Skip to main content

Contoh Soal PAS Ilmu Kalam Kelas 12 MA Semester 1 Tahun 2021/2022

Contoh Soal PAS Ilmu Kalam Kelas 12 MA Semester 1 Tahun 2021/2022
Soal PAS Ilmu Kalam Kelas 12 Semester 1 untuk satuan pendidikan madrasah aliyah pengguna kurikulum 2013 revisi yang diselaraskan pada materi yang sesuai dengan KMA no 183 Tahun 2019. DIbagikan untuk menunjang kebutuhan akan dokumen dari penilaian akhir semester ganjil tahun 2021/2022 di bulan desember.

Bapak/ibu guru madrasah bisa menggunakan naskah latihan PAS Ilmu Kalam Kelas 12 yang kami bagikan untuk membuat soal ujian yang akan diujikan di bulan desember tahun pelajaran 2021/2022. 

Lampiran PDF untuk PAS Ilmu Kalam dibagikan dalam dua variasi   yaitu (disertai kunci jawaban dan tanpa jawaban). Dengan jumlah total keseluruhannya 50 butir lebih soal pilihan ganda dan essay.

Contoh Soal PAS Ilmu Kalam Kelas 12 MA Semester 1 Tahun 2021/2022

Contoh Soal PAS Ilmu Kalam Kelas 12 MA Semester 1 Tahun 2021/2022

Sebagaimana yang diketahui bahwa, naskah contoh soal PAS Ilmu Kalam Kelas 12 Semester 1 yang kami berikan, berasal dari Arsip Ujian Daring saat pembelajaran sekolah di masa Pandemi. Jadi mungkin terdapat beberapa yang kurang sesuai dengan materi saat ini, bapak/ibu guru bisa mencocokkannya dahulu dengan kisi - kisi sebelum menggunakannya..

File PDF + Jawaban kami letakkan di bawah soal berikut ini

Selamat mengerjakan..

1. Kata akal berasal dari bahasa arab العقلyang memiliki arti sebagai berikut, kecuali…
A. Ikatan
B. Perkiraan
C. Pemikiran
D. Pemahaman
E. Pengertian

2. Wahyu secara bahasa memiliki arti…
A. Pemberitaan ghaib dan rahasia
B. Pemberitaan illahi
C. Pemberitahuan secara rahasia dan cepat
D. Pemberitahuan secara tersembunyi dan cepat
E. Penyampaian secara tiba-tiba dan cepat

3. Aliran kalam yang memberikan porsi besar terhadap akal adalah…
A. Asy’ariyah
B. Mauridiyah
C. Qadariyah
D. Muktazilah
E. Jahmiyah

4. Tokoh utama aliran Maturidiyah Bukhara adalah...
A. Abu Musa al-Asy’ari
B. Abu Hasan al-Asy’ari
C. Imam al-Ghozali
D. Abu Mansur al-Maturidy
E. Al-Bazdawy

5. Alira Asy’ariyah sependapat dengan Muktazilah bahwa …
A. Akal lebih unggul dari wahyu
B. Wahyu diatas akal
C. Akal dapat mengetahui tuhan
D. Akal dapat mengetahui kewajiban berbuat baik
E. Akal dapat mengetahui baik dan buruk

6. Asy’ariyah berpendapat bahwa Allah tidak akan memberi sanksi hukum terhadap perbuatan buruk yang dilakukan manusia…
A. Sebelum datangnya syara’
B. Selama belum memahami dalil syara’
C. Yang beriman kepada nabi
D. Yang tidak menggunakan akalnya
E. Yang memanfaatkan akalnya

7. Tidak ada hakim kecuali Allah, dan tidak ada hukum kecuali yang telah ditetapkan oleh Allah. Ungkapan ini berasal dari ulama-ulama…
A. Muktazilah
B. Asy’ariyah
C. Khawarij
D. Maturidyah
E. Murjiah

8. Menurut aliran Maturidiyah Samarkand, akal manusia dapat mengetahui eksistensi Tuhan sehingga dapat mencapai...
A. Kalamullah
B. Rukyatullah
C. Sifatullah
D. Zatullah
E. Makrifatullah

9. Ulama mazhab empat yang memiliki pengaruh terhadap pemikiran aliran Maturidiyah adalah...
A. Imam Syafi’i
B. Imam Malik
C. Imam Nawawi
D. Imam Abu Hanifah
E. Imam Ahmad bin Hanbal

10. Kata kufur berasal dari kata ‘kafara” yang berarti…
A. Mengingkari
B. Menutupi
C. Membenci
D. Membuang
E. Menghalangi

11. Perdebatan tentang konsep iman dan kufur pertama kali muncul pada zaman...
A. Nabi Muhammad SAW
B. Abu Bakar As-Siddiq
C. Umar bin Khattab
D. Usman bin Affan
E. Ali bin Abi Thalib
12. Kelompok Islam yang pertama kali melakukan pengafiran terhadap orang Islam lain adalah...
A. Muktazilah D. Khawarij
B. Qadariyah E. Murjiah
C. Asy’aryah

13. Kelompok Islam yang menekankan iman pada perbuatan adalah…
A. Khawarij D. Ahlussunnah
B. Murjiah E. Maturidiyah
C. Asy’ariyah

14. Dalam hal konsep iman dan kufur, aliran Muktazilah memiliki pandangan yang hampir sama dengan...
A. Khawarij D. Ahlussunnah
B. Murjiah E. Maturidiyah
C. Asy’ariyah

15. Perhatikan ungkapan berikut ini!
لايضر مع الايمان معصية كما لاينفع من الكفر طاعة
Ungkapan ini merupakan slogan dari kelompok…
A. Khawarij D. Ahlussunnah
B. Murjiah E. Maturidiyah
C. Asy’ariyah

16. Meskipun secara umum pandangan Maturidiyah sama dengan Asy’ariyah tentang konsep iman, tetapi Maturidiyah menekankan...
A. Pentingnya amal
B. Pentingnya ikrar dengan lisan
C. Kesatuan antara keyakinan dengan ikrar lisan
D. Kesatuan antara ikrar dengan amal perbuatan
E. Pentingnya bermakrifat

17. Menurut aliran Murjiah, hakikat iman adalah…
A. Bermakrifat kepada Allah
B. Bermunajat kepada Allah
C. Mahabbatullah
D. I’tiqodullah
E. Al-khauf minallah

18. Dalam pandangan aliran Asy’ariyah, unsur utama dari iman adalah membenarkan dalam hati yang diistilahkan dengan…
A. Ma’rifatullah
B. I’tiqad
C. Al-amal bil arkan
D. Iqrar
E. Al-inqiyad

19. Dosa besar adalah setiap dosa yang mengharuskan adanya hukuman di dunia atau yang diancam oleh Allah dengan neraka atau laknat atau murkai-Nya. definisi dosa besar ini menurut…
A. Ibnu Abbas D. Ibnu Arabi
B. Ibnu Jarir E. Al-Ghozali
C. Ibnu Kasir

20. Menurut Aliran Murjiah, pelaku dosa besar tergolong sebagai...
A. Fasik D. Musyrik
B. Munafik E. Mukmin
C. Kafir

21. Dosa besar dibagi menjadi dua, yaitu dosa yang ada sanksinya di dunia dan tidak ada sanksinya. Pendapat ini dikemukakan oleh …
A. Az-Zariqah
B. Al-Muhakkimah
C. As-Sufriah
D. Al-Jahmiyah
E. An-Najdah

22. Sekte Khawarij yang paling ekstrem adalah..
A. Az-Zariqah
B. Najdah
C. Muhakkimah
D. Murjiah
E. Maturidiyah

23. Jika pelaku dosa besar beranggapan bahwa melakukannya diperbolehkan dan tidak menyakini keharamannya, ia tergolong…
A. Mukmin D. Munafik
B. Kafir E. Fasik
C. Musyrik

24. Dalam perkembangannya, beberapa tokoh Muktazilah memperjelas sebutan pelaku dosa besar dengan sebutan…
A. Kafir D. Munafik
B. Musyrik E. Mukmin
C. Fasik

25. Posisi pelaku dosa besar yang berada pada manzilah baina manzilatain adalah pendapat dari golongan…
A. Khawarij D. Murjiah
B. Syi’ah E. Muktazilah
C. Ahlussunnah

26. Yang termasuk dalam golongan Ahlussunnah adalah...
A. Asy’ariyah dan Maturidiyah
B. Khawarij dan Syi’ah
C. Murjiah dan Muktazilah
D. Az-Zariqah dan Jahmiah
E. Asy’ariyah dan Muktazilah

27. Hukuman pelaku dosa besar menurut Asy’ariyah adalah. …
A. Kekal di neraka
B. Tidak kekal di neraka
C. Kekal di neraka, tetapi siksaannya lebih ringan
D. Terserah allah, dan jika masuk neraka, tidak kekal didalamnya
E. Tetap masuk neraka

28. Aliran yang berpendapat bahwa Allah hanya melakukan perbuatan baik adalah…
A. Muktazilah dan Asy’ariyah
B. Asy’ariyah dan Maturidiyah Samarkand
C. Muktazilah dan Maturidiyah Samarkand
D. Asy’ariyah dan Maturidiyah Bukhara
E. Maturidiyah

29. Aliran yang berpandangan bahwa Allah memiliki kehendak mutlak untuk melakukan perbuatan yang baik atau yang buruk, dan tidak wajib bagi Allah melakukan perbuatan-perbuatan baik saja adalah….
A. Muktazilah dan Asy’ariyah
B. Asy’ariyah dan Maturidiyah Samarkand
C. Muktazilah dan Maturidiyah Samarkand
D. Asy’ariyah dan Maturidiyah Bukhara
E. Maturidiyah

30. Berikut ini adalah ayat-ayat Al-Qur’an yang dijadikan sandaran paham Jabariyah, kecuali …
A. ماكانوا ليؤمنوا الا ان يشاء الله
B. والله خلقكم وماتعملون
C. الله رمى وما رميت اذ رميت ولكن
D. فمن شاء فليؤمن ومن شاء فليكف
E. وما تشاءون الا ان يشاءالله

31. Ayat-ayat Al-Qur’an berikut ini yang dijadikan sandaran paham Qadariyah adalah…
A. ماكانوا ليؤمنوا الا ان يشاء الله
B. والله خلقكم وماتعملون
C. الله رمى وما رميت اذ رميت ولكن
D. ان الله على كلى شيء قدير
E. فمن شاء فليؤمن ومن شاء فليكفر

32. Yang dikenal sebagai golongan Mu’attilah adalah…
A. Syi’ah
B. Khawarij
C. Muktazilah
D. Asy’ariyah
E. Maturidiyah

33. Dalam hal kebebasan manusia berbuat, Muktazilah memiliki pandangan yang sama dengan…
A. Muktazilah D. Qadariyah
B. Asy’ariyah E. Jabariyah
C. Maturidiyah

34. Aliran yang dikenal dengan paham free will-nya adalah…
A. Muktazilah
B. Asy’ariyah
C. Maturidiyah
D. Qadariyah
E. Jabariyah

35. Dalam pandangan Maturidiyah, sifat Allah berada diluar zat Allah, tetapi tidak terpisahkan dari-Nya atau bersifat…
A. Mu’attilah D. Multasiqah
B. Muqarabah E. Mutafarriqah
C. Mulazamah

36. Dalam pandangan Qadariyah, perbuatan manusia…
A. Tidak ada campur tangan Allah didalamnya
B. Tergantung pada kehendak Allah
C. Sepenuhnya dikendalikan oleh Allah
D. Dikendalikan bersama-sama oleh Allah dan manusia
E. Tunduk pada kehendak mutlak Allah

37. Dalam pandangan Muktazilah, kalamullah atau Al-Qur’an adalah makhluk sehingga bersifat…
A. Fana
B. Qadim
C. Hadis
D. Baqa
E. Dhaif

38. Menurut Asy’ariyah kalamullah adalah bagian dari sifat zatiyah Allah sehinga bersifat..
A. fana
B. qadim
C. hadis
D. baru
E. sementara

39. Menurut Matuidiyah, kalamullah yang terdiri dari kata-kata dan huruf bukan bagian dari sifat zat Allah. Maturidiyah tidak menyebutnya makhluk sebagaimana Muktazilah, tetapi menggunakan istilah …
A. Baqa
B. Hadis
C. Qadim
D. Khalqun
E. Jadid

40. Kalamullah adalah kekal, tidak terbagi, tidak berbahasa, tetapi diekspresikan oleh manusia secara berlainan. Pernyataan ini merupakan pandangan …
A. Asy’ariyah
B. Muktazilah
C. Salafiyah
D. Ahlussunnah
E. Maturidiyah

41. Al - Qur’an diturunkan oleh Allah dengan huruf serta maknanya. hal ini merupakan keyakinan…
A. Muktazilah
B. Asy’ariyah
C. Maturidiyah
D. Ahlussunnah
E. Murjiah

42. Kalam abstrak disebut juga kalam nafsi. Pernyataan ini merupakan pendapat…
A. Muktazilah
B. Maturidiyah
C. ASy’ariyah
D. Ahlussunnah
E. Murjiah

43. Sebelum turun ke bumi, Al-Qur’an sudah wujud di lauh Mahfuz. Pernyataan ini merupakan pandangan aliran…
A. Muktazilah
B. Maturidiyah
C. Asy’ariyah
D. Ahlussunnah
E. Syiah

44. Menurut Ahussunnah, Al-Qur’an diturunkan dengan…
A. Huruf dan maknanya
B. Sekaligus
C. Bertahap
D. Susunan dari huruf-huruf
E. Tulisan

45. Pandangan Maturidiyah tentang Kalamullah memadukan antara pandangan…
A. Muktazilah dan Salafiyah
B. Salafiyah dan Asy’ariyah
C. Asy’ariyah dan Muktazilah
D. Jabariyah dan Qadariyah
E. Salafiyah dan Ahlussunnah

Essay

1. Jelaskan fungsi wahyu menurut Muktazilah?
2. Jelaskan konsep iman menurut Murjiah?
3. Apa yang dimaksud dengan manzilah baina manzilatain?
4. Jelaskan pandangan Muktazilah tentang penentuan ajal manusia?
5. Jelaskan perbedaan antara pandangan Muktazilah dan Asy’ariyah tentang kalamullah?
  • PAS Ilmu Kalam Kelas 12 MA + Kunci Jawaban : DOWNLOAD
Diharapkan artikel Contoh Soal PAS Ilmu Kalam Kelas 12 MA 2021/2022 dan Kunci Jawaban bermanfaat untuk pengunjung sekalian.

Ki Hajar Dewantara : “Ing Ngarsa Sung Tuladha Ing Madya Mangun Karsa Tut Wuri Handayani”,- Di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat dan di belakang memberikan kekuatan.