Skip to main content

Soal & Jawaban PAS Agama Katolik Kelas XI Semester 1 2021/2022 PDF Online

Soal & Jawaban PAS Agama Katolik Kelas XI Semester 1 2021/2022 PDF Online

Soal & Jawaban PAS Agama Katolik Kelas 11 Semester 1 - Di kesempatan ini Central pendidikan akan membagikan soal ujian Penilaian Akhir Semester atau UAS semester ganjil di mata pelajaran PAK. Ujian tersebut nantinya akan diselenggarakan sesuai kalender pendidikan tahun pelajaran 2021/2022 di masing - masing daerah. 

Materi Ujian yang diseleraskan sesuai standar kurtilas. Pembagian contoh latihan soal PAS Kelas 11 ini guna menambah bahan untuk menyusun soal asli, dan sebagai referensi pembelajaran untuk siswa beragama katolik.

Soal & Jawaban PAS Agama Katolik Kelas XI Semester 1 2021/2022 PDF Online

Soal & Jawaban PAS Agama Katolik Kelas XI Semester 1 PDF Online

Jumlah keseluruhan soal PAS Agama katolik kelas 11 SMA/SMK adalah 50 butir pilihan ganda, disesuaikan berdasarkan kisi - kisi kurikulum 2013 yang telah dipelajari selama pembelajaran daring maupun tatap muka. Kami memberikan kunci jawaban di lampiran pdf, setelah try out online di bawah ini.

Selamat mengerjakan..

1. Hidup mengumat pada dasarnya merupakan hakikat Gereja itu sendiri, sebab hakikat Gereja adalah persaudaraan cinta kasih seperti yang dicerminkan oleh hidup Umat Perdana (lih. Kis 2: 41-47), maka Gereja sebagai Umat Allah mengandung makna, bahwa ....
a. Kaum awam tidak mempunyi tanggungjawab untuk perkembangan Gereja.
b. Kaum awam lebih mempunyai wewenang untuk mengatur gereja dari pada Hierarki
c. Hierarki/pemimpin Gereja mempunyai martabat yang lebih tinggi dari kaum awam.
e. Hierarki dan kaum awam mempunyai martabat yang sama dihadapan Allah.
d. Hierarki dan kaum awam mempunyai tugas dan wewenang yang sama.

2. Pada saat ini sering dikatakan bahwa Gereja itu hendaknya tidak bersikap eksklusif (tertutup), tetapi inklusif (terbuka), artinya adalah ...
a. Gereja harus lebih aktif menawarkan keselamatan kepada orang lain, karena di luar Gereja tidak ada kebenaran atau keselamatan.
b. Gereja harus bekerja sama dengan agama-agama lainnya, asalkan agama- agama lain itu mau menerima ajaran dan prinsip-prinsip hidup Kristiani.
c. Gereja harus siap menerima kehadiran agama-agama lainnya, dan harus membentengi umatnya agar tidak pindah agama.
d. Gereja harus mau menerima ajaran agama-agama lainnya, karena pada prinsipnya semua agama itu sama.
e. Gereja harus selalu siap untuk berdialog dengan agama dan budaya mana pun juga dan tidak hanya untuk umatnya saja.

3. Extra Eclesiam Nulla Salus merupakan salah satu dogma Gereja Katolik yang mengandung arti yaitu....
a. Tuhan adalah sumber keselamatan sejati
b. Keselamatan hanya terletak pada Allah
c. Di luar Gereja tidak ada keselamatan
d. Bagi orang percaya pasti akan diselamatkan
e. Di luar Gereja selalu ada keselamatan

4. Usaha yang dapat digalakkan untuk menguatkan persatuan antar Gereja adalah ....
a. Menjalankan ibadah sesuai aturan Gereja
b. Setia dan taat kepada persekutuan umat termasuk hierarki
c. Lebih bersifat jujur dan terbuka satu dengan lainnya
d. Mengaktifkan kegiatan persekutuan Gereja
e. Aktif berpartisipasi dalam kehidupan bergereja

5. Perhatikanlah sifat-sifat gereja di bawah ini!
1. Gereja yang lebih merakyat dan mengutamakan yang miskin.
2. Gereja bersifat kenabian 3. Gereja yang membebaskan
4. Gereja yang katolik
5. Gereja yang apostolik Yang merupakan sifat-sifat atau ciri-ciri Gereja yang dituntut pada jaman ini adalah ....
a. 1, 2 dan 3
b. 1, 2 dan 5
c. 1, 2 dan 4
d. 2, 3 dan 5
e. 2, 3 dan 4

6. Umat Allah dipanggil dan dipilih Allah untuk misi tertentu, yaitu menyelamatkan dunia merupakan salah satu pengertian dari ...
a. Gereja Perdana
b. Dasar Gereja Umat Allah
c. Hakikat Gereja Umat Allah
d. Konsekuensi Gereja Umat Allah
e. Gereja yang inklusif

7. Salah satu konsekuensi Gereja Umat Allah bagi para pemimpin Gereja adalah…
a. aktif dalam hidup menggereja
b. menggunakan karisma dan karunia dengan baik
c. menyadari persatuannya dengan umat lain
d. peka melihat karisma dan karunia umat
e. menjalankan misi Gereja di tengah masyarakat

8. Dalam perikop Kitab Suci Yohanes 21:15-19 dinyatakan perintah Yesus untuk menggembalakan domba-domba-Nya. Makna pesan tersebut sehubungan dengan Hierarki dalam Gereja Katolik adalah ....
a. Gembala yang baik adalah gembala yang mengenal dombanya.
b. Hierarki bertugas untuk memimpin kehidupan Gereja.
c. Yesus adalah Gembala utama dan gembala sejati bagi umatNya.
d. Setiap gembala bertanggungjawab atas tugas kegembalaannya.
e. Pemimpin Gereja adalah pribadi yang sangat mengasihi Yesus.

9. Dalam Gereja ada kesatuan iman, pimpinan, kebaktian dan kehidupan Sakramental adalah Gereja bersifat ....
a. Mengumat
b. Katolik
c. Satu
d. Kudus
e. Apostolik

10. Konteks zaman yang menjadi latar belakang penulisan ensiklik Mater et Magistra adalah....
a. Perlawanan terhadap perang Vietnam
b. Adanya ketidakadilan dimana-mana
c. Kemiskinan di negara-negara selatan
d. Revolusi industri
e. Perang dingin blok barat dan blok timur

11. Gereja yang dijiwai oleh Roh Kudus yang harus dapat memberi hidup secara bebas dan leluasa kepada semua lapisan umat adalah Gereja yang bersifat ....
a. Kenabian
b. Ragi
c. Kharismatis
d. Membebaskan
e. Dinamis

12. Salah satu ciri khas yang menonjol dari Model Gereja Persekutuan Umat adalah ....
a. organisasi tertata rapi
b. keikutsertaan semua umat dalam hidup menggereja di bawah hierarki
c. kepemimpinan dipegang oleh Paus
d. hukum dan peraturan untuk menata suatu institusi
e. hidup persaudaraan

13. Dokumen Ajaran Sosial Gereja yang ditulis oleh seorang paus, dimana dirinya adalah paus yang membuka Konsili Vatikan II adalah....
a. Mater et Magistra
b. Populorum Progressio
c. Octogesima Adveniens
d. Caritas in Veritate
e. Quadragessimo Anno

14. Ciri khas dari cara hidup jemaat perdana adalah….
a. semua orang yang telah menjadi percaya tetap bersatu, dan segala kepunyaan mereka adalah kepunyaan bersama.
b. membuat kaum Farisi dan kaum Saduki semakin jengkel dan marah, karena mereka sulit dinasehati dan tidak mau lagi menjalankan agama Yahudinya
c. diutus berdua-dua ke pelbagai desa dan kota disekitarnya untuk memberitakan Injil dan keselamatan yang sudah diajarkan oleh Tuhan Yesus Kristus.
d. mereka semakin banyak dan ditakuti serta disegani orang-orang disekitarnya.
e. membentuk kelompok tersendiri berbeda dengan kebiasaan dan agama Yahudi.

15. Tujuan dari Gereja yang kudus adalah ....
a. Agar manusia mencari sang Kudus itu
b. Agar semuannya kudus tanpa kecuali
c. Supaya umatnya seluruhnya kudus
d. Agar umatnya tidak jatuh dalam dosa
e. Kemuliaan Allah dan penyelamatan umat

16. Cermati pengertian berikut ini :
1. Umat Allah merupakan suatu pilihan dan panggilan dari Allah sendiri.
2. Dalam hidup Umat Allah banyak karisma dan rupa-rupa karunia dapat dilihat, diterima, dan digunakan bagi kekayaan seluruh Gereja
3. Dipanggil dan dipilih untuk Allah dan untuk misi tertentu, yaitu menyelamatkan dunia.
4. Hidup Umat Allah pada dasarnya merupakan hakikat dari Gereja itu sendiri
5. Hubungan antara Allah dan umatNya dimateraikan oleh suatu perjanjian.

Dari pengertian diatas yang merupakan arti dan makna Gereja “Umat Allah” ditunjukkan pada nomor ...
a. 2,3 dan 5
b. 1,3 dan 5
c. 1,2 dan 6
d. 1,3 dan 4
e. 3,4 dan 5

17. Ajaran tradisional Gereja menyebutkan bahwa sifat-sifat Gereja Katolik adalah ....
a. Gereja yang berifat dinamis dan harus diperjuangkan
b. Katolik dan Apostolik
c. Satu, Kudus, Katolik dan Apostolik
d. Gereja yang melayani
e. Gereja yang rukun dan bersatu

18. Ciri Gereja sebagai persekutuan umat yang terbuka adalah....
a. kepemimpinan tertahbis identik dengan gereja
b. sikap yang triumfalistik dan tertutup
c. hidup persaudaraan karena iman dan harapan yang sama
d. Gereja umat Allah dikumandangkan oleh Konsili Vatikan II
e. persaudaraan dalam Gereja Katolik adalah persaudaraan kasih

19. Nama ensiklik yang berarti "Keprihatinan akan Masalah-masalah Sosial" adalah....
a. Rerum Novarum
b. Evangelii Nuntiandi
c. Sollicitudo Rei Socialis
d. Gaudium et Spes
e. Laborem Excercens

20. Keanggotaan di dalam Gereja dapat digolongkan menjadi tiga yaitu hierarki, biarawan-biarawati, dan kaum awam. Dimana masing-masing anggotanya memiliki peran dan fungsi yang berbeda-beda. Berikut ini peran dan fungsi dari anggota Gereja bagi kaum awam adalah ...
a. menyadari pentingnya persatuan dengan anggota lain.
b. mampu melihat dan mendengar karunia dalam diri umat.
c. pemimpin bersama dengan umat, bukan diatas melainkan melayani sesama.
d. awam dan hierarki mempunyai martabat yang sama.
e. kaum awam bukan pelengkap atau sebagai peserta

21. Dalam Gereja Katolik dikenal dengan kaum Awan, maka menurut Ajaran Gereja Lumen Gentium art. 31 Kaum Awam memiliki arti ...
a. Semua umat katolik yang sudah menerima minimal tiga sakramen dalam Gereja katolik.
b. Semua umat katolik yang bekerja sebagai seorang katekis, maupun guru agama dan juga bagian pewartaandi paroki
c. Umat katolik yang sudah menerima sakramen babtis, krisma dan sakramen Mahakudus.
d. Semua suster yang mengucapkan kaul kekal dan menjalani kaul-kaul yang berlaku dalam biara.
e. Semua orang katolik tidak termasuk golongan penerima tahbisan suci dan status kebiarawanan yang diakui dalam Gereja.

22. Gambaran ideal tentang Gereja sebagai Peresekutuan Umat dapat kita temukan dalam Kis 2:41-47 (Gereja Perdana). Mungkin saja kita tidak dapat menirunya secara hara ah, sebab situasi sosial-ekonomi kita sudah sangat berbeda. Dalam Kis 2:41-47 (Gereja Perdana), yang manjadi dasar dalam Gereja adalah ...
a. Hidup manusia dalam inti hati dan jiwa
b. Orang miskin yang menerima berkah Tuhan
c. Percaya pada Tuhan sebagai sumber hidup
d. Cinta kasih persaudaraan
e. Orang yang berkelimpahan dan berbagi

23. Perhatikan pernyataan dibawah ini!
1. Rahmat dan keselamatan yang ditawarkannya.
2. Iman dan ajaran Gereja yang bersifat umum, dapat diterima dan dihayati oleh siapapun
3. Dikuduskan oleh Roh Kudus
4. Disatukan oleh iman, harapan dan kasih Kekatolikan Gereja tampak dalam ....
a. 2 dan 4
b. 1 dan 4
c. 1 dan 2
d. 1 dan 3
e. 2 dan 3

24. Dalam Gereja Katolik terdapat dua model Gereja yakni ...
a. Model Gereja Hierarki dan model Gereja Musyawarah
c. Model Gereja Internal dan model Gereja eksternal
b. Model Gereja Satu dan model Gereja Kudus
d. Model Gereja Katolik dan model Gereja Apostolik
e. Model Gereja Institusional hierarki pyramidal dan model Gereja persekutuan umat

25. Gereja yang berasal dari para rasul dan tetap berpegang teguh pada kesaksian iman mereka yang mengalami secara dekat dengan peristiwa Yesus, merupakan arti Gereja bersifat....
a. Katolik
b. Apostolik
c. Institusional Piramidal
d. Satu
e. Kudus

26. Ensiklik yang ditulis oleh Paus Leo XIII adalah....
a. Populorum Progressio
b. Octogesima Adveniens
c. Rerum Novarum
d. Pacem in Teris
e. Mater et Magistra

27. Usaha untuk mewujudkan keapostolikan Gereja adalah ....
a. Menafsirkan dan mengevaluasi situasi konkrit kita dengan iman Gereja para Rasul
b. Sikap terbuka dan menghormati kebudayaan, adat istiadat bahkan agama bangsa manapun
c. Setiap orang kristiani diaharapkan memiliki jiwa besar dalam keterlibatannya dalam hidup bermasyarakat.
d. Selalu berusaha untuk memprakarsai dan memperjuangkan dunia yang lebih baik
e. Bekerjasama dengan pihak manapun yang berkehendak baik untuk mewujudkan nilai-nilai yang luhur di dunia ini.

28. Pehatikan peryataan berikut!
1. Kesatuan iman para anggotanya
2. Kesatuan dalam pelayanan
3. Kesatuan dalam pimpinannya, yaitu hierarki
4. Kesatuan dalam jemaat
5. Kesatuan dalam kebaktian dan kehidupan sakramental

Yang merupakan Gereja yang satu terungkap dalam ....
a. 1, 3, 4
b. 1, 2, 3
c. 1, 3, 5
d. 1, 2, 5
e. 1, 2, 4

29. Anggota umat yang dengan mengucapkan kaul kemiskinan, ketaatan dan kemurnian ingin bersatu dengan Kristus dan menerima pola nasib hidup Yesus Kristus secara radikal merupakan pengertian dari ...
a. Kaum awam
b. Imam
c. Hierarki
d. Biarawan – Biarawati
e. Kardinal

30. Peristiwa Revolusi Industri menjadi salah satu konteks zaman dalam penulisan dokumen....
a. Evangelii Nuntiandi
b. Rerum Novarum
c. Convenientes et Universe
d. Octogesima Adveniens
e. Populorum Progressio

31. Gereja yang terbuka bagi dunia, tidak terbatas pada tempat tertentu, bangsa dan kebudayaan tertentu, waktu atau golongan masarakat tertentu adalah pengertian dari sifat gereja ....
a. Katolik
b. Kudus
c. Satu
d. Apostolik
e. Mengumat

32. Usaha untuk mewujudkan kekatolikan Gereja adalah ....
a. Setia dan mempelajari injil, sebab injil merupakan iman Gereja para rasul
b. Aktif berpartisipasi dalam kehidupan bergereja
c. Menafsirkan dan mengevaluasi situasi konkrit kita dengan iman Gereja para Rasul
d. Bekerjasama dengan pihak manapun yang berkehendak baik untuk mewujudkan nilai-nilai yang luhur di dunia ini
e. Setia dan loyal kepada hierarki sebagai pengganti para rasul

33. Sebuah ensiklik yang ditulis untuk memperingati 40 tahun Rerum Novarum adalah....
a. Mater et Magistra
b. Pacem in Terris
c. Quadragesimo Anno
d. Mater et Magistra
e. Gaudium et Spes

34. Aktif dalam kehidupan mengumat, menggunakan segala karisma, karunia dan fungsi yang dipercayakan kepadanya untuk kepentingan dan misi Gereja di tengah masyarakat, pernyataan ini merupakan pengertian dari ...
a. Dasar Kaum Awam
b. Dasar Gereja Umat Allah
c. Konsekwensi bagi anggota Gereja
d. Konsekwensi Gereja Umat Allah
e. Konsekwensi hierarki Gereja

35. Gereja Katolik mempunyai dua model Gereja. Gambar segitiga ini menjunjukkan model Gereja ...
a. Musyawarah Umat
b. Institusional
c. Persekutuan Umat
d. Internal
e. Apostolik

36.Situasi peperangan antar Blok Barat dan Blok Timur mengundang keprihatinan Gereja,sehingga muncullah sebuah dokumen Ajaran Sosial Gereja, yaitu....
a. Gaudium et Spes
b. Laborem Excercens
c. Pacem in Terris
d. Evangelii Nuntiandi
e. Centesimus Annus

17. Dasar utama dari Gereja adalah kesatuan iman adalah ditunjukkan dalam ....
a. Rm 1:7
b. Rm 4:3-6
c. 1 Ptr 1:2
d. Ef 4:3-6
e. Kis 4:3-6

38. Pernyataan dibawah ini yang merupakan konsekuensi dari Gereja yang mengumat, bagi pimpinan Gereja (hierarki) adalah ...
a. setiap anggota harus menyadari pentingnya persatuan dengan anggota umat lain
b. setiap anggota harus aktif dalam kegiatan mengumat
c. sadar bahwa awam dan hierarkii memiliki martabat yang sama.
d. mampu melihat dan mendengar karisma dan karunia yang ada dalam diri umat
e. kaum awam bukan lagi pelengkap penyerta

39. Sumber darimana Gereja berasal, kemana arah yang dituju, dan unsur-unsur ilahi didalam Gereja adalah Kudus, merupakan pengertian Gereja bersifat ....
a. Katolik
b. Mengumat
c. Kudus
d. Apostolik
e. Satu

40. Perhatikan pernyataan di bawah ini:
1) menyadari persatuan dengan umat lain
2) aktif dalam hidup mengumat
3) peka melihat karisma dan karunia umat
4) menyadari fungsinya sebagai pemimpin dan pelayan
5) menggunakan segala karisma dan karunia untuk pelayanan

Berdasarkan pernyataan diatas, yang menjadi konsekuensi Gereja Umat Allah bagi setiap anggota umat adalah…
a. 2, 3 dan 4
b. 1, 2 dan 5
c. 3, 4 dan 5
d. 1, 2 dan 3
e. 1, 3 dan 4

41. Sebuah dokumen ajaran sosial Gereja yang bertemakan hubungan antara Gereja dan dunia modern adalah....
a. Gaudium et Spes
b. Evangelii Nuntiandi
c. Mater et Magistra
d. Sollicitudo Rei Socialis
e. Rerum Novarum

42. Sumber darimana Gereja berasal adalah Kudus. Gereja didirikan oleh ....
a. Hierarki Gereja
b. Umat di Antiokia
c. Kristus sendiri
d. Umat Perdana
e. Para Rasul

43. Gereja memiliki cara pandang yang berbeda sebelum dan sesudah Konsili Vatikan II. Cara pandang Gereja sebelum Konsili Vatikan II adalah …
a. Sikap Gereja terbuka dan menganggap di luar Gereja terdapat keselamatan.
b. Gereja tidak lagi dipahami hierarki sentris melainkan Kristosentris.
c. Gereja selalu terarah kepada pelayanan kepada orang-orang kaya.
d. Sikap Gereja sangat terbuka tetapi hanya kepada saudara yeng beriman kepada Yesus Kristus saja.
e. Sikap yang tidak triumfalistik (memegahkan diri) dan tertutup.

44. Usaha yang dapat digalakkan untuk menguatkan persatuan kedalam adalah ....
a. Lebih bersifat jujur dan terbuka satu dengan yang lain
b. Aktif berpartisipasi dalam kehidupan bergereja
c. Lebih melihat kesamaan daripada perbedaan
d. Mengadakan berbagai macam kegiatan sosial
e. Mengadakan ibadat ekumenis

45. Jiwa Gereja adalah Kudus sebab jiwa Gereja adalah ....
a. Jiwa-jiwa yang suci
b. Roh Kudus sendiri
c. Para Santo Santa
d. Para Malaikat Pelindung
e. Para Rasul

46. Perhatikan pernyataan berikut :
1. memberi diri dibaptis
2. berpindah-pindah dan bersembunyi takut dianiaya kaum Farisi
3. bertekun dalam pengajaran rasul-rasul dan dalam persekutuan
4. saling berbagi dengan bersungut-sungut
5. selalu berkumpul untuk berdoa bersama

Dari pernyataan di atas, yang merupakan cara hidup jemaat pertama adalah ….
a. 1, 2, dan 5
b. 1, 2, dan 3
c. 1, 3, dan 5
d. 1, 2, dan 4
e. 1, 3, dan 4

47. Gereja Katolik memiliki dua model Gereja. Gambar berbentuk lingkaran ini menunjukkan Gereja model ....
a. Musyawarah Umat
b. Persekutuan Umat
c. Apostolik
d. Institusional
e. Eksternal

48. Paham Gereja sebagai umat Allah dianggap sebagai paham yang cocok atau relevan dengan tuntutan dan perkembangan zaman. Paham ini dinilai memiliki nilai historis dengan umat Allah Perjanjian Lama karena Gereja menganggap diri sebagai Israel Baru, kelanjutan dari Israel yang lama.
Salah satu alasan Gereja dikatakan sebagai Umat Allah adalah….
a. Inisiatif pertama datang dari Allah sendiri bukan dari manusia
b. Gereja mempunyai tujuan untuk menyelamatkan umat manusia
c. Semua anggota Gereja mempunyai tujuan hidup yang sama
d. Para pemimpin Gereja merupakan wakil Kristus di dunia
e. Gereja didirikan oleh Kristus

49. Perhatikan pernyataan berikut!
1. Saling memberi kesaksian hidup sebagi putra-putri Allah
2. Aktif berpartisipasi dalam kehidupan Gereja
3. Lebih bersifat jujur dan terbuka satu dengan yang lain
4. Memperkenalkan anggota-anggota yang sudah hidup secara heroik untuk mencapai kekudusan.

Usaha-usaha untuk memperjuangkan kekudusan Gereja adalah ....
a. 1 dan 3
b. 1 dan 2
c. 1 dan 4
d. 2 dan 3
e. 2 dan 4

50. Istilah “Umat Allah” sudah digunakan dalam Perjanjian Lama yang kemudian dimunculkan dan dihidupkan kembali oleh Konsili Vatikan II setelah sekian lama Gereja menjadi terlalu hierarkis; didominasi oleh kaum rohaniwan dan awam yang adalah mayoritas dalam Gereja agak terdesak ke pinggir. Dengan paham Gereja sebagai Umat Allah yang di munculkan kembali dalam Konsili Vatikan II hendak diakui kembali kesamaan martabat dan peranan semua anggota Gereja. Semua anggota Gereja memiliki martabat yang sama, hanya berbeda dalam hal fungsi. Maka dengan demikian yang dimaksud dengan umat Allah adalah…
a. persekutuan orang-orang yang percaya akan karya keselamatan Allah dalam diri Yesus Kristus
c. pilihan pribadi setiap manusia yang taat pada Allah
e. setiap orang atau persekutuan yang selalu dipanggil Allah untuk misi tersembunyi
b. panggilan untuk orang-orang yang percaya pada dipanggilan Allah untuk menepati janji-Nya
d. panggilan Allah untuk penyelamatan pribadi

  • Soal & Jawaban PAS Agama Katolik Kelas XI Semester 1 2021/2022 PDF Online, DOWNLOAD

 Demikian artikel tentang Soal & Jawaban PAS Agama Katolik Kelas XI Semester 1 2021/2022 PDF Online. Semoga bermanfaat, terima kasih..

Ki Hajar Dewantara : “Ing Ngarsa Sung Tuladha Ing Madya Mangun Karsa Tut Wuri Handayani”,- Di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat dan di belakang memberikan kekuatan.