Skip to main content

Contoh Soal & Jawaban PTS Agama Katolik Kelas 9 Semester 2 2021/2022

Contoh Soal & Jawaban PTS Agama Katolik Kelas 9 Semester 2 2021/2022
Di kesempatan ini admin akan membagikan Contoh Soal PTS Agama Katolik Kelas 9 Semester 2 dan Jawaban. Dibagikan dalam format online dan PDF kepada bapak/ibu guru untuk bahan dalam proses penyusunan naskah asli yang akan diujikan kepada siswanya di penilaian tengah semester genap 2021/2022.

Penilaian Tengah Semester Genap adalah kegiatan satuan pendidikan yang berfungsi sebagai evaluasi belajar siswa kelas 9, dan dijadikan acuan untuk pembelajaran ke depannya.

Jumlah soal di PTS Keagamaan (Agama Katolik) ini adalah 25 butir pilihan ganda yang disusun berdasarkan kisi - kisi kurikulum 2013. Silahkan mencocokkannya sesuai dengan kebutuhan dan materi yang tersedia.

Contoh Soal & Jawaban PTS Agama Katolik Kelas 9 Semester 2 2021/2022

Contoh Soal & Jawaban PTS Agama Katolik Kelas 9 Semester 2 2021/2022

Contoh Soal PTS Agama Katolik Kelas 9 Semester 2 (Genap) dapat sobat akses dan download secara gratis. Kunci Jawaban dapat dilihat pada berkas pdf yang terlampir, untuk pengerjaan online tidak kami sediakan sebagai latihan try out.

Selamat mengerjakan.

Lampiran Pdf  (LENGKAP)+ Jawaban

1. Betapa bahagianya orang yang hidup dalam suasana kehidupan yang penuh dengan persaudaraan. Hidup dalam persaudaraan adalah hidup dalam semangat kasih. Kasih itu tidak membeda- bedakan, tulus, rela berkorban, dan kasih itu mau terlibat, maka solidaritas manusia pada sesama yang lemah imannya dilakukan dalam bentuk … .
a. membantu meneguhkan imannya
b. menjadikan pemimpin umat
c. membebani dengan berbagai tugas pelayanan
d. mencobai orang yang lemah imannya

2. Dalam iman Kristiani, perkawinan dipandang sebagai Sakramen.
Perkawinan tidak hanya menyangkut hubungan antara pria dan wanita, tetapi adanya keterlibatan Tuhan di dalamnya, Maka makna dari perkawinan dua orang yang dibaptis dalam Gereja merupakan sakramen adalah … .
a. didoakaan dan diberkati oleh pastor
b. dilaksanakan didalam Gereja
c. dilaksanakan bersama-sama dengan umat dalam perayaan ekaristi
d. menjadi tanda dan sarana kehadiran Allah pada ciptaanNya

3. Dalam kehidupan sahari-hari kita mempunyai kewajiban sesuai ajaran Gereja, bahwa kita harus berjuang untuk mengembangkan iman kita dengan cara … .
a. mencari popularitas karena jaman sekarang sangat penting
b. meningkatkan kekayaan melalui relasi di lingkungan kita
c. menyerahkan pengembangan iman pengurus Gereja
d. menjunjung nilai-nilai kehidupan Kristiani dalam lingkungan kita

4. Setiap remaja tentu memiliki cita-cita atau masa depan yang akan diraih. Masa depan yang dicita-citakan oleh remaja saat ini merupakan suatu masa depan yang masih perlu diusahakan dan direncanakan dengan sebaik-baiknya. Sebagai remaja yang masih duduk di bangku sekolah, saat ini merupakan masa persiapan untuk menggapai masa depan itu.Beberapa hal yang perlu diperhatikan, supaya seseorang dapat menggapai cita-cita antara lain adalah … .
a. perencanaan yang tidak matang sehingga kurang tekun dan tabah
b. disuruh atau dipaksa orang tua sehingga bukan minta sendiri
c. dukungan nansial yang kurang memadahi
d. memiliki bakat atau kemampuan yang menunjang

5. Perhatikan kutipan dokumen Gereja Unitatis Redintegratio Art.2 berikut ini ! “ ... maka Gereja mendorong para puteranya, supaya dengan bijaksana dan penuh kasih, melalui dialog dan kerja sama dengan para penganut agama-agama lain, sambil memberi kesaksian tentang iman serta perihidup Kristiani, mengakui, memelihara dan mengembangkan harta-kekayaan rohani dan moral serta nilai-nilai sosio-budaya, yang terdapat pada mereka. “Gereja melalui dokumen “ Unitatis Redintegratio Art.2 ” terdapat bagian yang menekankan pentingnya...
a. memelihara dan mengembangkan harta- kekayaan secara duniawi
b. para penganut agama-agama lain merasa bangga terhadap agamanya
c. memaksa untuk mengakui imannya dengan iman secara Kristiani ke orang lain
d. dialog antar umat beragama agar tercipta kehidupan kebersamaan yang indah

6. Perkawinan dalam Gereja Katolik disebut sebagai sakramen karena melambangkan hubungan antara Kristus dan Gereja-Nya (lih. Ef 5: 22-33). Mereka akan hidup sebagai suatu persekutuan seperti halnya hidup
Gereja sebagai persekutuan. Mereka adalah Gereja mini. Sebagai persekutuan, mereka bukan lagi dua tetapi satu daging (OLK Kej 2: 24). Dengan hidup sebagai persekutuan yang didasarkan kasih itulah, maka perkawinan memperlihatkan dan melambangkan kasih Allah kepada manusia dan kasih Yesus kepada Gereja-Nya. Alasan Gereja Katolik menyebut bahwa pernikahan kristiani sebagai sakramen adalah … .
a. melambangkan hubungan antara Kristus dengan GerejaNya
b. simbol kesatuan dua orang yang saling mencintai
c. lambang persatuan mesra antara dua pribadi yang berbeda
d. niat baik dua orang yang ingin menikah didalam Gereja

7. Kitab Suci mengajarkan kepada kita untuk senantiasa memiliki cita- cita (harapan untuk masa depan) dan mengusahakannya dengan segenap kekuatan dan kemampuan kita. Dalam mengusahakan hal itu perlu usaha yang dapat dilakukan untuk meraih cita-cita dalam hidup kita yaitu … .
a. dibiarkan saja sebab Allah sudah mengaturnya
b. disamakan dengan cita-cita orang tua
c. diusahakan dengan disertai doa agar menjadi kenyataan
d. disimpan dalam hati supaya orang lain tidak tahu cita-cita kita

8. Yesus Kristus ber rman : “ … barang siapa mengasihi Allah, ia harus mengasihi saudaranya “ ( 1 Yoh 4 : 21 ). Apa yang di rmankan oleh Yesus tersebut perlulah dimaknai dalam konteks yang luas, konteks yang universal, artinya ... .
a. membedakan berdasarkan agama, kepercayaan, suku, ras
b. menciptakan suasana kehidupan yang tidak harmonis, rukun, dan damai
c. tidak terbatas pada iman yang sama atau agama yang sama
d. engan dialog dan kerja sama dengan penganut agama dan kepercayaan lain

9. Perhatikan hal-hal mengenai Gerakan Ekumenis ( menyatukan Gereja-Gereja Diseluruh Dunia ) berikut ini :
1. Mengadakan perayaan bersama antara Gereja Katolik dan Gereja Protestan
2. Bersaing dalam memperoleh jemaat
3. Mengadakan bakti sosial bersama antar Gereja
4. Masing-masing mengangggap ajaran Gerejanya paling benar

Bentuk usaha kerjasama antar Gereja Katolik dan Protestan ditunjukkan pada nomor ... .
a. 1 dan 3
b. 1 dan 2
c. 2 dan 4
d. 2 dan 3

10. Hidup bersama-sama dalam suka- duka dan saling membantu dan menerima kekurangan orang lain merupakan pengembangan iman, maka yang harus kita lakukan adalah … .
a. lebih baik tidak berteman karena kita tidak mendapatkan keuntungan
b. bersahabat dengan siapa saja dan kita tetap beriman pada Kristus
c. berteman dengan siapa saja dan mengikuti mereka
d. memilih teman yang menguntungkan kita

11. Dengan sakramen imamat atau tahbisan seseorang diangkat atau diwisuda untuk menggembalakan Gereja dengan Sabda dan Roh Allah. Melalui sakramen tahbisan ini melantik seseorang untuk ikut serta dalam tugas ... .
a. mengabdi kepada Gereja
b. perutusan Yesus Kristus
c. mencari dana untuk Gereja
d. mengajak masuk Katolik

12. Perhatikan kutipan KHK Kanon 1008 berikut ini !” Dengan sakramen imamat yang diadakan oleh penetapan Ilahi, seorang beriman diangkat menjadi pelayan-pelayan rohani dengan ditandai oleh materai yang tak terhapuskan, yakni dikuduskan dan ditugaskan untuk selaku pribadi Kristus Sang Kepala, menurut tingkatan masing-masing, menggembalakan umat Allah dengan melaksanakan tugas mengajar, menguduskan dan memimpin. ” Para imam memiliki tugas pokok yaitu ikut ambil bagian dalam tri tugas Yesus sebagai raja, nabi, dan imam yang diungkap dalam KHK Kanon 1008 yaitu … .
a. mengajar, melindungi umat dan menjaga
b. mencari dana, melayani dan menghibur
c. mengajar, menguduskan, dan memimpin
d. mencari umat, melayani dan mengajar

13. Perhatikan kutipan Surat 1 Petrus 2 : 13 – 17 berikut ini ! 13 Tunduklah karena Allah, kepada semua lembagamanusiabaik kepada raja sebagai pemegang kekuasaan yang tertinggi. 14 maupun kepada wali-wali yang diutusnya untuk menghukum orang-orang yang berbuat jahat dan menghormati orang-orang yang berbuat baik. 15 Sebab inilah kehendak Allah yaitu supaya dengan berbuat baik kamu membungkamkan kepicikkan orang-orang yang bodoh. 16 Hiduplah sebagai orang merdeka dan bukan seperti mereka yang menyalahgunakan kemerdekaan itu untuk menyelubungi kejahatan-kejahatan. 17 Hormatilah semua orang,
kasihilah saudara-saudaramu, takutlah akan Allah, hormatilah raja ! Sikap hidup sebagai orang Kristiani menurut kutipan Surat 1 Petrus 2 : 13 – 17 adalah dengan menjadi … .
a. penguasa suatu negara yang merdeka
b. orang merdeka yang menjadi hamba Allah
c. pengambil kekuasaan yang dimiliki para rasul
d. pengabdi kekuasaan yang merdeka


14. Menjadi seorang imam adalah merupakan panggilan khusus, oleh karenanya untuk menjadi seorang imam pun ada syarat-syarat khusus yang yang harus dipenuhi. Syarat untuk menjadi seorang imam antara lain … .
a. diperbolehkan untuk memiliki seorang istri
b. mempunyai motivasi untuk menjadi orang terbaik
c. berperilaku baik dan sopan terhadap sesama
d. selama ini sehat secara jasmani dan rohaninya

15. Kita hidup di Indonesia yang memiliki warga masyarakat yang pluralis, yang terdiri dari berbagai suku bangsa, bahasa, adat- istiadat, dan keunikannya masing-masing. Sebagai umat beriman yang juga sekaligus sebagai anggota masyarakat hendaknya kita memandang bahwa perbedaan dalam pluralitas itu sebagai rangkaian mozaik yang dapat tertata dengan indahnya. Maka dari pernyataan tersebut menyimpulkan tentang pengertian agama adalah … .
a. sebagai tempat ibadat yang baik kepada Tuhan
b. sarana mengungkapkan hubungan antara manusia dengan Tuhan
c. segala tindakan yang baik yang direstui oleh Tuhan
d. kumpulan orang-orang yang kepercayaan terhadap Tuhan

16. Allah memanggil manusia untuk ikut serta dalam karya pewartaannya untuk mewartakan kerajaan Allah dan ikut serta dalam pemeliharaan alam ciptaan-Nya. Setiap manusia yang hidup di dunia ini dipanggil oleh Allah untuk ikut serta dalam karya tersebut. Panggilan hidup berkeluarga sering kita sebut dengan perkawinan. Arti perkawinan adalah persekutuan hidup antara seorang pria dan seorang wanita atas dasar … .
a. perkawinan bertujuannya hanya untuk mendapatkan anak atau keturunan
b. ikatan cinta kasih yang total dengan persetujuan bebas dari keduanya
c. menghubungkan perkawinan sebagai usaha untuk memperoleh sebuah status
d. perkawinan sebagai kontrak atau perjanjian antara seorang laki-laki dan perempuan

17. Seperti kita ketahui bersama bahwa jika kita tidak memandang secara positif terhadap perbedaan antar agama yang ada di Indonesia ini, maka kerusuhan yang dapat mengakibatkan kehancuran dapat saja terjadi. Dibeberapa negara masih kita dengar kon k antar umat beragama. Beberapa waktu yang lalu di negara kitapun sempat terjadi kon k antar umat beragama yang dibalut dengan sentimen keagamaan. Contoh kasus yang masih sering kita dengar mengenai kon k antar umat beragama tersebut antara lain ....
a. adanya acara diaog lintas agama antar umat beragama diberbagai tempat di Indonesia
b. perusakan/ penutupan tempat ibadat salah satu agama oleh kelompok penganut agama lain
c. bergotong royong bekerja sama membangun tempat-tempat ibadat dalam masyarakat
d. memberikan salam dan ucapan selamat pada teman yang merayakan hari besar agamanya

18. Pilihan hidup bakti dan imamat atau selibat dipahami oleh Gereja Katolik sebagai panggilan Allah. Hidup imamat merupakan panggilan khusus. Panggilan khusus itu oleh Gereja Katolik dimeteraikan sebagai sakramen, yakni Sakramen Imamat yang disebut dengan Sakramen Tahbisan. Ada tiga kaul kekal yang diucapkan oleh para imam, biarawan dan biarawati agar pelayanan yang dijalankan dapat dilakukan secara penuh dan total yaitu … .
a. patuh, selibat, hidup menderita
b. ketaatan, tidak menikah, hidup menderita
c. kemurnian, ketaatan, kemiskinan
d. hidup dalam kemiskinan, ketaatan, menikah

19. Cita-cita merupakan keinginan atau kehendak yang akan kita wujud nyatakan, suatu keinginan yang akan kita tuju, ataupun juga dapat kita sebut sebagai suatu harapan yang senantiasa kita perjuangkan untuk kita dapatkan. Cita-cita yang telah dicanangkan dan ingin digapai akan mempengaruhi seluruh proses persiapan yang harus dijalani guna menggapai cita cita tersebut. Orang yang memiliki cita-cita yang tinggi tentunya memerlukan … .
a. persiapan dan usaha yang keras pula untuk dapat menggapainya
b. rasa percaya diri yang berlebihan akan kemampuannya
c. usaha dari dirinya sediri dengan persiapan kurang matang
d. suatu langkah yang dapat mempengaruhi segala pola pikir kita

20. Perhatikan kutipan Nostra Aetate. art. 1 berikut ini !
Kita memiliki kewajiban untuk senantiasa berusaha memperjuangkan kehidupan bersama yang penuh dengan kerukunan dan kedamaian. Gereja Katolik secara nyata mendukung terciptanya persaudaraan sejati dalam kehidupan bersama, termasuk dengan mereka yang berbeda agama dan kepercayaan, baik melalui dialog kehidupan dan dialog karya. Karena semua bangsa merupakan satu masyarakat, mempunyai satu asal, sebab Allah menempatkan seluruh manusia di bumi. Semua mempunyai juga tujuan akhir yang satu: Allah. Penyelenggaraan-Nya dan bukti kebaikan-Nya mencakup semua orang, tanpa kecuali.
Usaha yang dapat dilakukan untuk menjaga kerukunan antar umat beragama menurut kutipan Nostra Aetate. art. 1 adalah … .
a. kerjasama antar umat beragama sehingga tercipta kehidupan yang damai, adil dan sejahtera
c. meneladan dan mengikuti ajaran agama lain sebagai contoh hidup umat beriman
b. memberikan pengajaran bahwa yang paling baik adalah agamanya sendiri
d. mempelajari ajaran agama lain sehingga dapat membandingkan dengan agamanya sendiri

21. Cara hidup berkeluarga bukanlah satu-satunya pilihan hidup. Walaupun di dalam masyarakat pada umumnya hidup dalam lembaga perkawinan yang lebih banyak dipilih. Panggilanhidup bakti dan imamat atau selibat merupakan panggilan hidup yang khas. Arti panggilan hidup bakti dan imamat atau selibat yang dijalani oleh para imam, biarawan dan biarawati adalah … .
a. tidak menikah karena alasan tertentu dari dalam dirinya
b. bebas menentukan kehidupan yang dijalani dengan caranya sendiri
c. menerima sakramen perkawinan dan hidup berkeluarga
d. tidak menikah karena kemauan sendiri demi Kerajaan Allah

22. Gereja telah mewujudkan salah satu hal yang dapat dilakukan untuk membangun persaudaraan dengan mengusahakan sikap yang baik, serta positif terhadap agama dan kepercayaan lain, yang dalam hal ini dituangkan dalam dokumen Gereja yakni ... .
a. Unitatis Redintegratio art.3
b. Nostra Aetate Art.2
c. Gaudium Et Spes Art.3
d. Lumen Gentium Art.3

23. Dalam surat Santo Paulus kepada jemaat di Roma 9:21 mengatakan “ Apakah tukang periuk tidak mempunyai hak atas tanah liatnya, untuk membuat dari gumpal yang sama suatu benda untuk dipakai guna tujuan yang mulia dan suatu benda lain untuk dipakai guna tujuan yang biasa ?
”Dalam suratnya kepada jemaat di Roma, Paulus mengajak kita untuk menyadari bahwa … .
a. berdoa tanpa henti demi kesuksesan hidup
b. bekerja keras terus menerus setiap hari untuk mendapatkan uang
c. berhak dan bebas untuk menentukan cita-cita
d. bersantai saja karena Tuhan pasti menganugerahkan rahmat

24. “Ciri-ciri hakiki perkawinan ialah kesatuan dan sifat tak dapat diputuskan, yang dalam perkawinan Kristiani memperoleh kekukuhan khusus atas dasar sakramen. (KHK Kan. 1056). Dalam perkawinan Kristiani tidak dikenal adanya perceraian. Apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia (lih. Mrk 10: 9). Selain tidak terceraikan, perkawinan Kristiani bersifat ... .
a. poligami
b. monogami
c. poliandri
d. kebebasan

25. Tujuan perkawinan Kristiani adalah kebahagiaan suami-istri sebagai pasangan, keturunan atau kelahiran anak, pendidikan anak, dan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu Gereja Katolik membantu calon pengantin untuk memahami makna hidup dalam perkawinan secara katolik dengan cara … .
a. melarang perceraian
b. memberi nasehat melalui kotbah saat misa
c. memberi berkat pada perkawinan
d. memberi kursus perkawinan

  • Soal PTS Agama Katolik Kelas 9 Semester 2 versi 1 (Jawaban) : DOWNLOAD
Demikian artikel Latihan Soal PTS Agama Katolik Kelas 9 Semester 2 (Genap) Tahun 2022. Semoga bermanfaat bagi penyelenggara pendidikan di Indonesia.
Ki Hajar Dewantara : “Ing Ngarsa Sung Tuladha Ing Madya Mangun Karsa Tut Wuri Handayani”,- Di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat dan di belakang memberikan kekuatan.