulan maret sesuai kaldik satuan pendidikan masing - masing.

Materi dalam penyusunan PTS Agama Katolik Kelas 7 berasal dari kisi - kisi yang berada di buku paket dan kisi - kisi terkait. Tentunya didasarkan dari kurtilas atau kurikulum 2013 revisi yang kebanyak sekolah sudah menggunakannya.

Jumlah keseluruhan soal adalah 40 butir soal pilihan ganda, dibagikan beserta jawaban yang diletakkan untuk lampiran PDF..

Contoh Soal PTS Agama Katolik Kelas 7 Semester 2 2021/2022 ONLINE

Contoh Soal PTS Agama Katolik Kelas 7 Semester 2 2021/2022 ONLINE

Contoh Soal PTS Agama Katolik Kelas 7 Semester 2 (Genap) dan Kunci Jawaban yang kami bagikan diambil dari naskah / arsip tahun sebelumnya, cocokkan terlebih dahulu dengan materi pembelajaran tatap muka atau luring saat ini

Selamat mengerjakan.

Lampiran Pdf  (LENGKAP)+ Jawaban

1. Perhatikan kisah tentang persahabatan Joni dan Anton berikut ini !
Menjelang perayaan Natal Joni dan Anton menyiapkan sebuah lukisan sebagai hadiah terindah bagi Tuhan Yesus. Setelah lukisan jadi, maka lukisan itu dipamerkan di sanggar lukisnya dan suatu hari lukisan itu dilihat oleh walikota dan akan dibeli dengan harga yang mahal, tetapi Joni menolak karena lukisan itu akan dipersembahkan bagi Yesus di malam Natal. Suatu hari Anton temannya telepon dan memberitahukan bahwa ibunya sakit dan opnam di rumah sakit. Joni langsung menjenguk di rumah sakit dan bertanya pada Anton, “ bagaimana keadaan ibumu ? “ Anton menjawab, “ ibu sudah parah saya tidak tahu lagi harus bagaimana, dan dengan apa saya harus membiayai rumah sakit. “ Joni memberi harapan pada Anton “ saya akan bantu. “ Akhirnya Joni ingat tawaran walikota yang akan membeli lukisannya, Jonipun pergi dan menjual lukisannya dan hasil penjualannya dipakai untuk membantu pengobatan ibu Anton, sahabatnya itu. Di malam Natal Joni akhirnya tidak bisa memberi kado untuk Yesus, tetapi Joni lega dan bahagia.
Dari kisah tersebut kita dapat mengambil kesimpulan bahwa persahabatan sejati selalu menunjukkan sikap ....
a. saling membantu apapun keadaannya
b. berani bertanggung jawab
c. rela berkorban bagi sahabatnya
d. selalu membangun komunikasi

2. Perhatikan teks lagu dari Madah Syukur No. 120 Hal. 101 berikut ini !
Andaikan aku lakukan yang luhur mulia
Jika tanpa kasih cinta, hampa tak berguna
Re :Ajarilah kami bahasa cinta-Mu
Agar kami dekat pada-Mu ya Tuhanku
Ajarilah kami bahasa cinta-MuAgar kami dekat pada-Mu
Andaikan aku pahami, bahasa semua Hanyalah bahasa cinta, kunci tiap hati
Re .
Cinta itu lemah lembut, sabar sederhana Cinta itu murah hati, rela menderita
Re .
Judul lagu dari Madah Syukur No. 120 Hal. 101 tersebut adalah ... .
a. Bahasa KasihMu
b. Bahasa Cinta
c. Ajarilah Kami
d. Andaikan Kupahami

3. Manusia oleh Tuhan diciptakan sebagai makhluk sosial yang selalu membutuhkan orang lain, saling peduli terhadap satu orang dengan yang lain di dalam kehidupannya, contoh bentuk tindakan kepedulian terhadap sesama yang sedang mengalami suatu menderita antara lain ... .
a. mentraktir makan teman yang tidak membawa uang saku
b. memberi jawaban teman yang tidak dapat mengerjakan soal tes
c. meminjami penghapus pada teman yang tidak punya
d. menemani teman yang sakit yang sedang dirawat di rumah sakit

4. Bapa yang berbelas kasih tampak dalam perumpamaan anak yang hilang dalam Injil Lukas 15 : 11 - 32 terdapat pada sikap bapak yang ...
a. menantikan dan memeluk anaknya kembali
b. membagi-bagikan harta warisan
c. mengadakan pesta yang sangat meriah
d. memberikan jubah yang paling terindah pada anaknya

5. 1. Bacalah kutipan teks Kitab Suci Filipi 2:2-4 berikut !
2. karena itu sempurnakanlah sukacitaku dengan ini: hendaklah kamu sehati sepikir, dalam satu kasih, satu jiwa, satu tujuan, 3. dengan tidak mencari kepentingan sendiri atau puji-pujian yang sia-sia. Sebaliknya hendaklah dengan rendah hati yang seorang menganggap yang lain lebih utama dari pada dirinya sendiri; 4. dan janganlah tiap-tiap orang hanya memperhatikan kepentingannya sendiri, tetapi kepentingan orang lain juga.
Sikap-sikap yang diperlukan dalam berteman sesuai nasihat Paulus dalam teks kutipan Filipi 2:2-4 ... .
a. selalu mendukung kegiatan teman dalam keadaan apapun
b. berteman hanya kepada yang menguntungkan
c. tidak boleh mengecewakan teman dekat
d. rela menjadi korban untuk kepentingan semua teman

6. Pertemanan yang mendalam dan khusus dengan lawan jenis, pada akhirnya akan terjalinlah hubungan khusus yang disebut dengan pacaran. Pacaran yang sehat tidak hanya tertarik untuk menyenangkan diri, namun menuntut ... .
a. perlakuan yang hormat dan suci terhadap pacar
b. untuk segera dikenalkan keluarga pacarnya
c. perhatian pada khusus lawan jenisnya
d. hubungan yang lebih serius pada pacarnya

7. Sikap-sikap di dalam pertemanan yang dapat merusak dalam pertemanan dengan orang lain adalah ... .
a. cinta kasih, lemah lembut dan setia
b. terbuka, menjaga rahasia dan bersikap jujur
c. egois, muna k dan cinta diri
d. jujur, cinta kasih dan setia

8. 1. Dalam ajaran gereja selalu menunjukkan dan mengajarkan bagaimana menjadi orang Katolik yang setia pada sahabat, tokoh teladan persahabatan sejati yang terdapat dalam 1 Sam 18: 1 - 4 “ Ketika Daud habis berbicara dengan Saul, berpadulah jiwa Yonatan dengan jiwa Daud dan Yonatan mengasihi dia seperti jiwanya sendiri “, adalah persahabatan antara ... dan ... .
a. Daud dan Yonatan
b. Samson dan Goliath
c. Daud dan Saul
d. Abil dan Kain

9. Perhatikan teks kutipan Injil Matius 6: 5-15 berikut ini !5 Dan apabila kamu berdoa, janganlah berdoa seperti orang muna k. Mereka suka mengucapkan doanya dengan berdiri dalam rumah-rumah ibadat dan pada tikungan-tikungan jalan raya, supaya mereka dilihat orang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya. 6
Tetapi jika engkau berdoa, masuklah ke dalam kamarmu, tutuplah pintu dan berdoalah kepada Bapamu yang ada di tempat tersembunyi. Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu. 7 Lagipula dalam doamu itu janganlah kamu bertele-tele seperti kebiasaan orang yang tidak mengenal Allah. Jadi janganlah kamu seperti mereka, karena Bapamu mengetahui apa yang kamu perlukan, sebelum kamu minta kepada-Nya. 9 Karena itu berdoalah demikian: Bapa kami yang di sorga, Dikuduskanlah nama-Mu, 10 datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga. 11 Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya 12 dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami; 13 dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami dari pada yang jahat. [Karena Engkaulah yang empunya Kerajaan dan kuasa dan kemuliaan sampai selama-lamanya. Amin.] 14
Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga. 15 Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu. Unsur-unsur doa yang diajarkan Yesus pada para muridNya menurut teks kutipan Injil Matius 6 : 5 - 18 tentang “ hal berdoa “ adalah ... .
a. bersyukur, berterima kasih dan selalu memuliakan keagungan Tuhan
b. pengampunan, permohonan dan penyerahan diri
c. tidak seperti orang muna k, ditempat tersembunyi, tidak bertele-tele
d. panjang lebar dan bertele-tele, ramai, dan tapi bersungguh-sungguh

10. Bagi umat katolik, teladan dalam hal doa tentulah Yesus sendiri. Yesus juga mengajarkan kepada kita tentang berbagai sikap yang baik dalam berdoa, sebagai orang katolik kita diajarkan untuk membuat tanda salib sebelum dan sesudah berdoa. Makna membuat tanda salib sebelum dan sesudah berdoa sebagai orang katolik adalah ... .
a. demi sahnya sebuah doa
b. menunjukkan simbol kehebatan agama
c. sebagai tanda orang tersebut sedang berdoa
d. sebagai tanda kemenangan Yesus atas kuasa maut

11. Ciri khas orang Kristiani adalah kasih (belarasa.. Kata “belarasa” sebenarnya untuk menggantikan kata “agape” (yang terlalu asing), “kasih” (yang sudah kehilangan arti) dan “cinta” (yang artinya mendua.. Arti makna kata belarasa adalah ... .
a. memperdaya orang-orang yang sedang menderita
b. senang melihat penderitaan orang lain
c. ikut merasakan menderita atau merasa bersama
d. tenggelam dalam kesedihan orang

12. Beberapa Hal Tentang Kesetaraan Gender :
1. Penerimaan seseorang berdasarkan pribadi seseorang atau diri seseorang apa adanya bukan ditentukan oleh jenis kelamin, kekayaan, gelar, pangkat dan kedudukan, latar belakang kehidupannya dan sebagainya
2. Pola pikir tradisional yang masih melekat, bahwa perempuan tugasnya mengurus rumah
3. Masih rendahnya kualitas hidup perempuan, sehingga ada kecenderungan untuk dinomorduakan
4. Memperlakukan orang lain dalam dunia kerja bukan berdasarkan jenis kelamin atau belaskasihan tetapi berdasarkan kemampuan yang dimiliki
5. Belum meratanya pemahaman konsep kesetaraan gender pada lapisan masyarakat
6. Memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada perempuan untuk berkarier atau beraktivitas dalam berbagai bidang kehidupan

Berdasarkan pernyataan tersebut diatas hal-hal yang dapat menjadi penghambat terjadinya kesetaraan gender terdapat pada nomor ... .
a. 4,5,6
b. 2,3.4
c. 1,2,3
d. 2,3,5

13. Pada waktu pelajaran olah raga tiba-tiba ada seorang teman yang terkilir kakinya dan mengerang kesakitan, contoh dari sikap peduliku terhadap teman tersebut adalah ... .
a. membantu teman tersebut dibawa ke UKS agar dapat perawatan
b. meninggalkan teman tersebut karena tidak tega mendengar erang kesakitan
c. cukup hanya melapor pada guru olah raga
d. membiarkan saja karena tidak tahu cara mengatasinya

14. Dalam kehidupan kita, sering kita lihat bahwa tidak semua orang bila melakukan kesalahan cepat-cepat untuk meminta maaf atas kesalahannya. Demikian pula tidak semua orang yang mau dengan senang hati untuk memaafkan atau memberi pengampunan kepada orang yang bersalah dan berusaha meminta maaf atau mohon pengampunan padanya, apa lagi jika dirasa bahwa kesalahannya sungguh terlalu berat dan menyakitkan hati.Faktor yang membuat orang sulit untuk mengampuni orang lain adalah ... .
a. masih menyimpan kesalahan orang lain
b. kelembutan hati orang untuk mengampuni
c. mau mengakui kesalahannya
d. bersedia minta maaf terlebih dahulu

15. Dalam Amsal 4 : 23 dikatakan : “ jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan. Peliharalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari sanalah terpancar kehidupan. Peliharalah hatimu terlebih dari pada segala yang dipeliharakan karena dari dalamnya terpancarlah segala mata air hidup “. Kitab Suci mengajarkan kepada kita untuk berhati-hati dalam memberikan atau menyampaikan kasih sayang kita, karena ... .
a. perbuatan yang kita lakukan dapat membahagiakan orang lain
b. menjaga hati sama dengan kita taat pada norma- norma agama
c. dengan kewaspadaan menjauhkan kita dari segala marabahaya
d. hati kita mempengaruhi segala sesuatu dalam hidup kita

16. Seiring dengan perkembangannya seorang remaja akan memasuki relasi sosial yang semakin luas. Awalnya lebih senang bergaul atau membentuk kelompok dengan teman sejenis, lama kelamaan akan mulai merasa perlu untuk juga menjalin relasi dengan teman lawan jenisnya. Bahkan untuk menarik perhatian lawan jenisnya, relasi dengan teman lawan jenisnya. Bahkan untuk menarik perhatian lawan jenisnya, remaja mencoba untuk menampilkan diri sebaik mungkin dengan cara misalnya ... .
a. berpenampilan senaknya sendiri
b. menjaga perkataan tutur katanya
c. menampilkan diri sebaik mungkin
d. mencoba untuk mempercantik diri

17. Dalam mengajarkan hukum kasih kepada manusia sebagaimana yang tertulis dalam teks kutipan Injil Matius 5 : 43 - 48, Yesus berpesan: “ Kasihilah musuhmu dan ... ” Kalimat yang paling tepat untuk melengkapi ajaran kasih Yesus tersebut adalah ... .
a. berdoalah untuk para musuhmu
b. bencilah musuh-musuhmu
c. tinggallah di dalam kasih-Ku yang melimpah
d. berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu

18. Meminta maaf atau memberi pengampunan, sesungguhnya dapat menguntungkan, baik bagi yang bersalah maupun bagi orang yang telah dirugikan. Keuntungan dari sikap saling mengampuni orang yang bersalah terhadap kita adalah ... .
a. mendapatkan saudara baru
b. muncul rasa tenteram dan damai
c. kita akan mendapatkan hadiah berlimpah
d. terbebas dari beban kehidupan

19. Bacalah teks kutipan Kitab Suci Sirakh 6:14-16 berikut !
14. Seorang teman yang setia adalah tempat berlindung yang kokoh : Dia yang telah menemukan seseorang telah menemukan harta karun. 15. Tidak ada yang sepadan dengan teman yang setia, dan tidak ada skala yang bisa mengukur keunggulannya. 16. Sahabat yang setia adalah obat mujarab kehidupan; dan orang-orang yang takut akan Tuhan akan menemukannya.
Berdasarkan teks kutipan kitab Sirakh 6:14-16 manfaat sahabat sejati adalah ... .
a. sahabat sejati akan memiliki nilai apabila disaat senang saja
b. sebagai tempat untuk mencurahkan isi hati dikala susah
c. menemukan harta karun yang tiada ternilai harganya
d. menjadi tempat berlindung yang kokoh disaat kita menderita

20. Sering terjadi, dalam berdoa kita hanya meminta-minta saja kepada Tuhan, dan dalam permintaan kita itu seolah kita memaksa Tuhan untuk mengabulkannya. Doa yang kita ungkapkan hendaknya secara tulus nyatakan kepada Tuhan, bukan merupakan doa yang hanya terucap dimulut kita namun tidak kita ungkapkan dengan sepenuh hati kita, maka doa yang kita ungkapkan harus dengan ... .
a. tidak melibatkan Allah saat menghadapi peristiwa-peristiwa penting dalam hidup
b. sepenuh hati kita memohon sesuai dengan kehendak dan kata hatinya sendiri
c. mengekspresikan dirinya penuh dengan kegembiraan serta suka cita berlebihan
d. sepenuh hati dan dengan penuh iman, serta kita memohon sesuai dengan kehendak-Nya

21. Doa Bapa Kami merupakan salah satu warisan yang paling berharga, yang Tuhan Yesus berikan kepada kita. Melalui doa ini kita diajak oleh Kristus untuk memanggil Allah sebagai Bapa, sebab kita telah diangkat menjadi anak-anak Allah. Doa ini mengandung tujuh permohonan yang terbagi menjadi dua bagian, yang pertama untuk memuliakan Tuhan (Matius 6:9-10) sedangkan bagian kedua terdapat dalam (Matius 6:11-13) yaitu untuk ... .
a. kebutuhan kita manusia yang hendak melakukan doa
b. membiarkan Allah untuk mengetahui permintaan diri kita
c. memaksa Allah agar mau mengabulkan doanya
d. menguasai Allah agar memberikan permintaan kita

22. Yesus adalah tokoh yang mengusahakan kesetaraan gender. Ia bergaul bebas dengan perempuan. Bahkan ada perempuan- perempuan tertentu yang tetap mengikuti-Nya ke mana pun Dia pergi. Yesus juga menyapa dan bergaul enak dengan pertempuan- perempuan ka r yang belum dikenal-Nya seperti perempuan Samaria. Yesus tidak saja bergaul dengan sembarang perempuan, tetapi juga berusaha dan membela perempuan yang tertangkap melakukan perzinahan dengan cara memberikan ... .
a. kesempatan kepadanya untuk bertobat, untuk memperbaiki kesalahannya
b. hukuman rajam sesuai Taurat bagi yang melakukan perzinahan di hadapan pemerintah
c. kesempatan pada orang-orang untuk melemparkan batu kepada perempuan itu
d. sapaan dan bergaul enak dengan perempuan yang tertangkap melakukan perzinahan

23. Doa merupakan suatu sarana yang kita pergunakan untuk berkomunikasi dengan Tuhan. Dalam doa yang baik, terjadi suatu komunikasi yang timbal balik antara kita yang berdoa dengan Tuhan sendiri. Ketika kita berdoa, Tuhan berkenan mendengarkan doa kita, dan sebaliknya dalam doa ada saat dimana kita harus membuka hati untuk mendengarkan sapaan Tuhan yang menggema di dalam hati kita, melalui ... .
a. aksi-aksi sosial dalam gereja dan masyarakat
b. pelajaran agama di saat sekolah maupun di gereja
c. kegiatan-kegiatan pelayanan secara rohani yang ada di dalam gereja
d. bacaan Kitab Suci atau melalui meditasi dan perenungan pribadi

24. Macam-Macam Perbuatan terhadap sesama yang kecil, lemah, miskin dan menderita antara lain :
1. Menolong sesama teman
2. Menengok temannya yang sakit
3. Mencuri
4. Membantu teman
5. Menyontek
6. Peduli terhadap orang lain

Perbuatan kasih yang dapat kita lakukan terhadap sesama yang kecil, lemah, miskin dan menderita berdasarkan pernyataan diatas terdapat pada nomor ... .
a. 1,2,3 dan 6
b. 1,2,4 dan 6
c. 1,2,3 dan 5
d. 1,2,3 dan 4

25. Dalam teks Injil Yohanes 8:2-11 dikatakan bahwa menurut Taurat, perempuan yang sudah menikah dan melakukan perzinahan harus dirajam di hadapan pemerintah. Mereka tak peduli nasib laki-laki yang jadi pasangan zinahnya. Hanya perempuan itu yang diseretnya. Reaksi Yesus adalah membungkuk menulis di tanah dengan jari-Nya. Ketika Ia terus menerus dimintai sikap-Nya Ia berkata: ” Barang siapa di antara kamu yang tidak berdosa, hendaklah ia yang pertama melemparkan batu kepada perempuan itu”. Akhirnya, satu per satu mereka meninggalkan perempuan itu. Berhadapan dengan Yesus, perempuan yang berzinah itu selamat.
Yesus memberi contoh teladan supaya kita tidak mengadili orang berdosa, tetapi juga berusaha membela perempuan yang tertangkap basah berbuat zinah dengan memberikan kesempatan untuk ... .
a. bertobat dengan memperbaiki kesalahan
b. orang-orang mengadili dan menghukumnya
c. membiarkan banyak orang menegakkan keadilan
d. membiarkannya mendapat hukuman

26. Sikap Persahabatan Yang Baik
1. muna k atau sikap pura-pura
2. rela berkorban tanpa pamrih
3. tidak mencari keuntungan sendirI
4. saling memahami, setia
Menurut pernyataan tersebut beberapa sikap yang dapat menumbuhkan persahabatan yang baik antara lain terdapat pada nomor ... .
a. 1, 3, 4
b. 2, 3, 4
c. 1, 2, 4
d. 1, 2, 3

27. Perhatikan kutipan teks Injil Lukas 7:11-17 berikut ini !
11 Kemudian Yesus pergi ke suatu kota yang bernama Nain. Murid- muridNya pergi bersama-sama dengan Dia, dan juga orang banyak menyertai-Nya berbondong-bondong. 12Setelah Ia dekat pintu gerbang kota, ada orang mati diusung ke luar, anak laki-laki, anak tunggal ibunya yang sudah janda, dan banyak orang dari kota itu menyertai janda itu.
13Dan ketika Tuhan melihat janda itu, tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan, lalu Ia berkata kepadanya: “Jangan menangis!” 14Sambil menghampiri usungan itu Ia menyentuhnya, dan sedang para pengusung berhenti, Ia berkata: “Hai anak muda, Aku berkata kepadamu,bangkitlah!”
15Maka bangunlah orang itu dan duduk dan mulai berkata-kata,dan Yesus menyerahkannya kepada ibunya. 16Semua orang itu ketakutan dan mereka memuliakan Allah, sambil berkata: “Seorang nabi besar telah muncul di tengah-tengah kita,” dan “Allah telah melawat umat-Nya.”
17Maka tersiarlah kabar tentang Yesus di seluruh Yudea dan di seluruh daerah sekitarnya.
Alasan Yesus membangkitkan pemuda di Naim menurut teks kutipan Injil Lukas 7 : 11 – 17 adalah ... .
a. supaya tidak ada kesedihan lagi saat terjadi kematian
b. agar masyarakat tahu bahwa Yesus punya kuasa membuat mujizat
c. Yesus menaruh belas kasih pada ibu yang kehilangan anak satu-satunya
d. untuk menarik perhatian banyak orang sehingga mengikuti Yesus

28. Yesus telah memberikan teladan kepada kita tentang sikap peduli pada sesama terlebih terhadap penderitaan sesama kita. Salah satu contoh kepedulian Yesus adalah pada kisah ketika Yesus ... .
a. menyembuhkan orang sakit pada hari Sabat
b. menghentikan angin ribut
c. dibaptis oleh Yohanes pembaptis
d. mengajak makan bersama-sama dengan zakheus

29. Perhatikan pernyataan berikut !
1. Taat dengan norma agama
2. Berduaan di tempat sepi
3. Mengenakan pakaian yang sopan
4. Selalu berduaan
5. Menghargai kepercayaan orang tua6. Pulang larut

Dari pernyataan tersebut, contoh perilaku berpacaran yang sehat terdapat pada nomor ... .
a. 3, 4 dan 5
b. 1, 2 dan 4
c. 1, 3 dan 5
d. 2, 3 dan 4

30. Doa menjadi sumber kekuatan kita sebagai seorang beriman. Dalam doa, kita dapat berdialog, mendengarkan Tuhan dan menyampaikan segala sesuatu kepada-Nya. Maka tujuan manusia berdoa kepada Allah adalah supaya ... .
a. kebutuhan hidup manusia selalu penuh dengan berkelimpahan
b. Tuhan mau mengabulkan semua pemintaan manusia
c. dapat melaksanakan kewajiban dalam beragama
d. hubungan manusia dengan Allah menjadi semakin dekat

31. Perhatikan kisah tentang “ Mendidik Keluarga Tanpa Perbedaan Gender “ berikut ini !
Seorang ibu rumah tangga menyampaikan pengalamannya dalam membimbing anak-anak mereka di tengah keluarga. Namanya Ibu Enny. Ibu Enny berpandangan bahwa seorang perempuan harus memiliki sifat mandiri, apalagi untuk zaman sekarang, di mana emansipasi wanita didegungkan ditengah-tengah masyarakat. Kaum pria zaman sekarang juga tidak menyukai perempuan yang sifatnya penuh ketergantungan. Dalam mendidik anakanaknya, ibu Enny berjuang dengan berusaha senantiasa memberikan pandangan yang positif akan perempuan. Memang disadari bahwa perempuan tidak akan terbebas dari tugasnya untuk mengurus rumah tangga, seperti memasak, menyiapkan keperluan anak-anak, membersihkan rumah dan lain sebagainya. Namun demikian, ibu Enny menanamkan kepada anak-anak perempuannya bahwa tugas sebagai wanita dalam mengurus rumah tangga bukan berarti akan menjadi penghalang bagi seorang perempuan untuk berkarier. Oleh karenanya, setiap hari, ibu Enny berusaha menanamkan kepada anak- anaknya suatu kebiasaan untuk menghargai atau memperlakukan seseorang bukan berdasar jenis kelamin. Kepada anak yang perempuan ditanamkan sikap mandiri dan tidak bergantung kepada saudara yang laki-laki. Kepada anak yang laki-laki ditanamkan pula sikap untuk tidak memandang bahwa tugas perempuan hanya di rumah. Akhirnya ibu Enny memetik buah dari didikannya. Dari anak-anak perempuannya, ia mendapati suatu kebanggaan bahwa tidak ada satupun di antara mereka yang tidak berkarier. Keluarga yang dibangun anaknya pun tetap harmonis, meskipun para ibunya ikut berkarier.

Berdasarkan kisah tersebut, yang dimaksud tentang kesetaraan gender adalah ... .
a. menghargai atau memperlakukan seseorang bukan berdasar jenis kelamin
c. tugas perempuan mengurus rumah tangga dan laki-laki mencari nafkah
b. persamaan hak yang lebih menguntungkan pada pihak laki-laki
d. menempatkan seorang laki-laki lebih tinggi derajatnya dari perempuan

32. Sahabat adalah teman yang selalu ada untuk mendampingi ketika kita sangat membutuhkan. Memberi penghiburan ketika kita dalam kesusahan. Tidak membiarkan ketika kita berbuat salah. Ia hadir untuk memberikan nasihat. Ia menunjukkan arah ketika kita tersesat. Dia bersedia menerima kita apa adanya, tidak pernah menuntut melebihi kemampuan kita. Singkatnya, seorang sahabat adalah seorang yang setia menemani kita dalam suka dan duka. Maka tujuan kita menjalin persahabatan dengan semua orang adalah ... .
a. membangun sikap berani bagi orang yang disisihkan
b. belajar untuk menerima kelebihan dan kekurangan orang lain
c. agar mendapat pengakuan dari orang lain
d. ikut merasakan kebahagiaan orang lain

33. Di dalam kehidupan kita sehari-hari, ternyata untuk berbuat baik tidak selalu mudah, sering ada hambatan, entah dari diri sendiri, maupun dari orang lain. Akibatnya, hal ini membuat orang menjadi bersikap ... .
a. memandang serta mengasihi semua orang sekitarnya
b. tidak peduli atau acuh tak acuh terhadap sekitarnya
c. peka serta peduli terhadap penderitaan sesamanya
d. lebih memikirkan dan mementingkan orang lain

34. Sebagai manusia, perempuan dan laki-laki memiliki martabat yang sama. Namun dalam perjalanan sejarah manusia menunjukkan bahwa kaum perempuan diperlakukan secara tidak adil. Mereka sering jadi korban sikap diskriminatif. Sampai saat ini masalah kesetaraan atau kesederajatan masih memerlukan perjuangan. Hal ini antara lain disebabkan oleh adanya ... .
a. keinginan kaum perempuan menyamakan dirinya kesetaraan atau kesederajatan dengan laki-laki
b. tata hubungan antar anggota masyarakat yang cenderung menggunakan sudut pandang laki-laki
c. perlakuan terhadap perempuan dan laki- laki yang memiliki martabat serta derajat sama
d. sikap terhadap kaum perempuan sekarang yang sudah banyak diperlakukan secara adil

35. Urutan yang baik dalam masa berpacaran sehingga menemukan cinta sejati adalah ... .
a. Membangun pergaulan secara luas, Menemukan teman istimewa, Bertunangan, Persiapan untuk berkeluarga
b. Membangun pergaulan secara luas, Bertunangan, Persiapan untuk berkeluarga, Menemukan teman istimewa
c. Persiapan untuk berkeluarga, Membangun pergaulan secara luas, Menemukan teman istimewa, Bertunangan
d. Menemukan teman istimewa, Persiapan untuk berkeluarga, Bertunangan, Membangun pergaulan secara luas

36. Berteman dapat diartikan sebagai hubungan atau relasi, dimana terjadi antara dua orang atau lebih, baik itu seorang anak laki-laki dengan lawan jenisnya ataupun dengan sejenisnya dengan mempunyai tujuan untuk ... .
a. bisa ikut aktif dalam kegiatan untuk anak laki-laki maupun perempuan
b. bersosialisasi untuk mencapai sesuatu yang mau dicapai bersama
c. meperlakukanlah orang lain seperti yang dikehendaki sendiri
d. mendapatkan teman yang dapat dimanfaatkan

37. Teks kutipan Injil Matius 7 : 12 : “ Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka “ Makna berteman yang sama menurut teks kutipan Injil Matius 7 : 12 adalah ... .
a. kalau kamu dicubit terasa sakit, janganlah mencubit orang lain karena iapun terasa sakit
b. mata ganti mata, gigi ganti gigi, baru seimbang bagi orang yang berbuat salah pada kita
c. orang yang membunuh sepatutnya ia pun harus dikenakan hukuman mati pula
d. perlakukanlah orang lain seperti yang kamu kehendaki sendiri

38. Perhatikan kutipan teks Injil Matius 18:21-23 berikut ini !
21Kemudian datanglah Petrus dan berkata kepada Yesus: “Tuhan, sampai berapa kali aku harus mengampuni saudaraku jika ia berbuat dosa terhadap aku? Sampai tujuh kali?”22Yesus berkata kepadanya: “Bukan! Aku berkata kepadamu: Bukan sampai tujuh kali, melainkan sampai tujuh puluh kali tujuh kali. 23Sebab hal Kerajaan Sorga seumpama seorang raja yang hendak mengadakan perhitungan dengan hambahambanya.Dalam Kitab Suci, kasih yang diberikan Yesus tertuju pada semua orang,
baik bagi mereka yang menderita, juga bagi mereka yang bersalah kepada-Nya. Yesus menyatakan bahwa dalam mengampuni “... Bukan sampai tujuh kali, melainkan sampai tujuh puluh kali tujuh kali ...”
Arti bahwa dalam mengampuni “... Bukan sampai tujuh kali, melainkan sampai tujuh puluh kali tujuh kali..” menurut Injil Matius 18:21-23 adalah ... .
a. mengampuni bila ada waktu
b. pengampunan sampai tujuh puluh kali tujuh kali
c. mengampuni dengan tanpa ada batas
d. mengampuni sampai tujuh kali bagi yang bersalah

39. Perhatikan kisah tentang “ Pe ngam punan T uhan “ berikut ini ! Pada suatu hari seorang misionaris di salah satu kepulauan Pasi k terkejut melihat seorang perempuan memasuki gubuknya sambil membawa sejumlah pasir yang masih basah dengan air laut. “Tahukan Anda apa ini?” tanyanya. “Sepertinya pasir”, jawab misionaris itu. “Tahukah Anda mengapa saya membawa pasir ini ke sini?” tanyanya. “Tidak, saya tidak tahu mengapa”, jawab pastor itu. “Inilah dosa-dosa saya”, jelas wanita itu, “dosa-dosa saya tidak terhitung banyaknya seperti pasir di laut. Bagaimana saya dapat mendapatkan pengampunan bagi semua dosa saya ini ? “Kamu mengambil pasir itu dari pantai, bukan?” kata misionaris itu. “Sekarang, kembalikanlah ke sana dan buatlah gundukan pasir. Lalu, duduk dan lihatlah bagaimana ombak datang dan mengikis habis gundukan itu perlahanlahan tapi pasti. Itulah cara bekerjanya pengampunan Tuhan. Belas kasih-Nya seluas lautan. Menyesallah sungguh-sungguh, maka Tuhan akan mengampuni engkau.” Kesediaan untuk mengampuni merupakan kualitas spiritualitas yang tinggi. Semakin mampu mengampuni, berarti kita semakin diperkaya oleh kasih Allah, maka kita semakin dimampukan untuk ... .
a. menjadi semakin kaya akan kasih
b. mengampuni orang lain
c. berkualitas dalam hidupnya
d. dipakai sebagai alatNya secara tepat

40. Melalui sikap dan tindakan-Nya, Yesus ingin menyatakan cinta Allah kepada semua manusia tanpa terkecuali. Kasih Yesus sungguh menguatkan dan meneguhkan orang lain, sehingga pada akhirnya orang yang menderita merasa diselamatkan dan memuliakan Allah.
Contoh pengalaman hidup yang menerapkan cinta kasih secara benar sebagai siswa Katolik di sekolah ...
a. hanya mau membantu siswa-siswi Katolik
b. bersikap hormat dan peduli terhadap orang yang lebih tua
c. membantu teman tanpa membedakan agama, suku dan ras
d. selalu menjenguk teman yang sepermainan saja
  • Soal PTS Agama Katolik Kelas 7 Semester 2 versi 1 (Jawaban) : DOWNLOAD
Demikian artikel Contoh Soal PTS Agama Katolik Kelas 7 Semester 2 2021/2022 ONLINE. Semoga bermanfaat bagi penyelenggara pendidikan di Indonesia.
Ki Hajar Dewantara : “Ing Ngarsa Sung Tuladha Ing Madya Mangun Karsa Tut Wuri Handayani”,- Di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat dan di belakang memberikan kekuatan.