Skip to main content

Contoh Soal PAS Ushul Fikih Kelas 11 MA 2022/2023 dan Kunci Jawaban

Contoh Soal PAS Ushul Fikih Kelas 11 MA 2022/2023 dan Kunci Jawaban
Contoh Soal PAS Ushul Fikih Kelas 11 MA Semester 1 disertai Jawaban Terbaru. Dibagikan dalam format online dan berkas PDF untuk melengkapi bahan pembuatan naskah ujian penilaian akhir semester tahun pelajaran 2022/2023 di satuan pendidikan Madrasah Aliyah.

Ushul Fikih atau Ushul Fiqih merupakan mata pelajaran jurusan keagamaan peminatan. Materi dalam artikel contoh soal di bawah ini kami sesuaikan berdasarkan standar kurikulum 2013 revisi yang telah diseleraskan KMA no 183 tahun 2019.

Dokumen PAS Ushul Fikih kami bagikan dalam dua variasi lampiran PDF (disertai kunci jawaban dan tanpa jawaban). Dengan jumlah total keseluruhannya 65 butir lebih soal pilihan ganda.

Contoh Soal PAS Ushul Fikih Kelas 11 MA 2022/2023 dan Kunci Jawaban

Contoh Soal PAS Ushul Fikih Kelas 11 MA dan Kunci Jawaban

Naskah soal "PAS Ushul Fikih Kelas 11 Semester 1" Central Pendidikan ambil dari Arsip Ujian di tahun sebelumnya di masa Pandemi, yang mana masih menggunakan metode Zoom dan Google Form. 

Jadi, kebanyakan butir soal di bawah ini masih sesuai dengan apa yang dipelajari di tahun pelajaran 2022/2023 saat ini..

File PDF + Jawaban kami letakkan di bawah soal berikut ini

Selamat mengerjakan..

1. Tindakan meninggalkan suatu hukum kepada hukum yang lainnya disebabkan ada suatu dalil syarak yang mengharuskan untuk meninggalkannya adalah…….
A. Istihsan
B. Istishab
C. Maslahah Mursalah
D. ‘Urf
E. Mazhab Sahabi

2. Jumhur ulama menolak berhujah dengan istihsan karena berhujah dengannya berarti menetapkan hukum berdasarkan hawa nafsu, kecuali :
A. Mazhab Syafii
B. Mazhab Hanafi
C. Mazhab Hanbali
D. Mazhab Maliki
E. Mazhab Asy’ari

3. Sesuatu yang tidak ada bukti baginya dari syarak dalam bentuk nas yang membatalkannya dan tidak ada pula yang menetapkannya.Pengertian maslahah mursalah ini menurut pendapat....
A. Imam Syafii
B. Imam Maliki
C. Imam Hanafi
D. Imam al-Gozali
E. Imam Hambali

4. Prinsip maslahah mursalah adalah …
A. Mengambil kemanfaatan
B. Menghindari kemadaratan
C. Menarik kemanfaatan dan menghindari kemadaratan
D. Mengutamakan kebaikan
E. Menjadi dasar ijtihad

5. Mensyariatkan adanya penjara, dicetaknya mata uang dan ditetapkannya pajak penghasilan adalah masa pemerintahan….
A. Abu Bakar as Siddiq
B. Umar ibnu Khattab
C. Utsman ibnu Affan
D. Ali ibnu Abi Thalib
E. Khalid bin Walid

6. Definisi istishab menurut Imam asy-Syaukani adalah…..
A. Apa yang berlaku pada masa lalu pada prinsipnya berlaku pada masa sekarang
B. Tindakan meninggalkan hukum pada hukum yang lain
C. Sesuatu yang secara lahiriah hukumnya boleh,namun hal itu akan menunjukkan pada sesuatu yang dilarang.
D. Sesuatu yang sudah menjadi kebiasaan manusia
E. Fatwa para sahabat mengenai beberapa permasalahan hukum yang dinyatakan setelah Rosululloh saw.wafat.

7. Kemaslahatan yang tidak ada dalil syar’i yang menetapkan atau yang membatalkannya disebut......
A. Maslahah haqiqiyyah
B. Maslahah ammah
C. Istihsan
D. Maslahah mursalah
E. Istishab

8. Diantara syarat beramal dengan maslahah mursalah adalah….
A. Kemaslahatan itu merupakan kemaslahatan kelompok
B. Kemaslahatan itu diketahui oleh setiap orang
C. Kemaslahatan itu adalah kemaslahatan umum
D. Ada dalil yang mendukungnya
E. Semua jawaban benar

9. Menurut Imam Syafi’i pendapat sahabat ( madzhab sahabi) yang didalamnya terdapat perbedaan pendapat diantara mereka,maka pendapat itu…….
A. Dapat menjadi hujah
B. Tidak dapat menjadi hujah
C. Dapat menjadi hujah jika ia sahabat yang senior
D. Dapat menjadi hujag jika ia didukung oleh dua sahabat yang lain
E. Hanya pendapat khulafaur Rosyidin yang menjadi hujah.

10. Menurut Abu Hanifah, jika para sahabat berbeda pendapat maka boleh mengambil pendapat yang lain yang kita kehendaki,tetapi tidak boleh meninggalkan semuanya karena…..
A. Meninggalkan pendapat sahabat sama saja meninggalkan sunah.
B. Para sahabat tidak mungkin berbuat salah.
C. Meninggalkan pendapat keseluruhan para sahabat berarti meninggalkan ijma mereka.
D. Pendapat sahabat mesti benar.
E. Sahabat adalah maksum.

11. Alasan Imam Syafi’i tidak menjadikan pendapat individu sahabat sebagai hujah adalah………
A. Mereka bukan khulafaur Rasyidin
B. Ijtihad perorangan dari para sahabat tidak liput dari kesalahan
C. Selai nabi, pendapatnya tidak bisa dijadikan hujah
D. Pendapat sahabat hanya berdasarkan maslahah mursalah
E. Semua jawaban benar

12. Segala sesuatu yang menjadi kebiasaan dan dijalankan terus menerus, dalam istilah usul fikih disebut...
A. Istishan
B. Istishab
C. ‘Urf
D. Dalalatul iqtiran
E. Mazhab sahabi

13. Para ulama berbeda pendapat mengenai boleh tidaknya dalalatul iqtiran dijadikan hujah.Pendapat yang mengatakan bahwa dalalatul iqtiran tidak dapat dijadikan sumber hukum, adalah pendapat......
A. Jumhur ulama
B. Imam Syafii
C. Imam Maliki
D. Imam Ahmad bin hanbal
E. Imam Abu Hanifah

14. Contoh syariat umat terdahulu yang ditetapkan juga bagi umat islam adalah........
A. Nikah lebih dari empat
B. Puasa
C. Tayamum
D. Warisan
E. Pembagian gonimah

15. Pernyataan berikut ini yang termasuk contoh mazhab sahabi adalah.....
A. Perkataan Abu hurairoh tentang tata cara solat nabi
B. Perkataan Aisyah tentang solat tarawih Nabi
C. Perkataan Aisyah tentang masa kandungan
D. Perkataan sahabat yang menukil tentang hadis hadis Nabi
E. Semua jawaban benar

16. Perbuatan meninggalkan satu hukum untuk berpindah pada hukum yang lainnya disebabkan ada suatu dalil syara yang mengharuskan untuk meninggalkannya disebut......
A. Istishab
B. Istishan
C. Maslahah mursalah
D. ‘Urf
E. Sadduz zara’i

17. Ulama berikut yang tidak menerima istihsan dalam merujuk sumber sumber syariat islam adalah…..
A. Imam Syafii
B. Imam Hambali
C. Imam Abu Hanifah
D. Sebagian mazhab Hanbali
E. Sebagian mazhab Maliki

18. “Siapa yang berhujah dengan istihsan berarti ia telah menetapkan sendiri hukum syara berdasarkan keinginan hawa nafsunya.” Pernyataan tersebut merupakan pendapat yang disampaikan oleh...…
A. Imam Hambali
B. Imam Syafi’i
C. Imam Abu Hanifah
D. Sebagian mazhab Hanbali
E. Sebagian mazhab Maliki

19. Sesuatu yang baik menurut akal sehat pada hakekatnya tidak bertentangan dengan tujuan syarak secara umum.ini merupakan pengertian dari....
A. Istishab
B. Istishan
C. Maslahah mursalah
D. ‘Urf
E. Sadduz-zara’i

20. Menarik manfaat dan menghindari kerusakan bagi kehidupan manusia merupakan prinsif umum dari............
A. Istishab
B. Istishan
C. Maslahah mursalah
D. ‘Urf
E. Sadduz zara’i

21. Berikut yang bukan merupakan bagian dari macam macam istishab adalah.....
A. Bara’ah asliyyah
B. Istishab as-sifah
C. Istishab al-hukm
D. Istishab syarak
E. Istishab al-insan

22. Mengukuhkan pemberlakuan suatu huku boleh(boleh) atau larangan (haram) merupakan pengertian dari....…
A.Bara’ah asliyyah
B.Istishab as-sifah
C.Istishab al-hukm
D.Istishab syarak
E.Istishab al-insan

23. “Apa yang pernah berlaku secara tetap pada masa lalu pada prinsipnya berlaku pada masa selanjutnya.”Pernyataan istishab ini disampaikan oleh……
A.Imam Asy-Syaukani
B.Imam Hambali
C.Imam Syafi'i
D.Imam Abu Hanifah
E. Imam al-Bukhari

24 .Suatu kebiasaan yang berupa kata kata atau ucapan dalam kehidupan sehari hari dapat dikatakan sebagai......
A. ‘Urf amaly
B. ‘Urf ahsani
C. Amaly ‘Urf
D. ‘Urf qauly
E. ‘Urf khairi

25. Sadduz zara’i dapat dijadikan sebagai sumber hukum karena meskipun mubah,tetapi dapat mendorong dan membuka perbuatan perbuatan yang dilarang oleh agama. Ini merupakan pendapat......
A.Imam Malik
B.Imam Hambali
C.Imam Syafi’i
D.Imam Abu Hanifah
E.Imam Muslim

26. Berjudi untuk merayakan peristiwa perkawinan atau meminum minuman keras pada hari ulang tahun,disebut ........
A. ‘Urf amaly
B. ‘Urf qauly
C. ‘Urf sahih
D. ‘Urf fasid
E. ‘Urf khusus

27
A. Mubayyan
B. Muqayyad
C. Mutlak
D. ‘Am
E. Isim istifham

28. Dibawah ini adalah pembagian sadduz zara’i menurut para ahli usul fikih, kecuali......
A. Zara’i yang sudah pasti akan membawa kerusakan
B. Zara’i yang tidak pernah membawa mafsadah
C. Zara’i yang berdasarkan dugaan kuat akan membawa pada mafsadah
D. Zara’i yang seringkali membawa mafsadah
E. Zara’i yang akan membawa mafsadah dan madharat

29. Syariat Alloh yang diturunkan kepada umat sebelum nabi Muhammad saw disebut..
A. Syariat Ardiyah
B. Syariat samawiyah
C. Syariat para rosul
D. Syariat para nabi
E. Syariat nabi dan rosul

30. “Kewajiban membayar utang akan tetap berlaku sebelum utang itu dilunasi.” Ini merupakan contoh dari.......
A. Istishab as-sifah
B. Bara’ah asliyyah
C. Istishab al-hukm
D. Istishab syarak atau akal
E. Istishab al-insan

31. Fatwa para sahabat mengenai beberapa permasalahan hukum yang dinyatakan setelah Rosululloh saw wafat disebut.......
A. Istihsan
B. Istishab
C. Mazhab sahabi
D. Sadduz zara’i
E. Syar’u man qablana

32. Dalil yang menunjukkan bahwa sesuatu itu sama hukumnya dengan sesuatu yang disebut bersama sama, disebut.........
A. Istihsan
B. Istishab
C. ‘Urf
D. Mazhab sahabi
E. Dalalatul iqtiran

33. Istihsan adalah berpindahnya seorang mujtahid dari qiyas jalli kepada qiyas khafi atau dari hukum kulli pada hukum istisna karena ada dalil syarak yang menghendaki perpindahan itu,Berikut ini yang merupakan contoh perbuatan syar’i yang berdasarkan istihsan adalah.......
A. Seseorang yang ragu ragu sudah wdlu atau belum,maka dia putuskan belum
B. Wanita yang sedang haid boleh membaca Al-Qur’an
C. Ditutupnya tempat tempat umum yang digunakan maksiat
D. Dibangunnya lembaga lembaga pendidikan untuk tempat belajar
E. Orang yang berdosa besar harus menyiksa diri agar diampuni dosanya

34. Sadduz zara’i berarti melarang perkara perkara yang lahirnya boleh, kan tetapi dapat membuka jalan dan menjadi pendorong pada perbuatan perbuatan yang dilarang agama.Ulama yang berpendapat bahwa sadduz zara’i dan dapat dijadikan hujjah atau pegangan hukum adalah......
A. Imam Hanafi
B. Imam Malik
C. Imam Syafi’i
D. Imam Hambali
E. Imam Gozali

35. Yang termasuk contoh ‘Urf amaly adalah.......
A. Seseorang bersumpah untuk tidak makan lahm(daging),tapi dia makan ikan
B. Mengibarkan bendera setengah tiang menandakan duka cita untuk kematian oarang yang dianggap terhormat.
C. Memberi hadiah kepada oarang tua dan kenalan dekat pada waktu tertentu
D. Transaksi antara penjual dan pembeli hanya cukup pembeli menerima barang dan penjual menerima uang tanpa ada ucapan transaksi/akad
E. Menganggukkan kepala pertanda setuju,dan menggelengkan kepala pertanda menolak

36. Syar’u Man Qablana atau syariat umat sebelum kita adalah syariat Alloh yang diturunkan kepada umat sebelum nabi Muhammad saw yakni ajaran agama sebelum islam.Diantara isi syariat tersebut ada yang berlaku untuk umat selanjutnya dan ada pula yang tidak berlaku lagi,hal ini tercantum dalam Al-Qur’an......
A. Q.S. Al-maidah ayat 35
B. Q.S. An-nisa ayat 9
C. Q.S. Al-an’am ayat 16
D. Q.S. Al-baqoroh ayat 40
E. Q.S. Al-maidah ayat 48

37. Berjudi untuk merayakan peristiwa perkawinan atau pesta minuman keras pada hari ulang tahun,termasuk kepada.........
A. ‘Urf qauly
B. ‘Urf umum
C. ‘Urf khusus
D. ‘Urf fasid
E. ‘Urf sahih

38. Pada masa lalu tidak pernah ada hukum yang menyatakan bahwa puasa pada bulan syawal wajib hukumnya karena memang tidak ada dalil yang mewajibkannya.ini termasuk contoh ........
A. Istihsan
B. Istishab
C. ‘Urf
D. Sadduz zara’i
E. Dalalatul iqtiran

39. Berwasiatlah untuk kedua orang tua dan karib kerabat dengan cara yang baik.dan wasiat itu tidak melebihi sepertiga dari seluruh harta orang yang akan meninggal.Ayat ini di nasakh dengan ayat mawaris bahwa: Tidak ada wasiat untuk ahli waris.Hal ini termasuk nasakh...........
A. Al-Qur’an dengan Al-Qur’an
B. Al-Qur’an dengan Al-Hadis
C. Al-Qur’an dengan Ijma
D. Al-Hadis dengan Al-Hadis
E. Al-Hadis dengan Ijma.

40. Maslahah mursalah tidak terlepas dari petunjuk syarak. Oleh karena itu, jika ada sesuatu yang mendatangkan manfaat menurut tinjauan akal,tetapi bertentangan dengan prinsip syara, maka......
A. Prinsip nas harus didahulukan
B. Prinsip nas harus dikesampingkan
C. Prinsip nas harus diakhirkan
D. Akal harus diutamakan
E. Nas dan akal harus sama sama diutamakan

  • PAS Ushul Fikih Kelas 11 MA v1 : DOWNLOAD
  • PAS Ushul Fikih Kelas 11 MA + Kunci Jawaban v2 : DOWNLOAD
Diharapkan artikel Contoh Soal PAS Ushul Fikih Kelas 11 MA 2022/2023 dan Kunci Jawaban bermanfaat untuk pengunjung sekalian.
Ki Hajar Dewantara : “Ing Ngarsa Sung Tuladha Ing Madya Mangun Karsa Tut Wuri Handayani”,- Di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat dan di belakang memberikan kekuatan.